Senin, 24 September 2012

Asbâbun Nuzûl Surat al-Baqarah (2), Ayat: 144


Asbâbun Nuzûl Surat al-Baqarah (2), Ayat: 144

قَدْ نَرَى تَقَلُّبَ وَجْهِكَ فِي السَّمَآءِ فَلَنُوَلِّيَنَّكَ قِبْلَةً تَرْضَاهَا فَوَلِّ وَجْهَكَ شَطْرَ الْمَسْجِدِ الْحَرَامِ وَحَيْثُمَا كُنْتُمْ فَوَلُّوْا وُجُوْهَكُمْ شَطْرَهُ وَإِنَّ الَّذِيْنَ أُوْتُوْا الْكِتَابَ لَيَعْلَمُوْنَ أَنَّهُ الْحَقُّ مِنْ رَبِّهِمْ وَمَا اللهُ بِغَافِلٍ عَمَّا يَعْمَلُوْنَ (١٤٤)
144. Sungguh Kami (Allâh sering) melihat mukamu (muka Nabi Muhammad) menengadah ke langit[1]; maka sungguh Kami (Allâh) akan memalingkan kamu (Nabi Muhammad) ke Kiblat yang kamu (Nabi Muhammad) sukai. Palingkanlah mukamu ke arah Masjidil Haram (Ka’bah). Dan dimana saja kalian (umat Islam) berada, maka palingkanlah mukamu ke arahnya (ke arah Masjidil Haram/ Ka’bah). Dan sesungguhnya orang-orang (Yahûdi dan Nashrani) yang diberi al-Kitâb (Taurât dan Injîl) memang mengetahui bahwa berpaling ke Masjidil Haram (Ka’bah) itu adalah benar dari Tuhannya (dari Allâh). Dan Allâh sekali-kali tidak lengah dari apa yang mereka (umat Islam) kerjakan.




Al-Imâm al-Hâfizh[2] Muslim[3] meriwayatkan dalam al-Jâmi’ ash-Shahîh li Muslimnya (No. Hadis: 821) atau (5/10):
حَدَّثَنَا أَبُوْ بَكْرِ بْنُ أَبِيْ شَيْبَةَ, قَالَ: حَدَّثَنَا عَفَّانُ, قَالَ: حَدَّثَنَا حَمَّادُ بْنُ سَلَمَةَ, عَنْ ثَابِتٍ, عَنْ أَنَسٍ: أَنَّ رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ يُصَلِّيْ نَحْوَ بَيْتِ الْمَقْدِسِ. فَنَزَلَتْ: (قَدْ نَرَى تَقَلُّبَ وَجْهِكَ فِي السَّمَآءِ فَلَنُوَلِّيَنَّكَ قِبْلَةً تَرْضَاهَا فَوَلِّ وَجْهَكَ شَطْرَ الْمَسْجِدِ الْحَرَامِ..........). فَمَرَّ رَجُلٌ مِّنْ بَنِيْ سَلِمَةَ وَهُمْ رُكُوْعٌ فِيْ صَلَاةِ الْفَجْرِ, وَقَدْ صَلَّوْا رَكْعَةً. فَنَادَى: أَلَا إِنَّ الْقِبْلَةَ قَدْ حُوِّلَتْ. فَمَالُوْا كَمَا هُمْ نَحْوَ الْقِبْلَةِ.
Abû Bakr bin Abî Syaibah[4] telah bercerita kepada kami (kepada Muslim), dia (Abû Bakr bin Abî Syaibah) berkata: “‘Affân bin Muslim[5] telah bercerita kepada kami (kepada Abû Bakr bin Abî Syaibah), dia (‘Affân bin Muslim) berkata: “Hammâd bin Salamah[6] telah bercerita kepada kami (kepada ‘Affân bin Muslim), dari Tsâbit bin Aslam[7], dari Anas bin Mâlik[8]: “Sesungguhnya dahulu kala Rasûlullâh SAW. shalat menghadap ke Baitul Maqdis (Masjid al-Aqshâ). Maka turunlah (Surat al-Baqarah, Ayat: 144):
قَدْ نَرَى تَقَلُّبَ وَجْهِكَ فِي السَّمَآءِ فَلَنُوَلِّيَنَّكَ قِبْلَةً تَرْضَاهَا فَوَلِّ وَجْهَكَ شَطْرَ الْمَسْجِدِ الْحَرَامِ ............ (١٤٤)
144. Sungguh Kami (Allâh sering) melihat mukamu (muka Nabi Muhammad) menengadah ke langit; maka sungguh Kami (Allâh) akan memalingkan kamu (Nabi Muhammad) ke Kiblat yang kamu (Nabi Muhammad) sukai. Palingkanlah mukamu ke arah Masjidil Haram (Ka’bah)……………………”.


“(Anas bin Mâlik melanjutkan periwayatannya): “Maka seorang lelaki (Sahabat Nabi SAW.) dari Banî Salimah melewati Jamâ’ah yang sedang rukû’ dalam Shalat Shubuh, dan mereka telah (mendirikan) shalat (Shubuh) satu raka’at. Maka dia (seorang Sahabat dari Banî Salimah) menyeru: “Ketahuilah, sesungguhnya Kiblat telah berubah (ke arah Masjidil Haram/ Ka’bah)”. Maka mereka (Jamâ’ah yang sedang rukû’ dalam Shalat Shubuh) memutar dalam keadaan rukû’ ke arah Kiblat (Ka’bah)”.


KETERANGAN (dari para Muhadditsîn[9]):
Hadis di atas berkualitas shahîh[10], karena semua rawinya tsiqqât[11].
Al-Hâfizh Abû Dâwud[12] juga meriwayatkan sebagaimana Hadis di atas dalam Sunan Abî Dâwudnya (No. Hadis: 881).
Al-Hâfizh Ahmad bin Hanbal[13] juga meriwayatkan sebagaimana Hadis di atas dalam Musnad al-Imâm Ahmad Ibn Hanbalnya (No. Hadis: 13523).
Al-Hâfizh Muhammad bin Sa’d[14] juga meriwayatkan sebagaimana Hadis di atas dalam ath-Thabaqât al-Kubrânya (Jilid. 1, Juz. 2, halaman: 4-6).
Al-Hâfizh Jalâluddîn as-Suyûthî[15] juga mengeluarkan sebagaimana Hadis di atas dalam Lubâb an-Nuqûl fî Asbâb an-Nuzûlnya (Juz. 2, 2/al-Baqarah), dengan menisbahkan kepada Riwayat Ibnu Ishâq dalam Tafsîr Ibn Ishâqnya.
Abû ‘Awânah[16] juga mengeluarkan sebagaimana Hadis di atas dalam Mustakhraj Abî ‘Awânahnya (No. Hadis: 1223).




KETERANGAN (mengenai Hadis di atas):
Hadis Anas bin Mâlik di atas memiliki 4 Syawâhid (penguat) melalui jalur (sanad)[17]:
A.      Jalur (sanad) al-Barâ’ bin ‘Âzib, yang diriwayatkan oleh:
  1. Al-Hâfizh[18] Bukhârî[19] dalam al-Jâmi’ ash-Shahîh li al-Bukhârînya (No. Hadis: 384 dan 6711).
  2. Al-Hâfizh Muslim dalam al-Jâmi’ ash-Shahîh li Muslimnya (No. Hadis: 818).
  3. Al-Hâfizh at-Tirmidzî[20] dalam al-Jâmi’ ash-Shahîh Sunan at-Tirmidzînya (No. Hadis: 312 dan 2888).
  4. Al-Hâfizh Ibnu Mâjah[21] dalam Sunan Ibn Mâjahnya (No. Hadis: 1000).
  5. Al-Hâfizh Ahmad bin Hanbal dalam Musnad al-Imâm Ahmad Ibn Hanbalnya (No. Hadis: 17958).
  6. Al-Hâfizh ad-Dâruquthnî[22] dalam Sunan ad-Dâruquthnînya (No. Hadis: 1082).
  7. Al-Hâfizh Ibnu Hibbân[23] dalam Shahîh Ibn Hibbânnya (No. Hadis: 1744, 6387 dan 6996).
  8. Al-Hâfizh Ibnu Abî Hâtim[24] dalam Tafsîr Ibn Abî Hâtimnya (No. Hadis: 1321 dan 1347).


B.      Jalur (sanad) ‘Abdullâh bin ‘Umar, yang diriwayatkan oleh:
Al-Hâfizh Ahmad bin Hanbal dalam Musnad al-Imâm Ahmad Ibn Hanbalnya (No. Hadis: 4759).


C.      Jalur (sanad) Mu’âdz bin Jabal, yang diriwayatkan oleh:
  1. Al-Hâfizh Abû Dâwud dalam Sunan Abî Dâwudnya (No. Hadis: 427).
  2. Al-Hâfizh Ahmad bin Hanbal dalam Musnad al-Imâm Ahmad Ibn Hanbalnya (No. Hadis: 21107).


D.      Jalur (sanad) ‘Abdullâh bin ‘Abbâs, yang diriwayatkan oleh:
  1. Al-Hâfizh Ibnu Abî Hâtim dalam Tafsîr Ibn Abî Hâtimnya (No. Hadis: 1348), (No. Hadis: 1123 atau 1/212), (No. Hadis: 1329 atau 1/248), serta (No. Hadis: 1355 atau 1/253).
  2. Al-Hâfizh al-Bayhaqî dalam as-Sunan al-Kubrâ li al-Bayhaqînya (2/12 dan 2/13).
  3. Al-Hâfizh Ibnu al-Jauzî[25] dalam an-Nâsikh wa al-Mansûkh li Ibn al-Jauzînya (halaman: 144).
  4. Al-Hâfizh Ibnu Katsîr[26] dalam Tafsîr al-Qurân al-‘Azhîmnya (Jilid. 1, Juz. 1, halaman: 460)[27].
  5. An-Nuhâs dalam an-Nâsikh wa al-Mansûkh li an-Nuhâsnya (halaman: 71).
  6. Abû ‘Ubaid dalam an-Nâsikh wa al-Mansûkh li Abî ‘Ubaidnya (halaman: 16).




PENJELASAN (kedudukan hadis di atas):
Atsar[28] Anas bin Mâlik di atas digolongkan Mawqûf li hukmi Marfû’, maksudnya: hadis Mawqûf[29] yang dihukumi Marfû’[30]. Karena para Muhadditsîn[31] telah bersepakat bahwa: “Ada beberapa macam Mawqûf yang dihukumi Marfû’, dan salah satunya yaitu: penafsiran para Sahabat yang berkaitan dengan sebab turunnya (asbâb an-nuzûl) suatu Ayat”.
Sebagaimana penjelasan para Muhadditsîn tersebut, maka Atsar Anas bin Mâlik di atas tergolong hadis Mawqûf yang dihukumi Marfû’ oleh para Muhadditsîn, sehingga (hadis Anas bin Mâlik di atas) dapat dijadikan sebagai hujjah (pedoman/landasan) dalam hukum Syara’ (Islam).




KESIMPULAN
Hadis di atas berkualitas shahîh[32], dan dikuatkan ke-râjih-annya dengan Hadis-hadis melalui jalur (sanad) lain sebagaimana yang telah saya kemukakan di atas; sehingga kokoh dan kuatlah Hadis di atas, dan dapat dijadikan hujjah (pedoman/landasan) dalam Syara’ (Islam).





BIBLIOGRAFI

Al-Jâmi’ ash-Shahîh li al-Bukhârî (al-Imâm al-Hâfizh al-Bukhârî/ Muhammad bin Ismâ’îl
bin Ibrâhîm bin al-Mughîrah bin Bardizbah).
Al-Jâmi’ ash-Shahîh li Muslim (al-Imâm al-Hâfizh Muslim/ Muslim bin al-Hajjâj bin Muslim
bin Warad).
Al-Jâmi’ ash-Shahîh Sunan at-Tirmidzî (al-Hâfizh at-Tirmidzî/ Muhammad bin Îsâ bin
Saurah bin Mûsâ bin adh-Dhahâk).
Ath-Thabaqât al-Kubrâ (al-Hâfizh Ibnu Sa’d/ Muhammad bin Sa’d bin Manî’).
Lubâb an-Nuqûl fî Asbâb an-Nuzûl (al-Hâfizh as-Suyûthî/ ‘Abdurrahmân bin Abî Bakr).
Musnad Abû Dâwud ath-Thayâlisî (al-Hâfizh ath-Thayâlisî/ Sulaimân bin Dâwud).
Musnad al-Imâm Ahmad Ibn Hanbal (al-Imâm al-Hâfizh Ahmad bin Hanbal/ Ahmad bin
Muhammad bin Hanbal bin Hilâl bin Asad).
Mustakhraj Abî ‘Awânah (Abû ‘Awânah/ Wadhâh bin ‘Abdullâh Maulâ Yazîd bin ‘Athâ’).
Shahîh Ibn Hibbân (al-Hâfizh Ibnu Hibbân/ Muhammad bin Hibbân bin Ahmad bin Hibbân
bin Mu’âdz bin Ma’bad).
Sunan Abî Dâwud (al-Hâfizh Abû Dâwud/ Sulaimân bin al-Asy’ats bin Syadâd bin ‘Amrû
bin ‘Âmir).
Sunan ad-Dâruquthnî (al-Hâfizh ad-Dâruquthnî/ ‘Alî bin ‘Umar bin Ahmad bin Mahdî bin
Mas’ûd bin an-Nu’mân bin Dînâr).
Sunan Ibn Mâjah (al-Hâfizh Ibnu Mâjah/ Muhammad bin Yazîd).
Tafsîr al-Qurân al-‘Azhîm (al-Hâfizh Ibnu Katsîr/ Ismâ’îl bin ‘Amr bin Katsîr).
















[1] Lihat: “Tafsîr al-Qurân al-‘Azhîm, Tahqîq Sâmî bin Muhammad as-Salâmah”, karya al-Hâfizh Ibnu Katsîr (Jilid. 1, Juz. 1, halaman: 453).

[2] Al-Hâfizh adalah: Gelar ahli hadis yang dapat men-shahîh-kan sanad serta matan hadis, dan dapat men-ta’dîl-kan dan men-jarh-kan para perawi hadis, serta seorang Hâfizh itu harus mempunyai kapasitas menghafal 100.000 hadis. Contoh para Huffâzh: Ahmad bin Hanbal, Yahyâ bin Ma’în, ‘Alî bin al-Madînî, Bukhârî, Muslim, at-Tirmidzî, Abû Dâwud, an-Nasâ-î, Ibnu Mâjah, ad-Dârimî, Ibnu Khuzaymah, Ibnu Hibbân, al-Bayhaqî, ad-Dâruquthnî, al-Hâkim, Zainuddîn ‘Abdurrahîm al-‘Irâqî, Syarafuddîn ad-Dimyathî, Ibnu Hajar al-‘Asqalânî, al-Mizzî, al-Haitsamî, adz-Dzahabî, Abû Zar’ah ar-Râzî, Abû Hâtim ar-Râzî, Ibnu Hazm, Ibnu Abî Hâtim, Ibnu ‘Adî, Ibnu al-Mundzir, Ibnu ‘Abdul Bâr, Ibnu Katsîr, Ibnu as-Sakan, Jalâluddîn as-Suyûthî, Muhammad Nâshiruddîn al-Albânî, dan sebagainya.

[3] Nama lengkapnya yaitu: Muslim bin al-Hajjâj bin Muslim bin Warad. Ia (Imâm Muslim) merupakan seorang Tabi’ al-Atbâ’ dekat pertengahan. Dan ia (Imâm Muslim) juga merupakan seorang tsiqqah al-Imâm al-Hâfizh al-Hujjah (kredibel ke-‘âdl-an dan ke-dhabith-annya, serta seorang al-Imâm al-Hâfizh dan al-Hujjah). Ia (Imâm Muslim) juga seorang pakar hadîts (hadis) terkemuka. Nasab (keturunan) nya yaitu: al-Qusyairî an-Naysâbûrî. Kuniyah (nama akrab) nya yaitu: Abû al-Husain. Laqab (gelar/titel) nya: al-Imâm al-Hâfizh Muslim. Ia (Imâm Muslim) lahir di Naysâbûr (Kota kecil yang ada di negara Iran) pada tahun 204 atau 206 Hijriyah. Tempat tinggalnya di Naysâbûr. Ia (Imâm Muslim) wafat di Naysâbûr pada tahun 261 Hijriyah.

[4] Nama sebenarnya yaitu: ‘Abdullâh bin Muhammad bin Abî Syaibah Ibrâhîm bin ‘Utsmân. Ia (Ibnu Abî Syaibah) merupakan seorang Tabi’ al-Atbâ’ senior. Dan ia (Ibnu Abî Syaibah) juga merupakan seorang tsiqqah al-Hâfizh (kredibel ke-‘âdl-an dan ke-dhabith-annya, serta seorang al-Hâfizh). Nasab (keturunan) nya yaitu: al-‘Abasî. Kuniyah (nama akrab) nya yaitu: Abû Bakr. Tempat tinggalnya di Kûfah. Ia (Ibnu Abî Syaibah) wafat pada tahun 235 Hijriyah.

[5] Nama lengkapnya yaitu: ‘Affân bin Muslim bin ‘Abdullâh. Ia (‘Affân bin Muslim) merupakan seorang Tabi’ al-Atbâ’ senior. Dan ia (‘Affân bin Muslim) juga merupakan seorang tsiqqah tsabat (kredibel ke-‘âdl-an dan ke-dhabith-annya, serta seorang yang konsisten). Nasab (keturunan) nya yaitu: al-Bashrî. Kuniyah (nama akrab) nya yaitu: Abû ‘Utsmân. Laqab (gelar/titel) nya: ash-Shafâr. Tempat tinggalnya di Baghdâd. Ia (‘Affân bin Muslim) wafat pada tahun 219 Hijriyah.

[6] Nama lengkapnya yaitu: Hammâd bin Salamah bin Dînâr. Ia (Hammâd bin Salamah) merupakan seorang Tabi’ Tâbi’în pertengahan. Ia (Hammâd bin Salamah) adalah seorang yang tsiqqah (kredibel ke-‘âdl-an dan ke-dhabith-annya). Nasab (keturunan) nya yaitu: al-Bashrî. Kuniyah (nama akrab) nya yaitu: Abû Salamah. Laqab (gelar/titel) nya: al-Khazzâz. Tempat tinggalnya di Bashrah. Ia (Hammâd bin Salamah) wafat pada tahun 167 Hijriyah.

[7] Namanya yaitu: Tsâbit bin Aslam. Ia (Tsâbit bin Aslam) merupakan seorang Tâbi’în dekat pertengahan. Ia (Tsâbit bin Aslam) adalah seorang yang tsiqqah (kredibel ke-‘âdl-an dan ke-dhabith-annya). Nasab (keturunan) nya yaitu: al-Banânî. Kuniyah (nama akrab) nya yaitu: Abû Muhammad. Tempat tinggalnya di Bashrah. Ia (Tsâbit bin Aslam) wafat pada tahun 127 Hijriyah.

[8] Nama lengkapnya yaitu: Anas bin Mâlik bin an-Nadhar bin Dhamdham bin Zaid bin Harâm. Semua Sahabat Nabi SAW. tsiqqah dan ‘âdl. Ia (Anas bin Mâlik) merupakan salah satu pakar hadîts (hadis) terkemuka di kalangan Sahabat; serta ia (Anas bin Mâlik) telah meriwayatkan 2.286 Hadîts. Nasab (keturunan) nya yaitu: al-Anshârî al-Madanî. Kuniyah (nama akrab) nya yaitu: Abû Hamzah. Tempat tinggalnya di Bashrah. Ia (Anas bin Mâlik) wafat pada tahun 91 Hijriyah.

[9] Muhadditsîn yaitu: Orang yang hafal matan-matan hadis, mengetahui gharîb serta faqîh, hafal sanad, mengetahui ihwal para perawi, dapat membedakan atara yang shahîh dengan yang dha’îf, seorang penghimpun buku, penulis, pendengar, pencari sanad-sanad hadis, dan mengetahui sanad yang terpendek dari padanya. Contoh para Muhadditsîn: Imâm Mâlik, Imâm asy-Syâfi’î, Imâm Ahmad bin Hanbal, Imâm Bukhârî, Imâm Muslim, at-Tirmidzî, Abû Dâwud, an-Nasâ-î, Ibnu Mâjah, Ibnu Khuzaymah, Ibnu Hibbân, dan sebagainya.

[10] Hadis Shahîh ialah: Hadis yang bersambung (muttashil) sanadnya, diriwayatkan oleh orang yang ‘âdl (‘âdl yaitu: orang yang istiqamah dalam beragama, baik akhlaqnya, tidak fasiq dan tidak melakukan cacat muru’ah), sempurna ke-dhabith-annya, tidak ada keganjilan (syadzdz), dan tidak ada kecacatan (‘illat).

[11] Tsiqqât adalah: Para perawi hadis yang kredibel ke-‘âdl-an dan ke-dhabith-annya.

[12] Nama sebenarnya yaitu: Sulaimân bin al-Asy’ats bin Syadâd bin ‘Amrû bin ‘Âmir. Ia (Abû Dâwud) merupakan seorang Tabi’ al-Atbâ’ dekat pertengahan. Dan ia (Abû Dâwud) juga merupakan seorang tsiqqah mutqan al-Imâm al-Hâfizh (kredibel ke-‘âdl-an dan ke-dhabith-annya, serta seorang yang kuat lagi kokoh, al-Imâm dan al-Hâfizh). Ia (Abû Dâwud) juga seorang pakar hadîts (hadis), dan fiqh (fiqih). Nasab (keturunan) nya yaitu: al-Azdî as-Sijistânî. Kuniyah (nama akrab) nya yaitu: Abû Dâwud. Laqab (gelar/titel) nya: al-Hâfizh Abû Dâwud. Ia (Abû Dâwud) lahir di Sijistân (suatu Daerah yang terletak antara negara Iran dan Afghanistan) pada tahun 202 Hijriyah. Tempat tinggalnya di Bashrah. Ia (Abû Dâwud) wafat di Bashrah pada tahun 275 Hijriyah.

[13] Nama sebenarnya yaitu: Ahmad bin Muhammad bin Hanbal bin Hilâl bin Asad. Ia (Ahmad bin Hanbal) merupakan seorang Tabi’ al-Atbâ’ senior. Dan ia (Ahmad bin Hanbal) juga merupakan seorang tsiqqah mutqan al-Imâm al-Hâfizh (kredibel ke-‘âdl-an dan ke-dhabith-annya, serta seorang al-Imâm al-Hâfizh yang kuat dan kokoh). Ia (Ahmad bin Hanbal) juga seorang pakar hadîts (hadis) dan fiqh (fiqih). Nasab (keturunan) nya yaitu: asy-Syaibânî. Kuniyah (nama akrab) nya yaitu: Abû ‘Abdullâh. Laqab (gelar/titel) nya: al-Imâm al-Hâfizh Ahmad Ibn Hanbal. Ia (Ahmad bin Hanbal) lahir di Baghdâd pada tahun 164 Hijriyah. Tempat tinggalnya di Baghdâd. Ia (Ahmad bin Hanbal) wafat di Baghdâd pada tahun 241 Hijriyah.

[14] Nama lengkapnya yaitu: Muhammad bin Sa’d bin Manî’. Nasab (keturunan) nya yaitu: al-Hâtsimî al-Bashrî al-Baghdâdî. Kuniyah (nama akrab) nya yaitu: Abû ‘Abdullâh. Laqab (gelar/titel) nya: al-Hâfizh Ibn Sa’d dan Kâtib al-Wâqidî. Ia (Ibnu Sa’d) adalah seorang tsiqqah al-Hâfizh (kredibel ke-‘âdl-an dan ke-dhabith-annya, serta seorang al-Hâfizh). Ia (Ibnu Sa’d) juga seorang pakar hadîts (hadis), fiqh (fikih), dan târîkh (sejarah). Ia (Ibnu Sa’d) lahir di Bashrah pada tahun 168 Hijriyah. Ia (Ibnu Sa’d) wafat pada tahun 230 Hijriyah.

[15] Nama sebenarnya yaitu: ‘Abdurrahmân bin Abî Bakr. Kuniyah (nama akrab) nya yaitu: Jalâluddîn. Laqab (gelar/titel) nya: al-Hâfizh as-Suyûthî. Ia (as-Suyûthî) adalah seorang tsiqqah al-Hâfizh (kredibel ke-âdl-an dan ke-dhabith-annya, serta seorang al-Hâfizh). Serta ia (as-Suyûthî) juga seorang pakar tafsîr (tafsir), hadîts (hadis), lughah (gramatika), adb (sastra), fiqh (fikih), târîkh (sejarah), dan sebagainya. Nasab (keturunan) nya yaitu: as-Suyûthî. Ia (as-Suyûthî) lahir di Qâhirah pada tahun 849 Hijriyah. Tempat tinggalnya di Qâhirah. Ia (as-Suyûthî) wafat di Qâhirah pada tahun 911 Hijriyah.

[16] Nama lengkapnya yaitu: Wadhâh bin ‘Abdullâh Maulâ Yazîd bin ‘Athâ’. Ia (Abû ‘Awânah) merupakan seorang Tabi’ Tâbi’în senior. Ia (Abû ‘Awânah) adalah seorang tsiqqah tsabat (kredibel ke-‘âdl-an dan ke-dhabith-annya, serta seorang yang konsisten). Nasab (keturunan) nya yaitu: al-Yasykarî al-Wâsithî. Kuniyah (nama akrab) nya yaitu: Abû ‘Awânah. Tempat tinggalnya di Bashrah. Ia (Abû ‘Awânah) wafat di Bashrah pada tahun 176 Hijriyah.

[17] Sanad adalah: Mata rantai para perawi hadis yang menghubungkan ke matan (redaksi/isi) hadis.

[18] Al-Hâfizh adalah: Gelar ahli hadis yang dapat men-shahîh-kan sanad serta matan hadis, dan dapat men-ta’dîl-kan dan men-jarh-kan para perawi hadis, serta seorang Hâfizh itu harus mempunyai kapasitas menghafal 100.000 hadis. Contoh para Huffâzh: Ahmad bin Hanbal, Yahyâ bin Ma’în, ‘Alî bin al-Madînî, Bukhârî, Muslim, at-Tirmidzî, Abû Dâwud, an-Nasâ-î, Ibnu Mâjah, ad-Dârimî, Ibnu Khuzaymah, Ibnu Hibbân, al-Bayhaqî, ad-Dâruquthnî, al-Hâkim, Zainuddîn ‘Abdurrahîm al-‘Irâqî, Syarafuddîn ad-Dimyathî, Ibnu Hajar al-‘Asqalânî, al-Mizzî, al-Haitsamî, adz-Dzahabî, Abû Zar’ah ar-Râzî, Abû Hâtim ar-Râzî, Ibnu Hazm, Ibnu Abî Hâtim, Ibnu ‘Adî, Ibnu al-Mundzir, Ibnu ‘Abdul Bâr, Ibnu Katsîr, Ibnu as-Sakan, Jalâluddîn as-Suyûthî, Muhammad Nâshiruddîn al-Albânî, dan sebagainya.

[19] Nama sebenarnya yaitu: Muhammad bin Ismâ’îl bin Ibrâhîm bin al-Mughîrah bin Bardizbah. Ia (Bukhârî) merupakan seorang Tabi’ al-Atbâ’ pertengahan. Dan ia (Bukhârî) juga merupakan seorang tsiqqah mutqan al-Imâm al-Hâfizh (kredibel ke-‘âdl-an dan ke-dhabith-annya, serta seorang yang kuat lagi kokoh, al-Imâm dan al-Hâfizh). Ia (Bukhârî) juga seorang pakar hadîts (hadis), tafsîr (tafsir), fiqh (fiqih), târîkh (sejarah) dan lughah (gramatika). Nasab (keturunan) nya yaitu: al-Ju’fŷ al-Bukhârî. Kuniyah (nama akrab) nya yaitu: Abû ‘Abdullâh. Laqab (gelar/titel) nya: al-Imâm al-Hâfizh Bukhârî. Ia (Bukhârî) lahir di Bukhârâ pada tahun 194 Hijriyah. Tempat tinggalnya di Madînah. Ia (Bukhârî) wafat di desa Khartank (wilayah Samarqand) pada tahun 256 Hijriyah.

[20] Nama sebenarnya yaitu: Muhammad bin Îsâ bin Saurah bin Mûsâ bin adh-Dhahâk. Ia (at-Tirmidzî) merupakan seorang Tabi’ al-Atbâ’ junior. Dan ia (at-Tirmidzî) juga merupakan seorang tsiqqah al-Imâm al-Hâfizh (kredibel ke-‘âdl-an dan ke-dhabith-annya, serta seorang al-Imâm dan al-Hâfizh). Ia (at-Tirmidzî) juga seorang pakar hadîts (hadis) dan fiqh (fiqih). Nasab (keturunan) nya yaitu: as-Sulamî. Kuniyah (nama akrab) nya yaitu: Abû ‘Îsâ. Laqab (gelar/titel) nya: al-Hâfizh at-Tirmidzî. Ia (at-Tirmidzî) lahir di Turmudzî (Kota kecil yang terletak di sebelah Utara negara Iran) pada tahun 209 atau 210 Hijriyah. Tempat tinggalnya di Turmudzî. Ia (at-Tirmidzî) wafat pada tahun 279 Hijriyah di daerah Bugh, yaitu suatu daerah yang dekat dengan daerah Turmudzî.

[21] Nama sebenarnya yaitu: Muhammad bin Yazîd. Ia (Ibnu Mâjah) merupakan seorang Tabi’ al-Atbâ’ junior. Dan ia (Ibnu Mâjah) juga merupakan seorang tsiqqah al-Imâm al-Hâfizh (kredibel ke-‘âdl-an dan ke-dhabith-annya, serta seorang al-Imâm dan al-Hâfizh). Ia (Ibnu Mâjah) juga seorang pakar hadîts (hadis), tafsîr (tafsir), fiqh (fikih), dan târîkh (sejarah). Nasab (keturunan) nya yaitu: ar-Rabi’î al-Qazwînî. Kuniyah (nama akrab) nya yaitu: Abû ‘Abdullâh. Laqab (gelar/titel) nya: al-Hâfizh Ibn Mâjah. Ia (Ibnu Mâjah) lahir di Qazwîn (Kota besar yang ada di negara Iran) pada tahun 207 atau 209 Hijriyah. Tempat tinggalnya di Qazwîn. Ia (Ibnu Mâjah) wafat pada tahun 273 Hijriyah.

[22] Nama sebenarnya yaitu: ‘Alî bin ‘Umar bin Ahmad bin Mahdî bin Mas’ûd bin an-Nu’mân bin Dînâr. Ia (ad-Dâruquthnî) merupakan seorang tsiqqah al-Imâm al-Hâfizh (kredibel ke-‘âdl-an dan ke-dhabith-annya, serta seorang al-Imâm dan al-Hâfizh). Ia (ad-Dâruquthnî) juga seorang pakar lughah (gramatika) hadîts (hadis), dan fiqh (fiqih). Nasab (keturunan) nya yaitu: ad-Dâruquthnŷ al-Baghdâdî. Kuniyah (nama akrab) nya yaitu: Abû al-Hasan. Laqab (gelar/titel) nya: al-Hâfizh ad-Dâruquthnî. Ia (ad-Dâruquthnî) lahir di Dâr al-Qathn (salah satu Kota yang terletak di Baghdâd) pada tahun 306 Hijriyah. Tempat tinggalnya di Dâr al-Qathn. Ia (ad-Dâruquthnî) wafat Dâr al-Qathn pada tahun 385 Hijriyah.

[23] Nama lengkapnya yaitu: Muhammad bin Hibbân bin Ahmad bin Hibbân bin Mu’âdz bin Ma’bad. Ia (Ibnu Hibbân) merupakan seorang tsiqqah al-Imâm al-Hâfizh (kredibel ke-‘âdl-an dan ke-dhabith-annya, serta seorang al-Imâm dan al-Hâfizh). Ia (Ibnu Hibbân) juga seorang pakar lughah (bahasa) hadîts (hadis), târîkh (sejarah), ath-Thibb (kedokteran), fiqh (fiqih), dan sebagainya. Nasab (keturunan) nya yaitu: at-Tamîmî, ad-Dârimî al-Bustî. Kuniyah (nama akrab) nya yaitu: Abû Hâtim. Laqab (gelar/titel) nya: al-Hâfizh Ibn Hibbân. Ia (Ibnu Hibbân) lahir di Bustî (salah satu Kampung yang terletak di Sijistân) pada tahun 270 atau 271 Hijriyah. Tempat tinggalnya di Khurrâsân. Ia (Ibnu Hibbân) wafat pada tahun 354 Hijriyah.

[24] Nama lengkapnya yaitu: ‘Abdurrahmân bin Abî Hâtim. Ia (Ibnu Abî Hâtim) adalah seorang tsiqqah al-Hâfizh (kredibel ke-‘âdl-an dan ke-dhabith-annya, serta seorang al-Hâfizh). Nasab (keturunan) nya yaitu: ar-Râzî. Kuniyah (nama akrab) nya yaitu: Abû Muhammad. Laqab (gelar/titel) nya: al-Hâfizh Ibn Abî Hâtim. Ia (Ibnu Abî Hâtim) adalah pakar tafsîr (tafsir) dan hadîts (hadis). Ia (Ibnu Abî Hâtim) wafat pada tahun 327 Hijriyah.

[25] Namanya yaitu: Ibnu al-Jauzî. Kuniyah (nama akrab) nya yaitu: Abû al-Faraj. Laqab (gelar/titel) nya: al-Hâfizh Ibn al-Jauzî. Ia (Ibnu al-Jauzî) adalah seorang yang tsiqqah al-Hâfizh (kredibel ke-âdil-an dan ke-dhabith-annya, serta seorang al-Hâfizh). Ia (Ibnu al-Jauzî) juga seorang pakar tafsîr (tafsir), hadîts (hadis), lughah (gramatika), adb (sastra), dan târîkh (sejarah),. Ia (Ibnu al-Jauzî) lahir pada tahun 508 Hijriyah. Ia (Ibnu al-Jauzî) wafat pada tahun 597 Hijriyah.

[26] Nama lengkapnya yaitu: Ismâ’îl bin ‘Amr bin Katsîr. Nasab (keturunan) nya yaitu: al-Qurasyî ad-Dimasyqî. Kuniyah (nama akrab) nya yaitu: Abû al-Fidâ’. Laqab (gelar/titel) nya: al-Hâfizh Ibn Katsîr. Ia (Ibnu Katsîr) adalah seorang tsiqqah mutqan al-Hâfizh (kredibel ke-‘âdl-an dan ke-dhabith-annya, serta seorang al-Hâfizh yang kokoh dan kuat). Ia (Ibnu Katsîr) juga seorang pakar tafsîr (tafsir), hadîts (hadis) dan târîkh (sejarah). Ia (Ibnu Katsîr) lahir di Bashrah pada tahun 700 Hijriyah. Tempat tinggalnya di Bashrah. Ia (Ibnu Katsîr) wafat di Bashrah pada tahun 774 Hijriyah, dan dikubur di Damsyiq (Damaskus).

[27] Al-Hâfizh Ibnu Katsîr. Tafsîr al-Qurân al-‘Azhîm, Tahqîq Sâmî bin Muhammad as-Salâmah. Ar-Riyadh: Dâr Thayyibah. Jilid. 1, Juz. 1, halaman: 460.

[28] Atsar adalah: Sesuatu yang disandarkan kepada Sahabat dan Tâbi’în, baik berupa perkataan dan perbuatan.

[29] Hadis Mawqûf yaitu: Sesuatu yang disandarkan kepada Sahabat, baik berupa perkataan, perbuatan dan persetujuan; baik bersambung sanadnya ataupun terputus sanadnya.

[30] Marfu’ maksudnya: Terangkatnya derajat hadis hingga ke Nabi SAW.

[31] Muhadditsîn yaitu: Orang yang hafal matan-matan hadis, mengetahui gharîb serta faqîh, hafal sanad, mengetahui ihwal para perawi, dapat membedakan atara yang shahîh dengan yang dha’îf, seorang penghimpun buku, penulis, pendengar, pencari sanad-sanad hadis, dan mengetahui sanad yang terpendek dari padanya. Contoh para Muhadditsîn: Imâm Mâlik, Imâm asy-Syâfi’î, Imâm Ahmad bin Hanbal, Imâm Bukhârî, Imâm Muslim, at-Tirmidzî, Abû Dâwud, an-Nasâ-î, Ibnu Mâjah, Ibnu Khuzaymah, Ibnu Hibbân, dan sebagainya.

[32] Hadis Shahîh ialah: Hadis yang bersambung (muttashil) sanadnya, diriwayatkan oleh orang yang ‘âdl (‘âdl yaitu: orang yang istiqamah dalam beragama, baik akhlaqnya, tidak fasiq dan tidak melakukan cacat muru’ah), sempurna ke-dhabith-annya, tidak ada keganjilan (syadzdz), dan tidak ada kecacatan (‘illat).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar