Kamis, 16 Agustus 2012

TARJÎH HADIS-HADIS MENGENAI MELETAKKAN KEDUA LUTUT TERLEBIH DAHULU DARIPADA KEDUA TANGAN KETIKA AKAN BERSUJUD


TARJÎH HADIS-HADIS MENGENAI MELETAKKAN KEDUA LUTUT TERLEBIH DAHULU DARIPADA KEDUA TANGAN KETIKA AKAN BERSUJUD

Oleh: Jati Sarwo Edi


HADIS PERTAMA:
حَدَّثَنَا الْحَسَنُ بْنُ عَلِيٍّ وَحُسَيْنُ بْنُ عِيْسَى, قَالَا: حَدَّثَنَا يَزِيْدُ بْنُ هَارُوْنَ, قَالَ: أَخْبَرَنَا شَرِيْكٌ, عَنْ عَاصِمِ بْنِ كُلَيْبٍ, عَنْ أَبِيْهِ, عَنْ وَائِلِ بْنِ حُجْرٍ, قَالَ: رَأَيْتُ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَا سَجَدَ وَضَعَ رُكْبَتَيْهِ قَبْلَ يَدَيْهِ, وَإِذَا نَهَضَ رَفَعَ يَدَيْهِ قَبْلَ رُكْبَتَيْهِ. حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ مَعْمَرٍ, قَالَ: حَدَّثَنَا حَجَّاجُ بْنُ مِنْهَالٍ, قَالَ: حَدَّثَنَا هَمَّامٌ, قَالَ: حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ جُحَادَةَ, عَنْ عَبْدِ الْجَبَّارِ بْنِ وَائِلٍ, عَنْ أَبِيْهِ, أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَذَكَرَ حَدِيْثَ الصَّلَاةِ, قَالَ: فَلَمَّا سَجَدَ, وَقَعَتَا رُكْبَتَاهُ إِلَى الْأَرْضِ قَبْلَ أَنْ تَقَعَ كَفَّاهُ. قَالَ هَمَّامٌ: وَحَدَّثَنِيْ شَقِيْقٌ, قَالَ: حَدَّثَنِيْ عَاصِمُ بْنُ كُلَيْبٍ, عَنْ أَبِيْهِ, عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بِمِثْلِ هَذَا, وَفِيْ حَدِيْثِ أَحَدِهِمَا وَأَكْبَرُ عِلْمِيْ أَنَّهُ فِيْ حَدِيْثِ مُحَمَّدِ بْنِ جُحَادَةَ, وَإِذَا نَهَضَ نَهَضَ عَلَى رُكْبَتَيْهِ وَاعْتَمَدَ عَلَى فَخِذِهِ.
“Hasan bin ‘Alî dan Husain bin ‘Îsâ telah bercerita kepada kami (kepada Abû Dâwud), mereka berdua (Hasan bin ‘Alî dan Husain bin ‘Îsâ) berkata: “Yazîd bin Hârûn telah bercerita kepada kami (kepada Hasan bin ‘Alî dan Husain bin ‘Îsâ), dia (Yazîd bin Hârûn) berkata: “Syarîk telah mengabarkan kepada kami (kepada Yazîd bin Hârûn), dari ‘Âshim bin Kulaib, dari bapaknya (dari bapaknya ‘Âshim bin Kulaib, yaitu: Kulaib bin Syihâb bin al-Majnûn), dari Wâ-il bin Hujr, dia (Wâ-il bin Hujr) berkata: “Saya melihat Nabi SAW. apabila (akan) sujud meletakkan kedua Lututnya sebelum kedua Tangannya, dan apabila bangkit (berdiri dari sujud) mengangkat kedua Tangannya sebelum kedua Lututnya”.
“Muhammad bin Ma’mar telah bercerita kepada kami (kepada Abû Dâwud), dia (Muhammad bin Ma’mar) berkata: “Hajjâj bin Minhâl telah bercerita kepada kami (kepada Muhammad bin Ma’mar), dia (Hajjâj bin Minhâl) berkata: “Hammâm telah bercerita kepada kami (kepada Hajjâj bin Minhâl), dia (Hammâm) berkata: “Muhammad bin Juhâdah telah bercerita kepada kami (kepada Hammâm), dari ‘Abdul Jabbâr bin Wâ-il, dari bapaknya (dari bapaknya ‘Abdul Jabbâr bin Wâ-il, yaitu: Wâ-il bin Hujr), sesungguhnya Nabi SAW. menyebutkan Hadis tentang Shalat, dia (Wâ-il bin Hujr) berkata: “Ketika beliau SAW. (akan) sujud, beliau SAW. meletakkan kedua Lutut ke Tanah sebelum meletakkan kedua Telapak Tangannya”.
“Hammâm berkata: “Syaqîq telah bercerita kepada saya (kepada Hammâm), dia (Syaqîq) berkata: “‘Âshim bin Kulaib telah bercerita kepada saya (kepada Syaqîq), dari bapaknya (dari bapaknya ‘Âshim bin Kulaib, yaitu: Kulaib bin Syihâb bin al-Majnûn), dari Nabi SAW. sebagaimana Hadis ini; dan salah satu dari kedua Hadis tersebut, yang paling kompeten ilmunya yaitu: “Hadis Muhammad bin Juhâdah”, “Dan apabila beliau SAW. bangkit (bangun dari sujud), beliau SAW. mengangkat kedua Lututnya, kemudian beliau SAW. menumpukan (kedua Tangan Nabi SAW) di Pahanya”.
{HR. Abû Dâwud (Sunan Abî Dâwud: No. Hadis: 713). At-Tirmidzî (al-Jâmi’ ash-Shahîh Sunan at-Tirmidzî: No. Hadis. 248). An-Nasâ-î (Sunan an-Nasâ-î al-Kubrâ: No. Hadis. 1077 dan 1142). Ibnu Mâjah (Sunan Ibn Mâjah: No. Hadis. 872). Al-Hâkim (Al-Mustadrak ‘alâ ash-Shahîhayn li al-Hâkim: No. Hadis. 785). Ibnu Khuzaymah (Shahîh Ibn Khuzaymah: No. Hadis. 604 dan 607). Ibnu Hibbân (Shahîh Ibn Hibbân: No. Hadis. 1946). Ad-Dâruquthnî (Sunan ad-Dâruquthnî: No. Hadis. 1323). Abû Bakr bin Abî Syaibah (Al-Mushannaf Ibn Abî Syaibah: Juz. 1, halaman. 294-295, versi Maktabah Syâmilah). Al-Bayhaqî (as-Sunan al-Kubrâ li al-Bayhaqî: Juz. 2, halaman. 98, versi Maktabah Syâmilah). Ad-Dârimî (Sunan ad-Dârimî: No. Hadis. 1286 dan 1370). Ath-Thahâwî (Syarh Musykil al-Âtsâr: 1/150)}.


KETERANGAN:
Al-Hâfizh Ibnu Qaŷim al-Jauziŷah berkata dalam Ta’lîqât al-Hâfizh Ibn Qaŷim al-Jauziŷahnya, ketika mensyarah (menerangkan/ menjelaskan) Hadis riwayat al-Hâfizh Abû Dâwud dalam Sunan Abî Dâwudnya: No. Hadis. 713: “Hadis di atas (No. Hadis. 713) juga diriwayatkan oleh al-Hâfizh Muslim dan Jamâ’ah. Hadis di atas (No. Hadis. 713) dishahihkan oleh al-Hâfizh al-Hâkim (dan disepakati oleh al-Hâfizh adz-Dzahabî); serta dishahihkan oleh al-Hâfizh Ibnu Khuzaymah dan Ibnu Hibbân”.



PENJELASAN:
Di dalam Tuhfah al-Ahwadzî bi Syarh Jâmi’ at-Tirmidzî (No. Hadis: 249) atau (1/302) dikatakan: Al-Hâfizh Ibnu Taymiŷah, Ibnu Qaŷim al-Jauziŷah dan Abû Sulaimân al-Khaththâbî berpendapat dalam “Al-Mu’âlimnya”: “Hadis Wâ-il bin Hujr lebih kokoh dan kuat (atsbât) daripada Hadis Abû Hurairah, karena Hadis Wâ-il bin Hujr memiliki 3 Syawâhid (penguat) dari jalur sanad Anas bin Mâlik, Sa’d bin Abî Waqâsh dan Abû Hurairah, Hadis-hadis tersebut yaitu:
حَدَّثَنَا الْعَبَّاسُ بْنُ مُحَمَّدٍ, قَالَ: حَدَّثَنَا الْعَلاَءُ بْنُ إِسْمَاعِيْلَ الْعَطَّارُ, قَالَ: حَدَّثَنَا حَفْصُ بْنُ غِيَاثٍ, عَنْ عَاصِمٍ الأَحْوَلِ, عَنْ أَنَسٍ، قَالَ: رَأَيْتُ رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَبَّرَ فَحَاذَى بِإِبْهَامَيْهِ أُذُنَيْهِ, ثُمَّ رَكَعَ حَتَّى اسْتَقَرَّ كُلُّ مَفْصِلٍ مِّنْهُ، وَانْحَطَ بِالتَّكْبِيْرِ حَتَّى سَبَقَتْ رُكْبَتَاهُ يَدَيْهِ. هَذَا إِسْنَادٌ صَحِيْحٌ عَلَى شَّرْطِ الشَّيْخَيْنِ، وَلاَ أَعْرَفُ لَهُ عِلَّةً وَلَمْ يَخْرَجَاهُ.
“Al-‘Abbâs bin Muhammad telah bercerita kepada kami (kepada al-Hâkim), dia (al-‘Abbâs bin Muhammad) berkata: “Al-‘Alâ’ bin Ismâ’îl al-‘Aththâr telah bercerita kepada kami (kepada al-‘Abbâs bin Muhammad), dia (al-‘Alâ’ bin Ismâ’îl al-‘Aththâr) berkata: Hafsh bin Ghiyâts telah bercerita kepada kami (kepada al-‘Alâ’ bin Ismâ’îl al-‘Aththâr), dari ‘Âshim al-Ahwal, dari Anas bin Mâlik, dia (Anas bin Mâlik) berkata: “Saya (Anas bin Mâlik) melihat Rasûlullâh SAW. bertakbir kedua Ibu Jarinya menyentuh kedua Telinganya, kemudian beliau SAW. ruku’ hingga seluruh persendiannya lurus, kemudian beliau SAW. turun dengan bertakbir (ketika akan bersujud) mendahulukan kedua Lutut (dari) kedua Tangannya.
“Al-Hâfizh al-Hâkim berkata: “Sanad Hadis ini shahîh menurut persyaratan Bukhârî-Muslim (dan disepakati oleh al-Hâfizh adz-Dzahabî); dan mereka berdua (Bukhârî-Muslim) tidak meriwayatkannya (tidak meriwayatkan sebagaimana Hadis yang diriwayatkan oleh al-Hâkim). Dan saya (al-Hâkim) tidak mengetahui apakah ada ‘illat (cacat sanad dan matan) dalam Hadisnya”. {HR. Al-Hâkim (Al-Mustadrak ‘alâ ash-Shahîhayn li al-Hâkim: No. Hadis. 784). Ad-Dâruquthnî (Sunan ad-Dâruquthnî: No. Hadis. 1324). Al-Bayhaqî (as-Sunan al-Kubrâ li al-Bayhaqî: Juz. 2, halaman. 99, versi Maktabah Syâmilah). Al-Hâzimî (Kitâb al-I’tibâr: No. 55). Ibnu Hazm (Al-Ahlâq wa as-Sîr fî Mudâwâh an-Nufûs wa al-Mahallî bi al-Âtsâr: 4/129)}.
                                                 

حَدَّثَنَا إِبْرَاهِيْمُ بْنُ إِسْمَاعِيْلَ بْنِ يَحْيَى بْنِ سَلَمَةَ بْنِ كُهَيْلٍ، قَالَ: حَدَّثَنِيْ أَبِيْ، عَنْ أَبِيْهِ، عَنْ سَلَمَةَ، عَنْ مُصْعَبِ بْنِ سَعْدٍ، عَنْ سَعْدٍ, قَالَ: كُنَّا نَضَعُ الْيَدَيْنِ قَبْلَ الرُّكْبَتَيْنِ، فَأَمَرَنَا بِالرُّكْبَتَيْنِ قَبْلَ الْيَدَيْنِ.
“Ibrâhîm bin Ismâ’îl bin Yahyâ bin Salamah bin Kuhail telah bercerita kepada kami (kepada Ibnu Khuzaymah), dia (Ibrâhîm bin Ismâ’îl bin Yahyâ bin Salamah bin Kuhail) berkata: “Bapakku (Ismâ’îl bin Yahyâ) telah bercerita kepadaku (kepada Ibrâhîm bin Ismâ’îl bin Yahyâ bin Salamah bin Kuhail), dari bapaknya (Yahyâ bin Salamah bin Kuhail), dari Salamah bin Kuhail, dari Mush’ab bin Sa’d, dari Sa’d bin Abî Waqâsh, dia (Sa’d bin Abî Waqâsh) berkata: “Dahulu kami (para Sahabat) meletakkan kedua Tangan (ketika akan bersujud) sebelum kedua Lutut, maka kemudian beliau SAW. memerintahkan kami (para Sahabat) meletakkan kedua Lutut (untuk bersujud) sebelum kedua Tangan”. {HR. Ibnu Khuzaymah (Shahîh Ibn Khuzaymah: No. Hadis. 606 atau No. Hadis. 628). Al-Bayhaqî (as-Sunan al-Kubrâ li al-Bayhaqî: Juz. 2, halaman. 100, versi Maktabah Syâmilah)}.[1]


رَوَى أَبُوْ بَكْرِ بْنُ أَبِيْ شَيْبَةَ, عَنْ مُحَمَّدِ بْنِ فُضَيْل, عَنْ عَبْدِ اللهِ بْنِ سَعِيْدٍ, عَنْ جَدِّهِ, عَنْ أَبِى هُرَيْرَةَ, عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَنَّهُ قَالَ: إِذَا سَجَدَ أَحَدُكُمْ فَلْيَبْدَأْ بِرُكْبَتَيْهِ قَبْلَ يَدَيْهِ, وَلاَ يَبْرُكْ كَبُرُوْقِ الْفَحْلِ.
“Diriwayatkan oleh Abû Bakr bin Abî Syaibah, dari Muhammad bin Fudhail, dari ‘Abdullâh bin Sa’îd, dari kakeknya (Sa’îd bin Abî Sa’îd Kaysân), dari Abû Hurairah, dari Nabi SAW. beliau SAW. bersabda: “Apabila salah satu dari kalian (dari para Sahabat) bersujud, maka mulailah (ketika akan bersujud) dengan meletakkan kedua Lututnya sebelum kedua Tangannya; dan janganlah berderum seperti deruman Hewan jantan (Unta jantan)”. {HR. Abû Bakr bin Abî Syaibah (Al-Mushannaf Ibn Abî Syaibah: 2/102/1). Al-Bayhaqî (as-Sunan al-Kubrâ li al-Bayhaqî: Juz. 2, halaman. 100, versi Maktabah Syâmilah). Ath-Thahâwî (Syarh Musykil al-Âtsâr: 1/149-153)}.[2]





HADIS KEDUA:
حَدَّثَنَا سَعِيْدُ بْنُ مَنْصُوْرٍ, قَالَ: حَدَّثَنَا عَبْدُ الْعَزِيْزِ بْنُ مُحَمَّدٍ, قَالَ: حَدَّثَنِيْ مُحَمَّدُ بْنُ عَبْدِ اللهِ بْنِ حَسَنٍ, عَنْ أَبِيْ الزِّنَادِ, عَنِ الْأَعْرَجِ, عَنْ أَبِيْ هُرَيْرَةَ, قَالَ: قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: إِذَا سَجَدَ أَحَدُكُمْ فَلَا يَبْرُكْ كَمَا يَبْرُكُ الْبَعِيْرُ, وَلْيَضَعْ يَدَيْهِ قَبْلَ رُكْبَتَيْهِ.
“Sa’îd bin Manshûr telah bercerita kepada kami (kepada Abû Dâwud), dia (Sa’îd bin Manshûr) berkata: “‘Abdul ‘Azîz bin Muhammad telah bercerita kepada kami (kepada Sa’îd bin Manshûr), dia (‘Abdul ‘Azîz bin Muhammad) berkata: “Muhammad bin ‘Abdullâh bin Hasan telah bercerita kepada saya (kepada ‘Abdul ‘Azîz bin Muhammad), dari Abû az-Zinâd, dari al-A’raj, dari Abû Hurairah, dia (Abû Hurairah) berkata: “Rasûlullâh SAW. bersabda: “Apabila salah satu dari kalian bersujud, maka janganlah menderum sebagaimana deruman Onta; hendaknya meletakkan kedua tangan sebelum kedua lutut”.
{HR. Abû Dâwud (Sunan Abî Dâwud: No. Hadis: 714). An-Nasâ-î (Sunan an-Nasâ-î al-Kubrâ: No. Hadis. 1079). Ahmad bin Hanbal (Musnad al-Imâm Ahmad Ibn Hanbal: No. Hadis. 8598). Al-Hâkim (Al-Mustadrak ‘alâ ash-Shahîhayn li al-Hâkim: No. Hadis. 783). Ibnu Khuzaymah (Shahîh Ibn Khuzaymah: No. Hadis. 605). Ad-Dâruquthnî (Sunan ad-Dâruquthnî: No. Hadis. 1319 dan 1321). Al-Bayhaqî (as-Sunan al-Kubrâ li al-Bayhaqî: Juz. 2, halaman. 99-100, versi Maktabah Syâmilah). Ad-Dârimî (Sunan ad-Dârimî: No. Hadis. 1287 dan 1371)}.


KETERANGAN:
Hadis ini dishahihkan oleh: al-Hâfizh al-Hâkim dalam (Al-Mustadrak ‘alâ ash-Shahîhayn li al-Hâkim: No. Hadis. 783). Al-Hâfizh Ibnu Khuzaymah dalam (Shahîh Ibn Khuzaymah: No. Hadis. 605). Dan Al-Hâfizh Muhammad Nâshiruddîn al-Albânî dalam (Shahîh wa Dha’îf Sunan Abî Dâwud: No. 840).



PENJELASAN:
Di dalam Tuhfah al-Ahwadzî bi Syarh Jâmi’ at-Tirmidzî (No. Hadis: 249) atau (1/302) dikatakan: Al-Hâfizh Ibnu Saŷid an-Nâs, Ibnu Hajar al-‘Asqalânî, Ibnu at-Turkumânî, al-Qâdhî Abû Bakr bin al-‘Arabî berpendapat: “Hadis Abû Hurairah lebih kokoh dan kuat (atsbât) daripada Hadis Wâ-il bin Hujr, karena Hadis Abû Hurairah memiliki Syâhid (penguat) dari jalur sanad ‘Abdullâh bin ‘Umar, Hadis tersebut yaitu:
حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ عَمْرُو بْنُ تَمَامِ المِْصْرِيِّ، قَالَ: حَدَّثَنَا أَصْبَغُ بْنُ الْفَرَجِ، قَالَ: حَدَّثَنَا عَبْدُ الْعَزِيْزِ بْنُ مُحَمَّدٍ، عَنْ عُبَيْدِ اللهِ بْنِ عُمَرَ، عَنْ نَافِعٍ، عَنِ ابْنِ عُمَرَ، أَنَّهُ كَانَ يَضَعُ يَدَيْهِ قَبْلَ رُكْبَتَيْهِ. وَقَالَ: كَانَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَفْعَلُ ذَلِكَ.
“Muhammad bin ‘Amr bin Tamâm al-Mishrŷ telah bercerita kepada kami (kepada Ibnu Khuzaymah), dia (Muhammad bin ‘Amr bin Tamâm al-Mishrŷ) berkata: “Asbagh bin al-Faraj telah bercerita kepada kami (kepada Muhammad bin ‘Amr bin Tamâm al-Mishrŷ), dia (Asbagh bin al-Faraj) berkata: “‘Abdul ‘Azîz bin Muhammad telah bercerita kepada kami (kepada Asbagh bin al-Faraj), dari ‘Ubaidillâh bin ‘Umar, dari Nâfi’, dari ‘Abdullâh bin ‘Umar, sesungguhnya dia (‘Abdullâh bin ‘Umar) meletakkan kedua Tangannya (ketika akan bersujud) sebelum kedua Lututnya”. “Dia (‘Abdullâh bin ‘Umar) berkata: “Rasûlullâh SAW. melakukan hal itu”. {HR. Ibnu Khuzaymah (Shahîh Ibn Khuzaymah: No. Hadis. 605 atau 3/27). Al-Hâkim (Al-Mustadrak ‘alâ ash-Shahîhayn li al-Hâkim: No. Hadis. 783 atau 1/226). Ad-Dâruquthnî (Sunan ad-Dâruquthnî: No. Hadis. 131). Al-Bayhaqî (as-Sunan al-Kubrâ li al-Bayhaqî: Juz. 2, halaman. 100). Al-Hâzimî (Kitâb al-I’tibâr: No. 54)}.




KETERANGAN dan PENJELASAN (dari para Muhadditsîn[3]):
1.      Al-Hâfizh Ibnul Mundzir berkata: “Para ‘Ulamâ yang berpendapat bahwa “Meletakkan Kedua Lutut Terlebih Dahulu Daripada Kedua Tangan” yaitu: “‘Umar bin al-Khaththâb, ‘Abdullâh bin Mas’ûd, an-Nakha’î, Muslim bin Yasâr, Sufyân ats-Tsaurî, Abû Sulaimân al-Khaththâbî, Muhammad bin Ishâq, Imâm asy-Syâfi’î, Imâm Ahmad bin Hanbal, Imâm Abû Hanîfah dan para rekan-rekannya, Ibnu Taymiŷah, Ibnu Qaŷim al-Jauziŷah, serta Ahlu Kûfah”.[4]
2.      Al-Hâfizh Ibnul Mundzir melanjutkan perkataannya: “Sedangkan para ‘Ulamâ yang berpendapat bahwa “Meletakkan Kedua Tangan Terlebih Dahulu Daripada Kedua Lutut” yaitu: “al-Hâfizh al-Imâm Mâlik dan al-Auzâ‘î, Ibnu Saŷid an-Nâs, Ibnu Hajar al-‘Asqalânî, Ibnu at-Turkumânî, al-Qâdhî Abû Bakr bin al-‘Arabî”.[5]
3.      Hadis Abû Hurairah dan Hadis ‘Abdullâh bin ‘Umar adalah Hadis Dha’îf (lemah), karena banyak terdapat ‘illat (cacat) pada sanadnya. Al-Hâfizh Ahmad bin Hanbal berkata: “Apabila ‘Abdul ‘Azîz bin Muhammad bin ‘Ubaid bin Abî ‘Ubaid (ad-Darâwardŷ) bercerita dari hafalannya, maka ceritanya diragukan (kebenarannya). Al-Hâfizh Bukhârî berkata: “‘Janganlah diikuti Hadis-hadis yang diriwayatkan oleh Muhammad bin ‘Abdullâh bin Hasan. Saya (al-Hâfizh Bukhârî) tidak mengetahui apakah Muhammad bin ‘Abdullâh bin Hasan mendengar dari ‘Abdullâh bin Dzakwân Abû az-Zinâd (Abû az-Zinâd) atau tidak”. Al-Hâfizh Abû Zur’ah berkata: “‘Abdul ‘Azîz bin Muhammad bin ‘Ubaid bin Abî ‘Ubaid (ad-Darâwardŷ) hafalannya buruk dan lemah; ia (ad-Darâwardŷ) juga meriwayatkan sendirian saja dari Muhammad bin ‘Abdullâh bin Hasan”. Al-Hâfizh ad-Dâruquthnî berkata: “‘Abdul ‘Azîz bin Muhammad bin ‘Ubaid bin Abî ‘Ubaid (ad-Darâwardŷ) meriwayatkan sendirian saja dari Muhammad bin ‘Abdullâh bin Hasan”. Hamzah Kinânî: Hadis Abû Hurairah dan Hadis ‘Abdullâh bin ‘Umar adalah Hadis Munkar”.[6]




KESIMPULAN:
1.      Hadis Wâ-il bin Hujr lebih kokoh dan kuat (atsbât) daripada Hadis Abû Hurairah, karena Hadis Wâ-il bin Hujr memiliki 3 Syawâhid (penguat) dari jalur sanad Anas bin Mâlik, Sa’d bin Abî Waqâsh dan Abû Hurairah. Sedangkan Hadis Abû Hurairah hanya memiliki Syâhid (penguat) dari jalur sanad ‘Abdullâh bin ‘Umar saja.
2.      Hadis Wâ-il bin Hujr adalah Hadis Shahîh li Ghayrihi ataupun Hasan Lidzâtihi, karena dikuatkan dengan periwayatan-periwayatan dari jalur sanad lainnya (yaitu jalur sanad: Anas bin Mâlik, Sa’d bin Abî Waqâsh dan Abû Hurairah). Sedangkan Hadis Abû Hurairah dan Hadis ‘Abdullâh bin ‘Umar adalah Hadis Dha’îf (lemah), karena banyak terdapat ‘illat (cacat) pada sanadnya yang di-tajrîh-kan (dicacatkan) oleh: Al-Hâfizh Ahmad bin Hanbal berkata: “Apabila ‘Abdul ‘Azîz bin Muhammad bin ‘Ubaid bin Abî ‘Ubaid (ad-Darâwardŷ) bercerita dari hafalannya, maka ceritanya diragukan (kebenarannya). Al-Hâfizh Bukhârî berkata: “‘Janganlah diikuti Hadis-hadis yang diriwayatkan oleh Muhammad bin ‘Abdullâh bin Hasan. Saya (al-Hâfizh Bukhârî) tidak mengetahui apakah Muhammad bin ‘Abdullâh bin Hasan mendengar dari ‘Abdullâh bin Dzakwân Abû az-Zinâd (Abû az-Zinâd) atau tidak”. Al-Hâfizh Abû Zur’ah berkata: “‘Abdul ‘Azîz bin Muhammad bin ‘Ubaid bin Abî ‘Ubaid (ad-Darâwardŷ) hafalannya buruk dan lemah; ia (ad-Darâwardŷ) juga meriwayatkan sendirian saja dari Muhammad bin ‘Abdullâh bin Hasan”. Al-Hâfizh ad-Dâruquthnî berkata: “‘Abdul ‘Azîz bin Muhammad bin ‘Ubaid bin Abî ‘Ubaid (ad-Darâwardŷ) meriwayatkan sendirian saja dari Muhammad bin ‘Abdullâh bin Hasan”. Hamzah Kinânî: Hadis Abû Hurairah dan Hadis ‘Abdullâh bin ‘Umar adalah Hadis Munkar”.
3.      Hadis Abû Hurairah dan Hadis ‘Abdullâh bin ‘Umar bertentangan dengan pendapat mayoritas ‘Ulamâ, mereka yaitu: “‘Umar bin al-Khaththâb, ‘Abdullâh bin Mas’ûd, an-Nakha’î, Muslim bin Yasâr, Sufyân ats-Tsaurî, Abû Sulaimân al-Khaththâbî, Muhammad bin Ishâq, Imâm asy-Syâfi’î, Imâm Ahmad bin Hanbal, Imâm Abû Hanîfah dan para rekan-rekannya, Ibnu Taymiŷah, Ibnu Qaŷim al-Jauziŷah, serta Ahlu Kûfah”.


















[1] Al-Hâfizh Ibnu Hajar al-‘Asqalânî berkata dalam Fath al-Bârî bi Syarh Shahîh Bukhârînya (2/291): “Hadis ini (Hadis riwayat Ibnu Khuzaymah) seandainya shahîh maka diperselisihkan (dipertentangkan) sanadnya, karena Ibrâhîm bin Ismâ’îl bin Yahyâ bin Salamah bin Kuhail dan bapaknya (yaitu: Ismâ’îl bin Yahyâ bin Salamah bin Kuhail) mereka berdua dha’îf (lemah)”.

[2] Al-Hâfizh Ibnu Hajar al-‘Asqalânî berkata dalam Fath al-Bârî bi Syarh Shahîh Bukhârînya (2/291) atau (2/241): “Sanad Hadis (riwayat Abû Bakr bin Abî Syaibah) ini dha’îf (lemah)”.
Al-Hâfizh Ahmad bin Hanbal, Bukhârî dan ‘Amrû bin al-Fallâs berkata: “Hadis ‘Abdullâh bin Sa’îd bin Abî Sa’îd munkar dan matrûk”. Al-Hâfizh Yahyâ bin Ma’în berkata: “‘Abdullâh bin Sa’îd bin Abî Sa’îd tidak ada apa-apanya”. Al-Hâfizh Yahyâ bin Sa’îd al-Qaththân berkata: “Jelas sekali kebohongannya (kebohongan ‘Abdullâh bin Sa’îd bin Abî Sa’îd)”. Al-Hâfizh ad-Dâruquthnî berkata: “‘Abdullâh bin Sa’îd bin Abî Sa’îd sangat matrûk”. {Tuhfah al-Ahwadzî bi Syarh Jâmi’ at-Tirmidzî. (No. Hadis: 249) atau (1/302)}.

[3] Muhadditsîn yaitu: Orang yang hafal matan-matan hadis, mengetahui gharîb serta faqîh, hafal sanad, mengetahui ihwal para perawi, dapat membedakan atara yang shahîh dengan yang dha’îf, seorang penghimpun buku, penulis, pendengar, pencari sanad-sanad hadis, dan mengetahui sanad yang terpendek dari padanya. Contoh para Muhadditsîn: Imâm Mâlik, Imâm asy-Syâfi’î, Imâm Ahmad bin Hanbal, Imâm Bukhârî, Imâm Muslim, at-Tirmidzî, Abû Dâwud, an-Nasâ-î, Ibnu Mâjah, Ibnu Khuzaymah, Ibnu Hibbân, dan sebagainya.

[4] ‘Aun al-Ma’bûd Syarh Sunan Abî Dâwud. No. Hadis: 714-715 atau (2/339-340).

[5] Ibid.

[6] Tuhfah al-Ahwadzî bi Syarh Jâmi’ at-Tirmidzî. (No. Hadis: 249) atau (1/302).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar