Asbâbun
Nuzûl Surat
al-Baqarah (2), Ayat: 198
لَيْسَ
عَلَيْكُمْ جُنَاحٌ أَنْ تَبْتَغُوْا فَضْلاً مِّنْ رَّبِّكُمْ فَإِذَا أَفَضْتُمْ
مِنْ عَرَفَاتٍ فَاذْكُرُوْا اللهَ عِنْدَ الْمَشْعَرِ الْحَرَامِ وَاذْكُرُوْهُ
كَمَا هَدَاكُمْ وَإِنْ كُنْتُمْ مِنْ قَبْلِهِ لَمِنَ الضَّالِّيْنَ (١٩٨)
198. Tidak ada dosa bagi kalian
untuk mencari karunia (rezeki hasil perniagaan) dari Tuhan kalian (Allâh). Apabila
kalian telah bertolak dari 'Arafah, maka berdzikirlah kepada Allâh di Masy'aril
Harâm[1]. Dan berdzikirlah (dengan menyebut nama) Allâh sebagaimana yang
ditunjukkan-Nya kepada kalian. Sesungguhnya kalian sebelum itu benar-benar termasuk
orang-orang yang sesat.
Al-Imâm al-Hâfizh[2] Bukhârî[3] meriwayatkan dalam al-Jâmi’ ash-Shahîh li al-Bukhârînya (No. Hadis: 1956):
حَدَّثَنَا
عَلِيُّ بْنُ عَبْدِ اللهِ, قَالَ: حَدَّثَنَا سُفْيَانُ, عَنْ عَمْرِو بْنِ دِيْنَارٍ,
عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ رَضِيَ اللهُ عَنْهُمَا, قَالَ: كَانَتْ عُكَاظٌ, وَمَجَنَّةُ,
وَذُو الْمَجَازِ أَسْوَاقًا فِي الْجَاهِلِيَّةِ. فَلَمَّا كَانَ الْإِسْلَامُ, تَأَثَّمُوْا
مِنَ التِّجَارَةِ فِيْهَا. فَأَنْزَلَ اللهُ: (لَيْسَ عَلَيْكُمْ
جُنَاحٌ أَنْ تَبْتَغُوْا فَضْلًا مِّنْ رَّبِّكُمْ..........).
قَالَ:
فِيْ مَوَاسِمِ الْحَجِّ, قَرَأَ ابْنُ عَبَّاسٍ كَذَا.
"'Alî bin 'Abdullâh[4] telah bercerita kepada kami (kepada Bukhârî), dia ('Alî bin
'Abdullâh) berkata: "Sufyân bin 'Uyaynah[5] telah bercerita kepada kami (kepada 'Alî bin 'Abdullâh), dari
'Amrû bin Dînâr[6], dari ‘Abdullâh bin ‘Abbâs[7], dia (‘Abdullâh bin ‘Abbâs) berkata: "Dahulukala 'Ukâzh[8], Majannah[9], dan Dzûl Majâz[10] adalah Pasar-pasar pada masa Jâhiliŷah. Ketika mereka (orang-orang
pada masa Jâhiliŷah) telah memeluk agama Islâm, mereka (Kaum Muslimîn) merasa
berdosa berjualan (berdagang) di dalamnya[11]. Maka Allâh
SWT. menurunkan (Surat al-Baqarah, Ayat: 198):
لَيْسَ
عَلَيْكُمْ جُنَاحٌ أَنْ تَبْتَغُوْا فَضْلاً مِّنْ رَّبِّكُمْ .......... (١٩٨)
198. Tidak ada dosa bagi kalian
untuk mencari karunia (rezeki hasil perniagaan) dari Tuhan kalian (Allâh)………………..".
"Dia (Bukhârî)
berkata: "'Abdullâh bin 'Abbâs membaca dengan bacaan (فِيْ
مَوَاسِمِ الْحَجِّ) [12]".
1.
Al-Hâfizh Bukhârî juga meriwayatkan sebagaimana
Hadis di atas dalam al-Jâmi’ ash-Shahîh li al-Bukhârînya (No. Hadis: 1648, 1909, 4157).
2.
Al-Hâfizh
Abû Dâwud[16]
juga meriwayatkan sebagaimana
Hadis di atas dalam Sunan Abî Dâwudnya (No. Hadis: 1734).
3.
Al-Hâfizh Ibnu
Khuzaymah juga meriwayatkan sebagaimana
Hadis di atas
dalam Shahîh Ibn Khuzaymahnya (No. Hadis: 3054).
4.
Al-Hâfizh Ibnu
Hibbân[17]
juga meriwayatkan sebagaimana
Hadis di atas
dalam Shahîh Ibn Hibbânnya (No. Hadis: 3968).
5.
Al-Hâfizh
al-Hâkim juga meriwayatkan sebagaimana Hadis di atas dalam al-Mustadrak ‘alâ ash-Shahîhaynnya (1/449, 1/481, 2/276, dan 2/277),
dan kata al-Hâfizh al-Hâkim: “Hadis yang ia (al-Hâkim) riwayatkan
berkualitas shahîh menurut persyaratan shahîh Bukhârî dan Muslim, akan tetapi
keduanya (Bukhârî dan Muslim) tidak meriwayatkan Hadis yang al-Hâkim
riwayatkan”.
6.
Al-Hâfizh
ath-Thabrânî[18]
juga meriwayatkan sebagaimana
Hadis di atas dalam al-Mu’jam al-Kabîrnya (No. Hadis: 11213).
7.
Al-Hâfizh al-Bayhaqî juga
meriwayatkan sebagaimana
Hadis di atas dalam as-Sunan al-Kubrâ li al-Bayhaqînya
(4/333, dan 4/334).
8.
Al-Hâfizh
'Abdurrazzâq juga meriwayatkan sebagaimana Hadis di atas dalam al-Mushannaf 'Abdurrazzâqnya (1/65).
9.
Al-Hâfizh
Ibnu Abî Syaibah juga meriwayatkan sebagaimana Hadis di atas dalam al-Mushannaf Ibn
Abî Syaibahnya (Bagian
Pertama, Juz. 4, halaman: 77 atau 177).
10.
Al-Hâfizh Ibnu Abî Hâtim[19] juga meriwayatkan sebagaimana
Hadis di atas dalam Tafsîr
Ibn Abî Hâtimnya (No. Hadis: 1878).
11.
Sa'îd bin Manshûr
juga meriwayatkan sebagaimana
Hadis di atas dalam Sunan Sa'îd Ibn
Manshûrnya (Tafsîr, No. Hadis: 347, 350, dan 351).
12.
Imâm Ibnu Jarîr[20] juga mengeluarkan sebagaimana Hadis di atas dalam Jâmi’ al-Bayân ‘an
Ta-wîl ay al-Qurânnya (2/273, 3/510, dan 3/508).
13.
Al-Hâfizh Ibnu Katsir[21] juga
mengeluarkan sebagaimana Hadis di atas dalam Tafsîr al-Qurân al-‘Azhîmnya (Jilid. 1,
Juz. 1, halaman: 549)[22],
dengan menyandarkan kepada Riwayat al-Hâfizh
Bukhârî dalam al-Jâmi’ ash-Shahîh li al-Bukhârînya (No. Hadis: 1956).
14.
Al-Hâfizh Jalâluddîn as-Suyûthî[23] juga mengeluarkan sebagaimana Hadis di atas dalam Lubâb an-Nuqûl fî Asbâb an-Nuzûlnya (Juz. 2, 2/al-Baqarah), dengan menisbahkan kepada Riwayat al-Hâfizh Bukhârî dalam al-Jâmi’ ash-Shahîh li al-Bukhârînya (No. Hadis: 1956). Beliau (al-Hâfizh Jalâluddîn
as-Suyûthî) juga mengeluarkan sebagaimana
Hadis di atas dalam ad-Durr al-Mantsûr fî at-Tafsîr bi al-Ma’tsûrnya (1/222).
حَدَّثَنَا
مُسَدَّدٌ, قَالَ: حَدَّثَنَا عَبْدُ الْوَاحِدِ بْنُ زِيَادٍ, قَالَ: حَدَّثَنَا الْعَلَاءُ
بْنُ الْمُسَيِّبِ, قَالَ: حَدَّثَنَا أَبُوْ أُمَامَةَ التَّيْمِيُّ, قَالَ: كُنْتُ
رَجُلًا أُكَرِّيْ فِيْ هَذَا الْوَجْهِ. وَكَانَ نَاسٌ يَقُوْلُوْنَ لِيْ إِنَّهُ
لَيْسَ لَكَ حَجٌّ. فَلَقِيْتُ ابْنَ عُمَرَ, فَقُلْتُ: يَا أَبَا عَبْدِ الرَّحْمَنِ,
إِنِّيْ رَجُلٌ أُكَرِّيْ فِيْ هَذَا الْوَجْهِ. وَإِنَّ نَاسًا يَقُوْلُوْنَ لِيْ
إِنَّهُ لَيْسَ لَكَ حَجٌّ. فَقَالَ ابْنُ عُمَرَ: أَلَيْسَ تُحْرِمُ, وَتُلَبِّيْ,
وَتَطُوْفُ بِالْبَيْتِ, وَتُفِيْضُ مِنْ عَرَفَاتٍ, وَتَرْمِي الْجِمَارَ؟. قَالَ,
قُلْتُ: بَلَى. قَالَ: فَإِنَّ لَكَ حَجًّا. جَاءَ رَجُلٌ إِلَى النَّبِيِّ صَلَّى
اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ, فَسَأَلَهُ عَنْ مِثْلِ مَا سَأَلْتَنِيْ عَنْهُ. فَسَكَتَ
عَنْهُ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ, فَلَمْ يُجِبْهُ. حَتَّى نَزَلَتْ
هَذِهِ الْآيَةُ: (لَيْسَ عَلَيْكُمْ جُنَاحٌ أَنْ تَبْتَغُوْا
فَضْلًا مِّنْ رَّبِّكُمْ..........). فَأَرْسَلَ إِلَيْهِ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى
اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ, وَقَرَأَ عَلَيْهِ هَذِهِ الْآيَةَ. وَقَالَ: لَكَ حَجٌّ.
"Musaddad bin
Musrahad[25] telah bercerita kepada kami (kepada Abû Dâwud), dia (Musaddad bin
Musrahad) berkata: "'Abdul Wâhid bin Ziyâd[26]
telah bercerita kepada kami (kepada Musaddad bin Musrahad), dia ('Abdul Wâhid
bin Ziyâd) berkata: "Al-'Alâ bin al-Musaŷab[27] telah bercerita kepada kami (kepada 'Abdul Wâhid bin Ziyâd), dia (al-'Alâ
bin al-Musaŷab) berkata: "Abû Umâmah[28] telah
bercerita kepada kami (kepada al-'Alâ bin al-Musaŷab), dia (Abû Umâmah) berkata: "Saya (Abû Umâmah) dahulukala pergi Haji sambil menyewakan
sesuatu. Orang-orang berkata: "Tidak ada Haji bagimu (bagi Abû Umâmah)". Kemudian saya (Abû Umâmah) bertemu ‘Abdullâh bin ‘Umar[29], maka saya (Abû Umâmah) katakan: "Wahai
Abû 'Abdurrahmân (‘Abdullâh bin ‘Umar), saya
(Abû Umâmah) dahulukala pergi Haji sambil
menyewakan sesuatu; sementara orang-orang berkata: "Tidak ada Haji bagimu
(bagi Abû Umâmah)". ‘Abdullâh bin ‘Umar pun berkata: "Bukankah engkau (Abû
Umâmah) melakukan ihram, bertalbiyah[30],
thaŵaf di Ka'bah, bertolak dari 'Arafah, serta melempar jumrah". Dia (Abû Umâmah) berkata: "Saya (Abû Umâmah) katakan: "Betul". Dia (‘Abdullâh bin ‘Umar) berkata: "Sesungguhnya kamu (Abû
Umâmah) berhaji". (‘Abdullâh bin ‘Umar
melanjutkan periwayatannya): "Dahulukala pernah datang seorang lelaki
kepada Nabi SAW menanyakan seperti yang kamu (Abû
Umâmah) katakan kepada saya (kepada ‘Abdullâh bin ‘Umar); lalu Rasûlullâh SAW. diam tidak menjawabnya, hingga turun Ayat
ini (Surat al-Baqarah, Ayat: 198):
لَيْسَ
عَلَيْكُمْ جُنَاحٌ أَنْ تَبْتَغُوْا فَضْلاً مِّنْ رَّبِّكُمْ .......... (١٩٨)
198. Tidak ada dosa bagi kalian
untuk mencari karunia (rezeki hasil perniagaan) dari Tuhan kalian (Allâh)………………..".
"(‘Abdullâh bin ‘Umar melanjutkan
perkataannya): "Kemudian Rasûlullâh SAW. menemuinya (menemui lelaki yang
bertanya kepada Rasûlullâh SAW. tersebut), dan membacakan Ayat ini (Surat
al-Baqarah, Ayat: 198) kepadanya; seraya (Rasûlullâh SAW.) berkata: "Engkau
berhaji".
1. Al-Hâfizh Ahmad bin Hanbal[34] juga meriwayatkan sebagaimana Hadis di atas dalam Musnad
al-Imâm Ahmad Ibn
Hanbalnya (No. Hadis: 6146).
2. Al-Hâfizh Ibnu
Khuzaymah juga meriwayatkan sebagaimana
Hadis di atas
dalam Shahîh Ibn Khuzaymahnya (No. Hadis: 2818).
3.
Al-Hâfizh
al-Hâkim juga meriwayatkan sebagaimana Hadis di atas dalam al-Mustadrak ‘alâ ash-Shahîhaynnya (No. Hadis: 1599), dan kata al-Hâfizh
al-Hâkim: “Hadis yang ia (al-Hâkim) riwayatkan berkualitas shahîh menurut
persyaratan shahîh Bukhârî dan Muslim, akan tetapi keduanya (Bukhârî dan
Muslim) tidak meriwayatkan Hadis yang al-Hâkim riwayatkan”.
4.
Al-Hâfizh ad-Dâruquthnî[35] juga meriwayatkan sebagaimana Hadis di atas dalam Sunan ad-Dâruquthnînya (No. Hadis: 2784, dan 2789).
5. Al-Hâfizh al-Bayhaqî juga
meriwayatkan sebagaimana
Hadis di atas dalam as-Sunan al-Kubrâ li al-Bayhaqînya
(4/333).
6. Al-Hâfizh
'Abdurrazzâq juga meriwayatkan sebagaimana Hadis di atas dalam al-Mushannaf 'Abdurrazzâqnya (1/78).
7. Al-Hâfizh
Ibnu Abî Syaibah juga meriwayatkan sebagaimana Hadis di atas dalam al-Mushannaf Ibn
Abî Syaibahnya (Bagian
Pertama, Juz. 4, halaman: 77 atau 177).
8. Al-Hâfizh ath-Thayâlisî[36] juga meriwayatkan sebagaimana Hadis di atas dalam Musnad Abû Dâwud
ath-Thayâlisînya (No. Hadis: 2021).
9. Al-Hâfizh Ibnu Abî Hâtim
juga meriwayatkan sebagaimana
Hadis di atas dalam Tafsîr
Ibn Abî Hâtimnya (No. Hadis: 1877).
10. Sa'îd bin Manshûr
juga meriwayatkan sebagaimana
Hadis di atas dalam Sunan Sa'îd Ibn
Manshûrnya (Tafsîr, No. Hadis: 352).
11.
Imâm Ibnu Jarîr juga mengeluarkan melalui
jalur sanad Ka'b bin
Mâlik bin Abî Ka'b 'Amrû dalam Jâmi’
al-Bayân ‘an Ta-wîl ay al-Qurânnya (2/282, 3/503, 3/509, 4/164, dan 4/169).
12. Al-Hâfizh Ibnu Katsir juga
mengeluarkan sebagaimana Hadis di atas dalam Tafsîr al-Qurân al-‘Azhîmnya (1/350).
13. Al-Hâfizh Jalâluddîn
as-Suyûthî juga mengeluarkan sebagaimana Hadis di atas dalam Lubâb an-Nuqûl fî Asbâb an-Nuzûlnya (Juz. 2, 2/al-Baqarah). Beliau (al-Hâfizh Jalâluddîn as-Suyûthî) juga
mengeluarkan sebagaimana
Hadis di atas dalam ad-Durr al-Mantsûr fî at-Tafsîr bi al-Ma’tsûrnya (1/222).
PENJELASAN (kedudukan hadis di
atas):
Atsar[37] 'Abdullâh bin 'Abbâs dan 'Abdullâh bin 'Umar di atas digolongkan Mawqûf li
hukmi Marfû’, maksudnya: hadis Mawqûf[38] yang dihukumi Marfû’[39]. Karena para Muhadditsîn[40] telah bersepakat bahwa: “Ada beberapa macam Mawqûf yang dihukumi Marfû’,
dan salah satunya yaitu: penafsiran para Sahabat yang berkaitan dengan sebab
turunnya (asbâb an-nuzûl) suatu Ayat”.
Sebagaimana penjelasan
para Muhadditsîn tersebut, maka Atsar 'Abdullâh bin 'Abbâs dan 'Abdullâh bin 'Umar di atas tergolong hadis Mawqûf yang dihukumi Marfû’ oleh
para Muhadditsîn, sehingga (hadis 'Abdullâh bin 'Abbâs dan 'Abdullâh bin 'Umar di atas) dapat dijadikan sebagai huĵah (pedoman/ landasan) dalam
hukum Syara’ (Islâm).
KESIMPULAN:
Surat al-Baqarah, Ayat: 198 memiliki 2 Asbâbun
Nuzûl, yaitu:
1. Mengenai Kaum Muslimîn yang merasa berdosa ketika berdagang (berniaga) di Pasar 'Ukâzh, Majannah, dan
Dzûl Majâz. Karena Pasar 'Ukâzh,
Majannah, dan Dzûl Majâz
adalah Pasar-pasar pada masa Jâhiliŷah.
2. Mengenai seorang lelaki yang datang dan bertanya mengenai Ibadah Hajinya
kepada Nabi SAW. Serta mengenai Abû Umâmah yang bertanya mengenai Ibadah Hajinya
kepada 'Abdullâh bin 'Umar.
BIBLIOGRAFI
Ad-Durr
al-Mantsûr fî at-Tafsîr bi al-Ma’tsûr (al-Hâfizh
as-Suyûthî/ ‘Abdurrahmân
bin Abî Bakr).
Al-Jâmi’ ash-Shahîh li al-Bukhârî (al-Imâm
al-Hâfizh al-Bukhârî/ Muhammad bin
Ismâ’îl bin Ibrâhîm bin al-Mughîrah bin Bardizbah).
Al-Mu’jam al-Kabîr (al-Hâfizh ath-Thabrânî/ Sulaimân bin Ahmad bin Aŷûb bin
Muthîr).
Al-Mushannaf 'Abdurrazzâq (al-Hâfizh 'Abdurrazzâq
bin Hammam).
Al-Mushannaf Ibn Abî Syaibah (al-Hâfizh Abû Bakr bin
Abî Syaibah).
Al-Mustadrak ‘alâ ash-Shahîhayn (al-Hâfizh
al-Hâkim/ Abî ‘Abdullâh al-Hâkim
an-Naisâbûrî).
As-Sunan al-Kubrâ li al-Bayhaqî (al-Hâfizh al-Bayhaqî).
Jâmi’ al-Bayân
‘an Ta-wîl ay al-Qurân (Imâm Ibnu
Jarîr/ Muhammad bin Jarîr bin
Yazîd bin Katsîr bin Ghâlib).
Lubâb an-Nuqûl fî Asbâb an-Nuzûl (al-Hâfizh as-Suyûthî/ ‘Abdurrahmân bin Abî
Bakr).
Musnad Abû Dâwud ath-Thayâlisî (al-Hâfizh ath-Thayâlisî/ Sulaimân bin Dâwud bin
al-Jarûd).
Shahîh Ibn
Hibbân (al-Hâfizh Ibnu Hibbân/ Muhammad bin Hibbân bin Ahmad bin
Hibbân bin Mu’âdz bin Ma’bad).
Shahîh Ibn
Khuzaymah (al-Hâfizh Ibnu Khuzaymah).
Sunan Abî Dâwud (al-Hâfizh Abû
Dâwud/ Sulaimân bin al-Asy’ats bin Syadâd bin
‘Amrû
bin ‘Âmir).
Sunan Sa'îd Ibn
Manshûr (Sa'îd bin Manshûr).
Tafsîr al-Qurân al-‘Azhîm (al-Hâfizh Ibnu Katsîr/ Ismâ’îl bin ‘Amr bin Katsîr).
Tafsîr Ibn Abî Hâtim (al-Hâfizh Ibnu Abî Hâtim/ ‘Abdurrahmân bin Abî Hâtim).
[1] Di dalam “Jâmi’
al-Bayân ‘an Ta-wîl ay al-Qurân, Tahqîq ‘Abdullâh bin ‘Abdul Muhsin at-Tirkî”,
karya Imâm Ibnu Jarîr (Cetakan Pertama, Juz. 3, halaman: 517): 'Abdullâh bin
'Umar menafsirkan kata (الْمَشْعَرِ
الْحَرَامِ) dengan: “Semua
wilayah Muzdalifah”.
Sedangkan dalam “Jâmi’ al-Bayân ‘an Ta-wîl ay al-Qurân, Tahqîq
‘Abdullâh bin ‘Abdul Muhsin at-Tirkî”, karya Imâm Ibnu Jarîr (Cetakan
Pertama, Juz. 3, halaman: 516): Imâm Ibnu Jarîr menafsirkan kata (الْمَشْعَرِ
الْحَرَامِ) dengan: “Bukit
(Quzah) yang terdapat di antara dua Gunung Muzdalifah”.
[2] Al-Hâfizh adalah: Gelar ahli
hadis yang dapat men-shahîh-kan sanad serta matan hadis,
dan dapat men-ta’dîl-kan dan men-jarh-kan para perawi hadis,
serta seorang Hâfizh itu harus mempunyai kapasitas menghafal 100.000
hadis. Contoh para Huffâzh: Ahmad bin Hanbal, Yahyâ bin Ma’în, ‘Alî bin
al-Madînî, Bukhârî, Muslim, at-Tirmidzî, Abû Dâwud, an-Nasâ-î, Ibnu Mâjah,
ad-Dârimî, Ibnu Khuzaymah, Ibnu Hibbân, ad-Dâruquthnî, ath-Thabrânî,
al-Bayhaqî, al-Hâkim, Zainuddîn ‘Abdurrahîm al-‘Irâqî, Syarafuddîn ad-Dimyathî,
Ibnu Hajar al-‘Asqalânî, al-Mizzî, al-Haitsamî, adz-Dzahabî, Abû Zar’ah
ar-Râzî, Abû Hâtim ar-Râzî, Ibnu Hazm, Ibnu Abî Hâtim, Ibnu ‘Adî, Ibnu
al-Mundzir, Ibnu ‘Abdul Bâr, Ibnu Katsîr, Ibnu as-Sakan, Jalâluddîn as-Suyûthî,
Muhammad Nâshiruddîn al-Albânî, dan sebagainya.
[3]
Nama sebenarnya yaitu: Muhammad bin Ismâ’îl bin Ibrâhîm bin al-Mughîrah bin
Bardizbah. Ia (Bukhârî) merupakan seorang Tabi’ al-Atbâ’ pertengahan.
Dan ia (Bukhârî) juga merupakan seorang tsiqqah mutqan al-Imâm al-Hâfizh
(kredibel ke-‘âdl-an dan ke-dhabith-annya, serta seorang yang
kuat lagi kokoh, al-Imâm dan al-Hâfizh). Ia (Bukhârî) juga
seorang pakar hadîts (hadis), tafsîr (tafsir), fiqh
(fiqih), târîkh (sejarah) dan lughah (gramatika). Nasab
(keturunan) nya yaitu: al-Ju’fŷ al-Bukhârî. Kuniyah (nama akrab)
nya yaitu: Abû ‘Abdullâh. Laqab (gelar/titel) nya: al-Imâm
al-Hâfizh Bukhârî. Ia (Bukhârî) lahir di Bukhârâ pada tahun 194
Hijriyah. Tempat tinggalnya di Madînah. Ia (Bukhârî) wafat di desa Khartank
(wilayah Samarqand) pada tahun 256 Hijriyah.
[4] Nama
lengkapnya yaitu: 'Alî bin 'Abdullâh bin Ja'far bin Najîh. Ia ('Alî bin al-Madînî)
merupakan seorang Tabi’ al-Atbâ’ senior. Dan ia ('Alî bin al-Madînî)
juga merupakan seorang tsiqqah al-Hâfizh (kredibel ke-‘âdl-an dan
ke-dhabith-annya, serta seorang al-Hâfizh). Nasab
(keturunan) nya yaitu: al-Bashrî. Kuniyah
(nama akrab) nya yaitu: Abû al-Hasan. Laqab
(gelar/titel) nya: Ibn
al-Madînî. Tempat tinggalnya di Bashrah. Ia ('Alî bin
al-Madînî) wafat di Rashfah Hasym pada tahun 234 Hijriyah.
[5] Nama
lengkapnya yaitu: Sufyân bin 'Uyaynah bin Abî 'Imrân
Maymûn. Ia (Sufyân bin 'Uyaynah) merupakan seorang Tabi’
Tâbi’în pertengahan. Ia (Sufyân bin 'Uyaynah) adalah seorang tsiqqah
al-Hâfizh al-Huĵah (kredibel ke-‘âdl-an dan ke-dhabith-annya,
serta seorang al-Hâfizh dan al-Huĵah). Nasab (keturunan)
nya yaitu: al-Hilâlî. Kuniyah (nama akrab) nya yaitu: Abû Muhammad.
Tempat tinggalnya di Kûfah. Ia (Sufyân bin 'Uyaynah) wafat di Marwa
ar-Ruwadz (salah satu Kota di Khurrâsân) pada tahun 198 Hijriyah.
[6] Nama
lengkapnya yaitu: 'Amrû bin Dînâr al-Atsram. Ia ('Amrû bin Dînâr) merupakan
seorang Tâbi’în dekat pertengahan. Ia ('Amrû bin Dînâr) adalah seorang tsiqqah
tsabat (kredibel ke-‘âdl-an dan ke-dhabith-annya, serta
seorang yang konsisten). Nasab (keturunan) nya yaitu: al-Jamhî. Kuniyah
(nama akrab) nya yaitu: Abû Muhammad. Laqab (gelar/titel) nya: al-Atsram.
Tempat tinggalnya di Marwa ar-Ruwadz (salah satu Kota di Khurrâsân).
Ia ('Amrû bin Dînâr) wafat pada tahun 126 Hijriyah.
[7] Nama
lengkapnya yaitu: ‘Abdullâh bin ‘Abbâs bin ‘Abdul Muthallib bin Hâsyim. Ia
(Ibnu ‘Abbâs) merupakan seorang Sahabat dan juga seorang pakar tafsîr
(tafsir), fiqh (fikih), lughah (gramatika), Syi’ir
(Sya’ir), farâidh (waris) dan hadîts (hadis). Serta ia (Ibnu
‘Abbâs) telah meriwayatkan 1.660 Hadîts. Semua Sahabat Nabi SAW. tsiqqah
dan ‘âdl. Nasab (keturunan) nya yaitu: al-Qurasyî al-Hâsyimî.
Kuniyah (nama akrab) nya yaitu: Abû al-‘Abbâs. Laqab
(gelar/titel) nya: Ibn ‘Abbâs, al-Hijr dan al-Bahr. Tempat
tinggalnya di Marwa ar-Ruwadz (salah satu Kota di Khurrâsân). Ia
(Ibnu ‘Abbâs) wafat di Thâ-if pada tahun 68 Hijriyah.
[8] Di dalam Fath
al-Bârî bi Syarh Shahîh al-Bukhârî (No. Hadis: 1648),
karya al-Hâfizh Ibnu Hajar al-'Asqalânî, disebutkan bahwa: "Mengenai
'Ukâzh, al-Fâkihî menyebutkan melalui Jalur Ibnu Ishâq bahwasannya 'Ukâzh adalah
Pasar yang terbuka dan lebar yang terletak di antara Daerah Thâif hingga ke Kota
Makkah".
[9] Di dalam Fath
al-Bârî bi Syarh Shahîh al-Bukhârî (No. Hadis: 1648),
karya al-Hâfizh Ibnu Hajar al-'Asqalânî, disebutkan bahwa: "Mengenai
Majannah, al-Fâkihî menyebutkan melalui Jalur Ibnu Ishâq bahwasannya Majannah adalah
Pasar terkecil di antara Pasar-pasar yang ada di masa Jâhiliŷah".
[10] Di dalam Fath
al-Bârî bi Syarh Shahîh al-Bukhârî (No. Hadis: 1648),
karya al-Hâfizh Ibnu Hajar al-'Asqalânî, disebutkan bahwa: "Mengenai
Dzûl Majâz, al-Fâkihî menyebutkan melalui Jalur Ibnu Ishâq bahwasannya Dzûl Majâz
adalah Pasar yang luas yang terletak di antara Daerah 'Arafah hingga Daerah yang
berada di samping 'Arafah".
Adapun di dalam Fath
al-Bârî bi Syarh Shahîh al-Bukhârî (No. Hadis: 1648),
karya al-Hâfizh Ibnu Hajar al-'Asqalânî, disebutkan bahwa: "Mengenai
Dzûl Majâz, al-Azraqî menyebutkan melalui Jalur Hisyâm bin al-Kilabî bahwasannya
Dzûl Majâz adalah Pasar yang luas yang terdapat di 'Arafah".
Sedangkan di dalam Fath
al-Bârî bi Syarh Shahîh al-Bukhârî (No. Hadis: 1648),
karya al-Hâfizh Ibnu Hajar al-'Asqalânî, disebutkan bahwa: "Mengenai
Dzûl Majâz, dalam Syarh al-Kirmânî diterangkan bahwasannya Dzûl Majâz adalah Pasar
yang luas yang terdapat di Daerah Minâ".
[11] Maksudnya: "Kaum Muslimîn merasa berdosa apabila berjualan
di Pasar 'Ukâzh, Majannah dan Dzûl Majâz. Karena 'Ukâzh,
Majannah dan Dzûl Majâz adalah Pasar-pasar pada masa Jâhiliŷah".
[12] Di dalam Fath
al-Bârî bi Syarh Shahîh al-Bukhârî (No. Hadis: 1648),
al-Hâfizh Ibnu Hajar al-'Asqalânî berkata bahwasannya: "Qirâ-ah 'Abdullâh
bin 'Abbâs dinilai oleh Imâm Mufassirîn dengan: "al-Qirâ-ah asy-Syâdzdzah (qirâ-ah
yang tercela)".
[13] Muhadditsîn yaitu: Orang yang hafal matan-matan
hadis, mengetahui gharîb serta faqîh, hafal sanad,
mengetahui ihwal para perawi, dapat membedakan antara yang shahîh dengan
yang dha’îf, seorang penghimpun buku, penulis, pendengar, pencari sanad-sanad
hadis, dan mengetahui sanad yang terpendek dari padanya. Contoh para Muhadditsîn:
Imâm Mâlik, Imâm asy-Syâfi’î, Imâm Ahmad bin Hanbal, Imâm Bukhârî, Imâm Muslim,
at-Tirmidzî, Abû Dâwud, an-Nasâ-î, Ibnu Mâjah, Ibnu Khuzaymah, Ibnu Hibbân, dan
sebagainya.
[14]
Hadis Shahîh ialah: Hadis yang bersambung (muttashil) sanadnya,
diriwayatkan oleh orang yang ‘âdl (‘âdl yaitu: orang yang
istiqamah dalam beragama, baik akhlaqnya, tidak fasiq dan tidak melakukan cacat
muru’ah), sempurna ke-dhabith-annya, tidak ada keganjilan (syadzdz),
dan tidak ada kecacatan (‘illat).
[15] Tsiqqât adalah: Para
perawi hadis yang kredibel ke-‘âdl-an dan ke-dhabith-annya.
[16] Nama sebenarnya yaitu: Sulaimân bin al-Asy’ats bin Syadâd bin ‘Amrû bin
‘Âmir. Ia (Abû
Dâwud) merupakan seorang Tabi’ al-Atbâ’ dekat pertengahan. Dan ia (Abû
Dâwud) juga merupakan seorang tsiqqah mutqan al-Imâm al-Hâfizh (kredibel
ke-‘âdl-an dan ke-dhabith-annya, serta seorang yang kuat lagi kokoh,
al-Imâm dan al-Hâfizh). Ia (Abû Dâwud) juga seorang pakar hadîts
(hadis), dan fiqh (fiqih). Nasab (keturunan) nya yaitu: al-Azdî
as-Sijistânî. Kuniyah (nama akrab) nya yaitu: Abû Dâwud. Laqab
(gelar/titel) nya: al-Hâfizh Abû Dâwud. Ia (Abû Dâwud) lahir di Sijistân
(suatu Daerah yang terletak antara negara Iran dan Afghanistan) pada tahun 202
Hijriyah. Tempat tinggalnya di Bashrah. Ia (Abû Dâwud) wafat di Bashrah
pada tahun 275 Hijriyah.
[17] Nama lengkapnya yaitu: Muhammad bin Hibbân bin Ahmad bin Hibbân bin Mu’âdz
bin Ma’bad. Ia (Ibnu Hibbân) merupakan seorang tsiqqah al-Imâm al-Hâfizh
(kredibel ke-‘âdl-an dan ke-dhabith-annya, serta seorang
al-Imâm dan al-Hâfizh). Ia (Ibnu Hibbân) juga seorang pakar lughah
(gramatika) hadîts (hadis), târîkh (sejarah), ath-Thibb
(kedokteran), fiqh (fiqih), dan sebagainya. Nasab (keturunan)
nya yaitu: at-Tamîmî, ad-Dârimî al-Bustî. Kuniyah (nama akrab)
nya yaitu: Abû Hâtim. Laqab (gelar/titel) nya: al-Hâfizh Ibn
Hibbân. Ia (Ibnu Hibbân) lahir di Bustî (salah satu
Kampung yang terletak di Sijistân) pada tahun 270 atau 271 Hijriyah. Tempat tinggalnya di Khurrâsân.
Ia (Ibnu Hibbân) wafat pada tahun 354 Hijriyah.
[18] Nama sebenarnya yaitu: Sulaimân bin Ahmad bin Aŷûb bin Muthîr. Nasab (keturunan)
nya yaitu: al-Lakhamî asy-Syâmî ath-Thabrânî. Kuniyah (nama
akrab) nya yaitu: Abû al-Qâsim. Laqab (gelar/titel) nya: al-Hâfizh
ath-Thabrânî. Ia (ath-Thabrânî) adalah seorang tsiqqah al-Hâfizh
(kredibel ke-‘âdl-an dan ke-dhabith-annya,
serta seorang al-Hâfizh). Ia (ath-Thabrânî) juga seorang pakar tafsîr
(tafsir) dan
hadîts (hadis). Ia (ath-Thabrânî) lahir di Thabariŷah (wilayah
Palestina) pada tahun 260 Hijriyah. Tempat tinggalnya di Ishfahân. Ia (ath-Thabrânî) wafat di
Ishfahân pada tahun 360 Hijriyah.
[19] Nama
lengkapnya yaitu: ‘Abdurrahmân bin Abî Hâtim. Ia (Ibnu Abî Hâtim) adalah
seorang tsiqqah al-Hâfizh (kredibel ke-‘âdl-an dan ke-dhabith-annya,
serta seorang al-Hâfizh). Nasab (keturunan) nya yaitu: ar-Râzî.
Kuniyah (nama akrab) nya yaitu: Abû Muhammad. Laqab
(gelar/titel) nya: al-Hâfizh Ibn Abî Hâtim. Ia (Ibnu Abî Hâtim) adalah
pakar tafsîr (tafsir) dan hadîts (hadis). Ia (Ibnu Abî Hâtim)
wafat pada tahun 327 Hijriyah.
[20] Nama lengkapnya yaitu: Muhammad bin Jarîr bin Yazîd bin Katsîr bin Ghâlib.
Ia
(Ibnu Jarîr) merupakan seorang tsiqqah ‘âlim (kredibel ke-‘âdl-an dan ke-dhabith-annya, serta seorang ‘âlim). Nasab
(keturunan) nya yaitu: al-Âmalî. Kuniyah (nama akrab) nya yaitu: Abû
Ja’far ath-Thabarî. Laqab (gelar/titel) nya: Abâ at-Tafsîr
dan Abâ at-Târîkh. Ia (Ibnu Jarîr) lahir di Thabari Sittân pada
tahun 224 Hijriyah. Tempat tinggalnya di Baghdâd. Ia (Ibnu Jarîr) wafat
di Baghdâd pada tahun 310 Hijriyah.
[21] Nama lengkapnya yaitu: Ismâ’îl
bin ‘Amr bin Katsîr. Nasab (keturunan) nya yaitu: al-Qurasyî
ad-Dimasyqî. Kuniyah (nama akrab) nya yaitu: Abû al-Fidâ’. Laqab
(gelar/titel) nya: al-Hâfizh Ibn Katsîr. Ia (Ibnu Katsîr) adalah seorang
tsiqqah mutqan al-Hâfizh (kredibel ke-‘âdl-an dan ke-dhabith-annya,
serta seorang al-Hâfizh yang kokoh dan kuat). Ia (Ibnu Katsîr) juga
seorang pakar tafsîr (tafsir), hadîts (hadis) dan târîkh
(sejarah). Ia (Ibnu Katsîr) lahir di Bashrah pada tahun 700 Hijriyah.
Tempat tinggalnya di Bashrah. Ia (Ibnu Katsîr) wafat di Bashrah
pada tahun 774 Hijriyah, dan dikubur di Damsyiq (Damaskus).
[22] Al-Hâfizh Ibnu Katsîr. Tafsîr al-Qurân
al-‘Azhîm, Tahqîq Sâmî bin Muhammad as-Salâmah. Ar-Riyadh: Dâr
Thayyibah. Jilid. 1, Juz. 1, halaman: 549.
[23] Nama sebenarnya yaitu:
‘Abdurrahmân bin Abî Bakr. Kuniyah (nama akrab) nya yaitu: Jalâluddîn.
Laqab (gelar/titel) nya: al-Hâfizh as-Suyûthî. Ia (as-Suyûthî) adalah seorang tsiqqah
al-Hâfizh (kredibel ke-‘âdl-an dan ke-dhabith-annya,
serta seorang al-Hâfizh). Serta ia (as-Suyûthî) juga seorang pakar tafsîr
(tafsir), hadîts (hadis), lughah (gramatika), adb
(sastra), fiqh (fikih), târîkh (sejarah), dan sebagainya. Nasab
(keturunan) nya yaitu: as-Suyûthî. Ia (as-Suyûthî) lahir di Qâhirah
pada tahun 849 Hijriyah. Tempat tinggalnya di Qâhirah. Ia (as-Suyûthî)
wafat di Qâhirah pada tahun 911 Hijriyah.
[24] Nama sebenarnya yaitu: Sulaimân bin al-Asy’ats bin Syadâd bin ‘Amrû bin
‘Âmir. Ia (Abû Dâwud) merupakan seorang Tabi’ al-Atbâ’ dekat
pertengahan. Dan ia (Abû Dâwud) juga merupakan seorang tsiqqah
mutqan al-Imâm al-Hâfizh (kredibel ke-‘âdl-an dan ke-dhabith-annya,
serta seorang yang kuat lagi kokoh, al-Imâm dan al-Hâfizh). Ia (Abû Dâwud) juga seorang pakar hadîts (hadis), dan fiqh (fiqih). Nasab (keturunan) nya yaitu: al-Azdî
as-Sijistânî. Kuniyah (nama akrab) nya yaitu: Abû Dâwud. Laqab
(gelar/titel) nya: al-Hâfizh Abû Dâwud. Ia (Abû Dâwud) lahir di Sijistân
(suatu Daerah yang terletak antara negara Iran dan Afghanistan) pada tahun 202
Hijriyah. Tempat tinggalnya di Bashrah. Ia (Abû Dâwud) wafat di Bashrah
pada tahun 275 Hijriyah.
[25] Nama lengkapnya
yaitu: Musaddad bin Musrahad bin Musrabil bin Mustawrid. Ia (Musaddad bin Musrahad)
merupakan seorang Tabi’ al-Atbâ’ senior. Dan ia (Musaddad bin Musrahad)
juga merupakan seorang tsiqqah al-Hâfizh (kredibel ke-‘âdl-an dan
ke-dhabith-annya, serta seorang al-Hâfizh). Nasab
(keturunan) nya yaitu: al-Asadî. Kuniyah (nama akrab) nya yaitu:
Abû al-Hasan. Tempat tinggalnya di Bashrah. Ia (Musaddad bin Musrahad)
wafat di Bashrah pada tahun 228 Hijriyah.
[26] Namanya yaitu: 'Abdul Wâhid bin Ziyâd. Ia ('Abdul Wâhid bin Ziyâd) merupakan seorang Tabi’ Tâbi’în pertengahan. Ia ('Abdul
Wâhid bin Ziyâd) adalah seorang yang tsiqqah (kredibel ke-‘âdl-an dan ke-dhabith-annya). Nasab (keturunan) nya yaitu: al-'Abidî. Kuniyah (nama akrab) nya yaitu: Abû
Bisyr. Tempat tinggalnya di Bashrah. Ia ('Abdul Wâhid bin Ziyâd) wafat pada
tahun 176 Hijriyah.
[27] Nama lengkapnya yaitu: al-'Alâ bin al-Musaŷab
bin Rafi'. Ia (al-'Alâ bin al-Musaŷab) hidup bersama Tâbi’în
junior, akan tetapi ia (al-'Alâ bin al-Musaŷab) tidak bertemu dengan
Sahabat Nabi SAW. Ia (al-'Alâ bin al-Musaŷab) adalah seorang yang tsiqqah (kredibel ke-‘âdl-an dan ke-dhabith-annya). Nasab
(keturunan) nya yaitu: al-Asadî al-Kahlî. Tempat tinggalnya di Kûfah.
[28] Namanya yaitu: Abû Umâmah. Ia (Abû Umâmah) merupakan seorang Tâbi’în dekat pertengahan.
Ia (Abû Umâmah) adalah seorang yang tsiqqah (kredibel ke-‘âdl-an
dan ke-dhabith-annya). Ia (Abû Umâmah) di-tsiqqah-kan
(dikredibelkan ke-‘âdl-an dan ke-dhabith-annya) oleh: al-Hâfizh
Yahyâ bin Ma’în, al-Hâfizh Ibnu Khuzaymah, al-Hâfizh al-Hâkim, dan
al-Hâfizh adz-Dzahabî. Nasab (keturunan) nya yaitu: at-Taymiŷ.
Kuniyah (nama akrab) nya yaitu: Abû Umâmah. Tempat tinggalnya di Kûfah.
[29] Nama
lengkapnya yaitu: ‘Abdullâh bin ‘Umar bin al-Khaththâb bin Nufail. Semua Sahabat
Nabi SAW. tsiqqah dan ‘âdl. Ia (‘Abdullâh bin ‘Umar) merupakan salah satu pakar hadîts (hadis)
terkemuka di kalangan Sahabat; serta ia (‘Abdullâh bin ‘Umar) telah
meriwayatkan 2.630 Hadîts. Nasab
(keturunan) nya yaitu: al-‘Udwy al-Qurasyî. Kuniyah
(nama akrab) nya yaitu: Abû ‘Abdurrahmân. Tempat
tinggalnya di Madînah. Ia (‘Abdullâh bin
‘Umar)
wafat pada tahun 73 Hijriyah.
[30] Bertalbiyah
yaitu: "Mengucapkan: (لَبَّيْكَ
اللَّهُمَّ لَبَّيْكَ, لَبَّيْكَ لاَ شَرِيْكَ لَكَ لَبَّيْكَ, إِنَّ الْحَمْدَ وَ
النِّعْمَةَ لَكَ وَالْمُلْكَ لاَ شَرِيْكَ لَكَ). Talbiyah mulai diucapkan tatkala mengikuti manasik Haji, pada saat
sedang dalam perjalanan menuju Tanah Suci Makkah; dan terutama sekali pada saat
ketika yang bersangkutan telah menyatakan Niat di Miqat atau Tempat Start sebagai
awal prosesi resmi Ibadah Haji atau 'Umrah".
[31] Muhadditsîn yaitu: Orang yang hafal matan-matan
hadis, mengetahui gharîb serta faqîh, hafal sanad,
mengetahui ihwal para perawi, dapat membedakan antara yang shahîh dengan
yang dha’îf, seorang penghimpun buku, penulis, pendengar, pencari sanad-sanad
hadis, dan mengetahui sanad yang terpendek dari padanya. Contoh para Muhadditsîn:
Imâm Mâlik, Imâm asy-Syâfi’î, Imâm Ahmad bin Hanbal, Imâm Bukhârî, Imâm Muslim,
at-Tirmidzî, Abû Dâwud, an-Nasâ-î, Ibnu Mâjah, Ibnu Khuzaymah, Ibnu Hibbân, dan
sebagainya.
[32]
Hadis Shahîh ialah: Hadis yang bersambung (muttashil) sanadnya,
diriwayatkan oleh orang yang ‘âdl (‘âdl yaitu: orang yang
istiqamah dalam beragama, baik akhlaqnya, tidak fasiq dan tidak melakukan cacat
muru’ah), sempurna ke-dhabith-annya, tidak ada keganjilan (syadzdz),
dan tidak ada kecacatan (‘illat).
[33] Tsiqqât adalah: Para
perawi hadis yang kredibel ke-‘âdl-an dan ke-dhabith-annya.
[34] Nama sebenarnya
yaitu: Ahmad bin Muhammad bin Hanbal bin Hilâl bin Asad. Ia (Ahmad bin Hanbal)
merupakan seorang Tabi’ al-Atbâ’ senior. Dan ia (Ahmad bin Hanbal) juga
merupakan seorang tsiqqah mutqan al-Imâm al-Hâfizh (kredibel ke-‘âdl-an
dan ke-dhabith-annya, serta seorang al-Imâm al-Hâfizh yang
kuat dan kokoh). Ia (Ahmad bin Hanbal) juga seorang pakar hadîts (hadis)
dan fiqh (fiqih). Nasab (keturunan) nya yaitu: asy-Syaibânî.
Kuniyah (nama akrab) nya yaitu: Abû ‘Abdullâh. Laqab
(gelar/titel) nya: al-Imâm al-Hâfizh Ahmad Ibn Hanbal. Ia (Ahmad
bin Hanbal) lahir di Baghdâd pada tahun 164 Hijriyah. Tempat tinggalnya
di Baghdâd. Ia (Ahmad bin Hanbal) wafat di Baghdâd pada tahun 241
Hijriyah.
[35] Nama sebenarnya yaitu: ‘Alî bin ‘Umar bin Ahmad bin Mahdî bin Mas’ûd bin
an-Nu’mân bin Dînâr. Ia (ad-Dâruquthnî) merupakan seorang tsiqqah al-Imâm
al-Hâfizh (kredibel ke-‘âdl-an dan ke-dhabith-annya, serta
seorang al-Imâm dan al-Hâfizh). Ia (ad-Dâruquthnî) juga seorang
pakar lughah (gramatika) hadîts (hadis), dan fiqh (fiqih).
Nasab (keturunan) nya yaitu: ad-Dâruquthnŷ al-Baghdâdî. Kuniyah
(nama akrab) nya yaitu: Abû al-Hasan. Laqab (gelar/titel) nya:
al-Hâfizh ad-Dâruquthnî. Ia (ad-Dâruquthnî) lahir di Dâr al-Qathn (salah satu
Kota yang terletak di Baghdâd) pada tahun 306 Hijriyah. Tempat tinggalnya di Dâr al-Qathn.
Ia (ad-Dâruquthnî) wafat Dâr al-Qathn pada tahun 385 Hijriyah.
[36] Nama sebenarnya
yaitu: Sulaimân bin Dâwud bin al-Jarûd. Nasab (keturunan) nya yaitu: ath-Thayâlisî.
Ia (ath-Thayâlisî) merupakan seorang Tabi’ Tâbi’în junior. Kuniyah
(nama akrab) nya yaitu: Abû Dâwud. Laqab (gelar/titel) nya: al-Hâfizh
ath-Thayâlisî. Ia (ath-Thayâlisî) adalah seorang tsiqqah al-Hâfizh
(kredibel ke-‘âdl-an dan ke-dhabith-annya, serta seorang al-Hâfizh).
Ia (ath-Thayâlisî) juga seorang pakar hadîts (hadis). Ia (ath-Thayâlisî)
lahir di Bashrah pada tahun 133 Hijriyah. Tempat tinggalnya di Bashrah.
Ia (ath-Thayâlisî) wafat di Bashrah pada tahun 204 Hijriyah.
[37] Atsar adalah: Sesuatu yang
disandarkan kepada Sahabat dan Tâbi’în, baik berupa perkataan dan
perbuatan.
[38] Hadis Mawqûf
yaitu: Sesuatu yang disandarkan kepada Sahabat, baik berupa perkataan,
perbuatan dan persetujuan; baik bersambung sanadnya ataupun terputus sanadnya.
[39] Marfu’
maksudnya: Terangkatnya derajat hadis hingga ke Nabi SAW.
[40] Muhadditsîn
yaitu: Orang yang hafal matan-matan hadis, mengetahui gharîb serta faqîh,
hafal sanad, mengetahui ihwal para perawi, dapat membedakan antara yang shahîh
dengan yang dha’îf, seorang penghimpun buku, penulis, pendengar, pencari
sanad-sanad hadis, dan mengetahui sanad yang terpendek dari padanya.
Contoh para Muhadditsîn: Imâm Mâlik, Imâm asy-Syâfi’î, Imâm Ahmad bin
Hanbal, Imâm Bukhârî, Imâm Muslim, at-Tirmidzî, Abû Dâwud, an-Nasâ-î, Ibnu
Mâjah, Ibnu Khuzaymah, Ibnu Hibbân, dan sebagainya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar