Asbâbun Nuzûl Surat al-Baqarah(2), ayat: 238(Bab I)
حَافِظُوا عَلَى الصَّلَوَاتِ وَالصَّلاةِ الْوُسْطَى…………………….. (٢٣٨)
238. “Peliharalah semua Shalat(mu), dan (peliharalah) Shalat Wusthaa………………”.
Imâm Ahmad bin Hanbal meriwayatkan dalam Musnad al-Imâm Ahmad bin Hanbal nya(5/183):
حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ جَعْفَرٍ حَدَّثَنَا شُعْبَةُ حَدَّثَنِيْ عَمْرُوْ بْنُ أَبِيْ حَكِيْمٍ قَالَ سَمِعْتُ الزِّبْرِقَانَ يُحَدِّثُ عَنْ عُرْوَةَ بْنِ الزُّبَيْرِ عَنْ زَيْدِ بْنِ ثَابِتٍ قَالَ: كَانَ رَسُوْلُ اللهِ يُصَلِّيْ الظُّهْرَ بِالهَاجِرَةِ وَلَمْ يَكُنْ يُصَلِّيْ صَلاَةً أَشَدَّ عَلَى أَصْحَابِ النَّبِيِّ مِنْهَا قَالَ: فَنَزَلَتْ "حَافِظُوا عَلَى الصَّلَوَاتِ وَالصَّلاةِ الْوُسْطَى". وَقَالَ إِنَّ قَبْلَهَا صَلاَتَيْنِ وَ بَعْدَهَا صَلاَتَيْنِ
“Muhammad bin Ja’far telah bercerita kepada kami(Ahmad bin Hanbal), katanya(Muhammad bin Ja’far): “telah bercerita kepada kami(Muhammad bin Ja’far) Syu’bah, katanya(Syu’bah): “telah bercerita kepada saya(Syu’bah) ‘Amr bin Abî Hakîm, katanya(‘Amr bin Abî Hakîm): “saya(‘Amr bin Abî Hakîm) mendengar az-Zibarqân bercerita dari ‘Urwah bin az-Zubair dari Zaid bin Tsabit, katanya(Zaid bin Tsabit): “dahulu Rasulullâh SAW Shalat Dzuhur di tengah hari yang sangat panas, dan tidak ada Shalat yang dirasakan sangat berat oleh para sahabat Nabi SAW dibandingkan dengan Shalat ini”. Katanya(Zaid bin Tsabit): “lalu turunlah:
حَافِظُوا عَلَى الصَّلَوَاتِ وَالصَّلاةِ الْوُسْطَى…………………….. (٢٣٨)
238. “Peliharalah semua Shalat(mu), dan (peliharalah) Shalat Wusthaa………………”.
“Dan katanya(Zaid bin Tsabit): “sesungguhnya sebelumnya ada dua Shalat dan sesudahnya juga ada dua Shalat”.
KETERANGAN:
Hadis di atas semua Rawinya adalah Rawi-Rawi kitab shahih kecuali ‘Amr bin Abî Hakîm dan az-Zibarqân, keduanya(‘Amr bin Abî Hakîm dan az-Zibarqân) tsiqqah(terpercaya dan kokoh ke’adilan dan kedhabitannya). Imâm Bukhârî juga meriwayatkan dalam Târikh al-Kabîrnya(3/434). Abu Dawud juga meriwayatkan dalam Sunan Abî Dâwudnya(1/159). Ath-Thabrânî juga meriwayatkan dalam al-Mu’jam al-Kabîrnya(5/131) melalui jalur ‘Utsmân bin ‘Utsmân al-Ghathafanî.
CATATAN:
Ash-Shalâtul Wusthâ adalah: Shalat ‘Ashr(Ashar).
1. Sebagaimana Hadis yang diriwayatkan oleh al-Bukhârî, Muslim dan Imâm Ahmad bin Hanbal dalam Tarjamah Tafsir al-Marâghî(halaman: 342-343) yang diceritakan oleh ‘Alî bin Abî Thâlib dari ‘Abdullâh Ibnu Ahmad dari sanad Ayahnya(‘Abdullâh Ibnu Ahmad) mengatakan:
“Kami waktu itu menganggap Shalat Fajr(Shubuh), lalu Rasulullah SAW bersabda: “itu adalah Shalat ‘Ashr(Ashar)”.
2. Dan Hadis di atas dikuatkan dengan Hadis Marfu’(hadis yang terangkat kedudukannya karena disandarkan kepada Nabi SAW) yang diriwayatkan oleh Imâm Ahmad, Imâm Muslim dan Abu Dâwud dalam Tarjamah Tafsir al-Marâghî(halaman: 343) dari Sahabat ‘Alî bin Abî Thâlib:
عَنْ عَلِيْ ابْنُ أَبِيْ طَالِبٍ قَالَ: قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: شَغَلُوْنَا عَنِ الصَّلاَةِ اْلوُسْطَى صَلاَةِ اْلعَصْرِ.
“Dari Alî bin Abî Thâlib, dia(Alî bin Abî Thâlib) berkata: “Rasulullâh SAW bersabda: “mereka(orang-orang Kafir) membuat kami tidak sempat melakukan Shalat Wusthâ, yakni Shalat ‘Ashr(Ashar)”.
BIBLIOGRAFI
Al-Jâmi’ ash-Shahîh li al-Bukhârî(Imâm Bukhârî/Abî ‘Abdullâh Muhammad bin Ismâ’îl bin Ibrâhîm bin
al-Mughîrah al-Bukhârî).
Al-Jâmi’ ash-Shahîh li Muslim( Imâm Muslim/al-Imâm Abî al-Husain Muslim bin al- Haĵâj Ibnu Muslim
al-Qusyairî an-Naisâbûrî).
Târikh al-Kabîr(Imâm Bukhârî/Abî ‘Abdullâh Muhammad bin Ismâ’îl bin Ibrâhîm bin al- Mughîrah
al-Bukhârî).
Musnad al-Imâm Ahmad bin Hanbal(Imam Ahmad/Ahmad bin Hanbal Abû ‘Abdullah as-Syaibâni).
Al-Mu’jam al-Kabîr(ath-Thabrânî/Sulaimân bin Ahmad ath-Thabrânî).
Sunan Abî Dâwud(Abû Dâwud/al-Imâm al-Hâfidz al-Mushannif al-Mutqan Abî Dâwud Sulaimân Ibnu
al-‘Asy’ats as-Sijistânî al-Azadî).
Tidak ada komentar:
Posting Komentar