Asbâbun
Nuzûl Surat
al-Baqarah (2), Ayat: 197
الْحَجُّ
أَشْهُرٌ مَّعْلُوْمَاتٌ فَمَنْ فَرَضَ فِيْهِنَّ الْحَجَّ فَلاَ رَفَثَ وَلاَ
فُسُوْقَ وَلاَ جِدَالَ فِي الْحَجِّ وَمَا تَفْعَلُوْا مِنْ خَيْرٍ يَّعْلَمْهُ اللهُ
وَتَزَوَّدُوْا فَإِنَّ خَيْرَ الزَّادِ التَّقْوَى وَاتَّقُوْنِ يَا أُوْلِي الْأَلْبَابِ
(١٩٧)
197. (Musim) Haji
adalah beberapa bulan yang dimaklumi[1]. Barangsiapa yang menetapkan niatnya dalam bulan itu akan
mengerjakan Haji, maka tidak boleh rafats[2], berbuat fasiq[3], dan berbantah-bantahan[4] di dalam masa mengerjakan Haji. Dan apa yang kalian kerjakan
berupa kebaikan, niscaya Allâh mengetahuinya. Berbekallah, dan sesungguhnya sebaik-baik
bekal adalah Takwa; dan bertakwalah kepada-Ku wahai orang-orang yang berakal.
Al-Imâm al-Hâfizh[5] Bukhârî[6] meriwayatkan dalam al-Jâmi’ ash-Shahîh li al-Bukhârînya (No. Hadis: 1426):
حَدَّثَنَا يَحْيَى بْنُ بِشْرٍ, قَالَ:
حَدَّثَنَا شَبَابَةُ, عَنْ وَرْقَاءَ, عَنْ عَمْرِو بْنِ دِيْنَارٍ, عَنْ عِكْرِمَةَ,
عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ رَضِيَ اللهُ عَنْهُمَا, قَالَ: كَانَ أَهْلُ الْيَمَنِ يَحُجُّوْنَ
وَلَا يَتَزَوَّدُوْنَ, وَيَقُوْلُوْنَ: نَحْنُ الْمُتَوَكِّلُوْنَ. فَإِذَا قَدِمُوْا
مَكَّةَ, سَأَلُوْا النَّاسَ. فَأَنْزَلَ اللهُ تَعَالَى: (.........وَتَزَوَّدُوْا
فَإِنَّ خَيْرَ الزَّادِ التَّقْوَى..........).
قَالَ: رَوَاهُ ابْنُ عُيَيْنَةَ, عَنْ
عَمْرٍو, عَنْ عِكْرِمَةَ, مُرْسَلًا.
"Yahyâ bin Bisyr[7] telah
bercerita kepada kami (kepada Bukhârî), dia (Yahyâ bin Bisyr) berkata: "Syabâbah
bin Saŵâr[8] telah
bercerita kepada kami (kepada Yahyâ bin Bisyr), dari Warqâ bin 'Umar[9], dari 'Amrû bin Dînâr[10], dari ‘Ikrimah[11], dari ‘Abdullâh bin ‘Abbâs[12], dia (‘Abdullâh bin ‘Abbâs) berkata:
"Dahulukala orang-orang Yaman berhaji tidak membawa bekal; mereka (orang-orang
Yaman) berkata: "Kami (orang-orang Yaman) adalah orang-orang yang
bertawakkal". Apabila mereka (orang-orang Yaman) tiba di Kota Makkah, mereka
(orang-orang Yaman) malah meminta-minta (mengemis) kepada orang-orang. Maka
Allâh SWT. menurunkan (Surat al-Baqarah, Ayat: 197):
........
وَتَزَوَّدُوْا فَإِنَّ خَيْرَ الزَّادِ التَّقْوَى ....... (١٩٧)
197. …...…. Berbekallah, dan sesungguhnya sebaik-baik bekal adalah
Takwa…..…..".
"Dia
(Bukhârî) berkata: "Diriwayatkan pula oleh Sufyân bin 'Uyaynah[13], dari 'Amrû
bin Dînâr, dari 'Ikrimah, secara Mursal[14]".
1. Al-Hâfizh
Abû Dâwud[18]
juga meriwayatkan sebagaimana
Hadis di atas dalam Sunan Abî Dâwudnya (No. Hadis: 1470).
2. Al-Hâfizh an-Nasâ-î[19]
juga meriwayatkan sebagaimana
Hadis di atas dalam Sunan
an-Nasâ-î al-Kubrânya (No. Hadis: 8790 dan 11033).
3. Al-Hâfizh Ibnu
Hibbân[20]
juga meriwayatkan sebagaimana
Hadis di atas
dalam Shahîh Ibn Hibbânnya (No. Hadis: 2746).
4. Al-Hâfizh
al-Hâkim juga meriwayatkan melalui jalur sanad[21] Sufyân ats-Tsaurŷ dalam at-Târîkhnya, sebagaimana terdapat dalam
Fath al-Bârî bi Syarh Shahîh al-Bukhârî (3/384).
5. Al-Hâfizh al-Bayhaqî juga
meriwayatkan sebagaimana
Hadis di atas dalam as-Sunan al-Kubrâ li al-Bayhaqînya
(4/332).
6. Al-Hâfizh Ibnu Abî Hâtim[22] juga meriwayatkan melalui jalur sanad Sufyân Ibnu
'Uyaynah dalam Tafsîr Ibn Abî Hâtimnya
(No. Hadis: 1871).
7.
Imâm Ibnu Jarîr[23] juga mengeluarkan sebagaimana Hadis di atas dalam Jâmi’
al-Bayân ‘an Ta-wîl ay al-Qurânnya (3/494)[24].
8. Al-Hâfizh Ibnu Katsir[25] juga
mengeluarkan sebagaimana Hadis di atas dalam Tafsîr al-Qurân al-‘Azhîmnya (Jilid. 1, Juz. 1, halaman: 547 - 548)[26],
dengan menyandarkan kepada Riwayat al-Hâfizh
Bukhârî dalam al-Jâmi’ ash-Shahîh li al-Bukhârînya (No. Hadis: 1426); serta menyandarkan kepada Riwayat al-Hâfizh an-Nasâ-î dalam Sunan an-Nasâ-î al-Kubrânya (No. Hadis: 8790 dan
11033).
9. Al-Hâfizh Ibnu Hajar al-‘Asqalânî juga meriwayatkan melalui
jalur sanad Sa'îd bin 'Abdurrahmân al-Makhzûmŷ dalam Taghlîq
at-Ta'lîq (3/45).
10. Al-Hâfizh Jalâluddîn as-Suyûthî[27] juga mengeluarkan sebagaimana Hadis di atas dalam Lubâb an-Nuqûl fî Asbâb an-Nuzûlnya (Juz. 2, 2/al-Baqarah), dengan menisbahkan kepada Riwayat al-Hâfizh Bukhârî dalam al-Jâmi’ ash-Shahîh li al-Bukhârînya (No. Hadis: 1426). Beliau (al-Hâfizh Jalâluddîn
as-Suyûthî) juga mengeluarkan sebagaimana
Hadis di atas dalam ad-Durr al-Mantsûr fî at-Tafsîr bi al-Ma’tsûrnya (2/390 – 2/391)[28].
PENJELASAN (kedudukan hadis di
atas):
Atsar[29] 'Abdullâh bin
'Abbâs di atas digolongkan Mawqûf li
hukmi Marfû’, maksudnya: hadis Mawqûf[30] yang dihukumi Marfû’[31]. Karena para Muhadditsîn[32] telah bersepakat bahwa: “Ada beberapa macam Mawqûf yang dihukumi Marfû’,
dan salah satunya yaitu: penafsiran para Sahabat yang berkaitan dengan sebab
turunnya (asbâb an-nuzûl) suatu Ayat”.
Sebagaimana penjelasan
para Muhadditsîn tersebut, maka Atsar 'Abdullâh bin
'Abbâs di atas tergolong hadis Mawqûf
yang dihukumi Marfû’ oleh para Muhadditsîn, sehingga (hadis 'Abdullâh bin
'Abbâs di atas) dapat dijadikan
sebagai huĵah (pedoman/ landasan) dalam hukum Syara’ (Islâm).
KESIMPULAN:
Surat al-Baqarah, Ayat: 197 diturunkan mengenai:
Orang-orang
Yaman yang berhaji tanpa membawa bekal. Ketika mereka (orang-orang Yaman) tiba di
Kota Makkah, mereka (orang-orang Yaman) meminta-minta (mengemis) kepada
orang-orang.
BIBLIOGRAFI
Ad-Durr
al-Mantsûr fî at-Tafsîr bi al-Ma’tsûr (al-Hâfizh
as-Suyûthî/ ‘Abdurrahmân
bin Abî Bakr).
Al-Jâmi’ ash-Shahîh li al-Bukhârî (al-Imâm
al-Hâfizh al-Bukhârî/ Muhammad bin
Ismâ’îl bin Ibrâhîm bin al-Mughîrah bin Bardizbah).
As-Sunan al-Kubrâ li al-Bayhaqî (al-Hâfizh
al-Bayhaqî).
Fath
al-Bârî bi Syarh Shahîh al-Bukhârî (al-Hâfizh Ibnu Hajar al-‘Asqalânî/ Ahmad
bin ‘Alî bin Muhammad bin Muhammad bin ‘Alî).
Jâmi’ al-Bayân ‘an Ta-wîl ay al-Qurân (Imâm Ibnu Jarîr/ Muhammad bin Jarîr bin
Yazîd bin Katsîr bin Ghâlib).
Lubâb an-Nuqûl fî Asbâb an-Nuzûl (al-Hâfizh
as-Suyûthî/ ‘Abdurrahmân bin Abî
Bakr).
Shahîh Ibn Hibbân (al-Hâfizh
Ibnu Hibbân/ Muhammad bin Hibbân bin
Ahmad bin
Hibbân
bin Mu’âdz bin Ma’bad).
Sunan Abî Dâwud (al-Hâfizh Abû Dâwud/
Sulaimân bin al-Asy’ats bin Syadâd bin
‘Amrû
bin ‘Âmir).
Sunan an-Nasâ-î al-Kubrâ (al-Hâfizh
an-Nasâ-î/ Ahmad bin Syu’aib bin ‘Alî bin
Sunân bin Bahr).
Tafsîr al-Qurân al-‘Azhîm (al-Hâfizh Ibnu Katsîr/ Ismâ’îl bin
‘Amr bin Katsîr).
Tafsîr Ibn Abî Hâtim (al-Hâfizh
Ibnu Abî Hâtim/ ‘Abdurrahmân bin Abî Hâtim).
[1] Di dalam “Jâmi’
al-Bayân ‘an Ta-wîl ay al-Qurân, Tahqîq ‘Abdullâh bin ‘Abdul Muhsin at-Tirkî”,
karya Imâm Ibnu Jarîr (Cetakan Pertama, Juz. 3, halaman: 444 dan 446):
'Abdullâh bin 'Abbâs dan 'Abdullâh bin 'Umar menafsirkan kata (أَشْهُرٌ
مَّعْلُوْمَاتٌ) dengan: “Syawâl,
Dzûlqa'dah, dan 10 hari di Bulan Dzûlhijah”.
[2] Di dalam “Jâmi’
al-Bayân ‘an Ta-wîl ay al-Qurân, Tahqîq ‘Abdullâh bin ‘Abdul Muhsin at-Tirkî”,
karya Imâm Ibnu Jarîr (Cetakan Pertama, Juz. 3, halaman: 458 dan 465):
'Abdullâh bin 'Abbâs dan 'Abdullâh bin 'Umar menafsirkan kata (رَفَثَ) dengan: “Menyetubuhi
isteri (al-Jimâ')”.
[3] Di dalam “Jâmi’
al-Bayân ‘an Ta-wîl ay al-Qurân, Tahqîq ‘Abdullâh bin ‘Abdul Muhsin at-Tirkî”,
karya Imâm Ibnu Jarîr (Cetakan Pertama, Juz. 3, halaman: 472): 'Abdullâh bin
'Abbâs menafsirkan kata (فُسُوْقَ) dengan: “Bermaksiat
(melanggar larangan-larangan Allâh)”.
[4] Di dalam “Jâmi’
al-Bayân ‘an Ta-wîl ay al-Qurân, Tahqîq ‘Abdullâh bin ‘Abdul Muhsin at-Tirkî”,
karya Imâm Ibnu Jarîr (Cetakan Pertama, Juz. 3, halaman: 482): 'Abdullâh bin
'Umar menafsirkan kata (جِدَالَ
فِي الْحَجِّ) dengan: “Saling
mencaci-maki, berdebat, bertengkar, berbantah-bantahan, dan berselisih”.
Sedangkan dalam “Jâmi’ al-Bayân ‘an Ta-wîl ay al-Qurân, Tahqîq
‘Abdullâh bin ‘Abdul Muhsin at-Tirkî”, karya Imâm Ibnu Jarîr (Cetakan
Pertama, Juz. 3, halaman: 478): 'Abdullâh bin 'Abbâs menafsirkan kata (جِدَالَ
فِي الْحَجِّ) dengan: “Berdebat
dan bertengkar hingga saling emosi (marah)”.
[5] Al-Hâfizh adalah: Gelar
ahli hadis yang dapat men-shahîh-kan sanad serta matan
hadis, dan dapat men-ta’dîl-kan dan men-jarh-kan para perawi
hadis, serta seorang Hâfizh itu harus mempunyai kapasitas menghafal
100.000 hadis. Contoh para Huffâzh: Ahmad bin Hanbal, Yahyâ bin Ma’în,
‘Alî bin al-Madînî, Bukhârî, Muslim, at-Tirmidzî, Abû Dâwud, an-Nasâ-î, Ibnu
Mâjah, ad-Dârimî, Ibnu Khuzaymah, Ibnu Hibbân, ad-Dâruquthnî, ath-Thabrânî,
al-Bayhaqî, al-Hâkim, Zainuddîn ‘Abdurrahîm al-‘Irâqî, Syarafuddîn ad-Dimyathî,
Ibnu Hajar al-‘Asqalânî, al-Mizzî, al-Haitsamî, adz-Dzahabî, Abû Zar’ah ar-Râzî,
Abû Hâtim ar-Râzî, Ibnu Hazm, Ibnu Abî Hâtim, Ibnu ‘Adî, Ibnu al-Mundzir, Ibnu
‘Abdul Bâr, Ibnu Katsîr, Ibnu as-Sakan, Jalâluddîn as-Suyûthî, Muhammad
Nâshiruddîn al-Albânî, dan sebagainya.
[6]
Nama sebenarnya yaitu: Muhammad bin Ismâ’îl bin Ibrâhîm bin al-Mughîrah bin
Bardizbah. Ia (Bukhârî) merupakan seorang Tabi’ al-Atbâ’ pertengahan.
Dan ia (Bukhârî) juga merupakan seorang tsiqqah mutqan al-Imâm al-Hâfizh
(kredibel ke-‘âdl-an dan ke-dhabith-annya, serta seorang yang
kuat lagi kokoh, al-Imâm dan al-Hâfizh). Ia (Bukhârî) juga
seorang pakar hadîts (hadis), tafsîr (tafsir), fiqh
(fiqih), târîkh (sejarah) dan lughah (gramatika). Nasab
(keturunan) nya yaitu: al-Ju’fŷ al-Bukhârî. Kuniyah (nama akrab)
nya yaitu: Abû ‘Abdullâh. Laqab (gelar/titel) nya: al-Imâm
al-Hâfizh Bukhârî. Ia (Bukhârî) lahir di Bukhârâ pada tahun 194
Hijriyah. Tempat tinggalnya di Madînah. Ia (Bukhârî) wafat di desa Khartank
(wilayah Samarqand) pada tahun 256 Hijriyah.
[7] Namanya
yaitu: Yahyâ bin Bisyr. Ia (Yahyâ bin Bisyr) merupakan seorang Tabi’
al-Atbâ’ senior. Dan ia (Yahyâ bin Bisyr) juga merupakan seorang yang tsiqqah
(kredibel ke-‘âdl-an dan ke-dhabith-annya). Nasab
(keturunan) nya yaitu: al-Fallâs al-Balakhî. Kuniyah (nama akrab) nya yaitu: Abû Zakariŷâ. Tempat tinggalnya di Hamsh. Ia (Yahyâ bin Bisyr) wafat pada tahun 232
Hijriyah.
[8] Namanya yaitu: Syabâbah bin Saŵâr. Ia (Syabâbah bin Saŵâr) merupakan seorang Tabi’ Tâbi’în
junior. Ia (Syabâbah bin Saŵâr) adalah seorang tsiqqah al-Hâfizh
(kredibel ke-‘âdl-an dan ke-dhabith-annya, serta seorang
al-Hâfizh). Nasab (keturunan) nya yaitu: al-Fazzârî. Kuniyah
(nama akrab) nya yaitu: Abû 'Amrû. Tempat tinggalnya di al-Madâin.
Ia (Syabâbah bin Saŵâr) wafat di al-Madâin pada tahun 206 Hijriyah.
[9] Nama lengkapnya yaitu: Warqâ bin 'Umar bin Kulaib. Ia (Warqâ
bin 'Umar) merupakan seorang Tabi’ Tâbi’în senior. Dan ia (Warqâ bin
'Umar) juga merupakan seorang yang tsiqqah (kredibel ke-‘âdl-an
dan ke-dhabith-annya). Nasab (keturunan) nya yaitu: al-Yasykarî.
Kuniyah (nama akrab) nya yaitu: Abû Bisyr. Tempat tinggalnya di Kûfah.
[10] Nama
lengkapnya yaitu: 'Amrû bin Dînâr al-Atsram. Ia ('Amrû bin Dînâr) merupakan
seorang Tâbi’în dekat pertengahan. Ia ('Amrû bin Dînâr) adalah seorang tsiqqah
tsabat (kredibel ke-‘âdl-an dan ke-dhabith-annya, serta
seorang yang konsisten). Nasab (keturunan) nya yaitu: al-Jamhî. Kuniyah
(nama akrab) nya yaitu: Abû Muhammad. Laqab (gelar/titel) nya: al-Atsram.
Tempat tinggalnya di Marwa ar-Ruwadz (salah satu Kota di Khurrâsân).
Ia ('Amrû bin Dînâr) wafat pada tahun 126 Hijriyah.
[11] Nama
lengkapnya yaitu: ‘Ikrimah Maulâ ‘Abdullâh bin ‘Abbâs. Ia (‘Ikrimah)
merupakan seorang Tâbi’în pertengahan. Ia (‘Ikrimah) adalah seorang tsiqqah
tsabat (kredibel ke-‘âdl-an dan ke-dhabith-annya, serta
seorang yang konsisten). Nasab (keturunan) nya yaitu: al-Barbarî.
Kuniyah (nama akrab) nya yaitu: Abû ‘Abdullâh. Tempat tinggalnya
di Madînah. Ia (‘Ikrimah) wafat pada tahun 104 Hijriyah.
[12] Nama
lengkapnya yaitu: ‘Abdullâh bin ‘Abbâs bin ‘Abdul Muthallib bin Hâsyim. Ia
(Ibnu ‘Abbâs) merupakan seorang Sahabat dan juga seorang pakar tafsîr
(tafsir), fiqh (fikih), lughah (gramatika), Syi’ir
(Sya’ir), farâidh (waris) dan hadîts (hadis). Serta ia (Ibnu
‘Abbâs) telah meriwayatkan 1.660 Hadîts. Semua Sahabat Nabi SAW. tsiqqah
dan ‘âdl. Nasab (keturunan) nya yaitu: al-Qurasyî al-Hâsyimî.
Kuniyah (nama akrab) nya yaitu: Abû al-‘Abbâs. Laqab
(gelar/titel) nya: Ibn ‘Abbâs, al-Hijr dan al-Bahr. Tempat
tinggalnya di Marwa ar-Ruwadz (salah satu Kota di Khurrâsân). Ia
(Ibnu ‘Abbâs) wafat di Thâ-if pada tahun 68 Hijriyah.
[13] Nama
lengkapnya yaitu: Sufyân bin
'Uyaynah bin Abî 'Imrân Maymûn. Ia (Sufyân bin 'Uyaynah) merupakan seorang Tabi’
Tâbi’în pertengahan. Ia (Sufyân bin 'Uyaynah) adalah seorang tsiqqah
al-Hâfizh al-Huĵah (kredibel ke-‘âdl-an dan ke-dhabith-annya,
serta seorang al-Hâfizh dan al-Huĵah). Nasab (keturunan)
nya yaitu: al-Hilâlî. Kuniyah (nama akrab) nya yaitu: Abû Muhammad.
Tempat tinggalnya di Kûfah. Ia (Sufyân bin 'Uyaynah) wafat di Marwa ar-Ruwadz
(salah satu Kota di Khurrâsân) pada tahun 198 Hijriyah.
[14] Mursal
yaitu: "Periwayatan Tâbi'în senior atau junior secara mutlak (dari
Nabi SAW)".
[15] Muhadditsîn yaitu: Orang yang hafal matan-matan
hadis, mengetahui gharîb serta faqîh, hafal sanad,
mengetahui ihwal para perawi, dapat membedakan antara yang shahîh dengan
yang dha’îf, seorang penghimpun buku, penulis, pendengar, pencari sanad-sanad
hadis, dan mengetahui sanad yang terpendek dari padanya. Contoh para Muhadditsîn:
Imâm Mâlik, Imâm asy-Syâfi’î, Imâm Ahmad bin Hanbal, Imâm Bukhârî, Imâm Muslim,
at-Tirmidzî, Abû Dâwud, an-Nasâ-î, Ibnu Mâjah, Ibnu Khuzaymah, Ibnu Hibbân, dan
sebagainya.
[16]
Hadis Shahîh ialah: Hadis yang bersambung (muttashil) sanadnya,
diriwayatkan oleh orang yang ‘âdl (‘âdl yaitu: orang yang
istiqamah dalam beragama, baik akhlaqnya, tidak fasiq dan tidak melakukan cacat
muru’ah), sempurna ke-dhabith-annya, tidak ada keganjilan (syadzdz),
dan tidak ada kecacatan (‘illat).
[17] Tsiqqât adalah: Para
perawi hadis yang kredibel ke-‘âdl-an dan ke-dhabith-annya.
[18] Nama sebenarnya yaitu: Sulaimân bin al-Asy’ats bin Syadâd bin ‘Amrû bin
‘Âmir. Ia (Abû
Dâwud) merupakan seorang Tabi’ al-Atbâ’ dekat pertengahan. Dan ia (Abû
Dâwud) juga merupakan seorang tsiqqah mutqan al-Imâm al-Hâfizh (kredibel
ke-‘âdl-an dan ke-dhabith-annya, serta seorang yang kuat lagi kokoh,
al-Imâm dan al-Hâfizh). Ia (Abû Dâwud) juga seorang pakar hadîts
(hadis), dan fiqh (fiqih). Nasab (keturunan) nya yaitu: al-Azdî
as-Sijistânî. Kuniyah (nama akrab) nya yaitu: Abû Dâwud. Laqab
(gelar/titel) nya: al-Hâfizh Abû Dâwud. Ia (Abû Dâwud) lahir di Sijistân
(suatu Daerah yang terletak antara negara Iran dan Afghanistan) pada tahun 202
Hijriyah. Tempat tinggalnya di Bashrah. Ia (Abû Dâwud) wafat di Bashrah
pada tahun 275 Hijriyah.
[19] Nama sebenarnya yaitu: Ahmad bin Syu’aib bin ‘Alî bin Sunân bin Bahr. Ia (an-Nasâ-î)
merupakan seorang Tabi’ al-Atbâ’ junior. Dan ia (an-Nasâ-î) juga
merupakan seorang tsiqqah al-Qâdhî al-Imâm al-Hâfizh (kredibel ke-‘âdl-an
dan ke-dhabith-annya, serta seorang al-Imâm al-Hâfizh dan
seorang Hakim di Mesir). Ia (an-Nasâ-î) juga seorang pakar hadîts
(hadis) dan fiqh (fiqih). Nasab
(keturunan) nya yaitu: an-Nasâ-î an-Nasawy. Kuniyah (nama akrab)
nya yaitu: Abû ‘Abdurrahmân. Laqab (gelar/titel) nya: al-Hâfizh
an-Nasâ-î. Ia (an-Nasâ-î) lahir di Kota Nasâ (wilayah Khurrâsân)
pada tahun 215 Hijriyah. Tempat tinggalnya di Mesir. Ia (an-Nasâ-î) wafat di Ramalah (wilayah Palestina) pada tahun 303
Hijriyah; ia (an-Nasâ-î) dimakamkan di Baitul Maqdis (Palestina). Ia (an-Nasâ-î) berusia 88 tahun.
[20] Nama lengkapnya yaitu: Muhammad bin Hibbân bin Ahmad bin Hibbân bin Mu’âdz
bin Ma’bad. Ia (Ibnu Hibbân) merupakan seorang tsiqqah al-Imâm al-Hâfizh
(kredibel ke-‘âdl-an dan ke-dhabith-annya, serta seorang
al-Imâm dan al-Hâfizh). Ia (Ibnu Hibbân) juga seorang pakar lughah
(gramatika) hadîts (hadis), târîkh (sejarah), ath-Thibb
(kedokteran), fiqh (fiqih), dan sebagainya. Nasab (keturunan)
nya yaitu: at-Tamîmî, ad-Dârimî al-Bustî. Kuniyah (nama akrab)
nya yaitu: Abû Hâtim. Laqab (gelar/titel) nya: al-Hâfizh Ibn
Hibbân. Ia (Ibnu Hibbân) lahir di Bustî (salah satu
Kampung yang terletak di Sijistân) pada tahun 270 atau 271 Hijriyah. Tempat tinggalnya di Khurrâsân.
Ia (Ibnu Hibbân) wafat pada tahun 354 Hijriyah.
[21] Sanad
adalah: Mata rantai para perawi hadis yang menghubungkan ke matan
(redaksi/ isi) hadis.
[22] Nama
lengkapnya yaitu: ‘Abdurrahmân bin Abî Hâtim. Ia (Ibnu Abî Hâtim) adalah
seorang tsiqqah al-Hâfizh (kredibel ke-‘âdl-an dan ke-dhabith-annya,
serta seorang al-Hâfizh). Nasab (keturunan) nya yaitu: ar-Râzî.
Kuniyah (nama akrab) nya yaitu: Abû Muhammad. Laqab
(gelar/titel) nya: al-Hâfizh Ibn Abî Hâtim. Ia (Ibnu Abî Hâtim) adalah
pakar tafsîr (tafsir) dan hadîts (hadis). Ia (Ibnu Abî Hâtim)
wafat pada tahun 327 Hijriyah.
[23] Nama lengkapnya yaitu: Muhammad bin Jarîr bin Yazîd bin Katsîr bin Ghâlib.
Ia
(Ibnu Jarîr) merupakan seorang tsiqqah ‘âlim (kredibel ke-‘âdl-an dan ke-dhabith-annya, serta seorang ‘âlim). Nasab
(keturunan) nya yaitu: al-Âmalî. Kuniyah (nama akrab) nya yaitu: Abû
Ja’far ath-Thabarî. Laqab (gelar/titel) nya: Abâ at-Tafsîr
dan Abâ at-Târîkh. Ia (Ibnu Jarîr) lahir di Thabari Sittân pada
tahun 224 Hijriyah. Tempat tinggalnya di Baghdâd. Ia (Ibnu Jarîr) wafat
di Baghdâd pada tahun 310 Hijriyah.
[24] Imâm
Ibnu Jarîr. 2001. Tafsîr ath-Thabarî, Jâmi’ al-Bayân ‘an Ta-wîl ay al-Qurân;
Tahqîq Dr. ‘Abdullâh bin ‘Abdul Muhsin at-Tirkî. Kairo: Badâr Hajar. Cetakan
Pertama, Juz. 3, halaman: 494.
[25] Nama lengkapnya yaitu: Ismâ’îl
bin ‘Amr bin Katsîr. Nasab (keturunan) nya yaitu: al-Qurasyî
ad-Dimasyqî. Kuniyah (nama akrab) nya yaitu: Abû al-Fidâ’. Laqab
(gelar/titel) nya: al-Hâfizh Ibn Katsîr. Ia (Ibnu Katsîr) adalah seorang
tsiqqah mutqan al-Hâfizh (kredibel ke-‘âdl-an dan ke-dhabith-annya,
serta seorang al-Hâfizh yang kokoh dan kuat). Ia (Ibnu Katsîr) juga
seorang pakar tafsîr (tafsir), hadîts (hadis) dan târîkh
(sejarah). Ia (Ibnu Katsîr) lahir di Bashrah pada tahun 700 Hijriyah.
Tempat tinggalnya di Bashrah. Ia (Ibnu Katsîr) wafat di Bashrah
pada tahun 774 Hijriyah, dan dikubur di Damsyiq (Damaskus).
[26] Al-Hâfizh Ibnu Katsîr. Tafsîr
al-Qurân al-‘Azhîm, Tahqîq Sâmî bin Muhammad as-Salâmah. Ar-Riyadh:
Dâr Thayyibah. Jilid. 1, Juz. 1, halaman: 547 - 548.
[27] Nama sebenarnya yaitu:
‘Abdurrahmân bin Abî Bakr. Kuniyah (nama akrab) nya yaitu: Jalâluddîn.
Laqab (gelar/titel) nya: al-Hâfizh as-Suyûthî. Ia (as-Suyûthî) adalah seorang tsiqqah
al-Hâfizh (kredibel ke-‘âdl-an dan ke-dhabith-annya,
serta seorang al-Hâfizh). Serta ia (as-Suyûthî) juga seorang pakar tafsîr
(tafsir), hadîts (hadis), lughah (gramatika), adb
(sastra), fiqh (fikih), târîkh (sejarah), dan sebagainya. Nasab
(keturunan) nya yaitu: as-Suyûthî. Ia (as-Suyûthî) lahir di Qâhirah
pada tahun 849 Hijriyah. Tempat tinggalnya di Qâhirah. Ia (as-Suyûthî)
wafat di Qâhirah pada tahun 911 Hijriyah.
[28] Al-Hâfizh
Jalâluddîn as-Suyûthî. Ad-Durr al-Mantsûr fî at-Tafsîr bi al-Ma’tsûr,
Tahqîq Dr. ‘Abdullâh bin ‘Abdul Muhsin at-Tirkî. Al-Qâhirah: Al-Muhandisîn.
Cetakan Pertama, Juz. 2, halaman: 390 - 391.
[29] Atsar adalah: Sesuatu yang
disandarkan kepada Sahabat dan Tâbi’în, baik berupa perkataan dan
perbuatan.
[30] Hadis Mawqûf
yaitu: Sesuatu yang disandarkan kepada Sahabat, baik berupa perkataan,
perbuatan dan persetujuan; baik bersambung sanadnya ataupun terputus sanadnya.
[31] Marfu’
maksudnya: Terangkatnya derajat hadis hingga ke Nabi SAW.
[32] Muhadditsîn
yaitu: Orang yang hafal matan-matan hadis, mengetahui gharîb serta faqîh,
hafal sanad, mengetahui ihwal para perawi, dapat membedakan antara yang shahîh
dengan yang dha’îf, seorang penghimpun buku, penulis, pendengar, pencari
sanad-sanad hadis, dan mengetahui sanad yang terpendek dari padanya.
Contoh para Muhadditsîn: Imâm Mâlik, Imâm asy-Syâfi’î, Imâm Ahmad bin
Hanbal, Imâm Bukhârî, Imâm Muslim, at-Tirmidzî, Abû Dâwud, an-Nasâ-î, Ibnu
Mâjah, Ibnu Khuzaymah, Ibnu Hibbân, dan sebagainya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar