SHALAT SUNNAH RAWÂTIB
A. 2 RAKA’AT SEBELUM SHALAT FARDHU SHUBUH
Ini adalah lafazh
Matan al-Jâmi’
ash-Shahîh li al-Bukhârî
(No. Hadis: 584):
حَدَّثَنَا
أَبُو نُعَيْمٍ, قَالَ: حَدَّثَنَا شَيْبَانُ, عَنْ يَحْيَى, عَنْ أَبِي سَلَمَةَ,
عَنْ عَائِشَةَ كَانَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يُصَلِّي رَكْعَتَيْنِ خَفِيفَتَيْنِ بَيْنَ النِّدَاءِ وَالْإِقَامَةِ
مِنْ صَلَاةِ الصُّبْحِ.
“Abû Nu’aim telah bercerita kepada kami (kepada
Bukhârî), dia (Abû Nu’aim) berkata: “Syaibân telah bercerita kepada kami (kepada
Abû Nu’aim), dari Yahyâ, dari Abû Salamah, dari ‘Âisyah, Nabi SAW. selalu SHALAT 2 RAKA’AT secara
ringan (singkat) antara adzan dan iqamah shalat (fardhu) Shubuh”. {HR. Bukhârî (al-Jâmi’ ash-Shahîh li al-Bukhârî:
No. Hadis. 584). An-Nasâ-î (Sunan an-Nasâ-î al-Kubrâ:
No. Hadis. 1748). Ahmad bin Hanbal (Musnad al-Imâm Ahmad Ibn Hanbal: No. Hadis. 25229)}.
Ini adalah lafazh
Matan al-Jâmi’ ash-Shahîh li al-Bukhârî (No. Hadis: 590):
حَدَّثَنَا أَبُو الْيَمَانِ, قَالَ: أَخْبَرَنَا
شُعَيْبٌ, عَنْ الزُّهْرِيِّ, قَالَ: أَخْبَرَنِي عُرْوَةُ بْنُ الزُّبَيْرِ أَنَّ
عَائِشَةَ قَالَتْ: كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَا
سَكَتَ الْمُؤَذِّنُ بِالْأُولَى مِنْ صَلَاةِ الْفَجْرِ قَامَ فَرَكَعَ رَكْعَتَيْنِ خَفِيفَتَيْنِ قَبْلَ صَلَاةِ الْفَجْرِ
بَعْدَ أَنْ يَسْتَبِينَ الْفَجْرُ, ثُمَّ اضْطَجَعَ عَلَى شِقِّهِ الْأَيْمَنِ حَتَّى
يَأْتِيَهُ الْمُؤَذِّنُ لِلْإِقَامَةِ.
“Abû al-Yamân telah bercerita kepada kami (kepada
Bukhârî), dia (Abû al-Yamân) berkata: “Syu’aib telah mengabarkan kami (Abû
al-Yamân), dari az-Zuhrî,, dia (az-Zuhrî) berkata: “’Urwah bin az-Zubair telah
mengabarkan saya (kepada az-Zuhrî), sesungguhnya ‘Âisyah berkata: “Rasûlullâh
SAW. selalu SHALAT 2 RAKA’AT
ringan (singkat) apabila Muadzin telah selesai mengumandangkan adzan shalat
(fardhu) Fajar (Shubuh). Kemudian dia (Nabi SAW.) berbaring (dan berpangku) di
atas lengan kanannya sampai Muadzin mengumandangkan iqamah”. {HR. Bukhârî (al-Jâmi’ ash-Shahîh li al-Bukhârî:
No. Hadis. 590). An-Nasâ-î (Sunan an-Nasâ-î al-Kubrâ:
No. Hadis. 1741)}.
Ini adalah lafazh Matan Sunan Abî Dâwud (No. Hadis: 1063):
حَدَّثَنَا
مُسَدَّدٌ, قَالَ: حَدَّثَنَا يَحْيَى, عَنْ ابْنِ جُرَيْجٍ, قَالَ: حَدَّثَنِي عَطَاءٌ,
عَنْ عُبَيْدِ بْنِ عُمَيْرٍ, عَنْ عَائِشَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهَا قَالَتْ: إِنَّ
رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لَمْ يَكُنْ عَلَى شَيْءٍ مِنْ
النَّوَافِلِ أَشَدَّ مُعَاهَدَةً مِنْهُ عَلَى الرَّكْعَتَيْنِ
قَبْلَ الصُّبْحِ.
“Musaddad telah bercerita kepada kami (kepada
Abû Dâwud), dia (Musaddad) berkata: “Yahyâ telah bercerita kepada kami (kepada Musaddad),
dari Ibnu Juraij, dia (Ibnu Juraij) berkata: “’Athâ’ telah bercerita kepada
saya (kepada Ibnu Juraij), dari ‘Ubaid bin ‘Umair, dari ‘Âisyah, dia (‘Âisyah)
berkata: “Sesungguhnya Rasûlullâh SAW. mengerjakan
shalat sunnah tidak setekun ketika beliau SAW. mengerjakan SHALAT 2 RAKA’AT SEBELUM (SHALAT FARDHU) SHUBUH”. {HR. Abû Dâwud (Sunan Abî Dâwud: No. Hadis. 1063). Ahmad bin Hanbal (Musnad al-Imâm Ahmad Ibn Hanbal:
No. Hadis. 23136). Ibnu Hibbân (Shahîh Ibn Hibbân: No. Hadis. 2500 dan 2507)}.[1]
B. 2 RAKA’AT ATAU 4 RAKA’AT SEBELUM SHALAT FARDHU ZHUHUR DAN SESUDAH SHALAT
FARDHU ZHUHUR
Ini adalah lafazh Matan al-Jâmi’ ash-Shahîh li al-Bukhârî
(No. Hadis: 1109):
حَدَّثَنَا
سُلَيْمَانُ بْنُ حَرْبٍ, قَالَ: حَدَّثَنَا حَمَّادُ بْنُ زَيْدٍ, عَنْ أَيُّوبَ,
عَنْ نَافِعٍ, عَنْ ابْنِ عُمَرَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا قَالَ: حَفِظْتُ مِنْ النَّبِيِّ
صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَشْرَ رَكَعَاتٍ, رَكْعَتَيْنِ
قَبْلَ الظُّهْر, وَرَكْعَتَيْنِ بَعْدَهَا, وَرَكْعَتَيْنِ بَعْدَ الْمَغْرِبِ
فِي بَيْتِهِ, وَرَكْعَتَيْنِ بَعْدَ الْعِشَاءِ فِي بَيْتِهِ, وَرَكْعَتَيْنِ قَبْلَ
صَلَاةِ الصُّبْحِ. وَكَانَتْ سَاعَةً لَا يُدْخَلُ عَلَى النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ
عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فِيهَا. حَدَّثَتْنِي حَفْصَةُ أَنَّهُ كَانَ إِذَا أَذَّنَ الْمُؤَذِّنُ
وَطَلَعَ الْفَجْرُ صَلَّى رَكْعَتَيْنِ.
“Sulaimân bin Harb telah
bercerita kepada kami (kepada Bukhârî), dia (Sulaimân bin Harb) berkata: “Hammâd
bin Zaid telah bercerita kepada kami (kepada Sulaimân bin Harb), dari Ayyûb, dari
Nâfi’, dari ‘Abdullâh bin ‘Umar, dia (‘Abdullâh bin ‘Umar) berkata: “Saya (‘Abdullâh
bin ‘Umar) hafal (ingat) sepuluh raka’at dari (tuntunan) Nabi SAW. yaitu: 2 RAKA’AT SEBELUM (SHALAT FARDHU) ZHUHUR, DAN 2 RAKA’AT
SESUDAHNYA (SESUDAH SHALAT FARDHU ZHUHUR). 2 raka’at setelah (shalat
fardhu) Maghrîb di rumah. 2 raka’at setelah (shalat fardhu) ‘Isyâ’ di rumah. 2
raka’at sebelum shalat (fardhu) Shubuh........................”. {HR. Bukhârî (al-Jâmi’ ash-Shahîh li
al-Bukhârî: No. Hadis. 1109). At-Tirmidzî (al-Jâmi’
ash-Shahîh Sunan at-Tirmidzî: No. Hadis. 398). Ahmad bin Hanbal (Musnad
al-Imâm Ahmad Ibn Hanbal: No. Hadis. 5160, 5175, 5480, 5498 dan 5706)}.
Ini adalah lafazh
Matan al-Jâmi’ ash-Shahîh li al-Bukhârî (No. Hadis: 1099):
حَدَّثَنَا
يَحْيَى بْنُ بُكَيْرٍ, قَالَ: حَدَّثَنَا اللَّيْثُ, عَنْ عُقَيْلٍ, عَنْ ابْنِ شِهَابٍ,
قَالَ: أَخْبَرَنِي سَالِمٌ, عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عُمَرَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا
قَالَ: صَلَّيْتُ مَعَ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ رَكْعَتَيْنِ قَبْلَ الظُّهْرِ, وَرَكْعَتَيْنِ بَعْدَ الظُّهْرِ,
وَرَكْعَتَيْنِ بَعْدَ الْجُمُعَةِ, وَرَكْعَتَيْنِ بَعْدَ الْمَغْرِبِ, وَرَكْعَتَيْنِ
بَعْدَ الْعِشَاءِ.
“Yahyâ bin Bukair telah
bercerita kepada kami (kepada Bukhârî), dia (Yahyâ bin Bukair) berkata: “Al-Laits
telah bercerita kepada kami (kepada Yahyâ bin Bukair), dari ‘Uqail, dari Ibnu
Syihâb, dia (Ibnu Syihâb) berkata: “Sâlim mengabarkan saya (Ibnu Syihâb), dari ‘Abdullâh
bin ‘Umar, dia (‘Abdullâh bin ‘Umar) berkata: Saya (‘Abdullâh bin ‘Umar) pernah
shalat bersama Rasûlullâh SAW. 2 RAKA’AT SEBELUM
(SHALAT FARDHU) ZHUHUR, DAN 2 RAKA’AT SESUDAH (SHALAT FARDHU) ZHUHUR. 2
raka’at sesudah (shalat fardhu) Jumu’ah. 2 raka’at sesudah (shalat fardhu)
Maghrîb. 2 raka’at sesudah (shalat fardhu) ‘Isyâ’”. {HR. Bukhârî (al-Jâmi’ ash-Shahîh li
al-Bukhârî: No. Hadis. 1099). Muslim (al-Jâmi’ ash-Shahîh
li Muslim: No. Hadis. 1200). Ahmad bin Hanbal (Musnad al-Imâm
Ahmad Ibn Hanbal: No. Hadis. 4277 dan 4431)}.
Ini adalah lafazh
Matan al-Jâmi’ ash-Shahîh li al-Bukhârî (No. Hadis: 885):
حَدَّثَنَا
عَبْدُ اللَّهِ بْنُ يُوسُفَ, قَالَ: أَخْبَرَنَا مَالِكٌ, عَنْ نَافِعٍ, عَنْ عَبْدِ
اللَّهِ بْنِ عُمَرَ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ
يُصَلِّي قَبْلَ الظُّهْرِ رَكْعَتَيْنِ, وَبَعْدَهَا رَكْعَتَيْنِ,
وَبَعْدَ الْمَغْرِبِ رَكْعَتَيْنِ فِي بَيْتِهِ, وَبَعْدَ الْعِشَاءِ رَكْعَتَيْنِ.
وَكَانَ لَا يُصَلِّي بَعْدَ الْجُمُعَةِ حَتَّى يَنْصَرِفَ فَيُصَلِّي رَكْعَتَيْنِ.
“’Abdullâh bin Yûsuf telah bercerita kepada kami (kepada
Bukhârî), dia (’Abdullâh bin Yûsuf) berkata: “Mâlik telah mengabarkan kami (’Abdullâh bin Yûsuf), dari Nâfi’, dari ‘Abdullâh bin
‘Umar: “Sesungguhnya Rasûlullâh SAW. SHALAT 2 RAKA’AT
SEBELUM (SHALAT FARDHU) ZHUHUR, DAN 2 RAKA’AT SESUDAHNYA (SESUDAH SHALAT FARDHU
ZHUHUR). 2 raka’at sesudah (shalat fardhu) Maghrîb di rumahnya (di rumah
Nabi SAW). 2 raka’at setelah (shalat fardhu) ‘Isyâ’. Dan dia (Nabi SAW.) tidak
shalat setelah (shalat fardhu) Jumu’ah sampai kembali (ke rumahnya), lalu
beliau SAW. shalat 2 raka’at”. {HR. Bukhârî (al-Jâmi’ ash-Shahîh li al-Bukhârî:
No. Hadis. 885). At-Tirmidzî (al-Jâmi’ ash-Shahîh Sunan at-Tirmidzî: No.
Hadis. 400). At-Tirmidzî (Asy-Syamâil al-Muhammadiyyah li at-Tirmidzî:
No. Hadis. 278). Abû Dâwud (Sunan Abî Dâwud: No. Hadis. 1061). An-Nasâ-î
(Sunan an-Nasâ-î al-Kubrâ: No. Hadis. 863). Ahmad bin Hanbal (Musnad
al-Imâm Ahmad Ibn Hanbal: No. Hadis. 5044). Ad-Dârimî (Sunan ad-Dârimî:
No. Hadis. 1401). Ibnu Khuzaymah (Shahîh Ibn Khuzaymah: No. Hadis. 1134)}.
Ini adalah lafazh Matan al-Jâmi’ ash-Shahîh Sunan
at-Tirmidzî (No. Hadis: 392):
حَدَّثَنَا
عَلِيُّ بْنُ حُجْرٍ, قَالَ: أَخْبَرَنَا يَزِيدُ بْنُ هَارُونَ, عَنْ مُحَمَّدِ بْنِ
عَبْدِ اللَّهِ الشُّعَيْثِيِّ, عَنْ أَبِيهِ, عَنْ عَنْبَسَةَ بْنِ أَبِي سُفْيَانَ,
عَنْ أُمِّ حَبِيبَةَ قَالَتْ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ:
مَنْ صَلَّى قَبْلَ الظُّهْرِ أَرْبَعًا, وَبَعْدَهَا أَرْبَعًا,
حَرَّمَهُ اللَّهُ عَلَى النَّارِ.
“’Alî bin Hujr telah bercerita kepada
kami (kepada at-Tirmidzî), dia (’Alî bin
Hujr) berkata: “Yazîd bin Hârûn telah mengabarkan kepada kami (kepada ’Alî bin
Hujr), dari Muhammad bin ‘Abdullâh asy-Syu’aitsy,
dari ayahnya (yaitu: ‘Abdullâh bin al-Muhâjir),
dari ‘Anbasah bin Abî Sufyân, dari Ummu
Habîbah, dia (Ummu Habîbah) berkata: “Rasûlullâh
SAW. bersabda: “Siapa yang SHALAT 4 RAKA’AT SEBELUM (SHALAT FARDHU) ZHUHUR DAN 4 RAKA’AT SESUDAHNYA (SESUDAH SHALAT FARDHU ZHUHUR), maka Allah SWT.
mengharamkannya dari (siksa api) neraka”. {HR. At-Tirmidzî (al-Jâmi’ ash-Shahîh Sunan
at-Tirmidzî: No. Hadis. 392). Ibnu Mâjah (Sunan Ibn Mâjah: No. Hadis.
1150). Ahmad bin Hanbal (Musnad al-Imâm Ahmad Ibn
Hanbal: No. Hadis. 25547)}.[2]
Ini adalah lafazh Matan al-Jâmi’ ash-Shahîh Sunan at-Tirmidzî (No.
Hadis: 393):
حَدَّثَنَا أَبُو بَكْرٍ مُحَمَّدُ بْنُ إِسْحَقَ الْبَغْدَادِيُّ,
قَالَ: حَدَّثَنَا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ يُوسُفَ التِّنِّيسِيُّ الشَّأْمِيُّ, قَالَ:
حَدَّثَنَا الْهَيْثَمُ بْنُ حُمَيْدٍ, قَالَ: أَخْبَرَنِي الْعَلَاءُ هُوَ ابْنُ الْحَارِثِ,
عَنْ الْقَاسِمِ أَبِي عَبْدِ الرَّحْمَنِ, عَنْ عَنْبَسَةَ بْنِ أَبِي سُفْيَانَ,
قَالَ: سَمِعْتُ أُخْتِي أُمَّ حَبِيبَةَ زَوْجَ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ
وَسَلَّمَ تَقُولُ: سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ صَلَّى
اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ: مَنْ حَافَظَ عَلَى أَرْبَعِ
رَكَعَاتٍ قَبْلَ الظُّهْرِ, وَأَرْبَعٍ بَعْدَهَا, حَرَّمَهُ اللَّهُ عَلَى
النَّارِ.
قَالَ أَبُو عِيسَى: هَذَا حَدِيثٌ حَسَنٌ صَحِيحٌ غَرِيبٌ مِنْ
هَذَا الْوَجْهِ.
“Abû Bakr Muhammad bin Ishaq al-Baghdâdy telah bercerita
kepada saya (kepada at-Tirmidzî), dia (Abû Bakr Muhammad bin Ishaq al-Baghdâdy)
berkata: “‘Abdullâh bin Yûsuf at-Tinîsy asy-Sya’my telah bercerita kepada kami
(kepada Abû Bakr Muhammad bin Ishaq al-Baghdâdy), dia (‘Abdullâh bin Yûsuf
at-Tinîsy asy-Sya’my) berkata: “Al-Haitsam bin Humaid telah bercerita kepada
kami (kepada ‘Abdullâh bin Yûsuf at-Tinîsy asy-Sya’my), dia (Al-Haitsam bin
Humaid) berkata: “Al-‘Alâ’ yaitu: Ibnu al-Hârits telah mengabarkan saya (Al-Haitsam
bin Humaid), dari al-Qâsim Abû ‘Abdurrahmân, dari ‘Anbasah bin Abî Sufyân, dia
(‘Anbasah bin Abî Sufyân) berkata: “Saya (‘Anbasah bin Abî Sufyân) mendengar
saudara perempuanku Ummu Habîbah yang merupakan salah seorang isteri Nabi SAW. berkata:
“Barangsiapa yang menjaga (konsisten untuk mengamalkan) 4 RAKA’AT SEBELUM (SHALAT FARDHU) ZHUHUR DAN 4 RAKA’AT SESUDAHNYA (SESUDAH
SHALAT FARDHU ZHUHUR), maka Allah SWT. mengharamkannya (siksa api) Neraka”.
“Al-Hâfizh at-Tirmidzî berkata: “Hadis ini (berkualitas)
hasan shahîh gharîb dari jalur ini”. {HR. At-Tirmidzî (al-Jâmi’ ash-Shahîh Sunan
at-Tirmidzî: No. Hadis. 393). Abû Dâwud (Sunan Abî Dâwud: No. Hadis.
1077). Al-Hâkim (Al-Mustadrak
‘alâ ash-Shahîhayn li al-Hâkim: No. Hadis. 1122)}.[3]
C. 2 RAKA’AT ATAU 4 RAKA’AT SEBELUM SHALAT FARDHU ‘ASHAR
Ini adalah lafazh Matan al-Jâmi’ ash-Shahîh Sunan at-Tirmidzî (No.
Hadis: 394):
حَدَّثَنَا بُنْدَارٌ مُحَمَّدُ بْنُ بَشَّارٍ, قَالَ: حَدَّثَنَا
أَبُو عَامِرٍ هُوَ الْعَقَدِيُّ عَبْدُ الْمَلِكِ بْنُ عَمْرٍو, قَالَ: حَدَّثَنَا
سُفْيَانُ, عَنْ أَبِي إِسْحَقَ, عَنْ عَاصِمِ بْنِ ضَمْرَةَ, عَنْ عَلِيٍّ قَالَ:
كَانَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يُصَلِّي
قَبْلَ الْعَصْرِ أَرْبَعَ رَكَعَاتٍ, يَفْصِلُ بَيْنَهُنَّ بِالتَّسْلِيمِ
عَلَى الْمَلَائِكَةِ الْمُقَرَّبِينَ وَمَنْ تَبِعَهُمْ مِنْ الْمُسْلِمِينَ وَالْمُؤْمِنِينَ.
قَالَ أَبُو عِيسَى: حَدِيثُ عَلِيٍّ حَدِيثٌ حَسَنٌ.
“Bundâr Muhammad bin Basysyâr telah bercerita kepada kami (kepada at-Tirmidzî), dia (Bundâr Muhammad bin Basysyâr) berkata: “Abû ‘Âmir yaitu: ‘Abdul Malik bin ‘Amr telah
bercerita kepada kami (kepada Bundâr Muhammad bin Basysyâr), dia (‘Abdul Malik bin ‘Amr) berkata: “Sufyân telah bercerita kepada kami (kepada ‘Abdul Malik bin ‘Amr), dari Abû Ishaq, dari ‘Âshim bin Dhamrah, dari ‘Alî bin Abî Thâlib, dia (‘Alî bin Abî Thâlib) berkata: “Nabî SAW. pernah SHALAT 4 RAKA’AT yang dipisah dengan salam pada
raka’at kedua (maksudnya: 2 raka’at salam, 2 raka’at salam) SEBELUM (SHALAT FARDHU) ‘ASHAR, atas para Malaikat, orang-orang
terdekat dengan beliau SAW; dan siapa saja yang menjadi pengikutnya (pengikut
Nabi SAW), baik dari golongan kaum Muslimîn maupun kaum Mu’minîn”.
“Al-Hâfizh at-Tirmidzî berkata: “Hadis ‘Alî bin Abî Thâlib adalah hadis (yang berkualitas) hasan”. {HR. At-Tirmidzî (al-Jâmi’ ash-Shahîh Sunan
at-Tirmidzî: No. Hadis. 394)}.[4]
Ini adalah lafazh Matan al-Jâmi’ ash-Shahîh Sunan at-Tirmidzî (No.
Hadis: 395):
حَدَّثَنَا يَحْيَى بْنُ مُوسَى وَمَحْمُودُ بْنُ غَيْلَانَ
وَأَحْمَدُ بْنُ إِبْرَاهِيمَ الدَّوْرَقِيُّ وَغَيْرُ وَاحِدٍ قَالُوْا: حَدَّثَنَا
أَبُو دَاوُدَ الطَّيَالِسِيُّ, قَالَ: حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ مُسْلِمِ بْنِ مِهْرَانَ,
سَمِعَ جَدَّهُ عَنْ ابْنِ عُمَرَ, عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ
قَالَ: رَحِمَ اللَّهُ امْرَأً صَلَّى قَبْلَ الْعَصْرِ أَرْبَعًا.
قَالَ أَبُو عِيسَى: هَذَا حَدِيثٌ غَرِيبٌ حَسَنٌ.
“Yahyâ bin Mûsâ, Mahmûd bin Ghaylân, Ahmad bin Ibrâhîm ad-Dawraqy dan selain mereka (selain Yahyâ bin Mûsâ, Mahmûd bin Ghaylân dan Ahmad bin Ibrâhîm ad-Dawraqy) berkata: “Abû Dâwud ath-Thayâlisy
telah bercerita kepada kami (kepada Yahyâ bin Mûsâ, Mahmûd bin Ghaylân, Ahmad
bin Ibrâhîm ad-Dawraqy dan yang lainnya), dia (Abû Dâwud ath-Thayâlisy)
berkata: “Muhammad bin Muslim bin Mihrân telah bercerita kepada kami (kepada Abû
Dâwud ath-Thayâlisy), dia (Muhammad bin Muslim bin Mihrân) mendengar kakeknya (yaitu:
Muslim bin al-Mutsannâ) menyampaikan kabar dari ‘Abdullâh bin ‘Umar, dari Nabi
SAW; dia (Nabi SAW.) bersabda: “Sesungguhnya Allah SWT. mengasihi para manusia
yang mendirikan SHALAT 4 RAKA’AT SEBELUM (SHALAT
FARDHU) ‘ASHAR”.
“Al-Hâfizh at-Tirmidzî berkata: “Hadis ini (berkualitas) hasan
gharîb”. {HR. At-Tirmidzî (al-Jâmi’ ash-Shahîh Sunan
at-Tirmidzî: No. Hadis. 395). Abû Dâwud (Sunan Abî Dâwud: No. Hadis.
1079)}.[5]
Ini adalah lafazh
Matan Sunan Abî Dâwud (No. Hadis: 1080):
حَدَّثَنَا حَفْصُ بْنُ عُمَرَ, قَالَ: حَدَّثَنَا شُعْبَةُ,
عَنْ أَبِي إِسْحَقَ, عَنْ عَاصِمِ بْنِ ضَمْرَةَ, عَنْ عَلِيٍّ عَلَيْهِ السَّلَام:
أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ يُصَلِّي قَبْلَ الْعَصْرِ رَكْعَتَيْنِ.
“Hafsh bin ‘Umar telah bercerita kepada kami (kepada Abû
Dâwud), dia (Hafsh bin ‘Umar) berkata: “Syu’bah telah bercerita kepada kami (kepada
Hafsh bin ‘Umar), dari Abû Ishaq, dari ‘Âshim bin Dhamrah, dari ‘Alî bin Abî Thâlib: “Sesungguhnya Nabi SAW. pernah SHALAT 2 RAKA’AT SEBELUM (SHALAT FARDHU) ‘ASHAR”. {HR. Abû Dâwud (Sunan Abî Dâwud: No. Hadis.
1080)}.[6]
D.
2 RAKA’AT SEBELUM SHALAT
FARDHU MAGHRÎB
Ini adalah lafazh Matan Sunan Abî Dâwud (No. Hadis: 1089):
حَدَّثَنَا عُبَيْدُ اللَّهِ بْنُ عُمَرَ, قَالَ: حَدَّثَنَا
عَبْدُ الْوَارِثِ بْنُ سَعِيدٍ, عَنْ الْحُسَيْنِ الْمُعَلِّمِ, عَنْ عَبْدِ اللَّهِ
بْنِ بُرَيْدَةَ, عَنْ عَبْدِ اللَّهِ الْمُزَنِيِّ قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى
اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: صَلُّوا قَبْلَ الْمَغْرِبِ رَكْعَتَيْنِ,
ثُمَّ قَالَ صَلُّوا قَبْلَ الْمَغْرِبِ رَكْعَتَيْنِ,
لِمَنْ شَاءَ خَشْيَةَ أَنْ يَتَّخِذَهَا النَّاسُ سُنَّةً.
“’Ubaidillâh bin ‘Umar telah
bercerita kepada kami (kepada Abû Dâwud), dia (’Ubaidillâh bin ‘Umar) berkata: “’Abdul
Wârits bin Sa’îd telah bercerita kepada kami (kepada ’Ubaidillâh bin ‘Umar), dari
Husain al-Mu’allim, dari ‘Abdullâh bin Buraidah, dari ‘Abdullâh al-Muzanny, dia
(‘Abdullâh al-Muzanny) berkata: “Rasûlullâh SAW. bersabda: “SHALATLAH 2 RAKA’AT SEBELUM (SHALAT FARDHU) MAGHRÎB,
kemudian dia (Nabi SAW.) kembali bersabda: “SHALATLAH 2
RAKA’AT SEBELUM (SHALAT FARDHU) MAGHRÎB; bagi siapa yang mau (mendirikan
shalat 2 raka’at sebelum shalat fardhu Maghrîb).................................”. {HR. Bukhârî (al-Jâmi’ ash-Shahîh li
al-Bukhârî: No. Hadis. 1111 dan 6820). Abû Dâwud (Sunan Abî Dâwud:
No. Hadis. 1089). Ahmad bin Hanbal (Musnad al-Imâm Ahmad Ibn Hanbal: No.
Hadis. 19643)}.
Ini adalah lafazh Matan Sunan Abî Dâwud (No. Hadis: 1090):
حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ عَبْدِ الرَّحِيمِ الْبَزَّازُ, قَالَ:
أَخْبَرَنَا سَعِيدُ بْنُ سُلَيْمَانَ, قَالَ: حَدَّثَنَا مَنْصُورُ بْنُ أَبِي الْأَسْوَدِ,
عَنْ الْمُخْتَارِ بْنِ فُلْفُلٍ, عَنْ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ قَالَ: صَلَّيْتُ الرَّكْعَتَيْنِ قَبْلَ الْمَغْرِبِ عَلَى عَهْدِ
رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ. قَالَ: قُلْتُ لِأَنَسٍ أَرَآكُمْ
رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ؟. قَالَ: نَعَمْ, رَآنَا. فَلَمْ
يَأْمُرْنَا, وَلَمْ يَنْهَنَا.
“Muhammad bin ‘Abdurrahîm al-Bazzâz telah bercerita
kepada kami (kepada Abû Dâwud), dia (Muhammad bin ‘Abdurrahîm al-Bazzâz)
berkata: “Sa’îd bin Sulaimân telah mengabarkan kami (Muhammad bin ‘Abdurrahîm
al-Bazzâz), dia (Sa’îd bin Sulaimân) berkata: “Manshûr bin Abî al-Aswad telah
bercerita kepada kami (kepada Sa’îd bin Sulaimân), dari al-Mukhtâr bin Fulful, dari
Anas bin Mâlik, dia (Anas bin Mâlik) berkata: “Saya (Anas bin Mâlik) SHALAT 2 RAKA’AT SEBELUM (SHALAT FARDHU) MAGHRÎB pada
masa Rasûlullâh SAW. Dia (al-Mukhtâr bin Fulful) berkata: “Saya (al-Mukhtâr bin
Fulful) berkata kepada Anas bin Mâlik: “Apakah Rasûlullâh SAW. melihat anda
(mendirikan shalat 2 raka’at sebelum shalat fardhu Maghrîb)?”. Dia (Anas bin
Mâlik) berkata: “Iya, beliau SAW. melihat kami (melihat Anas bin Mâlik
mendirikan shalat 2 raka’at sebelum shalat fardhu Maghrîb); beliau SAW. juga
tidak memerintahkan kami (Anas bin Mâlik) maupun melarang kami (untuk
mendirikan shalat 2 raka’at sebelum Maghrîb)”. {HR. Muslim (al-Jâmi’ ash-Shahîh li
Muslim: No. Hadis. 1382). Abû Dâwud (Sunan Abî Dâwud: No. Hadis.
1090). Abû Bakr bin Abî Syaibah (Al-Mushannaf Ibn Abî Syaibah: Juz. 1,
halaman. 491, versi Maktabah Syâmilah). Al-Bayhaqî (as-Sunan al-Kubrâ li
al-Bayhaqî: Juz. 2, halaman. 475, versi Maktabah Syâmilah). Abû ‘Awânah (Mustakhraj
Abî ‘Awânah: No. Hadis. 1061 dan 1688). Abû Ya’lâ (Musnad Abî Ya’lâ
al-Mûshilî: No. Hadis. 3850)}.
E. 2 RAKA’AT SESUDAH SHALAT FARDHU MAGHRÎB
Ini adalah lafazh Matan al-Jâmi’ ash-Shahîh li al-Bukhârî
(No. Hadis: 1109):
حَدَّثَنَا سُلَيْمَانُ بْنُ حَرْبٍ, قَالَ: حَدَّثَنَا
حَمَّادُ بْنُ زَيْدٍ, عَنْ أَيُّوبَ, عَنْ نَافِعٍ, عَنْ ابْنِ عُمَرَ رَضِيَ اللَّهُ
عَنْهُمَا قَالَ: حَفِظْتُ مِنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَشْرَ
رَكَعَاتٍ, رَكْعَتَيْنِ قَبْلَ الظُّهْر, وَرَكْعَتَيْنِ بَعْدَهَا, وَرَكْعَتَيْنِ بَعْدَ الْمَغْرِبِ فِي بَيْتِهِ, وَرَكْعَتَيْنِ
بَعْدَ الْعِشَاءِ فِي بَيْتِهِ, وَرَكْعَتَيْنِ قَبْلَ صَلَاةِ الصُّبْحِ. وَكَانَتْ
سَاعَةً لَا يُدْخَلُ عَلَى النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فِيهَا.
حَدَّثَتْنِي حَفْصَةُ أَنَّهُ كَانَ إِذَا أَذَّنَ الْمُؤَذِّنُ وَطَلَعَ الْفَجْرُ
صَلَّى رَكْعَتَيْنِ.
“Sulaimân bin Harb telah
bercerita kepada kami (kepada Bukhârî), dia (Sulaimân bin Harb) berkata:
“Hammâd bin Zaid telah bercerita kepada kami (kepada Sulaimân bin Harb), dari
Ayyûb, dari Nâfi’, dari ‘Abdullâh bin ‘Umar, dia (‘Abdullâh bin ‘Umar) berkata:
“Saya (‘Abdullâh bin ‘Umar) hafal (ingat) sepuluh raka’at dari (tuntunan) Nabi
SAW. yaitu: 2 raka’at sebelum (shalat fardhu) Zhuhur, dan 2 raka’at sesudahnya
(sesudah shalat fardhu Zhuhur). 2 RAKA’AT SETELAH
(SHALAT FARDHU) MAGHRÎB di rumah. 2 raka’at setelah (shalat fardhu)
‘Isyâ’ di rumah. 2 raka’at sebelum shalat (fardhu)
Shubuh........................”. {HR. Bukhârî (al-Jâmi’ ash-Shahîh li al-Bukhârî:
No. Hadis. 1109). At-Tirmidzî (al-Jâmi’ ash-Shahîh Sunan
at-Tirmidzî: No. Hadis. 398). Ahmad bin Hanbal (Musnad al-Imâm Ahmad Ibn
Hanbal: No. Hadis. 5160, 5175, 5480, 5498 dan 5706)}.
Ini adalah lafazh
Matan al-Jâmi’ ash-Shahîh li al-Bukhârî (No. Hadis: 1099):
حَدَّثَنَا
يَحْيَى بْنُ بُكَيْرٍ, قَالَ: حَدَّثَنَا اللَّيْثُ, عَنْ عُقَيْلٍ, عَنْ ابْنِ شِهَابٍ,
قَالَ: أَخْبَرَنِي سَالِمٌ, عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عُمَرَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا
قَالَ: صَلَّيْتُ مَعَ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ رَكْعَتَيْنِ
قَبْلَ الظُّهْرِ, وَرَكْعَتَيْنِ بَعْدَ الظُّهْرِ, وَرَكْعَتَيْنِ بَعْدَ الْجُمُعَةِ,
وَرَكْعَتَيْنِ بَعْدَ الْمَغْرِبِ, وَرَكْعَتَيْنِ
بَعْدَ الْعِشَاءِ.
“Yahyâ bin Bukair telah
bercerita kepada kami (kepada Bukhârî), dia (Yahyâ bin Bukair) berkata:
“Al-Laits telah bercerita kepada kami (kepada Yahyâ bin Bukair), dari ‘Uqail,
dari Ibnu Syihâb, dia (Ibnu Syihâb) berkata: “Sâlim mengabarkan saya (Ibnu
Syihâb), dari ‘Abdullâh bin ‘Umar, dia (‘Abdullâh bin ‘Umar) berkata: Saya
(‘Abdullâh bin ‘Umar) pernah shalat bersama Rasûlullâh SAW. 2 raka’at sebelum
(shalat fardhu) Zhuhur, dan 2 raka’at sesudah (shalat fardhu) Zhuhur. 2 raka’at
sesudah (shalat fardhu) Jumu’ah. 2 RAKA’AT SESUDAH
(SHALAT FARDHU) MAGHRÎB. 2 raka’at sesudah (shalat fardhu) ‘Isyâ’”. {HR. Bukhârî (al-Jâmi’ ash-Shahîh li
al-Bukhârî: No. Hadis. 1099). Muslim (al-Jâmi’ ash-Shahîh li Muslim:
No. Hadis. 1200). Ahmad bin Hanbal (Musnad al-Imâm Ahmad Ibn Hanbal: No.
Hadis. 4277 dan 4431)}.
Ini adalah lafazh
Matan al-Jâmi’ ash-Shahîh li al-Bukhârî (No. Hadis: 885):
حَدَّثَنَا
عَبْدُ اللَّهِ بْنُ يُوسُفَ, قَالَ: أَخْبَرَنَا مَالِكٌ, عَنْ نَافِعٍ, عَنْ عَبْدِ
اللَّهِ بْنِ عُمَرَ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ
يُصَلِّي قَبْلَ الظُّهْرِ رَكْعَتَيْنِ, وَبَعْدَهَا رَكْعَتَيْنِ, وَبَعْدَ الْمَغْرِبِ رَكْعَتَيْنِ فِي بَيْتِهِ, وَبَعْدَ
الْعِشَاءِ رَكْعَتَيْنِ. وَكَانَ لَا يُصَلِّي بَعْدَ الْجُمُعَةِ حَتَّى يَنْصَرِفَ
فَيُصَلِّي رَكْعَتَيْنِ.
“’Abdullâh bin Yûsuf telah bercerita kepada kami
(kepada Bukhârî), dia (’Abdullâh bin Yûsuf) berkata: “Mâlik telah mengabarkan kami (’Abdullâh bin Yûsuf), dari Nâfi’, dari ‘Abdullâh bin
‘Umar: “Sesungguhnya Rasûlullâh SAW. shalat 2 raka’at sebelum (shalat fardhu)
Zhuhur, dan 2 raka’at sesudahnya (sesudah shalat fardhu Zhuhur). 2 RAKA’AT SESUDAH (SHALAT FARDHU) MAGHRÎB di rumahnya
(di rumah Nabi SAW). 2 raka’at setelah (shalat fardhu) ‘Isyâ’. Dan dia (Nabi
SAW.) tidak shalat setelah (shalat fardhu) Jumu’ah sampai kembali (ke
rumahnya), lalu beliau SAW. shalat 2 raka’at”. {HR. Bukhârî (al-Jâmi’ ash-Shahîh li
al-Bukhârî: No. Hadis. 885). At-Tirmidzî (al-Jâmi’ ash-Shahîh Sunan
at-Tirmidzî: No. Hadis. 400). At-Tirmidzî (Asy-Syamâil al-Muhammadiyyah
li at-Tirmidzî: No. Hadis. 278). Abû Dâwud (Sunan Abî Dâwud: No.
Hadis. 1061). An-Nasâ-î (Sunan an-Nasâ-î al-Kubrâ: No. Hadis. 863).
Ahmad bin Hanbal (Musnad al-Imâm Ahmad Ibn Hanbal: No. Hadis. 5044). Ad-Dârimî
(Sunan ad-Dârimî: No. Hadis. 1401). Ibnu Khuzaymah (Shahîh Ibn
Khuzaymah: No. Hadis. 1134)}.
F. 2 RAKA’AT ATAU 4 RAKA’AT SESUDAH SHALAT FARDHU ‘ISYÂ’
Ini adalah lafazh Matan al-Jâmi’ ash-Shahîh li al-Bukhârî
(No. Hadis: 1109):
حَدَّثَنَا سُلَيْمَانُ بْنُ حَرْبٍ, قَالَ: حَدَّثَنَا
حَمَّادُ بْنُ زَيْدٍ, عَنْ أَيُّوبَ, عَنْ نَافِعٍ, عَنْ ابْنِ عُمَرَ رَضِيَ اللَّهُ
عَنْهُمَا قَالَ: حَفِظْتُ مِنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَشْرَ
رَكَعَاتٍ, رَكْعَتَيْنِ قَبْلَ الظُّهْر, وَرَكْعَتَيْنِ بَعْدَهَا, وَرَكْعَتَيْنِ
بَعْدَ الْمَغْرِبِ فِي بَيْتِهِ, وَرَكْعَتَيْنِ بَعْدَ الْعِشَاءِ
فِي بَيْتِهِ, وَرَكْعَتَيْنِ قَبْلَ صَلَاةِ الصُّبْحِ. وَكَانَتْ سَاعَةً لَا يُدْخَلُ
عَلَى النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فِيهَا. حَدَّثَتْنِي حَفْصَةُ
أَنَّهُ كَانَ إِذَا أَذَّنَ الْمُؤَذِّنُ وَطَلَعَ الْفَجْرُ صَلَّى رَكْعَتَيْنِ.
“Sulaimân bin Harb telah
bercerita kepada kami (kepada Bukhârî), dia (Sulaimân bin Harb) berkata:
“Hammâd bin Zaid telah bercerita kepada kami (kepada Sulaimân bin Harb), dari
Ayyûb, dari Nâfi’, dari ‘Abdullâh bin ‘Umar, dia (‘Abdullâh bin ‘Umar) berkata:
“Saya (‘Abdullâh bin ‘Umar) hafal (ingat) sepuluh raka’at dari (tuntunan) Nabi
SAW. yaitu: 2 raka’at sebelum (shalat fardhu) Zhuhur, dan 2 raka’at sesudahnya
(sesudah shalat fardhu Zhuhur). 2 raka’at setelah (shalat fardhu) Maghrîb di
rumah. 2 RAKA’AT SETELAH (SHALAT FARDHU) ‘ISYÂ’
di rumah. 2 raka’at sebelum shalat (fardhu) Shubuh........................”. {HR. Bukhârî (al-Jâmi’ ash-Shahîh li
al-Bukhârî: No. Hadis. 1109). At-Tirmidzî (al-Jâmi’ ash-Shahîh Sunan
at-Tirmidzî: No. Hadis. 398). Ahmad bin Hanbal (Musnad al-Imâm Ahmad Ibn
Hanbal: No. Hadis. 5160, 5175, 5480, 5498 dan 5706)}.
Ini adalah lafazh
Matan al-Jâmi’ ash-Shahîh li al-Bukhârî (No. Hadis: 1099):
حَدَّثَنَا
يَحْيَى بْنُ بُكَيْرٍ, قَالَ: حَدَّثَنَا اللَّيْثُ, عَنْ عُقَيْلٍ, عَنْ ابْنِ شِهَابٍ,
قَالَ: أَخْبَرَنِي سَالِمٌ, عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عُمَرَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا
قَالَ: صَلَّيْتُ مَعَ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ رَكْعَتَيْنِ
قَبْلَ الظُّهْرِ, وَرَكْعَتَيْنِ بَعْدَ الظُّهْرِ, وَرَكْعَتَيْنِ بَعْدَ الْجُمُعَةِ,
وَرَكْعَتَيْنِ بَعْدَ الْمَغْرِبِ, وَرَكْعَتَيْنِ بَعْدَ
الْعِشَاءِ.
“Yahyâ bin Bukair telah
bercerita kepada kami (kepada Bukhârî), dia (Yahyâ bin Bukair) berkata:
“Al-Laits telah bercerita kepada kami (kepada Yahyâ bin Bukair), dari ‘Uqail,
dari Ibnu Syihâb, dia (Ibnu Syihâb) berkata: “Sâlim mengabarkan saya (Ibnu
Syihâb), dari ‘Abdullâh bin ‘Umar, dia (‘Abdullâh bin ‘Umar) berkata: Saya
(‘Abdullâh bin ‘Umar) pernah shalat bersama Rasûlullâh SAW. 2 raka’at sebelum
(shalat fardhu) Zhuhur, dan 2 raka’at sesudah (shalat fardhu) Zhuhur. 2 raka’at
sesudah (shalat fardhu) Jumu’ah. 2 raka’at sesudah (shalat fardhu) Maghrîb. 2 RAKA’AT SESUDAH (SHALAT FARDHU) ‘ISYÂ’”. {HR. Bukhârî (al-Jâmi’ ash-Shahîh li
al-Bukhârî: No. Hadis. 1099). Muslim (al-Jâmi’ ash-Shahîh li Muslim:
No. Hadis. 1200). Ahmad bin Hanbal (Musnad al-Imâm Ahmad Ibn Hanbal: No.
Hadis. 4277 dan 4431)}.
Ini adalah lafazh
Matan al-Jâmi’ ash-Shahîh li al-Bukhârî (No. Hadis: 885):
حَدَّثَنَا
عَبْدُ اللَّهِ بْنُ يُوسُفَ, قَالَ: أَخْبَرَنَا مَالِكٌ, عَنْ نَافِعٍ, عَنْ عَبْدِ
اللَّهِ بْنِ عُمَرَ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ
يُصَلِّي قَبْلَ الظُّهْرِ رَكْعَتَيْنِ, وَبَعْدَهَا رَكْعَتَيْنِ, وَبَعْدَ الْمَغْرِبِ
رَكْعَتَيْنِ فِي بَيْتِهِ, وَبَعْدَ الْعِشَاءِ رَكْعَتَيْنِ.
وَكَانَ لَا يُصَلِّي بَعْدَ الْجُمُعَةِ حَتَّى يَنْصَرِفَ فَيُصَلِّي رَكْعَتَيْنِ.
“’Abdullâh bin Yûsuf telah bercerita kepada kami
(kepada Bukhârî), dia (’Abdullâh bin Yûsuf) berkata: “Mâlik telah mengabarkan kami (’Abdullâh bin Yûsuf), dari Nâfi’, dari ‘Abdullâh bin
‘Umar: “Sesungguhnya Rasûlullâh SAW. shalat 2 raka’at sebelum (shalat fardhu)
Zhuhur, dan 2 raka’at sesudahnya (sesudah shalat fardhu Zhuhur). 2 raka’at
sesudah (shalat fardhu) Maghrîb di rumahnya (di rumah Nabi SAW). 2 RAKA’AT SETELAH (SHALAT FARDHU) ‘ISYÂ’. Dan dia
(Nabi SAW.) tidak shalat setelah (shalat fardhu) Jumu’ah sampai kembali (ke
rumahnya), lalu beliau SAW. shalat 2 raka’at”. {HR. Bukhârî (al-Jâmi’ ash-Shahîh li
al-Bukhârî: No. Hadis. 885). At-Tirmidzî (al-Jâmi’ ash-Shahîh Sunan
at-Tirmidzî: No. Hadis. 400). At-Tirmidzî (Asy-Syamâil al-Muhammadiyyah
li at-Tirmidzî: No. Hadis. 278). Abû Dâwud (Sunan Abî Dâwud: No.
Hadis. 1061). An-Nasâ-î (Sunan an-Nasâ-î al-Kubrâ: No. Hadis. 863).
Ahmad bin Hanbal (Musnad al-Imâm Ahmad Ibn Hanbal: No. Hadis. 5044). Ad-Dârimî
(Sunan ad-Dârimî: No. Hadis. 1401). Ibnu Khuzaymah (Shahîh Ibn
Khuzaymah: No. Hadis. 1134)}.
Ini
adalah lafazh Matan Sunan Abî Dâwud (No. Hadis: 1145):
حَدَّثَنَا عَلِيُّ بْنُ حُسَيْنٍ الدِّرْهَمِيُّ, قَالَ: حَدَّثَنَا
ابْنُ أَبِي عَدِيٍّ, عَنْ بَهْزِ بْنِ حَكِيمٍ, قَالَ: حَدَّثَنَا زُرَارَةُ بْنُ
أَوْفَى: أَنَّ عَائِشَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهَا سُئِلَتْ عَنْ صَلَاةِ رَسُولِ اللَّهِ
صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فِي جَوْفِ اللَّيْلِ, فَقَالَتْ: كَانَ يُصَلِّي
الْعِشَاءَ فِي جَمَاعَةٍ. ثُمَّ يَرْجِعُ إِلَى أَهْلِهِ فَيَرْكَعُ أَرْبَعَ رَكَعَاتٍ. ثُمَّ يَأْوِي إِلَى فِرَاشِهِ وَيَنَامُ
وَطَهُورُهُ مُغَطًّى عِنْدَ رَأْسِهِ وَسِوَاكُهُ مَوْضُوعٌ حَتَّى يَبْعَثَهُ اللَّهُ
سَاعَتَهُ الَّتِي يَبْعَثُهُ مِنْ اللَّيْلِ, فَيَتَسَوَّكُ وَيُسْبِغُ الْوُضُوءَ.
ثُمَّ يَقُومُ إِلَى مُصَلَّاهُ فَيُصَلِّي ثَمَانِيَ رَكَعَاتٍ, يَقْرَأُ فِيهِنَّ
بِأُمِّ الْكِتَابِ وَسُورَةٍ مِنْ الْقُرْآنِ. وَمَا شَاءَ اللَّهُ وَلَا يَقْعُدُ
فِي شَيْءٍ مِنْهَا حَتَّى يَقْعُدَ فِي الثَّامِنَةِ وَلَا يُسَلِّمُ, وَيَقْرَأُ
فِي التَّاسِعَةِ. ثُمَّ يَقْعُدُ فَيَدْعُو بِمَا شَاءَ اللَّهُ أَنْ يَدْعُوَهُ وَيَسْأَلَهُ
وَيَرْغَبَ إِلَيْهِ وَيُسَلِّمُ تَسْلِيمَةً وَاحِدَةً شَدِيدَةً يَكَادُ يُوقِظُ
أَهْلَ الْبَيْتِ مِنْ شِدَّةِ تَسْلِيمِهِ. ثُمَّ يَقْرَأُ وَهُوَ قَاعِدٌ بِأُمِّ
الْكِتَابِ, وَيَرْكَعُ وَهُوَ قَاعِدٌ. ثُمَّ يَقْرَأُ الثَّانِيَةَ, فَيَرْكَعُ وَيَسْجُدُ
وَهُوَ قَاعِدٌ. ثُمَّ يَدْعُو مَا شَاءَ اللَّهُ أَنْ يَدْعُوَ, ثُمَّ يُسَلِّمُ وَيَنْصَرِفُ.
فَلَمْ تَزَلْ تِلْكَ صَلَاةُ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ حَتَّى
بَدَّنَ فَنَقَّصَ مِنْ التِّسْعِ ثِنْتَيْنِ, فَجَعَلَهَا إِلَى السِّتِّ وَالسَّبْعِ,
وَرَكْعَتَيْهِ وَهُوَ قَاعِدٌ, حَتَّى قُبِضَ عَلَى ذَلِكَ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ
وَسَلَّمَ.
“’Alî bin Husain ad-Dirhamî telah
bercerita kepada kami (kepada Abû Dâwud), dia (’Alî bin Husain ad-Dirhamî)
berkata: “Ibnu Abî ‘Adî telah bercerita kepada kami (kepada ’Alî bin Husain
ad-Dirhamî), dari Bahz bin Hakîm, dia (Bahz bin Hakîm) berkata: “Zurârah bin
Aufâ telah bercerita kepada kami (kepada Bahz bin Hakîm): “Sesungguhnya ‘Âisyah
ditanya (oleh salah seorang Sahabat) mengenai shalat Rasûlullâh SAW. pada
sepertiga malam terakhir. Dia (‘Âisyah) berkata: “Dia (Nabi SAW.) shalat ‘Isyâ’
berjama’ah (di Masjid). Kemudian dia (Nabi SAW.) pulang kepada keluarganya dan MENDIRIKAN SHALAT (SUNNAH RAWÂTIB) 4 RAKA’AT (DI RUMAHNYA).
Setelah itu beliau SAW. berbaring di atas tempat tidurnya, kemudian beliau SAW.
tidur.............................”. {HR. Abû Dâwud (Sunan Abî Dâwud: No. Hadis.
1145)}.[7]
[1] Hadis riwayat Abû Dâwud ini berkualitas shahîh, karena semua
perawinya tsiqqah (kredibel ke-âdl-an dan ke-dhabith-annya).
Hadis riwayat Abû Dâwud ini di-shahîh-kan oleh al-Hâfizh Ibnu Hibbân
dalam Shahîh Ibn Hibbânnya (No. Hadis: 2500 dan 2507). Juga di-shahîh-kan
oleh al-Hâfizh Muhammad Nâshiruddîn al-Albânî dalam Shahîh wa Dha’îf
Sunan Abî Dâwudnya (3/254, versi Maktabah Syâmilah).
[2] Hadis riwayat at-Tirmidzî ini berkualitas shahîh. Hadis
ini di-shahîh-kan oleh al-Hâfizh Muhammad Nâshiruddîn al-Albânî
dalam Shahîh wa Dha’îf Sunan at-Tirmidzînya (1/427, versi Maktabah
Syâmilah). Dan dalam Shahîh wa Dha’îf Sunan Ibn Mâjahnya (3/160, versi
Maktabah Syâmilah).
[3] Hadis riwayat at-Tirmidzî ini berkualitas shahîh, karena semua
perawinya tsiqqah (kredibel ke-âdl-an dan ke-dhabith-annya).
Hadis riwayat at-Tirmidzî ini di-shahîh-kan oleh al-Hâfizh al-Hâkim
dalam al-Mustadrak ‘alâ ash-Shahîhayn li al-Hâkimnya (No. Hadis: 1122).
Juga di-shahîh-kan oleh al-Hâfizh Muhammad Nâshiruddîn al-Albânî
dalam Shahîh wa Dha’îf Sunan at-Tirmidzînya (1/428, versi Maktabah
Syâmilah). Dan dalam Misykâh al-Mashâbîh (No. Hadis: 1167 atau 1/259).
[4] Hadis riwayat at-Tirmidzî ini berkualitas hasan. Hadis
riwayat at-Tirmidzî ini di-hasan-kan oleh al-Hâfizh Muhammad
Nâshiruddîn al-Albânî dalam Shahîh wa Dha’îf Sunan at-Tirmidzînya (1/429,
versi Maktabah Syâmilah). Dan dalam Misykâh al-Mashâbîh (No. Hadis: 1171
atau 1/259).
[5] Hadis riwayat at-Tirmidzî ini berkualitas hasan. Hadis
riwayat at-Tirmidzî ini di-hasan-kan oleh al-Hâfizh Muhammad
Nâshiruddîn al-Albânî dalam Shahîh wa Dha’îf Sunan at-Tirmidzînya (1/430,
versi Maktabah Syâmilah). Juga dalam Shahîh wa Dha’îf Sunan Abî Dâwudnya
(3/271, versi Maktabah Syâmilah). Dan dalam Shahîh at-Targhîb wa at-Tarhîb
(No. Hadis: 588 atau 1/143).
[6] Hadis riwayat Abû Dâwud ini berkualitas hasan. Hadis riwayat
Abû Dâwud ini di-hasan-kan oleh al-Hâfizh Muhammad Nâshiruddîn
al-Albânî dalam Shahîh wa Dha’îf Sunan Abî Dâwudnya (3/272, versi
Maktabah Syâmilah).
[7] Hadis riwayat Abû Dâwud ini berkualitas shahîh,
karena semua perawinya tsiqqah (kredibel ke-âdl-an dan ke-dhabith-annya).
Hadis riwayat Abû Dâwud ini di-shahîh-kan oleh al-Hâfizh Muhammad
Nâshiruddîn al-Albânî dalam Shahîh wa Dha’îf Sunan Abî Dâwudnya (3/346,
versi Maktabah Syâmilah).
Tidak ada komentar:
Posting Komentar