SUJUD
SYUKUR
Oleh:
Jati Sarwo Edi
A. Definisi Sujud Syukur
Sujud Syukur secara etimologi berasal
dari kata bahasa 'Arab (سَجَدَ) dan (شَكَرَ), yang
bermakna: "Bersujud dan bersyukur (berterima kasih) kepada Allâh SWT".
Sedangkan Sujud Syukur secara
terminologi bermakna: "Mengerjakan Sujud Syukur karena mendapatkan suatu
nikmat (mendapatkan sesuatu yang membahagiakan maupun diberi kabar gembira),
atau terhindar dari suatu bahaya ".
B. Dalil-dalil mengenai Sujud Syukur
As-Saŷid
Sâbiq berkata dalam Fiqh as-Sunnahnya (Juz. 2, halaman: 95): "Jumhûr
'Ulamâ bersepakat (berijma') bahwa mengerjakan Sujud Syukur bagi siapa saja
yang mendapatkan suatu nikmat (mendapatkan sesuatu yang membahagiakan maupun
diberi kabar gembira), atau terhindar dari suatu bahaya, hukumnya SUNNAH".
Adapun
dalil-dalil mengenai Sujud Syukur sebagaimana di bawah ini:
Al-Hâfizh al-Hâkim meriwayatkan
dalam al-Mustadrak 'alâ ash-Shahîhaynya (No. Hadis: 1025):
أَخْبَرَنَا أَبُو
الْحُسَيْنِ مُحَمَّدُ بْنُ أَحْمَدَ بْنِ تَمِيْمٍ الْقَنْطَرِيُّ بِبَغْدَادَ، قَالَ:
حَدَّثَنَا أَبُوْ قِلَابَةَ الرَّقَاشِيُّ، قَالَ: حَدَّثَنَا أَبُوْ عَاصِمٍ،
وَحَدَّثَنِيْ مُحَمَّدُ بْنُ صَالِحِ بْنِ هَانِئٍ، قَالَ: حَدَّثَنَا السَّرِيُّ
بْنُ خُزَيْمَةَ، قَالَ: حَدَّثَنَا أَبُوْ سَلَمَةَ مُوْسَى بْنُ إِسْمَاعِيْلَ،
وَحَدَّثَنَا أَبُوْ بَكْرٍ مُحَمَّدُ بْنُ أَحْمَدَ بْنِ بَالَوَيْهِ, قَالَ:
حَدَّثَنَا أَحْمَدُ بْنُ عَلِيٍّ الْخَزَّازُ، قَالَ: حَدَّثَنَا خَالِدُ بْنُ
خِدَاشٍ, قَالُوْا: حَدَّثَنَا بَكَّارُ بْنُ عَبْدِ الْعَزِيْزِ بْنِ أَبِيْ
بَكْرَةَ، عَنْ أَبِيْهِ، عَنْ أَبِيْ بَكْرَةَ، قَالَ: كَانَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى
اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَا أَتَاهُ أَمْرٌ يَسُرُّهُ، أَوْ يُسَرُّ بِهِ،
خَرَّ سَاجِدًا شُكْرًا لِلَّهِ عَزَّ وَجَلَّ.
قَالَ الْحَاكِمُ: هَذَا
حَدِيْثٌ صَحِيْحٌ، وَإِنْ لَّمْ يُخَرِّجَاهُ. فَوَافَقَهُ الذَّهَبِيْ.
"Abû al-Husain Muhammad bin Ahmad bin Tamîm al-Qantharŷ telah
mengabarkan kami (mengabarkan al-Hâkim), dia (Abû al-Husain Muhammad bin Ahmad
bin Tamîm al-Qantharŷ) berkata: "Abû Qilâbah ar-Raqâsŷ telah bercerita
kepada kami (kepada Abû al-Husain Muhammad bin Ahmad bin Tamîm al-Qantharŷ),
dia (Abû Qilâbah ar-Raqâsŷ) berkata: "Abû 'Âshim telah bercerita kepada
kami (kepada Abû Qilâbah ar-Raqâsŷ), dia (Abû 'Âshim) berkata: "Dan Abû
Bakr Muhammad bin Ahmad bin Bâlawaih telah bercerita kepada kami (kepada Abû
'Âshim), dia (Abû Bakr Muhammad bin Ahmad bin Bâlawaih) berkata: "Ahmad
bin 'Alî bin al-Khazzâz telah bercerita kepada kami (kepada Abû Bakr Muhammad
bin Ahmad bin Bâlawaih), dia (Ahmad bin 'Alî bin al-Khazzâz) berkata:
"Khâlid bin Khidâsy telah bercerita kepada kami (kepada Ahmad bin 'Alî bin
al-Khazzâz), mereka (Abû Bakr Muhammad bin Ahmad bin Bâlawaih, Ahmad bin 'Alî
bin al-Khazzâz, dan Khâlid bin Khidâsy) berkata: "Bakkâr bin 'Abdul 'Azîz
bin Abî Bakrah telah bercerita kepada kami (kepada Abû Bakr Muhammad bin Ahmad
bin Bâlawaih, Ahmad bin 'Alî bin al-Khazzâz, dan Khâlid bin Khidâsy), dari
bapaknya (namanya yaitu: 'Abdul 'Azîz bin Abî Bakrah Nafî' bin al-Hârits), dari
Abî Bakrah (nama sebenarnya yaitu: Nafî' bin al-Hârits bin Kiladah), dia (Nafî'
bin al-Hârits bin Kiladah) berkata: "Rasûlullâh SAW. apabila mendapatkan
sesuatu yang disenangi atau diberi kabar gembira, maka bersegera tunduk BERSUJUD
SYUKUR kepada Allâh SWT".
"Al-Hâfizh al-Hâkim berkata: "Hadis ini berkualitas shahîh, walaupun
al-Hâfizh al-Bukhârî dan Muslim tidak meriwayatkan sebagaimana periwayatan
al-Hâfizh al-Hâkim. Dan disetujui oleh al-Hâfizh adz-Dzahabî". {HR. Al-Hâkim dalam al-Mustadrak ‘alâ
ash-Shahîhaynnya (No. Hadis: 1025). At-Tirmidzî dalam al-Jâmi’ ash-Shahîh Sunan
at-Tirmidzînya (No. Hadis: 1503).
Abû Dâwud dalam Sunan Abî Dâwudnya (No. Hadis: 2393 dan 2394). Ibnu Mâjah dalam Sunan Ibn Mâjahnya (No. Hadis: 1384). Ad-Dâraquthnî dalam Sunan ad-Dâraquthnînya (No. Hadis: 1529). Dan
al-Bayhaqî dalam as-Sunan al-Kubrânya (No. Hadis: 3934 dan 3935)}.[1]
Al-Hâfizh al-Bayhaqî meriwayatkan dalam as-Sunan
al-Kubrânya (No. Hadis: 3932):
أَخْبَرَنَا
أَبُوْ عَبْدِ اللهِ الْحَافِظُ، قَالَ: حَدَّثَنَا أَبُوْ إِسْحَاقَ إِبْرَاهِيْمُ
بْنُ مُحَمَّدِ بْنِ يَحْيَى الْمُزَكِّيْ, أَنْبَأَنَا أَبُوْ عَبْدِ اللهِ
أَحْمَدُ بْنُ عَلِيٍّ الْجَوْزَجَانِيُّ, قَالَ: حَدَّثَنَا أَبُوْ عُبَيْدَةَ
بْنُ أَبِيْ السَّفَرِ. ح. وَأَخْبَرَنَا أَبُوْ عَمْرٍو الْأَدِيْبُ، أَنْبَأَنَا
أَبُوْ بَكْرٍ الْإِسْمَاعِيْلِيُّ، أَخْبَرَنِيْ عَبْدُ اللهِ بْنُ زِيْدَانَ،
وَمُحَمَّدُ بْنُ إِبْرَاهِيْمَ بْنِ مُحَمَّدِ بْنِ خَالِدٍ أَبُوْ جَعْفَرٍ
الْقَمَّاطُ الْكُوْفِيَّانِ, قَالَا: حَدَّثَنَا أَبُوْ عُبَيْدَةَ بْنُ أَبِيْ
السَّفَرِ, قَالَ: سَمِعْتُ إِبْرَاهِيْمَ بْنَ يُوْسُفَ بْنِ أَبِيْ إِسْحَاقَ، عَنْ
أَبِيْهِ، عَنْ أَبِيْ إِسْحَاقَ، عَنِ الْبَرَاءِ, قَالَ: بَعَثَ النَّبِيُّ
صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ خَالِدَ بْنَ الْوَلِيْدِ إِلَى الْيَمَنِ,
يَدْعُوْهُمْ إِلَى الْإِسْلَامِ. فَذَكَرَ الْحَدِيْثَ فِيْ بَعْثِهِ عَلِيًّا،
وَإِقْفَالِهِ خَالِدًا، ثُمَّ فِي إِسْلَامِ هَمْدَانَ. قَالَ: فَكَتَبَ عَلِيٌّ
رَضِيَ اللهُ عَنْهُ إِلَى رَسُوْلِ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ
بِإِسْلَامِهِمْ، فَلَمَّا قَرَأَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ
الْكِتَابَ خَرَّ سَاجِدًا، ثُمَّ رَفَعَ رَأْسَهُ، فَقَالَ: السَّلَامُ عَلَى
هَمْدَانَ, السَّلَامُ عَلَى هَمْدَانَ.
قَالَ
الْبَيْهَقِيْ: أَخْرَجَ الْبُخَارِيُّ صَدْرَ هَذَا الْحَدِيْثِ، عَنْ أَحْمَدَ
بْنِ عُثْمَانَ، عَنْ شُرَيْحِ بْنِ مَسْلَمَةَ، عَنْ إِبْرَاهِيْمَ بْنِ يُوْسُفَ،
فَلَمْ يَسُقْهُ بِتَمَامِهِ، وَسُجُوْدُ الشُّكْرِ فِيْ تَمَامِ الْحَدِيْثِ.
صَحِيْحٌ عَلَى شَرْطِهِ.
"(SANAD
PERTAMA) al-Bukhârî telah mengabarkan kami (mengabarkan al-Bayhaqî), dia (al-Bukhârî)
berkata: "Abû Ishâq Ibrâhîm bin Muhammad bin Yahyâ al-Muzakkî telah
bercerita kepada kami (kepada al-Bukhârî), dia (Abû Ishâq Ibrâhîm bin Muhammad
bin Yahyâ al-Muzakkî) berkata: "Abû 'Abdullâh Ahmad bin 'Alî al-Jauzajânŷ
telah memberitakan kami (memberitakan Abû Ishâq Ibrâhîm bin Muhammad bin Yahyâ
al-Muzakkî), dia (Abû 'Abdullâh Ahmad bin 'Alî al-Jauzajânŷ) berkata: "Abû
'Ubaidah bin Abî as-Safar telah bercerita kepada kami (kepada Abû 'Abdullâh
Ahmad bin 'Alî al-Jauzajânŷ)". (SANAD KEDUA) "Abû 'Amrû al-Adîb telah
mengabarkan kami (mengabarkan al-Bayhaqî), dia (Abû 'Amrû al-Adîb) berkata:
"Abû Bakr al-Ismâ'îlŷ telah memberitakan kami (memberitakan Abû 'Amrû
al-Adîb), dia (Abû Bakr al-Ismâ'îlŷ) berkata: "'Abdullâh bin Zîdân dan
Muhammad bin Ibrâhîm bin Muhammad bin Khâlid Abû Ja'far al-Qammâth al-Kûfiŷân
telah mengabarkan saya (mengabarkan Abû Bakr al-Ismâ'îlŷ), mereka berdua ('Abdullâh
bin Zîdân dan Muhammad bin Ibrâhîm bin Muhammad bin Khâlid Abû Ja'far
al-Qammâth al-Kûfiŷân) berkata: "Abû 'Ubaidah bin Abî as-Safar telah
bercerita kepada kami (kepada 'Abdullâh bin Zîdân dan Muhammad bin Ibrâhîm bin
Muhammad bin Khâlid Abû Ja'far al-Qammâth al-Kûfiŷân), dia (Abû 'Ubaidah bin
Abî as-Safar) berkata: "Saya (Abû 'Ubaidah bin Abî as-Safar) telah
mendengar Ibrâhîm bin Yûsuf bin Ishâq bin Abî Ishâq, dari bapaknya (namanya
yaitu: Yûsuf bin Ishâq bin Abî Ishâq), dari Abû Ishâq (nama sebenarnya yaitu: 'Amrû
bin 'Abdullâh bin 'Ubaid), dari al-Barâ bin 'Âzib, dia (al-Barâ bin 'Âzib)
berkata: "Nabi SAW. pernah mengutus Khâlid bin al-Walîd ke Yaman, untuk
menyeru mereka (menyeru penduduk Yaman untuk) memeluk agama Islâm. Maka dia (al-Barâ
bin 'Âzib) menyebutkan Hadis mengenai diutusnya 'Alî bin Abî Thâlib, berakhirnya
pengutusan Khâlid bin al-Walîd, serta mengenai masuk Islâmnya Suku Hamdân
(penduduk Yaman). Dia (al-Barâ bin 'Âzib) berkata: "Maka 'Alî bin Abî
Thâlib menulis (dan mengirim) Surat mengenai masuk Islâmnya Suku Hamdân (penduduk
Yaman) kepada Rasûlullâh SAW; tatkala Rasûlullâh SAW. membaca Surat itu, beliau
SAW. BERSUJUD SYUKUR. Kemudian beliau SAW. mengangkat Kepalanya, seraya
berkata: "Selamat sejahtera atas Suku Hamdân (penduduk Yaman), selamat
sejahtera atas Suku Hamdân (penduduk Yaman)".
"Al-Hâfizh al-Bayhaqî berkata: "Sumber Hadis ini telah
ditakhrîj oleh al-Hâfizh al-Bukhârî melalui jalur sanad Ahmad bin 'Utsmân, dari
Syuraih bin Maslamah, dari Ibrâhîm bin Yûsuf; dan beliau (al-Hâfizh al-Bukhârî)
tidak menyebutkan di dalam periwayatannya secara lengkap, dan di akhir Hadisnya
(Hadis riwayat al-Hâfizh al-Bukhârî) disebutkan mengenai SUJUD SYUKUR. Serta
Hadis yang al-Hâfizh al-Bukhârî riwayatkan berkualitas Shahîh menurut
persyaratan al-Hâfizh al-Bukhârî".
{HR. Al-Bayhaqî
dalam as-Sunan al-Kubrânya (No. Hadis: 3932). Dan dalam Ma'rifah
as-Sunan wa al-Âtsârnya (No. Hadis: 4744)}.[2]
Al-Imâm al-Hâfizh Ahmad bin Hanbal meriwayatkan
dalam Musnad al-Imâm Ahmad Ibn Hanbalnya (No. Hadis: 1575):
حَدَّثَنَا أَبُوْ سَعِيْدٍ
مَوْلَى بَنِيْ هَاشِمٍ, قَالَ: حَدَّثَنَا سُلَيْمَانُ بْنُ بِلَالٍ, قَالَ: حَدَّثَنَا
عَمْرُو بْنُ أَبِيْ عَمْرٍو, عَنْ عَبْدِ الْوَاحِدِ بْنِ مُحَمَّدِ بْنِ عَبْدِ الرَّحْمَنِ
بْنِ عَوْفٍ, عَنْ عَبْدِ الرَّحْمَنِ بْنِ عَوْفٍ, قَالَ: خَرَجَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى
اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ, فَتَوَجَّهَ نَحْوَ صَدَقَتِهِ. فَدَخَلَ فَاسْتَقْبَلَ
الْقِبْلَةَ فَخَرَّ سَاجِدًا, فَأَطَالَ السُّجُوْدَ حَتَّى ظَنَنْتُ أَنَّ اللهَ
عَزَّ وَجَلَّ قَدْ قَبَضَ نَفْسَهُ فِيْهَا. فَدَنَوْتُ مِنْهُ, فَجَلَسْتُ فَرَفَعَ
رَأْسَهُ, فَقَالَ: مَنْ هَذَا؟. قُلْتُ: عَبْدُ الرَّحْمَنِ. قَالَ: مَا شَأْنُكَ؟.
قُلْتُ: يَا رَسُوْلَ اللهِ, سَجَدْتَ سَجْدَةً خَشِيْتُ أَنْ يَّكُوْنَ اللهَ عَزَّ
وَجَلَّ قَدْ قَبَضَ نَفْسَكَ فِيْهَا. فَقَالَ: إِنَّ جِبْرِيْلَ عَلَيْهِ السَّلَامُ
أَتَانِيْ فَبَشَّرَنِيْ. فَقَالَ: إِنَّ اللهَ عَزَّ وَجَلَّ يَقُوْلُ: مَنْ صَلَّى
عَلَيْكَ, صَلَّيْتُ عَلَيْهِ. وَمَنْ سَلَّمَ عَلَيْكَ, سَلَّمْتُ عَلَيْهِ. فَسَجَدْتُ
لِلَّهِ عَزَّ وَجَلَّ شُكْرًا.
"Abû
Sa'îd Maulâ Banî Hâsyim (nama sebenarnya yaitu: 'Abdurrahmân bin 'Abdullâh bin
'Ubaid Maulâ Banî Hâsyim) telah bercerita kepada kami (kepada Ahmad bin Hanbal),
dia (Abû Sa'îd Maulâ Banî Hâsyim) berkata: "Sulaimân bin Bilâl telah
bercerita kepada kami (kepada Abû Sa'îd Maulâ Banî Hâsyim), dia (Sulaimân bin
Bilâl) berkata: "'Amrû bin Abî 'Amrû (nama lengkapnya yaitu: 'Amrû bin Abî
'Amrû Maysarah Maulâ al-Muthallib bin Hanthab) telah bercerita kepada kami
(kepada Sulaimân bin Bilâl), dari 'Abdul Wâhid bin Muhammad bin 'Abdurrahmân
bin 'Auf, dari 'Abdurrahmân bin 'Auf, dia ('Abdurrahmân bin 'Auf) berkata:
"Rasûlullâh SAW. pernah keluar menuju Tempat Shalat. Kemudian beliau SAW.
memasuki Tempat Shalat tersebut dan menghadap Qiblat, lalu beliau SAW. BERSUJUD
SYUKUR dan memanjangkan sujudnya, hingga saya ('Abdurrahmân bin 'Auf) mengira
Allâh SWT. telah mengambil nyawanya (telah mengambil nyawa Nabi SAW.) di dalam
Tempat Shalat itu. Kemudian saya ('Abdurrahmân bin 'Auf) mendekati dan duduk di
dekat Nabi SAW. lalu beliau SAW. mengangkat Kepalanya seraya berkata: "Siapa
ini?". Saya ('Abdurrahmân bin 'Auf) menjawab: "'Abdurrahmân bin
'Auf". Beliau SAW. berkata: "Ada keperluan apa?". Saya ('Abdurrahmân
bin 'Auf) berkata: "Wahai Rasûlullâh SAW; anda tadi bersujud dengan lama,
saya ('Abdurrahmân bin 'Auf) khawatir (takut) Allâh SWT. telah mengambil nyawa
anda di Tempat Shalat itu". Beliau SAW. berkata: "Sesungguhnya
(Malaikat) Jibrîl telah datang dan menyampaikan kabar gembira kepadaku (kepada
Nabi SAW). (Malaikat) Jibrîl berkata: "Allâh SWT. yang Maha Perkasa lagi
Maha Mulia berfirman: "Siapa yang bershalawat kepadamu (kepada Nabi SAW);
maka Aku (Allâh SWT.) akan memberikan berkah dan rahmat kepadanya. Dan
barangsiapa yang (membaca dan mengucapkan) salam kepadamu (kepada Nabi SAW); maka
Aku (Allâh SWT.) akan memberinya keselamatan". (Oleh karena itu), saya (Nabi
SAW.) BERSUJUD SYUKUR kepada Allâh yang Maha Perkasa lagi Maha Mulia". {HR. Ahmad bin Hanbal dalam Musnad al-Imâm Ahmad
Ibn Hanbalnya (No. Hadis: 1575). Al-Hâkim dalam al-Mustadrak ‘alâ
ash-Shahîhaynnya (No. Hadis: 2019). Al-Bayhaqî
dalam as-Sunan al-Kubrânya (No. Hadis: 3937). Ibnu 'Asâkir dalam Mu'jam
asy-Syuyûkhnya (No. Hadis: 342). Dan 'Abd bin Humaid dalam al-Muntakhab
min Musnad 'Abd bin Humaidnya (No. Hadis: 157)}.[3]
C. Kesimpulan
Sujud Syukur
bersifat umum, dan tidak dapat dikhususkan baik dalam praktek 'Ibadah tertentu
maupun dalam hal-hal tertentu. Contoh: Sujud Syukur tidak dapat dikhususkan
bagi seorang suami maupun isteri yang bersujud syukur karena baru saja
dikaruniai anak (Bayi). Akan tetapi Sujud Syukur boleh dikerjakan dalam semua
hal "karena mendapatkan suatu nikmat (mendapatkan
sesuatu yang membahagiakan maupun diberi kabar gembira), atau terhindar dari
suatu bahaya".
[1] Hadis riwayat al-Hâfizh al-Hâkim di atas berkualitas shahîh, karena semua
perawinya tsiqqah (kredibel ke-‘âdl-an dan ke-dhabith-annya).
Hadis riwayat al-Hâfizh al-Hâkim ini di-shahîh-kan oleh: al-Hâfizh
adz-Dzahabî dalam at-Ta'lîq min Talkhîsh adz-Dzahabî (No. Hadis: 1025). Dan al-Hâfizh al-Hâkim dalam al-Mustadrak ‘alâ ash-Shahîhaynnya
(No. Hadis: 1025). Dan dinilai Hasan Gharîb oleh: al-Hâfizh at-Tirmidzî dalam al-Jâmi’ ash-Shahîh Sunan
at-Tirmidzînya (No. Hadis: 1503). Serta dinilai Hasan oleh:
al-Hâfizh Muhammad Nâshiruddîn al-Albânî dalam Shahîh al-Jâmi'
ash-Shaghîr wa Ziyâdâtihinya (No: 4701).
Hadis riwayat al-Hâfizh
al-Hâkim di atas memiliki syawâhid (penguat-penguat) yang banyak, sebagaimana
yang termaktub dalam al-Mustadrak ‘alâ ash-Shahîhaynnya (No. Hadis:
1025).
[2] Hadis riwayat al-Hâfizh al-Bayhaqî di atas berkualitas shahîh,
karena semua perawinya tsiqqah (kredibel ke-‘âdl-an dan ke-dhabith-annya).
Hadis riwayat al-Hâfizh al-Bayhaqî di atas berkualitas Shahîh
menurut persyaratan al-Hâfizh al-Bukhârî, sebagaimana penjelasan al-Hâfizh
al-Bayhaqî di atas.
Hadis riwayat al-Hâfizh
al-Bayhaqî di atas memiliki satu syâhid (penguat), sebagaimana penjelasan al-Hâfizh al-Bayhaqî dalam as-Sunan
al-Kubrânya (No. Hadis: 3932).
[3] Hadis riwayat al-Hâfizh Ahmad bin Hanbal di atas berkualitas shahîh, karena semua perawinya tsiqqah
(kredibel ke-‘âdl-an dan ke-dhabith-annya). Hadis riwayat
al-Hâfizh Ahmad bin Hanbal ini di-shahîh-kan oleh: al-Hâfizh
al-Hâkim dalam al-Mustadrak ‘alâ ash-Shahîhaynnya (No. Hadis: 2019).
Tidak ada komentar:
Posting Komentar