Minggu, 12 Juni 2011

SIAPA SAJA PARA PEMIMPIN ITU?


SIAPA SAJA PARA PEMIMPIN ITU?

Segala puji bagi Allah Tuhan semesta alam, yang telah melimpahkan nikmat dan hidayah-Nya kepada seluruh umat manusia. Salawat beserta salam tetap tercurahkan kepada sang baginda agung Muhammad SAW. yang telah membawa umatnya menuju zaman yang penuh dengan nikmat, rahmat dan berkah.

Hadirin yang dimuliakan oleh Allah

Siapa saja para pemimpin itu?. Pada hakikatnya siapakah pemimpin itu?. Apakah kita dapat dikategorikan sebagai pemimpin?. Apakah kita (semua) layak sebagai pemimpin?. Allah SWT. berfirman:
“Hai orang-orang yang Beriman, taatilah Allah dan taatilah Rasul (Nya), dan Ulil Amri (pemimpin-pemimpin) di antara kamu. Kemudian jika kamu berlainan pendapat tentang sesuatu, maka kembalikanlah ia kepada Allah (al-Quran) dan Rasul (Sunnah-Nya), jika kamu benar-benar beriman kepada Allah dan Hari Kemudian (Hari Kiamat). Yang demikian itu lebih utama (bagimu) dan lebih baik akibatnya”.[1]
Dari ayat di atas kita dapat mengambil faedah bahwa Allah SWT. mewajibkan kepada seluruh orang Islam untuk taat kepada Allah, Rasul, dan para Pemimpin. Para pemimpin yang wajib kita taati tentu para pemimpin yang amanah, jujur, kredibel, transparan, santun, adil, bijaksana dan sebagainya.

Hadirin yang dimuliakan oleh Allah

Nabi SAW. bersabda: “Setiap orang di antara kalian (kalian semua) adalah pemimpin, dan setiap pemimpin harus mempertanggungjawabkan kepemimpinannya. Seorang pemimpin (presiden/raja, dan sebagainya) adalah pemimpin dan dia harus mempertanggungjawabkan kepemimpinannya. Seorang lelaki (ayah/bapak) menjadi pemimpin keluarganya, dan ia harus mempertanggungjawabkan kepemimpinannya. Dan wanita (istri/ibu) menjadi pemimpin bagi anak-anaknya, dan ia harus mempertanggungjawabkan kepemimpinannya. Dan seorang Hamba Sahaya (Budak/pembantu) menjadi pemimpin atas harta dan amanah Tuannya, dan ia harus mempertanggungjawabkan kepemimpinannya. Ingatlah (ketahuilah) bahwa setiap orang (kalian semua) adalah pemimpin, dan setiap pemimpin harus mempertanggungjawabkan kepemipinannya”.[2]
Dari Hadis di atas kita dapat mengambil faedah bahwa kita semua (seluruh manusia, dan khususnya umat Islam) adalah pemimpin. Anak kecil dalam jenjang Sekolah Dasar (SD.) pun dapat dikategorikan sebagai pemimpin ketika ia menjadi ketua kelas, maka ia menjadi pemimpin bagi teman-teman satu kelasnya. Anak-anak yang suka bermain dengan teman-teman sebayanya ketika ia berkomedi, berteater, main drama, dan sebagainya ketika ia ditunjuk oleh teman-temannya untuk berperan menjadi pemimpin atau ketua atau bos dalam permainan mereka, maka ia dapat dikategorikan sebagai pemimpin dalam permainan teman-temannya tersebut. Seorang pemimpin ORMAS, OKP, dan sebagainya maka ia merupakan pemimpin bagi anggota dan organisasi yang dipimpinnya. Seorang kakak (senior) tentu dapat dikategorikan sebagai pemimpin bagi adik-adiknya (juniornya) dalam memberikan arahan, bimbingan, dan sebagainya.

Hadirin yang dimuliakan oleh Allah

Dari kedua nash (al-Quran dan Hadis) di atas kita dapat mengambil kesimpulan bahwa: “Pemimpin itu tidak hanya Presiden, Wakil Presiden, Pemerintah, dan sebagainya. Akan tetapi kita (semua manusia, khususnya umat Islam) adalah pemimpin bagi anggota yang dipimpinnya dan bagi spesialisasi masing-masing, serta setiap pemimpin harus mempertanggungjawabkan kepemimpinannya”.







BIBLIOGRAFI

Al-Quran al-Karim.
Al-Adab al-Mufrad (Imam Bukhari).







[1] Surat an-Nisa’ (4); ayat 59.
[2] H.R. Bukhari dalam al-Adab al-Mufradnya, Bab 1, No.33.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar