PEMBAHASAN MENGENAI KATA RAK’ATAN
A. DALIL-DALIL MENGENAI KATA RAK’ATAN:
Hadis-hadis
mengenai kata RAK’ATAN ada TIGA MACAM REDAKSI (matan), yaitu sebagai berikut:
1. Hadis Pertama:
حَدَّثَنَا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ يُوسُفَ قَالَ أَخْبَرَنَا
مَالِكٌ عَنْ ابْنِ شِهَابٍ عَنْ أَبِي سَلَمَةَ بْنِ عَبْدِ الرَّحْمَنِ عَنْ أَبِي
هُرَيْرَةَ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ مَنْ أَدْرَكَ
رَكْعَةً مِنْ الصَّلَاةِ فَقَدْ أَدْرَكَ الصَّلَاةَ.
“………..…,dari Abû
Hurairah: “Sesungguhnya Nabi SAW. bersabda: “Barangsiapa yang mendapatkan RAKA’AT, maka dia telah SHALAT”. (HR. Bukhârî, No. Hadis: 546).
2. Hadis Kedua:
حَدَّثَنَا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ مَسْلَمَةَ عَنْ مَالِكٍ
عَنْ زَيْدِ بْنِ أَسْلَمَ عَنْ عَطَاءِ بْنِ يَسَارٍ وَعَنْ بُسْرِ بْنِ سَعِيدٍ وَعَنْ
الْأَعْرَجِ يُحَدِّثُونَهُ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ
عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ مَنْ أَدْرَكَ مِنْ الصُّبْحِ رَكْعَةً قَبْلَ أَنْ تَطْلُعَ الشَّمْسُ فَقَدْ أَدْرَكَ
الصُّبْحَ وَمَنْ أَدْرَكَ رَكْعَةً مِنْ الْعَصْرِ
قَبْلَ أَنْ تَغْرُبَ الشَّمْسُ فَقَدْ أَدْرَكَ الْعَصْرَ.
“…………………………….,
dari Abû Hurairah: “Sesungguhnya Nabi SAW. bersabda: “Barangsiapa
yang mendapatkan RAKA’AT dari SHALAT
SHUBUH sebelum MATAHARI TERBIT, maka dia TELAH MENDAPATKAN SHALAT SHUBUH. Dan
barangsiapa MENDAPATKAN RAKA’AT dari
SHALAT ‘ASHAR sebelum MATAHARI TENGGELAM, maka dia TELAH MENDAPATKAN SHALAT
‘ASHAR”. (HR. Bukhârî, No. Hadis: 579 atau 545).
3. Hadis Ketiga:
رَوَى
عَنْ أَبُوْ حَنِيْفَةِ: { أَنَّ
مَنْ أَدْرَكَ مَعَ الْإِمَامِ شَيْئًا مِنَ صَّلاَةِ الْجُمُعَةِ وَلَوْ فِيْ الْتَّشَهُّدِ
يُصَلِّيْ مَا أَدْرَكَ مَعَهُ وَيُتِمُّ الْبَاقِيْ وَلاَ يُصَلِّيْ الظُّهْرَ لِإِطْلاَقٍ
مَا أَدْرَكْتُمْ فَصَلُّوْا وَمَا فَاتَكُمْ فَأَتِمُّوْا}.
“Diriwayatkan
oleh Imâm Abû Hanîfah: “Barangsiapa MENDAPATKAN (satu
raka’at) BERSAMA IMAM dari SHALAT JUMU’AH maka kamu TELAH
MENDAPATKAN SHALAT (Jumu’ah), walaupun (sekalipun) kamu mendapatkan (Imam)
dalam KEADAAN TASYAHHUD; dan sempurnakanlah sisanya (raka’at yang belum dikerjakan), serta janganlah sekali-kali
SHALAT ZHUHUR. Apa yang kamu DAPATKAN maka (teruskanlah atau lanjutkanlah)
SHALATMU; dan apa yang tertinggal (raka’at
yang belum dikerjakan) MAKA SEMPURNAKANLAH (shalatmu)”. (Dikeluarkan oleh al-Hâfizh
Ibnu Hajar al-‘Asqalanî dalam Fath al-Bârî bi Syarh Shahîh Bukhârî, ketika
men-syarh (menerangkan atau menjelaskan) No. Hadis: 546 yang terdapat
dalam al-Jâmi’ ash-Shahîh li al-Bukhârî).
B. KETERANGAN:
Imâm Muslim
juga meriwayatkan sebagaimana hadis di atas dalam al-Jâmi’ ash-Shahîh li
Muslimnya (No. Hadis: 954). Imâm at-Tirmidzî juga meriwayatkan sebagaimana
hadis di atas dalam Sunan at-Tirmidzînya (No. Hadis: 482). Al-Hâfizh
Abû Dâwud juga meriwayatkan sebagaimana hadis di atas dalam Sunan Abî Dâwudnya
(No. Hadis: 946). Al-Hâfizh an-Nasâ-î juga meriwayatkan sebagaimana
hadis di atas dalam Sunan an-Nasâ-înya (No. Hadis: 550). Ibnu Mâjah juga
meriwayatkan sebagaimana hadis di atas dalam Sunan Ibn Mâjahnya (No.
Hadis: 1112). Imâm Ahmad bin Hanbal juga meriwayatkan sebagaimana hadis di atas
dalam Musnad al-Imâm Ahmad Ibn Hanbalnya (No. Hadis: 6983, 7277, 7341,
7438 dan 8528). Imâm Mâlik juga meriwayatkan sebagaimana hadis di atas dalam al-Muwaththa’nya
(No. Hadis: 14). Ad-Dârimî juga meriwayatkan sebagaimana hadis di atas dalam Sunan
ad-Dârimînya (No. Hadis: 1193). Al-Hâfizh Ibnu al-Mundzir berkata
yang dikutip dalam ‘Aun al-Ma’bûd bi Syarh Sunan Abî Dâwud (No. Hadis:
946): “Hadis di atas diriwayatkan oleh Jamâ’ah”.
C. PENDAPAT PARA ULAMA MENGENAI HADIS-HADIS TERSEBUT:
1. Menurut Ijmâ’ (kesepakatan) Kaum Muslimîn yang dikutip oleh Imâm
an-Nawâwî dalam Syarh al-Jâmi’ ash-Shahîh li Muslimnya ketika men-syarh
(menerangkan atau menjelaskan) Hadis No. 954 yang terdapat dalam al-Jâmi’
ash-Shahîh li Muslim sebagaimana Hadis Pertama di atas: “Bahwa kata RAK’ATAN dalam Hadis Pertama di atas BUKANLAH MAKNA ZHAHÎRNYA (SESUNGGUHNYA), juga
bukan bermakna RUKU’ DALAM SEMUA SHALAT;
akan tetapi kata RAK’ATAN bermakna KESEMPURNAAN SHALAT, baik KESEMPURNAAN dalam aspek HUKUM, KEWAJIBAN
dan KEUTAMAAN”.
2. Menurut pendapat Imâm asy-Syâfi’î yang dikutip oleh Imâm an-Nawâwî dalam
Syarh al-Jâmi’ ash-Shahîh li Muslimnya ketika mensyarah (menerangkan atau
menjelaskan) Hadis No. 954, yang terdapat dalam al-Jâmi’ ash-Shahîh li
Muslim sebagaimana Hadis Pertama di atas: “Menurut pemahaman saya (Imâm
asy-Syâfi’î) kata RAK’ATAN dalam Hadis
Pertama di atas bermakna RUKU’ dalam shalat”.
3. Menurut pendapat Imâm Mâlik, asy-Syâfi’î dan Imâm Ahmad bin Hanbal
(kecuali Imâm Hanafî) yang dikutip oleh al-Hâfizh Ibnu Hajar
al-‘Asqalanî dalam Fath al-Bârî bi Syarh Shahîh Bukhârî, No. Hadis: 579
atau 545 yang terdapat dalam al-Jâmi’ ash-Shahîh li al-Bukhârî sebagaimana
Hadis Kedua di atas: “Apabila mendapatkan SHALAT
SHUBUH SATU RAKA’AT KETIKA MATAHARI TERBIT, MAKA SHALAT SHUBUHNYA BATAL (tidak
sah). Begitu pula sebaliknya, apabila mendapatkan SHALAT ‘ASHAR SATU RAKA’AT KETIKA MATAHARI TERBENAM, MAKA
SHALAT ‘ASHARNYA BATAL (tidak sah); karena BERTENTANGAN DENGAN HADIS-HADIS YANG MELARANG SHALAT KETIKA
MATAHARI TERBIT dan KETIKA MATAHARI
TERBENAM”.
4. Menurut pendapat Imâm Abû Hanîfah dan al-Hâfizh Ibnu Hajar
al-‘Asqalani yang dikutip oleh Sanadi dalam Syarh Sunan at-Tirmidzînya
No. Hadis: 482 yang terdapat dalam Sunan at-Tirmidzî sebagaimana Hadis
Ketiga di atas: “Apabila mendapatkan Imâm ketika TASYAHHUD
dalam SHALAT JUMU’AH, maka teruskanlah
shalat Jumu’ahmu dan sempurnakanlah rakaat yang belum dikerjakan; dan tidak
perlu mengganti dengan SHALAT ZHUHUR”.
D. KESIMPULAN:
1. Menurut Ijmâ’ (kesepakatan) Kaum Muslimîn: “Bahwa kata RAK’ATAN dalam Hadis Pertama di atas BUKANLAH MAKNA ZHAHÎRNYA (SESUNGGUHNYA), juga
bukan bermakna RUKU’ DALAM SEMUA SHALAT;
akan tetapi kata RAK’ATAN bermakna KESEMPURNAAN SHALAT, baik KESEMPURNAAN dalam aspek
HUKUM, KEWAJIBAN dan KEUTAMAAN”. (Kesimpulan Hadis Pertama di atas).
2. Menurut pendapat Imâm Mâlik, asy-Syâfi’î dan Imâm Ahmad bin Hanbal: “Apabila
mendapatkan SHALAT SHUBUH SATU RAKA’AT KETIKA
MATAHARI TERBIT, MAKA SHALAT SHUBUHNYA BATAL (tidak sah). Begitu
pula sebaliknya, apabila mendapatkan SHALAT ‘ASHAR
SATU RAKA’AT KETIKA MATAHARI TERBENAM, MAKA SHALAT ‘ASHARNYA BATAL (tidak sah);
karena BERTENTANGAN DENGAN HADIS-HADIS YANG MELARANG
SHALAT KETIKA MATAHARI TERBIT dan KETIKA
MATAHARI TERBENAM”. (Kesimpulan Hadis Kedua di atas).
3. Menurut pendapat Imâm Abû Hanîfah dan al-Hâfizh Ibnu Hajar
al-‘Asqalani: “TIDAK PERLU MENGGANTI SHALAT
JUMU’AH dengan SHALAT ZHUHUR
apabila mendapatkan Imâm Shalat Jumu’ah sedang TASYAHHUD. LANJUTKANLAH SHALATMU dan SEMPURNAKANLAH RAKA’AT yang belum dikerjakan”.
(Kesimpulan Hadis Ketiga di atas).
SUMBER REFERENSI
‘Aun al-Ma’bûd Syarh Sunan Abî Dâwud.
Fath al-Bârî bi Syarh Shahîh al-Bukhârî (al-Hâfizh Ibnu Hajar al-‘Asqalanî).
Syarh Shahîh Muslim (Imâm an-Nawâwî).
Syarh Sunan at-Tirmidzî (as-Sanadî).
Tidak ada komentar:
Posting Komentar