Senin, 17 Desember 2012

Asbâbun Nuzûl Surat al-Baqarah (2), Ayat: 198


Asbâbun Nuzûl Surat al-Baqarah (2), Ayat: 198

لَيْسَ عَلَيْكُمْ جُنَاحٌ أَنْ تَبْتَغُوْا فَضْلاً مِّنْ رَّبِّكُمْ فَإِذَا أَفَضْتُمْ مِنْ عَرَفَاتٍ فَاذْكُرُوْا اللهَ عِنْدَ الْمَشْعَرِ الْحَرَامِ وَاذْكُرُوْهُ كَمَا هَدَاكُمْ وَإِنْ كُنْتُمْ مِنْ قَبْلِهِ لَمِنَ الضَّالِّيْنَ (١٩٨)
198. Tidak ada dosa bagi kalian untuk mencari karunia (rezeki hasil perniagaan) dari Tuhan kalian (Allâh). Apabila kalian telah bertolak dari 'Arafah, maka berdzikirlah kepada Allâh di Masy'aril Harâm[1]. Dan berdzikirlah (dengan menyebut nama) Allâh sebagaimana yang ditunjukkan-Nya kepada kalian. Sesungguhnya kalian sebelum itu benar-benar termasuk orang-orang yang sesat.







Al-Imâm al-Hâfizh[2] Bukhârî[3] meriwayatkan dalam al-Jâmi’ ash-Shahîh li al-Bukhârînya (No. Hadis: 1956):
حَدَّثَنَا عَلِيُّ بْنُ عَبْدِ اللهِ, قَالَ: حَدَّثَنَا سُفْيَانُ, عَنْ عَمْرِو بْنِ دِيْنَارٍ, عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ رَضِيَ اللهُ عَنْهُمَا, قَالَ: كَانَتْ عُكَاظٌ, وَمَجَنَّةُ, وَذُو الْمَجَازِ أَسْوَاقًا فِي الْجَاهِلِيَّةِ. فَلَمَّا كَانَ الْإِسْلَامُ, تَأَثَّمُوْا مِنَ التِّجَارَةِ فِيْهَا. فَأَنْزَلَ اللهُ: (لَيْسَ عَلَيْكُمْ جُنَاحٌ أَنْ تَبْتَغُوْا فَضْلًا مِّنْ رَّبِّكُمْ..........).
قَالَ: فِيْ مَوَاسِمِ الْحَجِّ, قَرَأَ ابْنُ عَبَّاسٍ كَذَا.
"'Alî bin 'Abdullâh[4] telah bercerita kepada kami (kepada Bukhârî), dia ('Alî bin 'Abdullâh) berkata: "Sufyân bin 'Uyaynah[5] telah bercerita kepada kami (kepada 'Alî bin 'Abdullâh), dari 'Amrû bin Dînâr[6], dari ‘Abdullâh bin ‘Abbâs[7], dia (‘Abdullâh bin ‘Abbâs) berkata: "Dahulukala 'Ukâzh[8], Majannah[9], dan Dzûl Majâz[10] adalah Pasar-pasar pada masa Jâhiliŷah. Ketika mereka (orang-orang pada masa Jâhiliŷah) telah memeluk agama Islâm, mereka (Kaum Muslimîn) merasa berdosa berjualan (berdagang) di dalamnya[11]. Maka Allâh SWT. menurunkan (Surat al-Baqarah, Ayat: 198):
لَيْسَ عَلَيْكُمْ جُنَاحٌ أَنْ تَبْتَغُوْا فَضْلاً مِّنْ رَّبِّكُمْ .......... (١٩٨)
198. Tidak ada dosa bagi kalian untuk mencari karunia (rezeki hasil perniagaan) dari Tuhan kalian (Allâh)………………..".



"Dia (Bukhârî) berkata: "'Abdullâh bin 'Abbâs membaca dengan bacaan (فِيْ مَوَاسِمِ الْحَجِّ) [12]".




KETERANGAN (dari para Muhadditsîn[13]):
Hadis di atas berkualitas shahîh[14], karena semua rawinya tsiqqât[15].
1.        Al-Hâfizh Bukhârî juga meriwayatkan sebagaimana Hadis di atas dalam al-Jâmi’ ash-Shahîh li al-Bukhârînya (No. Hadis: 1648, 1909, 4157).
2.        Al-Hâfizh Abû Dâwud[16] juga meriwayatkan sebagaimana Hadis di atas dalam Sunan Abî Dâwudnya (No. Hadis: 1734).
3.        Al-Hâfizh Ibnu Khuzaymah juga meriwayatkan sebagaimana Hadis di atas dalam Shahîh Ibn Khuzaymahnya (No. Hadis: 3054).
4.        Al-Hâfizh Ibnu Hibbân[17] juga meriwayatkan sebagaimana Hadis di atas dalam Shahîh Ibn Hibbânnya (No. Hadis: 3968).
5.        Al-Hâfizh al-Hâkim juga meriwayatkan sebagaimana Hadis di atas dalam al-Mustadrak ‘alâ ash-Shahîhaynnya (1/449, 1/481, 2/276, dan 2/277), dan kata al-Hâfizh al-Hâkim: “Hadis yang ia (al-Hâkim) riwayatkan berkualitas shahîh menurut persyaratan shahîh Bukhârî dan Muslim, akan tetapi keduanya (Bukhârî dan Muslim) tidak meriwayatkan Hadis yang al-Hâkim riwayatkan”.
6.        Al-Hâfizh ath-Thabrânî[18] juga meriwayatkan sebagaimana Hadis di atas dalam al-Mu’jam al-Kabîrnya (No. Hadis: 11213).
7.        Al-Hâfizh al-Bayhaqî juga meriwayatkan sebagaimana Hadis di atas dalam as-Sunan al-Kubrâ li al-Bayhaqînya (4/333, dan 4/334).
8.        Al-Hâfizh 'Abdurrazzâq juga meriwayatkan sebagaimana Hadis di atas dalam al-Mushannaf 'Abdurrazzâqnya (1/65).
9.        Al-Hâfizh Ibnu Abî Syaibah juga meriwayatkan sebagaimana Hadis di atas dalam al-Mushannaf Ibn Abî Syaibahnya (Bagian Pertama, Juz. 4, halaman: 77 atau 177).
10.    Al-Hâfizh Ibnu Abî Hâtim[19] juga meriwayatkan sebagaimana Hadis di atas dalam Tafsîr Ibn Abî Hâtimnya (No. Hadis: 1878).
11.    Sa'îd bin Manshûr juga meriwayatkan sebagaimana Hadis di atas dalam Sunan Sa'îd Ibn Manshûrnya (Tafsîr, No. Hadis: 347, 350, dan 351).
12.    Imâm Ibnu Jarîr[20] juga mengeluarkan sebagaimana Hadis di atas dalam Jâmi’ al-Bayân ‘an Ta-wîl ay al-Qurânnya (2/273, 3/510, dan 3/508).
13.    Al-Hâfizh Ibnu Katsir[21] juga mengeluarkan sebagaimana Hadis di atas dalam Tafsîr al-Qurân al-‘Azhîmnya (Jilid. 1, Juz. 1, halaman: 549)[22], dengan menyandarkan kepada Riwayat al-Hâfizh Bukhârî dalam al-Jâmi’ ash-Shahîh li al-Bukhârînya (No. Hadis: 1956).
14.    Al-Hâfizh Jalâluddîn as-Suyûthî[23] juga mengeluarkan sebagaimana Hadis di atas dalam Lubâb an-Nuqûl fî Asbâb an-Nuzûlnya (Juz. 2, 2/al-Baqarah), dengan menisbahkan kepada Riwayat al-Hâfizh Bukhârî dalam al-Jâmi’ ash-Shahîh li al-Bukhârînya (No. Hadis: 1956). Beliau (al-Hâfizh Jalâluddîn as-Suyûthî) juga mengeluarkan sebagaimana Hadis di atas dalam ad-Durr al-Mantsûr fî at-Tafsîr bi al-Ma’tsûrnya (1/222).







Al-Hâfizh Abû Dâwud[24] meriwayatkan dalam Sunan Abî Dâwudnya (No. Hadis: 1473):
حَدَّثَنَا مُسَدَّدٌ, قَالَ: حَدَّثَنَا عَبْدُ الْوَاحِدِ بْنُ زِيَادٍ, قَالَ: حَدَّثَنَا الْعَلَاءُ بْنُ الْمُسَيِّبِ, قَالَ: حَدَّثَنَا أَبُوْ أُمَامَةَ التَّيْمِيُّ, قَالَ: كُنْتُ رَجُلًا أُكَرِّيْ فِيْ هَذَا الْوَجْهِ. وَكَانَ نَاسٌ يَقُوْلُوْنَ لِيْ إِنَّهُ لَيْسَ لَكَ حَجٌّ. فَلَقِيْتُ ابْنَ عُمَرَ, فَقُلْتُ: يَا أَبَا عَبْدِ الرَّحْمَنِ, إِنِّيْ رَجُلٌ أُكَرِّيْ فِيْ هَذَا الْوَجْهِ. وَإِنَّ نَاسًا يَقُوْلُوْنَ لِيْ إِنَّهُ لَيْسَ لَكَ حَجٌّ. فَقَالَ ابْنُ عُمَرَ: أَلَيْسَ تُحْرِمُ, وَتُلَبِّيْ, وَتَطُوْفُ بِالْبَيْتِ, وَتُفِيْضُ مِنْ عَرَفَاتٍ, وَتَرْمِي الْجِمَارَ؟. قَالَ, قُلْتُ: بَلَى. قَالَ: فَإِنَّ لَكَ حَجًّا. جَاءَ رَجُلٌ إِلَى النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ, فَسَأَلَهُ عَنْ مِثْلِ مَا سَأَلْتَنِيْ عَنْهُ. فَسَكَتَ عَنْهُ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ, فَلَمْ يُجِبْهُ. حَتَّى نَزَلَتْ هَذِهِ الْآيَةُ: (لَيْسَ عَلَيْكُمْ جُنَاحٌ أَنْ تَبْتَغُوْا فَضْلًا مِّنْ رَّبِّكُمْ..........). فَأَرْسَلَ إِلَيْهِ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ, وَقَرَأَ عَلَيْهِ هَذِهِ الْآيَةَ. وَقَالَ: لَكَ حَجٌّ.
"Musaddad bin Musrahad[25] telah bercerita kepada kami (kepada Abû Dâwud), dia (Musaddad bin Musrahad) berkata: "'Abdul Wâhid bin Ziyâd[26] telah bercerita kepada kami (kepada Musaddad bin Musrahad), dia ('Abdul Wâhid bin Ziyâd) berkata: "Al-'Alâ bin al-Musaŷab[27] telah bercerita kepada kami (kepada 'Abdul Wâhid bin Ziyâd), dia (al-'Alâ bin al-Musaŷab) berkata: "Abû Umâmah[28] telah bercerita kepada kami (kepada al-'Alâ bin al-Musaŷab), dia (Abû Umâmah) berkata: "Saya (Abû Umâmah) dahulukala pergi Haji sambil menyewakan sesuatu. Orang-orang berkata: "Tidak ada Haji bagimu (bagi Abû Umâmah)". Kemudian saya (Abû Umâmah) bertemu ‘Abdullâh bin ‘Umar[29], maka saya (Abû Umâmah) katakan: "Wahai Abû 'Abdurrahmân (‘Abdullâh bin ‘Umar), saya (Abû Umâmah) dahulukala pergi Haji sambil menyewakan sesuatu; sementara orang-orang berkata: "Tidak ada Haji bagimu (bagi Abû Umâmah)". ‘Abdullâh bin ‘Umar pun berkata: "Bukankah engkau (Abû Umâmah) melakukan ihram, bertalbiyah[30], thaŵaf di Ka'bah, bertolak dari 'Arafah, serta melempar jumrah". Dia (Abû Umâmah) berkata: "Saya (Abû Umâmah) katakan: "Betul". Dia (‘Abdullâh bin ‘Umar) berkata: "Sesungguhnya kamu (Abû Umâmah) berhaji". (‘Abdullâh bin ‘Umar melanjutkan periwayatannya): "Dahulukala pernah datang seorang lelaki kepada Nabi SAW menanyakan seperti yang kamu (Abû Umâmah) katakan kepada saya (kepada ‘Abdullâh bin ‘Umar); lalu Rasûlullâh SAW. diam tidak menjawabnya, hingga turun Ayat ini (Surat al-Baqarah, Ayat: 198):
لَيْسَ عَلَيْكُمْ جُنَاحٌ أَنْ تَبْتَغُوْا فَضْلاً مِّنْ رَّبِّكُمْ .......... (١٩٨)
198. Tidak ada dosa bagi kalian untuk mencari karunia (rezeki hasil perniagaan) dari Tuhan kalian (Allâh)………………..".



"(‘Abdullâh bin ‘Umar melanjutkan perkataannya): "Kemudian Rasûlullâh SAW. menemuinya (menemui lelaki yang bertanya kepada Rasûlullâh SAW. tersebut), dan membacakan Ayat ini (Surat al-Baqarah, Ayat: 198) kepadanya; seraya (Rasûlullâh SAW.) berkata: "Engkau berhaji".




KETERANGAN (dari para Muhadditsîn[31]):
Hadis di atas berkualitas shahîh[32], karena semua rawinya tsiqqât[33].
1.    Al-Hâfizh Ahmad bin Hanbal[34] juga meriwayatkan sebagaimana Hadis di atas dalam Musnad al-Imâm Ahmad Ibn Hanbalnya (No. Hadis: 6146).
2.       Al-Hâfizh Ibnu Khuzaymah juga meriwayatkan sebagaimana Hadis di atas dalam Shahîh Ibn Khuzaymahnya (No. Hadis: 2818).
3.        Al-Hâfizh al-Hâkim juga meriwayatkan sebagaimana Hadis di atas dalam al-Mustadrak ‘alâ ash-Shahîhaynnya (No. Hadis: 1599), dan kata al-Hâfizh al-Hâkim: “Hadis yang ia (al-Hâkim) riwayatkan berkualitas shahîh menurut persyaratan shahîh Bukhârî dan Muslim, akan tetapi keduanya (Bukhârî dan Muslim) tidak meriwayatkan Hadis yang al-Hâkim riwayatkan”.
4.        Al-Hâfizh ad-Dâruquthnî[35] juga meriwayatkan sebagaimana Hadis di atas dalam Sunan ad-Dâruquthnînya (No. Hadis: 2784, dan 2789).
5.      Al-Hâfizh al-Bayhaqî juga meriwayatkan sebagaimana Hadis di atas dalam as-Sunan al-Kubrâ li al-Bayhaqînya (4/333).
6.      Al-Hâfizh 'Abdurrazzâq juga meriwayatkan sebagaimana Hadis di atas dalam al-Mushannaf 'Abdurrazzâqnya (1/78).
7.  Al-Hâfizh Ibnu Abî Syaibah juga meriwayatkan sebagaimana Hadis di atas dalam al-Mushannaf Ibn Abî Syaibahnya (Bagian Pertama, Juz. 4, halaman: 77 atau 177).
8.      Al-Hâfizh ath-Thayâlisî[36] juga meriwayatkan sebagaimana Hadis di atas dalam Musnad Abû Dâwud ath-Thayâlisînya (No. Hadis: 2021).
9.       Al-Hâfizh Ibnu Abî Hâtim juga meriwayatkan sebagaimana Hadis di atas dalam Tafsîr Ibn Abî Hâtimnya (No. Hadis: 1877).
10.  Sa'îd bin Manshûr juga meriwayatkan sebagaimana Hadis di atas dalam Sunan Sa'îd Ibn Manshûrnya (Tafsîr, No. Hadis: 352).
11.    Imâm Ibnu Jarîr juga mengeluarkan melalui jalur sanad Ka'b bin Mâlik bin Abî Ka'b 'Amrû dalam Jâmi’ al-Bayân ‘an Ta-wîl ay al-Qurânnya (2/282, 3/503, 3/509, 4/164, dan 4/169).
12.    Al-Hâfizh Ibnu Katsir juga mengeluarkan sebagaimana Hadis di atas dalam Tafsîr al-Qurân al-‘Azhîmnya (1/350).
13.    Al-Hâfizh Jalâluddîn as-Suyûthî juga mengeluarkan sebagaimana Hadis di atas dalam Lubâb an-Nuqûl fî Asbâb an-Nuzûlnya (Juz. 2, 2/al-Baqarah). Beliau (al-Hâfizh Jalâluddîn as-Suyûthî) juga mengeluarkan sebagaimana Hadis di atas dalam ad-Durr al-Mantsûr fî at-Tafsîr bi al-Ma’tsûrnya (1/222).







PENJELASAN (kedudukan hadis di atas):
Atsar[37] 'Abdullâh bin 'Abbâs dan 'Abdullâh bin 'Umar di atas digolongkan Mawqûf li hukmi Marfû’, maksudnya: hadis Mawqûf[38] yang dihukumi Marfû’[39]. Karena para Muhadditsîn[40] telah bersepakat bahwa: “Ada beberapa macam Mawqûf yang dihukumi Marfû’, dan salah satunya yaitu: penafsiran para Sahabat yang berkaitan dengan sebab turunnya (asbâb an-nuzûl) suatu Ayat”.
Sebagaimana penjelasan para Muhadditsîn tersebut, maka Atsar 'Abdullâh bin 'Abbâs dan 'Abdullâh bin 'Umar di atas tergolong hadis Mawqûf yang dihukumi Marfû’ oleh para Muhadditsîn, sehingga (hadis 'Abdullâh bin 'Abbâs dan 'Abdullâh bin 'Umar di atas) dapat dijadikan sebagai huĵah (pedoman/ landasan) dalam hukum Syara’ (Islâm).






KESIMPULAN:
Surat al-Baqarah, Ayat: 198 memiliki 2 Asbâbun Nuzûl, yaitu:
1.     Mengenai Kaum Muslimîn yang merasa berdosa ketika berdagang (berniaga) di Pasar 'Ukâzh, Majannah, dan Dzûl Majâz. Karena Pasar 'Ukâzh, Majannah, dan Dzûl Majâz adalah Pasar-pasar pada masa Jâhiliŷah.
2.    Mengenai seorang lelaki yang datang dan bertanya mengenai Ibadah Hajinya kepada Nabi SAW. Serta mengenai Abû Umâmah yang bertanya mengenai Ibadah Hajinya kepada 'Abdullâh bin 'Umar.







BIBLIOGRAFI

Ad-Durr al-Mantsûr fî at-Tafsîr bi al-Ma’tsûr (al-Hâfizh as-Suyûthî/ ‘Abdurrahmân
bin Abî Bakr).
Al-Jâmi’ ash-Shahîh li al-Bukhârî (al-Imâm al-Hâfizh al-Bukhârî/ Muhammad bin
Ismâ’îl bin Ibrâhîm bin al-Mughîrah bin Bardizbah).
Al-Mu’jam al-Kabîr (al-Hâfizh ath-Thabrânî/ Sulaimân bin Ahmad bin Aŷûb bin
Muthîr).
Al-Mushannaf 'Abdurrazzâq (al-Hâfizh 'Abdurrazzâq bin Hammam).
Al-Mushannaf Ibn Abî Syaibah (al-Hâfizh Abû Bakr bin Abî Syaibah).
Al-Mustadrak ‘alâ ash-Shahîhayn (al-Hâfizh al-Hâkim/ Abî ‘Abdullâh al-Hâkim
an-Naisâbûrî).
As-Sunan al-Kubrâ li al-Bayhaqî (al-Hâfizh al-Bayhaqî).
Jâmi’ al-Bayân ‘an Ta-wîl ay al-Qurân (Imâm Ibnu Jarîr/ Muhammad bin Jarîr bin
Yazîd bin Katsîr bin Ghâlib).
Lubâb an-Nuqûl fî Asbâb an-Nuzûl (al-Hâfizh as-Suyûthî/ ‘Abdurrahmân bin Abî
Bakr).
Musnad Abû Dâwud ath-Thayâlisî (al-Hâfizh ath-Thayâlisî/ Sulaimân bin Dâwud bin
al-Jarûd).
Shahîh Ibn Hibbân (al-Hâfizh Ibnu Hibbân/ Muhammad bin Hibbân bin Ahmad bin
Hibbân bin Mu’âdz bin Ma’bad).
Shahîh Ibn Khuzaymah (al-Hâfizh Ibnu Khuzaymah).
Sunan Abî Dâwud (al-Hâfizh Abû Dâwud/ Sulaimân bin al-Asy’ats bin Syadâd bin
‘Amrû bin ‘Âmir).
Sunan Sa'îd Ibn Manshûr (Sa'îd bin Manshûr).
Tafsîr al-Qurân al-‘Azhîm (al-Hâfizh Ibnu Katsîr/ Ismâ’îl bin ‘Amr bin Katsîr).
Tafsîr Ibn Abî Hâtim (al-Hâfizh Ibnu Abî Hâtim/ ‘Abdurrahmân bin Abî Hâtim).





























[1] Di dalam “Jâmi’ al-Bayân ‘an Ta-wîl ay al-Qurân, Tahqîq ‘Abdullâh bin ‘Abdul Muhsin at-Tirkî”, karya Imâm Ibnu Jarîr (Cetakan Pertama, Juz. 3, halaman: 517): 'Abdullâh bin 'Umar menafsirkan kata (الْمَشْعَرِ الْحَرَامِ) dengan: “Semua wilayah Muzdalifah”.
Sedangkan dalam “Jâmi’ al-Bayân ‘an Ta-wîl ay al-Qurân, Tahqîq ‘Abdullâh bin ‘Abdul Muhsin at-Tirkî”, karya Imâm Ibnu Jarîr (Cetakan Pertama, Juz. 3, halaman: 516): Imâm Ibnu Jarîr menafsirkan kata (الْمَشْعَرِ الْحَرَامِ) dengan: “Bukit (Quzah) yang terdapat di antara dua Gunung Muzdalifah”.

[2] Al-Hâfizh adalah: Gelar ahli hadis yang dapat men-shahîh-kan sanad serta matan hadis, dan dapat men-ta’dîl-kan dan men-jarh-kan para perawi hadis, serta seorang Hâfizh itu harus mempunyai kapasitas menghafal 100.000 hadis. Contoh para Huffâzh: Ahmad bin Hanbal, Yahyâ bin Ma’în, ‘Alî bin al-Madînî, Bukhârî, Muslim, at-Tirmidzî, Abû Dâwud, an-Nasâ-î, Ibnu Mâjah, ad-Dârimî, Ibnu Khuzaymah, Ibnu Hibbân, ad-Dâruquthnî, ath-Thabrânî, al-Bayhaqî, al-Hâkim, Zainuddîn ‘Abdurrahîm al-‘Irâqî, Syarafuddîn ad-Dimyathî, Ibnu Hajar al-‘Asqalânî, al-Mizzî, al-Haitsamî, adz-Dzahabî, Abû Zar’ah ar-Râzî, Abû Hâtim ar-Râzî, Ibnu Hazm, Ibnu Abî Hâtim, Ibnu ‘Adî, Ibnu al-Mundzir, Ibnu ‘Abdul Bâr, Ibnu Katsîr, Ibnu as-Sakan, Jalâluddîn as-Suyûthî, Muhammad Nâshiruddîn al-Albânî, dan sebagainya.

[3] Nama sebenarnya yaitu: Muhammad bin Ismâ’îl bin Ibrâhîm bin al-Mughîrah bin Bardizbah. Ia (Bukhârî) merupakan seorang Tabi’ al-Atbâ’ pertengahan. Dan ia (Bukhârî) juga merupakan seorang tsiqqah mutqan al-Imâm al-Hâfizh (kredibel ke-‘âdl-an dan ke-dhabith-annya, serta seorang yang kuat lagi kokoh, al-Imâm dan al-Hâfizh). Ia (Bukhârî) juga seorang pakar hadîts (hadis), tafsîr (tafsir), fiqh (fiqih), târîkh (sejarah) dan lughah (gramatika). Nasab (keturunan) nya yaitu: al-Ju’fŷ al-Bukhârî. Kuniyah (nama akrab) nya yaitu: Abû ‘Abdullâh. Laqab (gelar/titel) nya: al-Imâm al-Hâfizh Bukhârî. Ia (Bukhârî) lahir di Bukhârâ pada tahun 194 Hijriyah. Tempat tinggalnya di Madînah. Ia (Bukhârî) wafat di desa Khartank (wilayah Samarqand) pada tahun 256 Hijriyah.

[4] Nama lengkapnya yaitu: 'Alî bin 'Abdullâh bin Ja'far bin Najîh. Ia ('Alî bin al-Madînî) merupakan seorang Tabi’ al-Atbâ’ senior. Dan ia ('Alî bin al-Madînî) juga merupakan seorang tsiqqah al-Hâfizh (kredibel ke-‘âdl-an dan ke-dhabith-annya, serta seorang al-Hâfizh). Nasab (keturunan) nya yaitu: al-Bashrî. Kuniyah (nama akrab) nya yaitu: Abû al-Hasan. Laqab (gelar/titel) nya: Ibn al-Madînî. Tempat tinggalnya di Bashrah. Ia ('Alî bin al-Madînî) wafat di Rashfah Hasym pada tahun 234 Hijriyah.

[5] Nama lengkapnya yaitu: Sufyân bin 'Uyaynah bin Abî 'Imrân Maymûn. Ia (Sufyân bin 'Uyaynah) merupakan seorang Tabi’ Tâbi’în pertengahan. Ia (Sufyân bin 'Uyaynah) adalah seorang tsiqqah al-Hâfizh al-Huĵah (kredibel ke-‘âdl-an dan ke-dhabith-annya, serta seorang al-Hâfizh dan al-Huĵah). Nasab (keturunan) nya yaitu: al-Hilâlî. Kuniyah (nama akrab) nya yaitu: Abû Muhammad. Tempat tinggalnya di Kûfah. Ia (Sufyân bin 'Uyaynah) wafat di Marwa ar-Ruwadz (salah satu Kota di Khurrâsân) pada tahun 198 Hijriyah.

[6] Nama lengkapnya yaitu: 'Amrû bin Dînâr al-Atsram. Ia ('Amrû bin Dînâr) merupakan seorang Tâbi’în dekat pertengahan. Ia ('Amrû bin Dînâr) adalah seorang tsiqqah tsabat (kredibel ke-‘âdl-an dan ke-dhabith-annya, serta seorang yang konsisten). Nasab (keturunan) nya yaitu: al-Jamhî. Kuniyah (nama akrab) nya yaitu: Abû Muhammad. Laqab (gelar/titel) nya: al-Atsram. Tempat tinggalnya di Marwa ar-Ruwadz (salah satu Kota di Khurrâsân). Ia ('Amrû bin Dînâr) wafat pada tahun 126 Hijriyah.

[7] Nama lengkapnya yaitu: ‘Abdullâh bin ‘Abbâs bin ‘Abdul Muthallib bin Hâsyim. Ia (Ibnu ‘Abbâs) merupakan seorang Sahabat dan juga seorang pakar tafsîr (tafsir), fiqh (fikih), lughah (gramatika), Syi’ir (Sya’ir), farâidh (waris) dan hadîts (hadis). Serta ia (Ibnu ‘Abbâs) telah meriwayatkan 1.660 Hadîts. Semua Sahabat Nabi SAW. tsiqqah dan ‘âdl. Nasab (keturunan) nya yaitu: al-Qurasyî al-Hâsyimî. Kuniyah (nama akrab) nya yaitu: Abû al-‘Abbâs. Laqab (gelar/titel) nya: Ibn ‘Abbâs, al-Hijr dan al-Bahr. Tempat tinggalnya di Marwa ar-Ruwadz (salah satu Kota di Khurrâsân). Ia (Ibnu ‘Abbâs) wafat di Thâ-if pada tahun 68 Hijriyah.

[8] Di dalam Fath al-Bârî bi Syarh Shahîh al-Bukhârî (No. Hadis: 1648), karya al-Hâfizh Ibnu Hajar al-'Asqalânî, disebutkan bahwa: "Mengenai 'Ukâzh, al-Fâkihî menyebutkan melalui Jalur Ibnu Ishâq bahwasannya 'Ukâzh adalah Pasar yang terbuka dan lebar yang terletak di antara Daerah Thâif hingga ke Kota Makkah".

[9] Di dalam Fath al-Bârî bi Syarh Shahîh al-Bukhârî (No. Hadis: 1648), karya al-Hâfizh Ibnu Hajar al-'Asqalânî, disebutkan bahwa: "Mengenai Majannah, al-Fâkihî menyebutkan melalui Jalur Ibnu Ishâq bahwasannya Majannah adalah Pasar terkecil di antara Pasar-pasar yang ada di masa Jâhiliŷah".

[10] Di dalam Fath al-Bârî bi Syarh Shahîh al-Bukhârî (No. Hadis: 1648), karya al-Hâfizh Ibnu Hajar al-'Asqalânî, disebutkan bahwa: "Mengenai Dzûl Majâz, al-Fâkihî menyebutkan melalui Jalur Ibnu Ishâq bahwasannya Dzûl Majâz adalah Pasar yang luas yang terletak di antara Daerah 'Arafah hingga Daerah yang berada di samping 'Arafah".
Adapun di dalam Fath al-Bârî bi Syarh Shahîh al-Bukhârî (No. Hadis: 1648), karya al-Hâfizh Ibnu Hajar al-'Asqalânî, disebutkan bahwa: "Mengenai Dzûl Majâz, al-Azraqî menyebutkan melalui Jalur Hisyâm bin al-Kilabî bahwasannya Dzûl Majâz adalah Pasar yang luas yang terdapat di 'Arafah".
Sedangkan di dalam Fath al-Bârî bi Syarh Shahîh al-Bukhârî (No. Hadis: 1648), karya al-Hâfizh Ibnu Hajar al-'Asqalânî, disebutkan bahwa: "Mengenai Dzûl Majâz, dalam Syarh al-Kirmânî diterangkan bahwasannya Dzûl Majâz adalah Pasar yang luas yang terdapat di Daerah Minâ".

[11] Maksudnya: "Kaum Muslimîn merasa berdosa apabila berjualan di Pasar 'Ukâzh, Majannah dan Dzûl Majâz. Karena 'Ukâzh, Majannah dan Dzûl Majâz adalah Pasar-pasar pada masa Jâhiliŷah".

[12] Di dalam Fath al-Bârî bi Syarh Shahîh al-Bukhârî (No. Hadis: 1648), al-Hâfizh Ibnu Hajar al-'Asqalânî berkata bahwasannya: "Qirâ-ah 'Abdullâh bin 'Abbâs dinilai oleh Imâm Mufassirîn dengan: "al-Qirâ-ah asy-Syâdzdzah (qirâ-ah yang tercela)".

[13] Muhadditsîn yaitu: Orang yang hafal matan-matan hadis, mengetahui gharîb serta faqîh, hafal sanad, mengetahui ihwal para perawi, dapat membedakan antara yang shahîh dengan yang dha’îf, seorang penghimpun buku, penulis, pendengar, pencari sanad-sanad hadis, dan mengetahui sanad yang terpendek dari padanya. Contoh para Muhadditsîn: Imâm Mâlik, Imâm asy-Syâfi’î, Imâm Ahmad bin Hanbal, Imâm Bukhârî, Imâm Muslim, at-Tirmidzî, Abû Dâwud, an-Nasâ-î, Ibnu Mâjah, Ibnu Khuzaymah, Ibnu Hibbân, dan sebagainya.

[14] Hadis Shahîh ialah: Hadis yang bersambung (muttashil) sanadnya, diriwayatkan oleh orang yang ‘âdl (‘âdl yaitu: orang yang istiqamah dalam beragama, baik akhlaqnya, tidak fasiq dan tidak melakukan cacat muru’ah), sempurna ke-dhabith-annya, tidak ada keganjilan (syadzdz), dan tidak ada kecacatan (‘illat).

[15] Tsiqqât adalah: Para perawi hadis yang kredibel ke-‘âdl-an dan ke-dhabith-annya.

[16] Nama sebenarnya yaitu: Sulaimân bin al-Asy’ats bin Syadâd bin ‘Amrû bin ‘Âmir. Ia (Abû Dâwud) merupakan seorang Tabi’ al-Atbâ’ dekat pertengahan. Dan ia (Abû Dâwud) juga merupakan seorang tsiqqah mutqan al-Imâm al-Hâfizh (kredibel ke-‘âdl-an dan ke-dhabith-annya, serta seorang yang kuat lagi kokoh, al-Imâm dan al-Hâfizh). Ia (Abû Dâwud) juga seorang pakar hadîts (hadis), dan fiqh (fiqih). Nasab (keturunan) nya yaitu: al-Azdî as-Sijistânî. Kuniyah (nama akrab) nya yaitu: Abû Dâwud. Laqab (gelar/titel) nya: al-Hâfizh Abû Dâwud. Ia (Abû Dâwud) lahir di Sijistân (suatu Daerah yang terletak antara negara Iran dan Afghanistan) pada tahun 202 Hijriyah. Tempat tinggalnya di Bashrah. Ia (Abû Dâwud) wafat di Bashrah pada tahun 275 Hijriyah.

[17] Nama lengkapnya yaitu: Muhammad bin Hibbân bin Ahmad bin Hibbân bin Mu’âdz bin Ma’bad. Ia (Ibnu Hibbân) merupakan seorang tsiqqah al-Imâm al-Hâfizh (kredibel ke-‘âdl-an dan ke-dhabith-annya, serta seorang al-Imâm dan al-Hâfizh). Ia (Ibnu Hibbân) juga seorang pakar lughah (gramatika) hadîts (hadis), târîkh (sejarah), ath-Thibb (kedokteran), fiqh (fiqih), dan sebagainya. Nasab (keturunan) nya yaitu: at-Tamîmî, ad-Dârimî al-Bustî. Kuniyah (nama akrab) nya yaitu: Abû Hâtim. Laqab (gelar/titel) nya: al-Hâfizh Ibn Hibbân. Ia (Ibnu Hibbân) lahir di Bustî (salah satu Kampung yang terletak di Sijistân) pada tahun 270 atau 271 Hijriyah. Tempat tinggalnya di Khurrâsân. Ia (Ibnu Hibbân) wafat pada tahun 354 Hijriyah.

[18] Nama sebenarnya yaitu: Sulaimân bin Ahmad bin Aŷûb bin Muthîr. Nasab (keturunan) nya yaitu: al-Lakhamî asy-Syâmî ath-Thabrânî. Kuniyah (nama akrab) nya yaitu: Abû al-Qâsim. Laqab (gelar/titel) nya: al-Hâfizh ath-Thabrânî. Ia (ath-Thabrânî) adalah seorang tsiqqah al-Hâfizh (kredibel ke-âdl-an dan ke-dhabith-annya, serta seorang al-Hâfizh). Ia (ath-Thabrânî) juga seorang pakar tafsîr (tafsir) dan hadîts (hadis). Ia (ath-Thabrânî) lahir di Thabariŷah (wilayah Palestina) pada tahun 260 Hijriyah. Tempat tinggalnya di Ishfahân. Ia (ath-Thabrânî) wafat di Ishfahân pada tahun 360 Hijriyah.

[19] Nama lengkapnya yaitu: ‘Abdurrahmân bin Abî Hâtim. Ia (Ibnu Abî Hâtim) adalah seorang tsiqqah al-Hâfizh (kredibel ke-‘âdl-an dan ke-dhabith-annya, serta seorang al-Hâfizh). Nasab (keturunan) nya yaitu: ar-Râzî. Kuniyah (nama akrab) nya yaitu: Abû Muhammad. Laqab (gelar/titel) nya: al-Hâfizh Ibn Abî Hâtim. Ia (Ibnu Abî Hâtim) adalah pakar tafsîr (tafsir) dan hadîts (hadis). Ia (Ibnu Abî Hâtim) wafat pada tahun 327 Hijriyah.

[20] Nama lengkapnya yaitu: Muhammad bin Jarîr bin Yazîd bin Katsîr bin Ghâlib. Ia (Ibnu Jarîr) merupakan seorang tsiqqah ‘âlim (kredibel ke-âdl-an dan ke-dhabith-annya, serta seorang ‘âlim). Nasab (keturunan) nya yaitu: al-Âmalî. Kuniyah (nama akrab) nya yaitu: Abû Ja’far ath-Thabarî. Laqab (gelar/titel) nya: Abâ at-Tafsîr dan Abâ at-Târîkh. Ia (Ibnu Jarîr) lahir di Thabari Sittân pada tahun 224 Hijriyah. Tempat tinggalnya di Baghdâd. Ia (Ibnu Jarîr) wafat di Baghdâd pada tahun 310 Hijriyah.

[21] Nama lengkapnya yaitu: Ismâ’îl bin ‘Amr bin Katsîr. Nasab (keturunan) nya yaitu: al-Qurasyî ad-Dimasyqî. Kuniyah (nama akrab) nya yaitu: Abû al-Fidâ’. Laqab (gelar/titel) nya: al-Hâfizh Ibn Katsîr. Ia (Ibnu Katsîr) adalah seorang tsiqqah mutqan al-Hâfizh (kredibel ke-‘âdl-an dan ke-dhabith-annya, serta seorang al-Hâfizh yang kokoh dan kuat). Ia (Ibnu Katsîr) juga seorang pakar tafsîr (tafsir), hadîts (hadis) dan târîkh (sejarah). Ia (Ibnu Katsîr) lahir di Bashrah pada tahun 700 Hijriyah. Tempat tinggalnya di Bashrah. Ia (Ibnu Katsîr) wafat di Bashrah pada tahun 774 Hijriyah, dan dikubur di Damsyiq (Damaskus).

[22] Al-Hâfizh Ibnu Katsîr. Tafsîr al-Qurân al-‘Azhîm, Tahqîq Sâmî bin Muhammad as-Salâmah. Ar-Riyadh: Dâr Thayyibah. Jilid. 1, Juz. 1, halaman: 549.

[23] Nama sebenarnya yaitu: ‘Abdurrahmân bin Abî Bakr. Kuniyah (nama akrab) nya yaitu: Jalâluddîn. Laqab (gelar/titel) nya: al-Hâfizh as-Suyûthî. Ia (as-Suyûthî) adalah seorang tsiqqah al-Hâfizh (kredibel ke-âdl-an dan ke-dhabith-annya, serta seorang al-Hâfizh). Serta ia (as-Suyûthî) juga seorang pakar tafsîr (tafsir), hadîts (hadis), lughah (gramatika), adb (sastra), fiqh (fikih), târîkh (sejarah), dan sebagainya. Nasab (keturunan) nya yaitu: as-Suyûthî. Ia (as-Suyûthî) lahir di Qâhirah pada tahun 849 Hijriyah. Tempat tinggalnya di Qâhirah. Ia (as-Suyûthî) wafat di Qâhirah pada tahun 911 Hijriyah.

[24] Nama sebenarnya yaitu: Sulaimân bin al-Asy’ats bin Syadâd bin ‘Amrû bin ‘Âmir. Ia (Abû Dâwud) merupakan seorang Tabi’ al-Atbâ’ dekat pertengahan. Dan ia (Abû Dâwud) juga merupakan seorang tsiqqah mutqan al-Imâm al-Hâfizh (kredibel ke-‘âdl-an dan ke-dhabith-annya, serta seorang yang kuat lagi kokoh, al-Imâm dan al-Hâfizh). Ia (Abû Dâwud) juga seorang pakar hadîts (hadis), dan fiqh (fiqih). Nasab (keturunan) nya yaitu: al-Azdî as-Sijistânî. Kuniyah (nama akrab) nya yaitu: Abû Dâwud. Laqab (gelar/titel) nya: al-Hâfizh Abû Dâwud. Ia (Abû Dâwud) lahir di Sijistân (suatu Daerah yang terletak antara negara Iran dan Afghanistan) pada tahun 202 Hijriyah. Tempat tinggalnya di Bashrah. Ia (Abû Dâwud) wafat di Bashrah pada tahun 275 Hijriyah.

[25] Nama lengkapnya yaitu: Musaddad bin Musrahad bin Musrabil bin Mustawrid. Ia (Musaddad bin Musrahad) merupakan seorang Tabi’ al-Atbâ’ senior. Dan ia (Musaddad bin Musrahad) juga merupakan seorang tsiqqah al-Hâfizh (kredibel ke-‘âdl-an dan ke-dhabith-annya, serta seorang al-Hâfizh). Nasab (keturunan) nya yaitu: al-Asadî. Kuniyah (nama akrab) nya yaitu: Abû al-Hasan. Tempat tinggalnya di Bashrah. Ia (Musaddad bin Musrahad) wafat di Bashrah pada tahun 228 Hijriyah.

[26] Namanya yaitu: 'Abdul Wâhid bin Ziyâd. Ia ('Abdul Wâhid bin Ziyâd) merupakan seorang Tabi’ Tâbi’în pertengahan. Ia ('Abdul Wâhid bin Ziyâd) adalah seorang yang tsiqqah (kredibel ke-‘âdl-an dan ke-dhabith-annya). Nasab (keturunan) nya yaitu: al-'Abidî. Kuniyah (nama akrab) nya yaitu: Abû Bisyr. Tempat tinggalnya di Bashrah. Ia ('Abdul Wâhid bin Ziyâd) wafat pada tahun 176 Hijriyah.

[27] Nama lengkapnya yaitu: al-'Alâ bin al-Musaŷab bin Rafi'. Ia (al-'Alâ bin al-Musaŷab) hidup bersama Tâbi’în junior, akan tetapi ia (al-'Alâ bin al-Musaŷab) tidak bertemu dengan Sahabat Nabi SAW. Ia (al-'Alâ bin al-Musaŷab) adalah seorang yang tsiqqah (kredibel ke-‘âdl-an dan ke-dhabith-annya). Nasab (keturunan) nya yaitu: al-Asadî al-Kahlî. Tempat tinggalnya di Kûfah.

[28] Namanya yaitu: Abû Umâmah. Ia (Abû Umâmah) merupakan seorang Tâbi’în dekat pertengahan. Ia (Abû Umâmah) adalah seorang yang tsiqqah (kredibel ke-‘âdl-an dan ke-dhabith-annya). Ia (Abû Umâmah) di-tsiqqah-kan (dikredibelkan ke-‘âdl-an dan ke-dhabith-annya) oleh: al-Hâfizh Yahyâ bin Ma’în, al-Hâfizh Ibnu Khuzaymah, al-Hâfizh al-Hâkim, dan al-Hâfizh adz-Dzahabî. Nasab (keturunan) nya yaitu: at-Taymiŷ. Kuniyah (nama akrab) nya yaitu: Abû Umâmah. Tempat tinggalnya di Kûfah.

[29] Nama lengkapnya yaitu: ‘Abdullâh bin ‘Umar bin al-Khaththâb bin Nufail. Semua Sahabat Nabi SAW. tsiqqah dan ‘âdl. Ia (‘Abdullâh bin ‘Umar) merupakan salah satu pakar hadîts (hadis) terkemuka di kalangan Sahabat; serta ia (‘Abdullâh bin ‘Umar) telah meriwayatkan 2.630 Hadîts. Nasab (keturunan) nya yaitu: al-‘Udwy al-Qurasyî. Kuniyah (nama akrab) nya yaitu: Abû ‘Abdurrahmân. Tempat tinggalnya di Madînah. Ia (‘Abdullâh bin ‘Umar) wafat pada tahun 73 Hijriyah.

[30] Bertalbiyah yaitu: "Mengucapkan: (لَبَّيْكَ اللَّهُمَّ لَبَّيْكَ, لَبَّيْكَ لاَ شَرِيْكَ لَكَ لَبَّيْكَ, إِنَّ الْحَمْدَ وَ النِّعْمَةَ لَكَ وَالْمُلْكَ لاَ شَرِيْكَ لَكَ). Talbiyah mulai diucapkan tatkala mengikuti manasik Haji, pada saat sedang dalam perjalanan menuju Tanah Suci Makkah; dan terutama sekali pada saat ketika yang bersangkutan telah menyatakan Niat di Miqat atau Tempat Start sebagai awal prosesi resmi Ibadah Haji atau 'Umrah".

[31] Muhadditsîn yaitu: Orang yang hafal matan-matan hadis, mengetahui gharîb serta faqîh, hafal sanad, mengetahui ihwal para perawi, dapat membedakan antara yang shahîh dengan yang dha’îf, seorang penghimpun buku, penulis, pendengar, pencari sanad-sanad hadis, dan mengetahui sanad yang terpendek dari padanya. Contoh para Muhadditsîn: Imâm Mâlik, Imâm asy-Syâfi’î, Imâm Ahmad bin Hanbal, Imâm Bukhârî, Imâm Muslim, at-Tirmidzî, Abû Dâwud, an-Nasâ-î, Ibnu Mâjah, Ibnu Khuzaymah, Ibnu Hibbân, dan sebagainya.

[32] Hadis Shahîh ialah: Hadis yang bersambung (muttashil) sanadnya, diriwayatkan oleh orang yang ‘âdl (‘âdl yaitu: orang yang istiqamah dalam beragama, baik akhlaqnya, tidak fasiq dan tidak melakukan cacat muru’ah), sempurna ke-dhabith-annya, tidak ada keganjilan (syadzdz), dan tidak ada kecacatan (‘illat).

[33] Tsiqqât adalah: Para perawi hadis yang kredibel ke-‘âdl-an dan ke-dhabith-annya.

[34] Nama sebenarnya yaitu: Ahmad bin Muhammad bin Hanbal bin Hilâl bin Asad. Ia (Ahmad bin Hanbal) merupakan seorang Tabi’ al-Atbâ’ senior. Dan ia (Ahmad bin Hanbal) juga merupakan seorang tsiqqah mutqan al-Imâm al-Hâfizh (kredibel ke-‘âdl-an dan ke-dhabith-annya, serta seorang al-Imâm al-Hâfizh yang kuat dan kokoh). Ia (Ahmad bin Hanbal) juga seorang pakar hadîts (hadis) dan fiqh (fiqih). Nasab (keturunan) nya yaitu: asy-Syaibânî. Kuniyah (nama akrab) nya yaitu: Abû ‘Abdullâh. Laqab (gelar/titel) nya: al-Imâm al-Hâfizh Ahmad Ibn Hanbal. Ia (Ahmad bin Hanbal) lahir di Baghdâd pada tahun 164 Hijriyah. Tempat tinggalnya di Baghdâd. Ia (Ahmad bin Hanbal) wafat di Baghdâd pada tahun 241 Hijriyah.

[35] Nama sebenarnya yaitu: ‘Alî bin ‘Umar bin Ahmad bin Mahdî bin Mas’ûd bin an-Nu’mân bin Dînâr. Ia (ad-Dâruquthnî) merupakan seorang tsiqqah al-Imâm al-Hâfizh (kredibel ke-‘âdl-an dan ke-dhabith-annya, serta seorang al-Imâm dan al-Hâfizh). Ia (ad-Dâruquthnî) juga seorang pakar lughah (gramatika) hadîts (hadis), dan fiqh (fiqih). Nasab (keturunan) nya yaitu: ad-Dâruquthnŷ al-Baghdâdî. Kuniyah (nama akrab) nya yaitu: Abû al-Hasan. Laqab (gelar/titel) nya: al-Hâfizh ad-Dâruquthnî. Ia (ad-Dâruquthnî) lahir di Dâr al-Qathn (salah satu Kota yang terletak di Baghdâd) pada tahun 306 Hijriyah. Tempat tinggalnya di Dâr al-Qathn. Ia (ad-Dâruquthnî) wafat Dâr al-Qathn pada tahun 385 Hijriyah.

[36] Nama sebenarnya yaitu: Sulaimân bin Dâwud bin al-Jarûd. Nasab (keturunan) nya yaitu: ath-Thayâlisî. Ia (ath-Thayâlisî) merupakan seorang Tabi’ Tâbi’în junior. Kuniyah (nama akrab) nya yaitu: Abû Dâwud. Laqab (gelar/titel) nya: al-Hâfizh ath-Thayâlisî. Ia (ath-Thayâlisî) adalah seorang tsiqqah al-Hâfizh (kredibel ke-‘âdl-an dan ke-dhabith-annya, serta seorang al-Hâfizh). Ia (ath-Thayâlisî) juga seorang pakar hadîts (hadis). Ia (ath-Thayâlisî) lahir di Bashrah pada tahun 133 Hijriyah. Tempat tinggalnya di Bashrah. Ia (ath-Thayâlisî) wafat di Bashrah pada tahun 204 Hijriyah.

[37] Atsar adalah: Sesuatu yang disandarkan kepada Sahabat dan Tâbi’în, baik berupa perkataan dan perbuatan.

[38] Hadis Mawqûf yaitu: Sesuatu yang disandarkan kepada Sahabat, baik berupa perkataan, perbuatan dan persetujuan; baik bersambung sanadnya ataupun terputus sanadnya.

[39] Marfu’ maksudnya: Terangkatnya derajat hadis hingga ke Nabi SAW.

[40] Muhadditsîn yaitu: Orang yang hafal matan-matan hadis, mengetahui gharîb serta faqîh, hafal sanad, mengetahui ihwal para perawi, dapat membedakan antara yang shahîh dengan yang dha’îf, seorang penghimpun buku, penulis, pendengar, pencari sanad-sanad hadis, dan mengetahui sanad yang terpendek dari padanya. Contoh para Muhadditsîn: Imâm Mâlik, Imâm asy-Syâfi’î, Imâm Ahmad bin Hanbal, Imâm Bukhârî, Imâm Muslim, at-Tirmidzî, Abû Dâwud, an-Nasâ-î, Ibnu Mâjah, Ibnu Khuzaymah, Ibnu Hibbân, dan sebagainya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar