Asbâbun Nuzûl Surat al-Baqarah (2), Ayat: 143
وَكَذَالِكَ جَعَلْنَاكُمْ أُمَّةً وَّسَطًا لِِّتَكُوْنُوْا
شُهَدَآءَ عَلَى النَّاسِ وَيَكُوْنَ الرَّسُوْلُ عَلَيْكُمْ شَهِيْدًا وَّمَا جَعَلْنَا
الْقِبْلَةَ الَّتِيْ كُنْتَ عَلَيْهَآ إِلاَّ لِنَعْلَمَ مَنْ يَتَّبِعُ الرَّسُوْلَ
مِمَّنْ يَّنْقَلِبُ عَلَى عَقِبَيْهِ وَإِنْ كَانَتْ لَكَبِيْرَةً إِلاَّ عَلَى الَّذِيْنَ
هَدَى اللهُ وَمَا كَانَ اللهُ لِيُضِيْعَ إِيْمَانَكُمْ إِنَّ اللهَ بِالنَّاسِ لَرَءُوْفٌ
رَّحِيْمٌ (١٤٣)
143. Dan demikian (pula) Kami (Allâh) telah menjadikan kalian
(umat Islam) Umat yang adil dan pilihan[1],
agar kalian (umat Islam) menjadi saksi atas (perbuatan) manusia dan agar Rasûl
(Muhammad) menjadi saksi atas (perbuatan) kalian (umat Islam). Dan Kami (Allâh)
tidak menetapkan Kiblat (Ka’bah) yang menjadi Kiblatmu (sekarang) melainkan
agar Kami (Allâh) mengetahui (supaya nyata) siapa yang mengikuti Rasûl, dan
siapa yang membelot. Dan sungguh (pemindahan Kiblat) itu terasa amat berat,
kecuali bagi orang-orang yang telah diberi petunjuk oleh Allâh; dan Allâh tidak
akan menyia-nyiakan imanmu. Sesungguhnya Allâh Maha Pengasih lagi Maha
Penyayang kepada manusia.
Al-Imâm al-Hâfizh[2] Bukhârî[3] meriwayatkan dalam al-Jâmi’ ash-Shahîh li al-Bukhârînya (No. Hadis: 4126):
حَدَّثَنَا أَبُوْ
نُعَيْمٍ, قَالَ: سَمِعَ زُهَيْرًا, عَنْ أَبِيْ إِسْحَاقَ, عَنِ الْبَرَاءِ رَضِيَ
اللهُ عَنْهُ: أَنَّ رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ صَلَّى إِلَى
بَيْتِ الْمَقْدِسِ سِتَّةَ عَشَرَ شَهْرًا أَوْ سَبْعَةَ عَشَرَ شَهْرًا. وَكَانَ
يُعْجِبُهُ أَنْ تَكُوْنَ قِبْلَتُهُ قِبَلَ الْبَيْتِ. وَأَنَّهُ صَلَّى أَوْ صَلَّاهَا
صَلَاةَ الْعَصْرِ, وَصَلَّى مَعَهُ قَوْمٌ. فَخَرَجَ رَجُلٌ مِمَّنْ كَانَ صَلَّى
مَعَهُ, فَمَرَّ عَلَى أَهْلِ الْمَسْجِدِ وَهُمْ رَاكِعُوْنَ. قَالَ: أَشْهَدُ بِاللهِ,
لَقَدْ صَلَّيْتُ مَعَ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قِبَلَ مَكَّةَ.
فَدَارُوْا كَمَا هُمْ قِبَلَ الْبَيْتِ. وَكَانَ الَّذِيْ مَاتَ عَلَى الْقِبْلَةِ
قَبْلَ أَنْ تُحَوَّلَ قِبَلَ الْبَيْتِ رِجَالٌ. قُتِلُوْا, لَمْ نَدْرِ مَا نَقُوْلُ
فِيْهِمْ. فَأَنْزَلَ اللهُ: (.......وَمَا كَانَ اللهُ لِيُضِيْعَ إِيْمَانَكُمْ إِنَّ اللهَ بِالنَّاسِ لَرَءُوْفٌ
رَّحِيْمٌ).
“Abû Nu’aim[4] telah bercerita kepada kami (kepada Bukhârî), dia (Abû Nu’aim) berkata: “Dia (Abû Nu’aim) telah mendengar Zuhair[5], dari
Abû Ishâq[6], dari al-Barâ’ bin
‘Âzib[7]: “Sesungguhnya Nabi SAW. shalat
menghadap Baitul Maqdis selama 16 atau 17 bulan. Beliau SAW. sangat senang
seandainya Kiblat beliau SAW. adalah Baitullâh (Ka’bah). Bahwasannya (suatu saat) beliau SAW. shalat ‘Ashar, dan
ada beberapa kaum (orang) yang shalat berjama’ah dengan beliau SAW. Kemudian seorang
lelaki yang telah shalat bersama beliau SAW. keluar (dari Masjid), dan melewati Jamâ’ah sebuah Masjid yang sedang rukû’. Dia
(seorang lelaki yang telah berjama’ah shalat ‘Ashar
bersama Nabi SAW.)
berkata: “Saya (seorang lelaki yang telah berjama’ah shalat ‘Ashar
bersama Nabi SAW.) bersaksi
demi Allâh, sungguh saya telah
shalat bersama Nabi SAW. menghadap Makkah (Ka’bah)”. Kemudian mereka (Jamâ’ah sebuah Masjid yang sedang rukû’) berputar menghadap
Baitullâh (Ka’bah). Adapun (para Sahabat Nabi SAW.) yang telah wafat dengan
berkiblat ke Kiblat (Baitul Maqdis) sebelum berpindah Kiblat menghadap
Baitullâh (Ka’bah) ada beberapa orang. Mereka (para Sahabat Nabi SAW.) telah terbunuh (dalam suatu peperangan), dan kami (para Sahabat) tidak mengetahui apa yang harus kami katakan tentang mereka (tentang beberapa Sahabat Nabi SAW. yang telah wafat terlebih dahulu
sebelum berpindah Kiblat ke Ka’bah). Maka Allâh SWT. menurunkan (Surat al-Baqarah, Ayat: 143):
........ وَمَا كَانَ اللهُ لِيُضِيْعَ إِيْمَانَكُمْ إِنَّ اللهَ بِالنَّاسِ
لَرَءُوْفٌ رَّحِيْمٌ (١٤٣)
143. ...............
dan
Allâh tidak akan menyia-nyiakan imanmu. Sesungguhnya Allâh Maha Pengasih lagi
Maha Penyayang kepada manusia”.
Al-Hâfizh[11] Bukhârî juga meriwayatkan sebagaimana Hadis di atas dalam al-Jâmi’ ash-Shahîh li al-Bukhârînya (No. Hadis: 39).
Al-Hâfizh ath-Thayâlisî[12] juga meriwayatkan sebagaimana Hadis di atas dalam Musnad Abû Dâwud
ath-Thayâlisînya (1/85).
Al-Hâfizh Muhammad bin
Sa’d[13] juga meriwayatkan sebagaimana Hadis di atas dalam ath-Thabaqât al-Kubrânya
(Jilid. 1, Juz. 2, halaman: 5).
Al-Hâfizh Ibnu Katsir[14] juga
mengeluarkan sebagaimana Hadis di atas dalam Tafsîr al-Qurân al-‘Azhîmnya (Jilid. 1,
Juz. 1, halaman: 452)[15],
dengan menyandarkan kepada Riwayat al-Hâfizh
Bukhârî dalam al-Jâmi’ ash-Shahîh li al-Bukhârînya (No. Hadis: 4126).
Al-Hâfizh Jalâluddîn as-Suyûthî[16] juga mengeluarkan sebagaimana Hadis di atas dalam Lubâb an-Nuqûl fî Asbâb an-Nuzûlnya (Juz. 2, 2/al-Baqarah), dengan menisbahkan kepada Riwayat al-Hâfizh Bukhârî dalam al-Jâmi’ ash-Shahîh li al-Bukhârînya (No. Hadis: 4126).
KETERANGAN:
Hadis-hadis
di atas memiliki Syâhid (penguat) melalui jalur (sanad)[17] ‘Abdullâh bin ‘Abbâs yang
diriwayatkan oleh:
Al-Hâfizh at-Tirmidzî[20]
dalam al-Jâmi’ ash-Shahîh Sunan
at-Tirmidzînya (No. Hadis: 2890),
dan kata al-Hâfizh at-Tirmidzî: “Hadis yang ia (at-Tirmidzî)
riwayatkan berkualitas hasan shahîh”.
Al-Imâm al-Hâfizh Ahmad bin Hanbal[22] dalam Musnad
al-Imâm Ahmad Ibn
Hanbalnya (No. Hadis: 2559, 2639,
2811 dan 3079).
Al-Hâfizh al-Hâkim
dalam al-Mustadrak ‘alâ ash-Shahîhaynnya (No. Hadis: 3018), dan kata al-Hâfizh
al-Hâkim: “Hadis yang ia (al-Hâkim) riwayatkan berkualitas shahîh menurut persyaratan
shahîh Bukhârî dan Muslim, akan tetapi keduanya (Bukhârî dan Muslim) tidak
meriwayatkan Hadis yang al-Hâkim riwayatkan”.
Al-Hâfizh
ath-Thabrânî[24]
dalam al-Mu’jam al-Kabîrnya (No. Hadis: 11729).
Imâm Ibnu Jarîr[26] juga mengeluarkan sebagaimana Hadis di atas dalam Jâmi’ al-Bayân ‘an
Ta-wîl ay al-Qurânnya (2/651).
Ibnu
Baththah dalam al-Ibânah al-Kubrâ li Ibn Baththahnya (No. Hadis: 1070).
Al-Hâfizh[28] Ibnu Hajar al-‘Asqalânî berkata dalam Fath
al-Bârî bi Syarh Shahîh al-Bukhârînya (1/104):
“Ada juga Riwayat lain (dalam Shahîh al-Bukhârî) melalui jalur (sanad) Sufyân
ats-Tsaurî dari Abû Ishâq, dia (Abû Ishâq) berkata: “Saya (Abû Ishâq) telah mendengar
al-Barâ’ bin ‘Âzib…………….”. Maka amanlah Hadis di atas dari tadlîs[29] nya Abû
Ishâq”.
PENJELASAN (kedudukan hadis di atas):
Atsar[30] al-Barâ’ bin ‘Âzib di atas digolongkan Mawqûf li
hukmi Marfû’, maksudnya: hadis Mawqûf[31] yang dihukumi Marfû’[32]. Karena para Muhadditsîn[33] telah bersepakat bahwa: “Ada beberapa macam Mawqûf yang dihukumi Marfû’,
dan salah satunya yaitu: penafsiran para Sahabat yang berkaitan dengan sebab
turunnya (asbâb an-nuzûl) suatu Ayat”.
Sebagaimana penjelasan para Muhadditsîn tersebut, maka Atsar al-Barâ’ bin ‘Âzib di atas tergolong hadis Mawqûf yang dihukumi Marfû’ oleh
para Muhadditsîn, sehingga (hadis al-Barâ’ bin ‘Âzib di atas) dapat dijadikan sebagai hujjah (pedoman/landasan) dalam
hukum Syara’ (Islam).
KESIMPULAN
Hadis di atas berkualitas shahîh[34], dan dikuatkan ke-râjih-annya
dengan Hadis-hadis melalui jalur (sanad) lain sebagaimana yang telah
saya kemukakan di atas; sehingga kokoh dan kuatlah Hadis di atas, dan dapat
dijadikan hujjah (pedoman/landasan) dalam Syara’ (Islam).
BIBLIOGRAFI
Al-Jâmi’ ash-Shahîh li al-Bukhârî (al-Imâm al-Hâfizh al-Bukhârî/ Muhammad bin Ismâ’îl
bin
Ibrâhîm bin al-Mughîrah bin Bardizbah).
Al-Jâmi’
ash-Shahîh Sunan at-Tirmidzî (al-Hâfizh at-Tirmidzî/ Muhammad bin Îsâ bin
Saurah bin Mûsâ bin adh-Dhahâk).
Al-Mu’jam al-Kabîr (al-Hâfizh ath-Thabrânî/ Sulaimân bin Ahmad bin Aŷûb bin Muthîr).
Al-Mustadrak ‘alâ ash-Shahîhayn (al-Hâfizh al-Hâkim/ Abî ‘Abdullâh al-Hâkim
an-Naisâbûrî).
Ath-Thabaqât
al-Kubrâ (al-Hâfizh Ibnu
Sa’d/ Muhammad bin
Sa’d bin Manî’).
Fath al-Bârî bi Syarh Shahîh al-Bukhârî (al-Hâfizh Ibnu Hajar al-‘Asqalânî/ Ahmad bin ‘Alî
bin Muhammad bin Muhammad bin ‘Alî).
Jâmi’ al-Bayân ‘an Ta-wîl ay al-Qurân (Imâm Ibnu Jarîr/ Muhammad bin Jarîr bin Yazîd bin
Katsîr bin Ghâlib).
Lubâb
an-Nuqûl fî Asbâb an-Nuzûl (al-Hâfizh
as-Suyûthî/ ‘Abdurrahmân bin Abî Bakr).
Musnad Abû Dâwud ath-Thayâlisî (al-Hâfizh ath-Thayâlisî/ Sulaimân bin Dâwud).
Musnad al-Imâm
Ahmad Ibn Hanbal (al-Imâm al-Hâfizh Ahmad bin Hanbal/ Ahmad bin
Muhammad bin Hanbal bin Hilâl bin Asad).
Shahîh Ibn Hibbân (al-Hâfizh Ibnu Hibbân/ Muhammad
bin Hibbân bin Ahmad bin Hibbân
bin Mu’âdz bin Ma’bad).
Sunan Abî Dâwud (al-Imâm
al-Hâfizh Abû Dâwud/ Sulaimân bin al-Asy’ats bin Syadâd bin
‘Amrû bin ‘Âmir).
Sunan ad-Dârimî (al-Imâm
al-Hâfizh ad-Dârimî/ ‘Abdullâh bin ‘Abdurrahmân bin al-Fadhl
bin Bahrâm bin ‘Abd ash-Shamad).
Tafsîr al-Qurân al-‘Azhîm (al-Hâfizh Ibnu Katsîr/ Ismâ’îl bin ‘Amr bin Katsîr).
[1] Di dalam “Jâmi’ al-Bayân ‘an Ta-wîl ay al-Qurân, Tahqîq Dr. ‘Abdullâh bin
‘Abdul Muhsin at-Tirkî”, karya Imâm Ibnu Jarîr (Cetakan Pertama, Juz. 2,
halaman: 627-629): “Diriwayatkan dari Abû Sa’îd al-Khudrŷ, ‘Abdullâh bin ‘Abbâs,
dan Abû Hurairah mereka berkata: “Nabi SAW. menafsirkan kata “أُمَّةً
وَّسَطًا” dengan makna: “Umat (Islam)
yang adil”.
[2] Al-Hâfizh
adalah: Gelar ahli hadis yang dapat men-shahîh-kan sanad serta matan
hadis, dan dapat men-ta’dîl-kan dan men-jarh-kan para perawi
hadis, serta seorang Hâfizh itu harus mempunyai kapasitas menghafal
100.000 hadis. Contoh para Huffâzh: Ahmad bin Hanbal, Yahyâ bin Ma’în,
‘Alî bin al-Madînî, Bukhârî, Muslim, at-Tirmidzî, Abû Dâwud, an-Nasâ-î, Ibnu
Mâjah, ad-Dârimî, Ibnu Khuzaymah, Ibnu Hibbân, al-Bayhaqî, ad-Dâruquthnî,
al-Hâkim, Zainuddîn ‘Abdurrahîm al-‘Irâqî, Syarafuddîn ad-Dimyathî, Ibnu Hajar
al-‘Asqalânî, al-Mizzî, al-Haitsamî, adz-Dzahabî, Abû Zar’ah ar-Râzî, Abû Hâtim
ar-Râzî, Ibnu Hazm, Ibnu Abî Hâtim, Ibnu ‘Adî, Ibnu al-Mundzir, Ibnu ‘Abdul
Bâr, Ibnu Katsîr, Ibnu as-Sakan, Jalâluddîn as-Suyûthî, Muhammad Nâshiruddîn
al-Albânî, dan sebagainya.
[3] Nama sebenarnya yaitu: Muhammad bin Ismâ’îl bin Ibrâhîm bin al-Mughîrah
bin Bardizbah. Ia (Bukhârî) merupakan seorang Tabi’ al-Atbâ’ pertengahan.
Dan ia (Bukhârî) juga merupakan seorang tsiqqah mutqan al-Imâm al-Hâfizh
(kredibel ke-‘âdl-an dan ke-dhabith-annya, serta seorang yang
kuat lagi kokoh, al-Imâm dan al-Hâfizh). Ia (Bukhârî) juga
seorang pakar hadîts (hadis), tafsîr (tafsir), fiqh
(fiqih), at-Târîkh (sejarah) dan al-Lughah (bahasa). Nasab
(keturunan) nya yaitu: al-Ju’fŷ al-Bukhârî. Kuniyah (nama akrab)
nya yaitu: Abû ‘Abdullâh. Laqab (gelar/titel) nya: al-Imâm
al-Hâfizh Bukhârî. Ia (Bukhârî) lahir di Bukhârâ pada tahun 194
Hijriyah. Tempat tinggalnya di Madînah. Ia (Bukhârî) wafat di desa Khartank
(wilayah Samarqand) pada tahun 256 Hijriyah.
[4] Nama sebenarnya yaitu: al-Fadhl bin Dakyan bin Hammâd bin
Zuhair. Ia (Abû Nu’aim) merupakan seorang Tabi’ Tâbi’în junior. Ia (Abû Nu’aim)
adalah seorang tsiqqah tsabat (kredibel ke-‘âdl-an dan ke-dhabith-annya,
serta seorang yang konsisten). Nasab (keturunan) nya yaitu: al-Malâ-î
at-Taymiy. Kuniyah (nama akrab) nya yaitu: Abû Nu’aim. Laqab
(gelar/titel) nya: al-Ahwal. Tempat tinggalnya di Kûfah. Ia (Abû
Nu’aim) wafat di Kûfah pada tahun 218 Hijriyah.
[5] Nama lengkapnya yaitu: Zuhair bin Mu’âwiŷah bin Hadîj. Ia (Zuhair) merupakan seorang Tabi’ Tâbi’în senior. Ia (Zuhair) adalah seorang tsiqqah tsabat (kredibel ke-‘âdl-an dan ke-dhabith-annya,
serta seorang yang konsisten). Nasab (keturunan) nya yaitu: al-Ju’fî.
Kuniyah (nama akrab) nya yaitu: Abû Khaytsamah. Tempat tinggalnya
di Kûfah. Ia (Zuhair) wafat di al-Jazîrah pada tahun 173
Hijriyah.
[6] Nama sebenarnya
yaitu: ‘Amr bin ‘Abdullâh bin ‘Ubaid. Ia (Abû Ishâq) merupakan seorang
Tâbi’în pertengahan. Ia (Abû Ishâq) adalah seorang yang tsiqqah
(kredibel ke-‘âdl-an dan ke-dhabith-annya). Nasab
(keturunan) nya yaitu: as-Sabî’î al-Hamdânî. Kuniyah (nama akrab)
nya yaitu: Abû Ishâq. Tempat tinggalnya di Kûfah. Ia (Abû Ishâq)
wafat di Kûfah pada tahun 128 Hijriyah.
[7] Nama
lengkapnya yaitu: al-Barâ’ bin ‘Âzib bin al-Hârits. Ia (al-Barâ’ bin ‘Âzib) merupakan
salah satu Sahabat Nabi SAW. Semua Sahabat Nabi SAW. tsiqqah dan ‘âdl.
Nasab (keturunan) nya yaitu: al-Anshârî al-Awsî. Kuniyah
(nama akrab) nya yaitu: Abû ‘Imârah. Tempat tinggalnya di Kûfah.
Ia (al-Barâ’ bin ‘Âzib) wafat di Kûfah pada tahun 72 Hijriyah.
[8] Muhadditsîn yaitu: Orang yang
hafal matan-matan hadis, mengetahui gharîb serta faqîh,
hafal sanad, mengetahui ihwal para perawi, dapat membedakan atara yang shahîh
dengan yang dha’îf, seorang penghimpun buku, penulis, pendengar,
pencari sanad-sanad hadis, dan mengetahui sanad yang terpendek
dari padanya. Contoh para Muhadditsîn: Imâm Mâlik, Imâm asy-Syâfi’î,
Imâm Ahmad bin Hanbal, Imâm Bukhârî, Imâm Muslim, at-Tirmidzî, Abû Dâwud,
an-Nasâ-î, Ibnu Mâjah, Ibnu Khuzaymah, Ibnu Hibbân, dan sebagainya.
[9] Hadis Shahîh ialah: Hadis yang bersambung (muttashil)
sanadnya, diriwayatkan oleh orang yang ‘âdl (‘âdl yaitu: orang
yang istiqamah dalam beragama, baik akhlaqnya, tidak fasiq dan tidak melakukan
cacat muru’ah), sempurna ke-dhabith-annya, tidak ada keganjilan (syadzdz),
dan tidak ada kecacatan (‘illat).
[10] Tsiqqât
adalah: Para perawi hadis yang kredibel ke-‘âdl-an dan ke-dhabith-annya.
[11] Al-Hâfizh
adalah: Gelar ahli hadis yang dapat men-shahîh-kan sanad serta matan
hadis, dan dapat men-ta’dîl-kan dan men-jarh-kan para perawi
hadis, serta seorang Hâfizh itu harus mempunyai kapasitas menghafal
100.000 hadis. Contoh para Huffâzh: Ahmad bin Hanbal, Yahyâ bin Ma’în,
‘Alî bin al-Madînî, Bukhârî, Muslim, at-Tirmidzî, Abû Dâwud, an-Nasâ-î, Ibnu
Mâjah, ad-Dârimî, Ibnu Khuzaymah, Ibnu Hibbân, al-Bayhaqî, ad-Dâruquthnî,
al-Hâkim, Zainuddîn ‘Abdurrahîm al-‘Irâqî, Syarafuddîn ad-Dimyathî, Ibnu Hajar
al-‘Asqalânî, al-Mizzî, al-Haitsamî, adz-Dzahabî, Abû Zar’ah ar-Râzî, Abû Hâtim
ar-Râzî, Ibnu Hazm, Ibnu Abî Hâtim, Ibnu ‘Adî, Ibnu al-Mundzir, Ibnu ‘Abdul
Bâr, Ibnu Katsîr, Ibnu as-Sakan, Jalâluddîn as-Suyûthî, Muhammad Nâshiruddîn
al-Albânî, dan sebagainya.
[12] Nama sebenarnya yaitu: Sulaimân bin Dâwud. Nasab (keturunan) nya yaitu: al-Fârisî
ath-Thayâlisî. Kuniyah (nama akrab) nya yaitu: Abû Dâwud. Laqab
(gelar/titel) nya: al-Hâfizh ath-Thayâlisî. Ia (ath-Thayâlisî) adalah
seorang tsiqqah mutqan al-Hâfizh (kredibel ke-‘âdl-an dan ke-dhabith-annya,
serta seorang al-Hâfizh yang kokoh dan kuat). Ia (ath-Thayâlisî) juga
seorang pakar hadîts (hadis). Ia (ath-Thayâlisî) lahir di Bashrah
pada tahun 133 Hijriyah. Tempat tinggalnya di Bashrah. Ia (ath-Thayâlisî)
wafat di Bashrah pada tahun 204 Hijriyah.
[13] Nama lengkapnya yaitu: Muhammad bin Sa’d bin Manî’. Nasab (keturunan) nya yaitu: al-Hâtsimî al-Bashrî al-Baghdâdî.
Kuniyah (nama akrab) nya yaitu: Abû ‘Abdullâh. Laqab
(gelar/titel) nya: al-Hâfizh Ibn Sa’d dan Kâtib al-Wâqidî. Ia (Ibnu
Sa’d) adalah seorang tsiqqah al-Hâfizh (kredibel ke-‘âdl-an dan
ke-dhabith-annya, serta seorang al-Hâfizh). Ia (Ibnu Sa’d) juga seorang pakar fiqh (fikih) dan hadîts (hadis). Ia (Ibnu Sa’d) lahir di Bashrah pada tahun 168 Hijriyah. Ia
(Ibnu Sa’d) wafat pada tahun 230 Hijriyah.
[14] Nama
lengkapnya yaitu: Ismâ’îl bin ‘Amr bin Katsîr. Nasab (keturunan) nya
yaitu: al-Qurasyî ad-Dimasyqî. Kuniyah (nama akrab) nya yaitu: Abû
al-Fidâ’. Laqab (gelar/titel) nya: al-Hâfizh Ibn Katsîr. Ia (Ibnu Katsîr) adalah seorang tsiqqah mutqan al-Hâfizh
(kredibel ke-‘âdl-an dan ke-dhabith-annya, serta seorang al-Hâfizh
yang kokoh dan kuat). Ia (Ibnu Katsîr) juga seorang pakar tafsîr
(tafsir), hadîts (hadis) dan târîkh (sejarah). Ia (Ibnu Katsîr)
lahir di Bashrah pada tahun 700 Hijriyah. Tempat tinggalnya di Bashrah.
Ia (Ibnu Katsîr) wafat di Bashrah pada tahun 774 Hijriyah, dan dikubur
di Damsyiq (Damaskus).
[15] Al-Hâfizh Ibnu Katsîr. Tafsîr
al-Qurân al-‘Azhîm, Tahqîq Sâmî bin Muhammad as-Salâmah. Ar-Riyadh:
Dâr Thayyibah. Jilid. 1, Juz. 1, halaman: 452.
[16] Nama sebenarnya
yaitu: ‘Abdurrahmân bin Abî Bakr. Kuniyah (nama akrab) nya yaitu: Jalâluddîn.
Laqab (gelar/titel) nya: al-Hâfizh as-Suyûthî. Ia (as-Suyûthî) adalah seorang tsiqqah al-Hâfizh (kredibel
ke-‘âdl-an dan ke-dhabith-annya, serta seorang al-Hâfizh).
Serta ia (as-Suyûthî) juga seorang pakar tafsîr (tafsir), hadîts
(hadis), lughah (bahasa), adb (sastra), fiqh (fikih), târîkh
(sejarah), dan sebagainya. Nasab (keturunan) nya yaitu: as-Suyûthî.
Ia (as-Suyûthî) lahir di Qâhirah pada tahun 849 Hijriyah. Tempat
tinggalnya di Qâhirah. Ia (as-Suyûthî) wafat di Qâhirah pada
tahun 911 Hijriyah.
[17] Sanad
adalah: Mata rantai para perawi hadis yang menghubungkan ke matan
(redaksi/isi) hadis.
[18] Al-Hâfizh
adalah: Gelar ahli hadis yang dapat men-shahîh-kan sanad serta matan
hadis, dan dapat men-ta’dîl-kan dan men-jarh-kan para perawi
hadis, serta seorang Hâfizh itu harus mempunyai kapasitas menghafal
100.000 hadis. Contoh para Huffâzh: Ahmad bin Hanbal, Yahyâ bin Ma’în,
‘Alî bin al-Madînî, Bukhârî, Muslim, at-Tirmidzî, Abû Dâwud, an-Nasâ-î, Ibnu
Mâjah, ad-Dârimî, Ibnu Khuzaymah, Ibnu Hibbân, al-Bayhaqî, ad-Dâruquthnî,
al-Hâkim, Zainuddîn ‘Abdurrahîm al-‘Irâqî, Syarafuddîn ad-Dimyathî, Ibnu Hajar
al-‘Asqalânî, al-Mizzî, al-Haitsamî, adz-Dzahabî, Abû Zar’ah ar-Râzî, Abû Hâtim
ar-Râzî, Ibnu Hazm, Ibnu Abî Hâtim, Ibnu ‘Adî, Ibnu al-Mundzir, Ibnu ‘Abdul
Bâr, Ibnu Katsîr, Ibnu as-Sakan, Jalâluddîn as-Suyûthî, Muhammad Nâshiruddîn
al-Albânî, dan sebagainya.
[19] Nama sebenarnya yaitu: Sulaimân bin Dâwud. Nasab (keturunan) nya yaitu: al-Fârisî
ath-Thayâlisî. Kuniyah (nama akrab) nya yaitu: Abû Dâwud. Laqab
(gelar/titel) nya: al-Hâfizh ath-Thayâlisî. Ia (ath-Thayâlisî) adalah
seorang tsiqqah mutqan al-Hâfizh (kredibel ke-‘âdl-an dan ke-dhabith-annya,
serta seorang al-Hâfizh yang kokoh dan kuat). Ia (ath-Thayâlisî) juga
seorang pakar hadîts (hadis). Ia (ath-Thayâlisî) lahir di Bashrah
pada tahun 133 Hijriyah. Tempat tinggalnya di Bashrah. Ia (ath-Thayâlisî)
wafat di Bashrah pada tahun 204 Hijriyah.
[20] Nama sebenarnya yaitu: Muhammad bin Îsâ bin Saurah bin Mûsâ bin
adh-Dhahâk. Ia (at-Tirmidzî) merupakan seorang Tabi’ al-Atbâ’ junior.
Dan ia (at-Tirmidzî) juga merupakan seorang tsiqqah al-Imâm al-Hâfizh
(kredibel ke-‘âdl-an dan ke-dhabith-annya, serta seorang
al-Imâm dan al-Hâfizh). Ia (at-Tirmidzî) juga seorang pakar hadîts (hadis) dan
fiqh (fiqih). Nasab (keturunan) nya yaitu: as-Sulamî. Kuniyah
(nama akrab) nya yaitu: Abû Îsâ. Laqab (gelar/titel) nya: Imâm at-Tirmidzî. Ia (at-Tirmidzî) lahir di Turmudzî pada tahun 209 atau 210
Hijriyah. Tempat tinggalnya di Turmudzî. Ia (at-Tirmidzî) wafat pada
tahun 279 Hijriyah di daerah Bugh, yaitu suatu daerah yang dekat dengan daerah
Turmudzî.
[21] Nama sebenarnya yaitu: Sulaimân bin al-Asy’ats bin Syadâd bin ‘Amrû bin ‘Âmir. Ia (Abû Dâwud) merupakan seorang Tabi’ al-Atbâ’ junior. Dan ia (Abû
Dâwud) juga merupakan seorang tsiqqah mutqan al-Imâm al-Hâfizh (kredibel
ke-‘âdl-an dan ke-dhabith-annya, serta seorang yang kuat lagi kokoh,
al-Imâm dan al-Hâfizh). Ia (Abû Dâwud) juga seorang pakar hadîts (hadis), dan fiqh (fiqih). Nasab (keturunan) nya yaitu: al-Azdî
as-Sijistânî. Kuniyah (nama akrab) nya yaitu: Abû Dâwud. Laqab
(gelar/titel) nya: al-Hâfizh Abû Dâwud. Ia (Abû Dâwud) lahir di Sijistân
(suatu Daerah yang terletak antara negara Iran dan Afghanistan) pada tahun 202
Hijriyah. Tempat tinggalnya di Bashrah. Ia (Abû Dâwud) wafat di Bashrah
pada tahun 275 Hijriyah.
[22] Nama sebenarnya yaitu: Ahmad bin Muhammad bin Hanbal bin Hilâl bin Asad.
Ia (Ahmad bin Hanbal) merupakan seorang Tabi’ al-Atbâ’ senior. Dan ia (Ahmad
bin Hanbal) juga merupakan seorang tsiqqah mutqan al-Imâm al-Hâfizh
(kredibel ke-‘âdl-an dan ke-dhabith-annya, serta seorang
al-Imâm al-Hâfizh yang kuat dan kokoh). Ia (Ahmad bin Hanbal) juga seorang pakar hadîts (hadis) dan fiqh (fiqih).
Nasab (keturunan) nya yaitu: asy-Syaibânî. Kuniyah (nama akrab) nya yaitu: Abû ‘Abdullâh. Laqab (gelar/titel) nya: Imâm Ahmad Ibn Hanbal. Ia (Ahmad bin Hanbal) lahir di Baghdâd pada tahun 164 Hijriyah. Tempat tinggalnya di Baghdâd. Ia (Ahmad bin Hanbal) wafat di Baghdâd pada tahun 241 Hijriyah.
[23] Nama
lengkapnya yaitu: Muhammad bin Hibbân bin Ahmad bin Hibbân bin Mu’âdz bin
Ma’bad. Ia (Ibnu Hibbân) merupakan seorang tsiqqah al-Imâm al-Hâfizh
(kredibel ke-‘âdl-an dan ke-dhabith-annya, serta seorang
al-Imâm dan al-Hâfizh). Ia (Ibnu Hibbân) juga seorang pakar lughah
(bahasa) hadîts (hadis), târîkh (sejarah), ath-Thibb
(kedokteran), fiqh (fiqih), dan sebagainya. Nasab (keturunan) nya
yaitu: at-Tamîmî, ad-Dârimî al-Bustî. Kuniyah (nama akrab) nya
yaitu: Abû Hâtim. Laqab (gelar/titel) nya: al-Hâfizh Ibn
Hibbân. Ia (Ibnu Hibbân) lahir di Bustî (salah
satu Kampung yang terdapat di Sijistân) pada tahun 270 atau 271 Hijriyah. Tempat tinggalnya di Khurrâsân.
Ia (Ibnu Hibbân) wafat pada tahun 354 Hijriyah.
[24] Nama sebenarnya yaitu: Sulaimân bin Ahmad bin Aŷûb bin Muthîr. Nasab (keturunan)
nya yaitu: al-Lakhamî asy-Syâmî ath-Thabrânî. Kuniyah (nama
akrab) nya yaitu: Abû al-Qâsim. Laqab (gelar/titel) nya: al-Hâfizh
ath-Thabrânî. Ia (ath-Thabrânî) adalah seorang tsiqqah al-Hâfizh
(kredibel ke-‘âdl-an dan ke-dhabith-annya,
serta seorang al-Hâfizh). Ia (ath-Thabrânî) juga seorang pakar tafsîr
(tafsir) dan
hadîts (hadis). Ia (ath-Thabrânî) lahir di Thabariŷah (wilayah
Palestina) pada tahun 260 Hijriyah. Tempat tinggalnya di Ishfahân. Ia (ath-Thabrânî) wafat di
Ishfahân pada tahun 360 Hijriyah.
[25] Nama sebenarnya yaitu: ‘Abdullâh bin ‘Abdurrahmân bin al-Fadhl bin Bahrâm bin
‘Abd ash-Shamad. Ia (ad-Dârimî) merupakan seorang Tabi’ al-Atbâ’ pertengahan.
Dan ia (ad-Dârimî) juga merupakan seorang tsiqqah al-Imâm al-Hâfizh (kredibel
ke-‘âdl-an dan ke-dhabith-annya, serta seorang al-Imâm dan
al-Hâfizh). Ia (ad-Dârimî) juga seorang pakar hadîts (hadis), tafsîr
(tafsir), dan
fiqh (fiqih). Nasab
(keturunan) nya yaitu: at-Tamîmî ad-Dârimî as-Samarqandî. Kuniyah
(nama akrab) nya yaitu: Abû Muhammad. Laqab (gelar/titel) nya: Imâm
ad-Dârimî. Ia (ad-Dârimî) lahir di Samarqand pada tahun 181 Hijriyah. Tempat tinggalnya di Samarqand. Ia (ad-Dârimî) wafat pada
tahun 255 Hijriyah.
[26] Nama lengkapnya yaitu: Muhammad bin Jarîr bin Yazîd bin Katsîr bin Ghâlib
al-Âmalî. Ia
(Ibnu Jarîr) merupakan seorang tsiqqah ‘âlim (kredibel ke-‘âdl-an dan ke-dhabith-annya, serta seorang ‘âlim). Nasab
(keturunan) nya yaitu: al-Âmalî. Kuniyah (nama akrab) nya yaitu: Abû
Ja’far ath-Thabarî. Laqab (gelar/titel) nya: Abâ at-Tafsîr
dan Abâ at-Târîkh. Ia (Ibnu Jarîr) lahir di Thabari Sittân pada
tahun 224 Hijriyah. Tempat tinggalnya di Baghdâd. Ia (Ibnu Jarîr) wafat
di Baghdâd pada tahun 310 Hijriyah.
[27] Nama sebenarnya yaitu: Ahmad bin ‘Alî bin Muhammad bin Muhammad bin ‘Alî. Dan
ia (Ibnu Hajar al-‘Asqalânî) merupakan seorang tsiqqah mutqan al-Hâfizh
(kredibel ke-‘âdl-an dan ke-dhabith-annya, serta seorang yang
kuat lagi kokoh, dan al-Hâfizh). Ia (Ibnu Hajar al-‘Asqalânî) juga
seorang pakar hadîts (hadis), fiqh (fiqih), dan al-Adb (sastra).
Nasab (keturunan) nya yaitu: al-Kinânŷ al-‘Asqalânŷ asy-Syâfi’î. Kuniyah
(nama akrab) nya yaitu: Abû al-Fadhl. Laqab (gelar/titel) nya: Syihâbuddîn.
Ia (Ibnu Hajar al-‘Asqalânî) lahir di Qâhirah (Mesir) pada tahun 773
Hijriyah. Tempat tinggalnya di Qâhirah (Mesir). Ia (Ibnu Hajar
al-‘Asqalânî) wafat di Qâhirah (Mesir) pada tahun 852 Hijriyah.
[28] Al-Hâfizh
adalah: Gelar ahli hadis yang dapat men-shahîh-kan sanad serta matan
hadis, dan dapat men-ta’dîl-kan dan men-jarh-kan para perawi
hadis, serta seorang Hâfizh itu harus mempunyai kapasitas menghafal
100.000 hadis. Contoh para Huffâzh: Ahmad bin Hanbal, Yahyâ bin Ma’în,
‘Alî bin al-Madînî, Bukhârî, Muslim, at-Tirmidzî, Abû Dâwud, an-Nasâ-î, Ibnu
Mâjah, ad-Dârimî, Ibnu Khuzaymah, Ibnu Hibbân, al-Bayhaqî, ad-Dâruquthnî,
al-Hâkim, Zainuddîn ‘Abdurrahîm al-‘Irâqî, Syarafuddîn ad-Dimyathî, Ibnu Hajar
al-‘Asqalânî, al-Mizzî, al-Haitsamî, adz-Dzahabî, Abû Zar’ah ar-Râzî, Abû Hâtim
ar-Râzî, Ibnu Hazm, Ibnu Abî Hâtim, Ibnu ‘Adî, Ibnu al-Mundzir, Ibnu ‘Abdul
Bâr, Ibnu Katsîr, Ibnu as-Sakan, Jalâluddîn as-Suyûthî, Muhammad Nâshiruddîn
al-Albânî, dan sebagainya.
[29] Tadlîs adalah: Usaha
untuk menyembunyikan cacat dalam isnad (sanad) dan menampakkan
periwayatan yang baik.
[30] Atsar adalah: Sesuatu yang
disandarkan kepada Sahabat dan Tâbi’în, baik berupa perkataan dan
perbuatan.
[31] Hadis Mawqûf
yaitu: Sesuatu yang disandarkan kepada Sahabat, baik berupa perkataan,
perbuatan dan persetujuan; baik bersambung sanadnya ataupun terputus sanadnya.
[32] Marfu’
maksudnya: Terangkatnya derajat hadis hingga ke Nabi SAW.
[33] Muhadditsîn
yaitu: Orang yang hafal matan-matan hadis, mengetahui gharîb serta faqîh,
hafal sanad, mengetahui ihwal para perawi, dapat membedakan atara yang shahîh
dengan yang dha’îf, seorang penghimpun buku, penulis, pendengar, pencari
sanad-sanad hadis, dan mengetahui sanad yang terpendek dari padanya.
Contoh para Muhadditsîn: Imâm Mâlik, Imâm asy-Syâfi’î, Imâm Ahmad bin
Hanbal, Imâm Bukhârî, Imâm Muslim, at-Tirmidzî, Abû Dâwud, an-Nasâ-î, Ibnu
Mâjah, Ibnu Khuzaymah, Ibnu Hibbân, dan sebagainya.
[34] Hadis Shahîh
ialah: Hadis yang bersambung (muttashil) sanadnya, diriwayatkan oleh
orang yang ‘âdl (‘âdl yaitu: orang yang istiqamah dalam beragama,
baik akhlaqnya, tidak fasiq dan tidak melakukan cacat muru’ah), sempurna
ke-dhabith-annya, tidak ada keganjilan (syadzdz), dan tidak ada
kecacatan (‘illat).
Tidak ada komentar:
Posting Komentar