TARJÎH HADIS-HADIS MENGENAI MELETAKKAN KEDUA LUTUT TERLEBIH DAHULU DARIPADA KEDUA
TANGAN KETIKA AKAN BERSUJUD
Oleh: Jati Sarwo Edi
HADIS PERTAMA:
حَدَّثَنَا الْحَسَنُ بْنُ عَلِيٍّ وَحُسَيْنُ بْنُ
عِيْسَى, قَالَا: حَدَّثَنَا يَزِيْدُ بْنُ هَارُوْنَ, قَالَ: أَخْبَرَنَا شَرِيْكٌ,
عَنْ عَاصِمِ بْنِ كُلَيْبٍ, عَنْ أَبِيْهِ, عَنْ وَائِلِ بْنِ حُجْرٍ, قَالَ: رَأَيْتُ
النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَا سَجَدَ وَضَعَ رُكْبَتَيْهِ قَبْلَ
يَدَيْهِ, وَإِذَا نَهَضَ رَفَعَ يَدَيْهِ قَبْلَ رُكْبَتَيْهِ. حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ
بْنُ مَعْمَرٍ, قَالَ: حَدَّثَنَا حَجَّاجُ بْنُ مِنْهَالٍ, قَالَ: حَدَّثَنَا هَمَّامٌ,
قَالَ: حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ جُحَادَةَ, عَنْ عَبْدِ الْجَبَّارِ بْنِ وَائِلٍ,
عَنْ أَبِيْهِ, أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَذَكَرَ حَدِيْثَ
الصَّلَاةِ, قَالَ: فَلَمَّا سَجَدَ, وَقَعَتَا رُكْبَتَاهُ إِلَى الْأَرْضِ قَبْلَ
أَنْ تَقَعَ كَفَّاهُ. قَالَ هَمَّامٌ: وَحَدَّثَنِيْ شَقِيْقٌ, قَالَ: حَدَّثَنِيْ
عَاصِمُ بْنُ كُلَيْبٍ, عَنْ أَبِيْهِ, عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ
بِمِثْلِ هَذَا, وَفِيْ حَدِيْثِ أَحَدِهِمَا وَأَكْبَرُ عِلْمِيْ أَنَّهُ فِيْ حَدِيْثِ
مُحَمَّدِ بْنِ جُحَادَةَ, وَإِذَا نَهَضَ نَهَضَ عَلَى رُكْبَتَيْهِ وَاعْتَمَدَ عَلَى
فَخِذِهِ.
“Hasan bin ‘Alî dan Husain bin ‘Îsâ telah
bercerita kepada kami (kepada Abû Dâwud), mereka berdua (Hasan bin ‘Alî dan
Husain bin ‘Îsâ) berkata: “Yazîd bin Hârûn telah bercerita kepada kami (kepada
Hasan bin ‘Alî dan Husain bin ‘Îsâ), dia (Yazîd bin Hârûn) berkata: “Syarîk
telah mengabarkan kepada kami (kepada Yazîd bin Hârûn), dari ‘Âshim bin Kulaib,
dari bapaknya (dari bapaknya ‘Âshim bin Kulaib, yaitu: Kulaib bin Syihâb bin
al-Majnûn), dari Wâ-il bin Hujr, dia (Wâ-il bin Hujr) berkata: “Saya melihat
Nabi SAW. apabila (akan) sujud meletakkan kedua Lututnya sebelum kedua
Tangannya, dan apabila bangkit (berdiri dari sujud) mengangkat kedua Tangannya
sebelum kedua Lututnya”.
“Muhammad bin Ma’mar telah bercerita kepada kami (kepada Abû
Dâwud), dia (Muhammad bin Ma’mar) berkata: “Hajjâj bin Minhâl telah bercerita
kepada kami (kepada Muhammad bin Ma’mar), dia (Hajjâj bin Minhâl) berkata:
“Hammâm telah bercerita kepada kami (kepada Hajjâj bin Minhâl), dia (Hammâm)
berkata: “Muhammad bin Juhâdah telah bercerita kepada kami (kepada Hammâm),
dari ‘Abdul Jabbâr bin Wâ-il, dari bapaknya (dari bapaknya ‘Abdul Jabbâr bin
Wâ-il, yaitu: Wâ-il bin Hujr), sesungguhnya Nabi SAW. menyebutkan Hadis tentang
Shalat, dia (Wâ-il bin Hujr) berkata: “Ketika beliau SAW. (akan) sujud, beliau
SAW. meletakkan kedua Lutut ke Tanah sebelum meletakkan kedua Telapak
Tangannya”.
“Hammâm berkata: “Syaqîq telah bercerita kepada saya (kepada Hammâm),
dia (Syaqîq) berkata: “‘Âshim bin Kulaib telah bercerita kepada saya (kepada Syaqîq),
dari bapaknya (dari bapaknya ‘Âshim bin Kulaib, yaitu: Kulaib bin Syihâb bin
al-Majnûn), dari Nabi SAW. sebagaimana Hadis ini; dan salah satu dari kedua
Hadis tersebut, yang paling kompeten ilmunya yaitu: “Hadis Muhammad bin
Juhâdah”, “Dan apabila beliau SAW. bangkit (bangun dari sujud), beliau SAW.
mengangkat kedua Lututnya, kemudian beliau SAW. menumpukan (kedua Tangan Nabi
SAW) di Pahanya”.
{HR. Abû Dâwud (Sunan Abî Dâwud: No. Hadis: 713). At-Tirmidzî (al-Jâmi’ ash-Shahîh Sunan at-Tirmidzî:
No. Hadis. 248). An-Nasâ-î (Sunan an-Nasâ-î al-Kubrâ: No. Hadis. 1077 dan 1142). Ibnu Mâjah (Sunan Ibn Mâjah: No. Hadis.
872). Al-Hâkim (Al-Mustadrak
‘alâ ash-Shahîhayn li al-Hâkim: No. Hadis. 785). Ibnu Khuzaymah (Shahîh Ibn
Khuzaymah: No. Hadis. 604 dan 607). Ibnu Hibbân (Shahîh Ibn Hibbân:
No. Hadis. 1946). Ad-Dâruquthnî (Sunan ad-Dâruquthnî: No. Hadis. 1323). Abû
Bakr bin Abî Syaibah (Al-Mushannaf Ibn Abî Syaibah: Juz. 1, halaman. 294-295, versi Maktabah Syâmilah). Al-Bayhaqî (as-Sunan al-Kubrâ li al-Bayhaqî: Juz. 2, halaman. 98, versi Maktabah Syâmilah). Ad-Dârimî (Sunan
ad-Dârimî: No. Hadis. 1286 dan 1370). Ath-Thahâwî (Syarh Musykil
al-Âtsâr: 1/150)}.
KETERANGAN:
Al-Hâfizh Ibnu Qaŷim al-Jauziŷah berkata dalam Ta’lîqât
al-Hâfizh Ibn Qaŷim al-Jauziŷahnya, ketika mensyarah (menerangkan/
menjelaskan) Hadis riwayat al-Hâfizh Abû Dâwud dalam Sunan Abî Dâwudnya:
No. Hadis. 713: “Hadis di atas (No. Hadis.
713) juga diriwayatkan oleh al-Hâfizh Muslim dan Jamâ’ah. Hadis di atas (No. Hadis.
713) dishahihkan oleh al-Hâfizh al-Hâkim (dan disepakati oleh al-Hâfizh
adz-Dzahabî); serta dishahihkan oleh al-Hâfizh Ibnu Khuzaymah dan Ibnu Hibbân”.
PENJELASAN:
Di dalam Tuhfah al-Ahwadzî bi Syarh Jâmi’
at-Tirmidzî (No. Hadis: 249) atau (1/302) dikatakan: “Al-Hâfizh Ibnu Taymiŷah, Ibnu Qaŷim al-Jauziŷah dan Abû
Sulaimân al-Khaththâbî berpendapat dalam “Al-Mu’âlimnya”: “Hadis Wâ-il
bin Hujr lebih kokoh dan kuat (atsbât) daripada Hadis Abû Hurairah, karena Hadis Wâ-il bin Hujr memiliki 3 Syawâhid (penguat) dari jalur
sanad Anas bin Mâlik, Sa’d bin Abî Waqâsh dan Abû Hurairah, Hadis-hadis
tersebut yaitu:
حَدَّثَنَا الْعَبَّاسُ بْنُ مُحَمَّدٍ,
قَالَ: حَدَّثَنَا الْعَلاَءُ بْنُ إِسْمَاعِيْلَ الْعَطَّارُ, قَالَ: حَدَّثَنَا حَفْصُ
بْنُ غِيَاثٍ, عَنْ عَاصِمٍ الأَحْوَلِ, عَنْ أَنَسٍ، قَالَ: رَأَيْتُ رَسُوْلَ اللهِ
صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَبَّرَ فَحَاذَى بِإِبْهَامَيْهِ أُذُنَيْهِ, ثُمَّ
رَكَعَ حَتَّى اسْتَقَرَّ كُلُّ مَفْصِلٍ مِّنْهُ، وَانْحَطَ بِالتَّكْبِيْرِ حَتَّى
سَبَقَتْ رُكْبَتَاهُ يَدَيْهِ. هَذَا إِسْنَادٌ صَحِيْحٌ عَلَى شَّرْطِ الشَّيْخَيْنِ،
وَلاَ أَعْرَفُ لَهُ عِلَّةً وَلَمْ يَخْرَجَاهُ.
“Al-‘Abbâs bin Muhammad telah bercerita kepada kami
(kepada al-Hâkim), dia (al-‘Abbâs bin Muhammad) berkata: “Al-‘Alâ’ bin
Ismâ’îl al-‘Aththâr telah bercerita kepada kami (kepada al-‘Abbâs bin Muhammad), dia (al-‘Alâ’ bin Ismâ’îl al-‘Aththâr) berkata:
Hafsh bin Ghiyâts telah bercerita kepada kami (kepada al-‘Alâ’ bin Ismâ’îl al-‘Aththâr), dari ‘Âshim al-Ahwal, dari Anas bin
Mâlik, dia (Anas bin Mâlik) berkata: “Saya (Anas bin Mâlik) melihat Rasûlullâh
SAW. bertakbir kedua Ibu Jarinya menyentuh kedua Telinganya, kemudian beliau
SAW. ruku’ hingga seluruh
persendiannya lurus, kemudian beliau SAW. turun dengan bertakbir (ketika akan bersujud) mendahulukan kedua Lutut (dari) kedua Tangannya”.
“Al-Hâfizh
al-Hâkim berkata: “Sanad Hadis ini shahîh menurut persyaratan Bukhârî-Muslim
(dan disepakati oleh al-Hâfizh adz-Dzahabî); dan mereka berdua (Bukhârî-Muslim)
tidak meriwayatkannya (tidak meriwayatkan sebagaimana Hadis yang diriwayatkan
oleh al-Hâkim). Dan saya (al-Hâkim) tidak mengetahui apakah ada ‘illat (cacat
sanad dan matan) dalam Hadisnya”.
{HR. Al-Hâkim (Al-Mustadrak
‘alâ ash-Shahîhayn li al-Hâkim: No. Hadis. 784). Ad-Dâruquthnî (Sunan ad-Dâruquthnî: No.
Hadis. 1324). Al-Bayhaqî (as-Sunan al-Kubrâ li al-Bayhaqî:
Juz. 2, halaman. 99, versi Maktabah Syâmilah). Al-Hâzimî
(Kitâb al-I’tibâr: No. 55). Ibnu Hazm (Al-Ahlâq wa as-Sîr fî Mudâwâh
an-Nufûs wa al-Mahallî bi al-Âtsâr: 4/129)}.
حَدَّثَنَا إِبْرَاهِيْمُ بْنُ إِسْمَاعِيْلَ بْنِ
يَحْيَى بْنِ سَلَمَةَ بْنِ كُهَيْلٍ، قَالَ: حَدَّثَنِيْ أَبِيْ، عَنْ أَبِيْهِ، عَنْ
سَلَمَةَ، عَنْ مُصْعَبِ بْنِ سَعْدٍ، عَنْ سَعْدٍ, قَالَ: كُنَّا نَضَعُ الْيَدَيْنِ
قَبْلَ الرُّكْبَتَيْنِ، فَأَمَرَنَا بِالرُّكْبَتَيْنِ قَبْلَ الْيَدَيْنِ.
“Ibrâhîm bin Ismâ’îl bin Yahyâ bin Salamah bin Kuhail
telah bercerita kepada kami (kepada Ibnu Khuzaymah), dia (Ibrâhîm bin Ismâ’îl
bin Yahyâ bin Salamah bin Kuhail) berkata: “Bapakku (Ismâ’îl bin Yahyâ) telah
bercerita kepadaku (kepada Ibrâhîm bin Ismâ’îl bin Yahyâ bin Salamah bin
Kuhail), dari bapaknya (Yahyâ bin Salamah bin Kuhail), dari Salamah bin Kuhail,
dari Mush’ab bin Sa’d, dari Sa’d bin Abî Waqâsh, dia (Sa’d bin Abî Waqâsh)
berkata: “Dahulu kami (para Sahabat) meletakkan kedua Tangan (ketika akan bersujud)
sebelum kedua Lutut, maka kemudian beliau SAW. memerintahkan kami (para
Sahabat) meletakkan kedua Lutut (untuk bersujud) sebelum kedua Tangan”. {HR.
Ibnu Khuzaymah (Shahîh Ibn Khuzaymah: No. Hadis. 606 atau No. Hadis. 628). Al-Bayhaqî (as-Sunan al-Kubrâ li al-Bayhaqî:
Juz. 2, halaman. 100, versi Maktabah Syâmilah)}.[1]
رَوَى
أَبُوْ بَكْرِ بْنُ أَبِيْ شَيْبَةَ, عَنْ مُحَمَّدِ بْنِ فُضَيْل, عَنْ عَبْدِ اللهِ
بْنِ سَعِيْدٍ, عَنْ جَدِّهِ, عَنْ أَبِى هُرَيْرَةَ, عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ
عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَنَّهُ قَالَ: إِذَا سَجَدَ أَحَدُكُمْ فَلْيَبْدَأْ بِرُكْبَتَيْهِ
قَبْلَ يَدَيْهِ, وَلاَ يَبْرُكْ كَبُرُوْقِ الْفَحْلِ.
“Diriwayatkan
oleh Abû Bakr bin Abî Syaibah, dari Muhammad bin Fudhail, dari ‘Abdullâh bin
Sa’îd, dari kakeknya (Sa’îd bin Abî Sa’îd Kaysân), dari Abû Hurairah, dari Nabi
SAW. beliau SAW. bersabda: “Apabila salah satu dari kalian (dari para Sahabat)
bersujud, maka mulailah (ketika akan bersujud)
dengan meletakkan kedua Lututnya sebelum kedua Tangannya; dan janganlah
berderum seperti deruman Hewan jantan (Unta jantan)”. {HR. Abû Bakr bin Abî Syaibah (Al-Mushannaf Ibn Abî Syaibah:
2/102/1). Al-Bayhaqî (as-Sunan al-Kubrâ li al-Bayhaqî:
Juz. 2, halaman. 100, versi Maktabah Syâmilah). Ath-Thahâwî (Syarh Musykil al-Âtsâr:
1/149-153)}.[2]
HADIS KEDUA:
حَدَّثَنَا سَعِيْدُ بْنُ مَنْصُوْرٍ, قَالَ: حَدَّثَنَا
عَبْدُ الْعَزِيْزِ بْنُ مُحَمَّدٍ, قَالَ: حَدَّثَنِيْ مُحَمَّدُ بْنُ عَبْدِ اللهِ
بْنِ حَسَنٍ, عَنْ أَبِيْ الزِّنَادِ, عَنِ الْأَعْرَجِ, عَنْ أَبِيْ هُرَيْرَةَ, قَالَ:
قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: إِذَا سَجَدَ أَحَدُكُمْ فَلَا
يَبْرُكْ كَمَا يَبْرُكُ الْبَعِيْرُ, وَلْيَضَعْ يَدَيْهِ قَبْلَ رُكْبَتَيْهِ.
“Sa’îd bin Manshûr telah bercerita kepada kami
(kepada Abû Dâwud), dia (Sa’îd bin Manshûr) berkata: “‘Abdul ‘Azîz bin Muhammad
telah bercerita kepada kami (kepada Sa’îd bin Manshûr), dia (‘Abdul ‘Azîz bin
Muhammad) berkata: “Muhammad bin ‘Abdullâh bin Hasan telah bercerita kepada
saya (kepada ‘Abdul ‘Azîz bin Muhammad), dari Abû az-Zinâd, dari al-A’raj, dari
Abû Hurairah, dia (Abû Hurairah) berkata: “Rasûlullâh SAW. bersabda: “Apabila
salah satu dari kalian bersujud, maka janganlah menderum sebagaimana deruman
Onta; hendaknya meletakkan kedua tangan sebelum kedua lutut”.
{HR. Abû Dâwud (Sunan Abî Dâwud: No. Hadis: 714). An-Nasâ-î (Sunan an-Nasâ-î al-Kubrâ:
No. Hadis. 1079). Ahmad bin Hanbal (Musnad al-Imâm Ahmad Ibn
Hanbal: No. Hadis. 8598). Al-Hâkim (Al-Mustadrak
‘alâ ash-Shahîhayn li al-Hâkim: No. Hadis. 783). Ibnu Khuzaymah (Shahîh Ibn
Khuzaymah: No. Hadis. 605). Ad-Dâruquthnî (Sunan ad-Dâruquthnî: No. Hadis. 1319
dan 1321). Al-Bayhaqî (as-Sunan al-Kubrâ li al-Bayhaqî: Juz. 2, halaman. 99-100, versi Maktabah Syâmilah). Ad-Dârimî (Sunan
ad-Dârimî: No. Hadis. 1287
dan 1371)}.
KETERANGAN:
Hadis ini dishahihkan oleh: al-Hâfizh al-Hâkim dalam (Al-Mustadrak
‘alâ ash-Shahîhayn li al-Hâkim: No. Hadis. 783). Al-Hâfizh Ibnu Khuzaymah dalam (Shahîh Ibn Khuzaymah: No. Hadis. 605). Dan Al-Hâfizh
Muhammad Nâshiruddîn al-Albânî dalam (Shahîh wa Dha’îf Sunan Abî Dâwud:
No. 840).
PENJELASAN:
Di dalam Tuhfah al-Ahwadzî bi Syarh Jâmi’
at-Tirmidzî (No. Hadis: 249) atau (1/302) dikatakan: “Al-Hâfizh Ibnu Saŷid an-Nâs, Ibnu Hajar al-‘Asqalânî,
Ibnu at-Turkumânî, al-Qâdhî Abû Bakr bin al-‘Arabî berpendapat: “Hadis
Abû Hurairah lebih kokoh dan kuat (atsbât) daripada Hadis Wâ-il bin Hujr, karena
Hadis Abû Hurairah memiliki Syâhid (penguat) dari jalur
sanad ‘Abdullâh bin ‘Umar, Hadis tersebut yaitu:
حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ عَمْرُو بْنُ تَمَامِ
المِْصْرِيِّ، قَالَ: حَدَّثَنَا أَصْبَغُ بْنُ الْفَرَجِ، قَالَ: حَدَّثَنَا عَبْدُ
الْعَزِيْزِ بْنُ مُحَمَّدٍ، عَنْ عُبَيْدِ اللهِ بْنِ عُمَرَ، عَنْ نَافِعٍ، عَنِ
ابْنِ عُمَرَ، أَنَّهُ كَانَ يَضَعُ يَدَيْهِ قَبْلَ رُكْبَتَيْهِ. وَقَالَ: كَانَ
رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَفْعَلُ ذَلِكَ.
“Muhammad bin ‘Amr bin Tamâm al-Mishrŷ telah bercerita kepada
kami (kepada Ibnu Khuzaymah), dia (Muhammad bin ‘Amr bin Tamâm al-Mishrŷ)
berkata: “Asbagh bin al-Faraj telah bercerita kepada kami (kepada Muhammad bin
‘Amr bin Tamâm al-Mishrŷ), dia (Asbagh bin al-Faraj) berkata: “‘Abdul ‘Azîz bin
Muhammad telah bercerita kepada kami (kepada Asbagh bin al-Faraj), dari
‘Ubaidillâh bin ‘Umar, dari Nâfi’, dari ‘Abdullâh bin ‘Umar, sesungguhnya dia (‘Abdullâh
bin ‘Umar) meletakkan kedua Tangannya (ketika akan bersujud) sebelum kedua
Lututnya”. “Dia (‘Abdullâh bin ‘Umar) berkata: “Rasûlullâh SAW. melakukan hal
itu”. {HR. Ibnu Khuzaymah (Shahîh Ibn Khuzaymah: No. Hadis. 605 atau 3/27). Al-Hâkim (Al-Mustadrak
‘alâ ash-Shahîhayn li al-Hâkim: No. Hadis. 783
atau 1/226). Ad-Dâruquthnî (Sunan ad-Dâruquthnî: No.
Hadis. 131). Al-Bayhaqî (as-Sunan al-Kubrâ li al-Bayhaqî:
Juz. 2, halaman. 100). Al-Hâzimî (Kitâb al-I’tibâr: No. 54)}.
1.
Al-Hâfizh Ibnul Mundzir berkata: “Para ‘Ulamâ yang
berpendapat bahwa “Meletakkan Kedua Lutut Terlebih
Dahulu Daripada Kedua Tangan” yaitu: “‘Umar
bin al-Khaththâb, ‘Abdullâh bin Mas’ûd, an-Nakha’î, Muslim bin Yasâr, Sufyân
ats-Tsaurî, Abû Sulaimân al-Khaththâbî, Muhammad bin Ishâq, Imâm asy-Syâfi’î,
Imâm Ahmad bin Hanbal, Imâm Abû Hanîfah dan para rekan-rekannya, Ibnu Taymiŷah,
Ibnu Qaŷim al-Jauziŷah, serta Ahlu Kûfah”.[4]
2.
Al-Hâfizh Ibnul Mundzir melanjutkan perkataannya: “Sedangkan
para ‘Ulamâ yang berpendapat bahwa “Meletakkan Kedua
Tangan Terlebih Dahulu Daripada Kedua Lutut” yaitu: “al-Hâfizh al-Imâm Mâlik dan al-Auzâ‘î, Ibnu Saŷid
an-Nâs, Ibnu Hajar al-‘Asqalânî, Ibnu at-Turkumânî, al-Qâdhî Abû Bakr bin
al-‘Arabî”.[5]
3.
Hadis Abû Hurairah dan Hadis ‘Abdullâh bin ‘Umar adalah Hadis Dha’îf (lemah), karena banyak terdapat ‘illat
(cacat) pada sanadnya. Al-Hâfizh Ahmad bin Hanbal berkata: “Apabila
‘Abdul ‘Azîz bin Muhammad bin ‘Ubaid bin Abî ‘Ubaid
(ad-Darâwardŷ) bercerita dari hafalannya, maka ceritanya diragukan
(kebenarannya)”. Al-Hâfizh Bukhârî berkata: “‘Janganlah
diikuti Hadis-hadis yang diriwayatkan oleh Muhammad bin ‘Abdullâh bin Hasan. Saya (al-Hâfizh Bukhârî) tidak
mengetahui apakah Muhammad bin ‘Abdullâh bin Hasan mendengar dari ‘Abdullâh bin
Dzakwân Abû az-Zinâd (Abû az-Zinâd) atau tidak”. Al-Hâfizh Abû Zur’ah berkata: “‘Abdul ‘Azîz
bin Muhammad bin ‘Ubaid bin Abî ‘Ubaid (ad-Darâwardŷ) hafalannya buruk dan
lemah; ia (ad-Darâwardŷ) juga meriwayatkan sendirian saja dari Muhammad bin ‘Abdullâh bin Hasan”. Al-Hâfizh ad-Dâruquthnî berkata: “‘Abdul ‘Azîz
bin Muhammad bin ‘Ubaid bin Abî ‘Ubaid (ad-Darâwardŷ) meriwayatkan sendirian saja
dari Muhammad bin
‘Abdullâh bin Hasan”. Hamzah Kinânî: “Hadis Abû Hurairah dan Hadis ‘Abdullâh bin ‘Umar adalah Hadis Munkar”.[6]
KESIMPULAN:
1.
Hadis Wâ-il bin Hujr lebih kokoh dan kuat (atsbât) daripada
Hadis Abû Hurairah, karena Hadis Wâ-il bin Hujr memiliki 3 Syawâhid
(penguat) dari jalur sanad Anas bin Mâlik, Sa’d bin Abî Waqâsh dan Abû Hurairah. Sedangkan Hadis Abû Hurairah hanya memiliki Syâhid (penguat) dari jalur sanad ‘Abdullâh bin ‘Umar saja.
2.
Hadis Wâ-il bin Hujr adalah
Hadis Shahîh li Ghayrihi ataupun Hasan Lidzâtihi, karena
dikuatkan dengan periwayatan-periwayatan dari jalur sanad lainnya (yaitu jalur
sanad: Anas bin Mâlik, Sa’d bin Abî Waqâsh dan Abû Hurairah). Sedangkan Hadis Abû Hurairah dan Hadis ‘Abdullâh bin ‘Umar adalah Hadis Dha’îf
(lemah), karena banyak terdapat ‘illat (cacat) pada sanadnya yang di-tajrîh-kan
(dicacatkan) oleh: Al-Hâfizh Ahmad bin Hanbal berkata: “Apabila ‘Abdul ‘Azîz bin Muhammad bin ‘Ubaid
bin Abî ‘Ubaid (ad-Darâwardŷ) bercerita dari hafalannya, maka ceritanya
diragukan (kebenarannya)”. Al-Hâfizh Bukhârî berkata: “‘Janganlah
diikuti Hadis-hadis yang diriwayatkan oleh Muhammad bin ‘Abdullâh bin Hasan. Saya (al-Hâfizh Bukhârî) tidak
mengetahui apakah Muhammad bin ‘Abdullâh bin Hasan mendengar dari ‘Abdullâh bin
Dzakwân Abû az-Zinâd (Abû az-Zinâd) atau tidak”. Al-Hâfizh Abû Zur’ah berkata: “‘Abdul ‘Azîz bin Muhammad bin ‘Ubaid
bin Abî ‘Ubaid (ad-Darâwardŷ) hafalannya buruk dan lemah; ia (ad-Darâwardŷ) juga
meriwayatkan sendirian saja dari Muhammad
bin ‘Abdullâh bin Hasan”. Al-Hâfizh ad-Dâruquthnî berkata: “‘Abdul ‘Azîz
bin Muhammad bin ‘Ubaid bin Abî ‘Ubaid (ad-Darâwardŷ) meriwayatkan sendirian saja
dari Muhammad bin
‘Abdullâh bin Hasan”. Hamzah Kinânî: “Hadis Abû Hurairah dan Hadis ‘Abdullâh bin ‘Umar adalah Hadis Munkar”.
3.
Hadis Abû Hurairah dan Hadis ‘Abdullâh bin ‘Umar bertentangan dengan
pendapat mayoritas ‘Ulamâ, mereka yaitu: “‘Umar bin al-Khaththâb,
‘Abdullâh bin Mas’ûd, an-Nakha’î, Muslim bin Yasâr, Sufyân ats-Tsaurî, Abû
Sulaimân al-Khaththâbî, Muhammad bin Ishâq, Imâm asy-Syâfi’î, Imâm Ahmad bin
Hanbal, Imâm Abû Hanîfah dan para rekan-rekannya, Ibnu Taymiŷah, Ibnu Qaŷim
al-Jauziŷah, serta Ahlu Kûfah”.
[1] Al-Hâfizh Ibnu Hajar
al-‘Asqalânî berkata dalam Fath al-Bârî bi Syarh Shahîh Bukhârînya (2/291):
“Hadis ini (Hadis riwayat Ibnu Khuzaymah) seandainya shahîh maka
diperselisihkan (dipertentangkan) sanadnya, karena Ibrâhîm bin Ismâ’îl bin
Yahyâ bin Salamah bin Kuhail dan bapaknya (yaitu: Ismâ’îl bin Yahyâ bin Salamah
bin Kuhail) mereka berdua dha’îf (lemah)”.
[2] Al-Hâfizh Ibnu Hajar
al-‘Asqalânî berkata dalam Fath al-Bârî bi Syarh Shahîh Bukhârînya
(2/291) atau (2/241): “Sanad Hadis (riwayat Abû Bakr bin Abî Syaibah) ini dha’îf
(lemah)”.
Al-Hâfizh Ahmad bin
Hanbal, Bukhârî dan ‘Amrû bin al-Fallâs berkata: “Hadis ‘Abdullâh bin Sa’îd
bin Abî Sa’îd munkar dan matrûk”. Al-Hâfizh Yahyâ bin Ma’în berkata:
“‘Abdullâh bin Sa’îd bin Abî Sa’îd tidak ada apa-apanya”. Al-Hâfizh
Yahyâ bin Sa’îd al-Qaththân berkata: “Jelas sekali kebohongannya (kebohongan
‘Abdullâh bin Sa’îd bin Abî Sa’îd)”. Al-Hâfizh ad-Dâruquthnî
berkata: “‘Abdullâh bin Sa’îd bin Abî Sa’îd sangat matrûk”. {Tuhfah
al-Ahwadzî bi Syarh Jâmi’ at-Tirmidzî. (No. Hadis: 249) atau (1/302)}.
[3] Muhadditsîn yaitu: Orang yang
hafal matan-matan hadis, mengetahui gharîb serta faqîh,
hafal sanad, mengetahui ihwal para perawi, dapat membedakan atara yang shahîh
dengan yang dha’îf, seorang penghimpun buku, penulis, pendengar,
pencari sanad-sanad hadis, dan mengetahui sanad yang terpendek
dari padanya. Contoh para Muhadditsîn: Imâm Mâlik, Imâm asy-Syâfi’î,
Imâm Ahmad bin Hanbal, Imâm Bukhârî, Imâm Muslim, at-Tirmidzî, Abû Dâwud,
an-Nasâ-î, Ibnu Mâjah, Ibnu Khuzaymah, Ibnu Hibbân, dan sebagainya.
[4] ‘Aun al-Ma’bûd Syarh Sunan Abî Dâwud. No. Hadis: 714-715 atau (2/339-340).
[5] Ibid.
[6] Tuhfah al-Ahwadzî bi Syarh Jâmi’ at-Tirmidzî. (No. Hadis: 249) atau (1/302).
Tidak ada komentar:
Posting Komentar