Kamis, 09 Februari 2012

PEMBAHASAN MENGENAI KATA RAK’ATAN


PEMBAHASAN MENGENAI KATA RAK’ATAN

A.  DALIL-DALIL MENGENAI KATA RAK’ATAN:
Hadis-hadis mengenai kata RAK’ATAN ada TIGA MACAM REDAKSI (matan), yaitu sebagai berikut:
1.    Hadis Pertama:
حَدَّثَنَا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ يُوسُفَ قَالَ أَخْبَرَنَا مَالِكٌ عَنْ ابْنِ شِهَابٍ عَنْ أَبِي سَلَمَةَ بْنِ عَبْدِ الرَّحْمَنِ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ مَنْ أَدْرَكَ رَكْعَةً مِنْ الصَّلَاةِ فَقَدْ أَدْرَكَ الصَّلَاةَ.
“………..…,dari Abû Hurairah: “Sesungguhnya Nabi SAW. bersabda: “Barangsiapa yang mendapatkan RAKA’AT, maka dia telah SHALAT”. (HR. Bukhârî, No. Hadis: 546).


2.    Hadis Kedua:
حَدَّثَنَا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ مَسْلَمَةَ عَنْ مَالِكٍ عَنْ زَيْدِ بْنِ أَسْلَمَ عَنْ عَطَاءِ بْنِ يَسَارٍ وَعَنْ بُسْرِ بْنِ سَعِيدٍ وَعَنْ الْأَعْرَجِ يُحَدِّثُونَهُ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ مَنْ أَدْرَكَ مِنْ الصُّبْحِ رَكْعَةً قَبْلَ أَنْ تَطْلُعَ الشَّمْسُ فَقَدْ أَدْرَكَ الصُّبْحَ وَمَنْ أَدْرَكَ رَكْعَةً مِنْ الْعَصْرِ قَبْلَ أَنْ تَغْرُبَ الشَّمْسُ فَقَدْ أَدْرَكَ الْعَصْرَ.
“……………………………., dari Abû Hurairah: “Sesungguhnya Nabi SAW. bersabda: “Barangsiapa yang mendapatkan RAKA’AT dari SHALAT SHUBUH sebelum MATAHARI TERBIT, maka dia TELAH MENDAPATKAN SHALAT SHUBUH. Dan barangsiapa MENDAPATKAN RAKA’AT dari SHALAT ‘ASHAR sebelum MATAHARI TENGGELAM, maka dia TELAH MENDAPATKAN SHALAT ‘ASHAR”. (HR. Bukhârî, No. Hadis: 579 atau 545).



3.    Hadis Ketiga:
رَوَى عَنْ أَبُوْ حَنِيْفَةِ: { أَنَّ مَنْ أَدْرَكَ مَعَ الْإِمَامِ شَيْئًا مِنَ صَّلاَةِ الْجُمُعَةِ وَلَوْ فِيْ الْتَّشَهُّدِ يُصَلِّيْ مَا أَدْرَكَ مَعَهُ وَيُتِمُّ الْبَاقِيْ وَلاَ يُصَلِّيْ الظُّهْرَ لِإِطْلاَقٍ مَا أَدْرَكْتُمْ فَصَلُّوْا وَمَا فَاتَكُمْ فَأَتِمُّوْا}.
“Diriwayatkan oleh Imâm Abû Hanîfah: “Barangsiapa MENDAPATKAN (satu raka’at) BERSAMA IMAM dari SHALAT JUMU’AH maka kamu TELAH MENDAPATKAN SHALAT (Jumu’ah), walaupun (sekalipun) kamu mendapatkan (Imam) dalam KEADAAN TASYAHHUD; dan sempurnakanlah sisanya (raka’at yang belum dikerjakan), serta janganlah sekali-kali SHALAT ZHUHUR. Apa yang kamu DAPATKAN maka (teruskanlah atau lanjutkanlah) SHALATMU; dan apa yang tertinggal (raka’at yang belum dikerjakan) MAKA SEMPURNAKANLAH (shalatmu)”. (Dikeluarkan oleh al-Hâfizh Ibnu Hajar al-‘Asqalanî dalam Fath al-Bârî bi Syarh Shahîh Bukhârî, ketika men-syarh (menerangkan atau menjelaskan) No. Hadis: 546 yang terdapat dalam al-Jâmi’ ash-Shahîh li al-Bukhârî).


B.  KETERANGAN:
Imâm Muslim juga meriwayatkan sebagaimana hadis di atas dalam al-Jâmi’ ash-Shahîh li Muslimnya (No. Hadis: 954). Imâm at-Tirmidzî juga meriwayatkan sebagaimana hadis di atas dalam Sunan at-Tirmidzînya (No. Hadis: 482). Al-Hâfizh Abû Dâwud juga meriwayatkan sebagaimana hadis di atas dalam Sunan Abî Dâwudnya (No. Hadis: 946). Al-Hâfizh an-Nasâ-î juga meriwayatkan sebagaimana hadis di atas dalam Sunan an-Nasâ-înya (No. Hadis: 550). Ibnu Mâjah juga meriwayatkan sebagaimana hadis di atas dalam Sunan Ibn Mâjahnya (No. Hadis: 1112). Imâm Ahmad bin Hanbal juga meriwayatkan sebagaimana hadis di atas dalam Musnad al-Imâm Ahmad Ibn Hanbalnya (No. Hadis: 6983, 7277, 7341, 7438 dan 8528). Imâm Mâlik juga meriwayatkan sebagaimana hadis di atas dalam al-Muwaththa’nya (No. Hadis: 14). Ad-Dârimî juga meriwayatkan sebagaimana hadis di atas dalam Sunan ad-Dârimînya (No. Hadis: 1193). Al-Hâfizh Ibnu al-Mundzir berkata yang dikutip dalam ‘Aun al-Ma’bûd bi Syarh Sunan Abî Dâwud (No. Hadis: 946): “Hadis di atas diriwayatkan oleh Jamâ’ah”.


C.  PENDAPAT PARA ULAMA MENGENAI HADIS-HADIS TERSEBUT:
1.    Menurut Ijmâ’ (kesepakatan) Kaum Muslimîn yang dikutip oleh Imâm an-Nawâwî dalam Syarh al-Jâmi’ ash-Shahîh li Muslimnya ketika men-syarh (menerangkan atau menjelaskan) Hadis No. 954 yang terdapat dalam al-Jâmi’ ash-Shahîh li Muslim sebagaimana Hadis Pertama di atas: “Bahwa kata RAK’ATAN dalam Hadis Pertama di atas BUKANLAH MAKNA ZHAHÎRNYA (SESUNGGUHNYA), juga bukan bermakna RUKU’ DALAM SEMUA SHALAT; akan tetapi kata RAK’ATAN bermakna KESEMPURNAAN SHALAT, baik KESEMPURNAAN dalam aspek HUKUM, KEWAJIBAN dan KEUTAMAAN.
2.    Menurut pendapat Imâm asy-Syâfi’î yang dikutip oleh Imâm an-Nawâwî dalam Syarh al-Jâmi’ ash-Shahîh li Muslimnya ketika mensyarah (menerangkan atau menjelaskan) Hadis No. 954, yang terdapat dalam al-Jâmi’ ash-Shahîh li Muslim sebagaimana Hadis Pertama di atas: “Menurut pemahaman saya (Imâm asy-Syâfi’î) kata RAK’ATAN dalam Hadis Pertama di atas bermakna RUKU’ dalam shalat.
3.    Menurut pendapat Imâm Mâlik, asy-Syâfi’î dan Imâm Ahmad bin Hanbal (kecuali Imâm Hanafî) yang dikutip oleh al-Hâfizh Ibnu Hajar al-‘Asqalanî dalam Fath al-Bârî bi Syarh Shahîh Bukhârî, No. Hadis: 579 atau 545 yang terdapat dalam al-Jâmi’ ash-Shahîh li al-Bukhârî sebagaimana Hadis Kedua di atas: “Apabila mendapatkan SHALAT SHUBUH SATU RAKA’AT KETIKA MATAHARI TERBIT, MAKA SHALAT SHUBUHNYA BATAL (tidak sah). Begitu pula sebaliknya, apabila mendapatkan SHALAT ‘ASHAR SATU RAKA’AT KETIKA MATAHARI TERBENAM, MAKA SHALAT ‘ASHARNYA BATAL (tidak sah); karena BERTENTANGAN DENGAN HADIS-HADIS YANG MELARANG SHALAT KETIKA MATAHARI TERBIT dan KETIKA MATAHARI TERBENAM.
4.    Menurut pendapat Imâm Abû Hanîfah dan al-Hâfizh Ibnu Hajar al-‘Asqalani yang dikutip oleh Sanadi dalam Syarh Sunan at-Tirmidzînya No. Hadis: 482 yang terdapat dalam Sunan at-Tirmidzî sebagaimana Hadis Ketiga di atas: “Apabila mendapatkan Imâm ketika TASYAHHUD dalam SHALAT JUMU’AH, maka teruskanlah shalat Jumu’ahmu dan sempurnakanlah rakaat yang belum dikerjakan; dan tidak perlu mengganti dengan SHALAT ZHUHUR.


D.  KESIMPULAN:
1.    Menurut Ijmâ’ (kesepakatan) Kaum Muslimîn: “Bahwa kata RAK’ATAN dalam Hadis Pertama di atas BUKANLAH MAKNA ZHAHÎRNYA (SESUNGGUHNYA), juga bukan bermakna RUKU’ DALAM SEMUA SHALAT; akan tetapi kata RAK’ATAN bermakna KESEMPURNAAN SHALAT, baik KESEMPURNAAN dalam aspek HUKUM, KEWAJIBAN dan KEUTAMAAN. (Kesimpulan Hadis Pertama di atas).
2.    Menurut pendapat Imâm Mâlik, asy-Syâfi’î dan Imâm Ahmad bin Hanbal: “Apabila mendapatkan SHALAT SHUBUH SATU RAKA’AT KETIKA MATAHARI TERBIT, MAKA SHALAT SHUBUHNYA BATAL (tidak sah). Begitu pula sebaliknya, apabila mendapatkan SHALAT ‘ASHAR SATU RAKA’AT KETIKA MATAHARI TERBENAM, MAKA SHALAT ‘ASHARNYA BATAL (tidak sah); karena BERTENTANGAN DENGAN HADIS-HADIS YANG MELARANG SHALAT KETIKA MATAHARI TERBIT dan KETIKA MATAHARI TERBENAM. (Kesimpulan Hadis Kedua di atas).
3.    Menurut pendapat Imâm Abû Hanîfah dan al-Hâfizh Ibnu Hajar al-‘Asqalani: TIDAK PERLU MENGGANTI SHALAT JUMU’AH dengan SHALAT ZHUHUR apabila mendapatkan Imâm Shalat Jumu’ah sedang TASYAHHUD. LANJUTKANLAH SHALATMU dan SEMPURNAKANLAH RAKA’AT yang belum dikerjakan”. (Kesimpulan Hadis Ketiga di atas).





SUMBER REFERENSI

‘Aun al-Ma’bûd Syarh Sunan Abî Dâwud.
Fath al-Bârî bi Syarh Shahîh al-Bukhârî (al-Hâfizh Ibnu Hajar al-‘Asqalanî).
Syarh Shahîh Muslim (Imâm an-Nawâwî).
Syarh Sunan at-Tirmidzî (as-Sanadî).





Tidak ada komentar:

Posting Komentar