Senin, 18 Februari 2013

SUJUD SYUKUR


SUJUD SYUKUR

Oleh: Jati Sarwo Edi



A.  Definisi Sujud Syukur
Sujud Syukur secara etimologi berasal dari kata bahasa 'Arab (سَجَدَ) dan (شَكَرَ), yang bermakna: "Bersujud dan bersyukur (berterima kasih) kepada Allâh SWT".

Sedangkan Sujud Syukur secara terminologi bermakna: "Mengerjakan Sujud Syukur karena mendapatkan suatu nikmat (mendapatkan sesuatu yang membahagiakan maupun diberi kabar gembira), atau terhindar dari suatu bahaya ".




B.  Dalil-dalil mengenai Sujud Syukur
As-Saŷid Sâbiq berkata dalam Fiqh as-Sunnahnya (Juz. 2, halaman: 95): "Jumhûr 'Ulamâ bersepakat (berijma') bahwa mengerjakan Sujud Syukur bagi siapa saja yang mendapatkan suatu nikmat (mendapatkan sesuatu yang membahagiakan maupun diberi kabar gembira), atau terhindar dari suatu bahaya, hukumnya SUNNAH".

Adapun dalil-dalil mengenai Sujud Syukur sebagaimana di bawah ini:

Al-Hâfizh al-Hâkim meriwayatkan dalam al-Mustadrak 'alâ ash-Shahîhaynya (No. Hadis: 1025):
أَخْبَرَنَا أَبُو الْحُسَيْنِ مُحَمَّدُ بْنُ أَحْمَدَ بْنِ تَمِيْمٍ الْقَنْطَرِيُّ بِبَغْدَادَ، قَالَ: حَدَّثَنَا أَبُوْ قِلَابَةَ الرَّقَاشِيُّ، قَالَ: حَدَّثَنَا أَبُوْ عَاصِمٍ، وَحَدَّثَنِيْ مُحَمَّدُ بْنُ صَالِحِ بْنِ هَانِئٍ، قَالَ: حَدَّثَنَا السَّرِيُّ بْنُ خُزَيْمَةَ، قَالَ: حَدَّثَنَا أَبُوْ سَلَمَةَ مُوْسَى بْنُ إِسْمَاعِيْلَ، وَحَدَّثَنَا أَبُوْ بَكْرٍ مُحَمَّدُ بْنُ أَحْمَدَ بْنِ بَالَوَيْهِ, قَالَ: حَدَّثَنَا أَحْمَدُ بْنُ عَلِيٍّ الْخَزَّازُ، قَالَ: حَدَّثَنَا خَالِدُ بْنُ خِدَاشٍ, قَالُوْا: حَدَّثَنَا بَكَّارُ بْنُ عَبْدِ الْعَزِيْزِ بْنِ أَبِيْ بَكْرَةَ، عَنْ أَبِيْهِ، عَنْ أَبِيْ بَكْرَةَ، قَالَ: كَانَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَا أَتَاهُ أَمْرٌ يَسُرُّهُ، أَوْ يُسَرُّ بِهِ، خَرَّ سَاجِدًا شُكْرًا لِلَّهِ عَزَّ وَجَلَّ.

قَالَ الْحَاكِمُ: هَذَا حَدِيْثٌ صَحِيْحٌ، وَإِنْ لَّمْ يُخَرِّجَاهُ. فَوَافَقَهُ الذَّهَبِيْ.
"Abû al-Husain Muhammad bin Ahmad bin Tamîm al-Qantharŷ telah mengabarkan kami (mengabarkan al-Hâkim), dia (Abû al-Husain Muhammad bin Ahmad bin Tamîm al-Qantharŷ) berkata: "Abû Qilâbah ar-Raqâsŷ telah bercerita kepada kami (kepada Abû al-Husain Muhammad bin Ahmad bin Tamîm al-Qantharŷ), dia (Abû Qilâbah ar-Raqâsŷ) berkata: "Abû 'Âshim telah bercerita kepada kami (kepada Abû Qilâbah ar-Raqâsŷ), dia (Abû 'Âshim) berkata: "Dan Abû Bakr Muhammad bin Ahmad bin Bâlawaih telah bercerita kepada kami (kepada Abû 'Âshim), dia (Abû Bakr Muhammad bin Ahmad bin Bâlawaih) berkata: "Ahmad bin 'Alî bin al-Khazzâz telah bercerita kepada kami (kepada Abû Bakr Muhammad bin Ahmad bin Bâlawaih), dia (Ahmad bin 'Alî bin al-Khazzâz) berkata: "Khâlid bin Khidâsy telah bercerita kepada kami (kepada Ahmad bin 'Alî bin al-Khazzâz), mereka (Abû Bakr Muhammad bin Ahmad bin Bâlawaih, Ahmad bin 'Alî bin al-Khazzâz, dan Khâlid bin Khidâsy) berkata: "Bakkâr bin 'Abdul 'Azîz bin Abî Bakrah telah bercerita kepada kami (kepada Abû Bakr Muhammad bin Ahmad bin Bâlawaih, Ahmad bin 'Alî bin al-Khazzâz, dan Khâlid bin Khidâsy), dari bapaknya (namanya yaitu: 'Abdul 'Azîz bin Abî Bakrah Nafî' bin al-Hârits), dari Abî Bakrah (nama sebenarnya yaitu: Nafî' bin al-Hârits bin Kiladah), dia (Nafî' bin al-Hârits bin Kiladah) berkata: "Rasûlullâh SAW. apabila mendapatkan sesuatu yang disenangi atau diberi kabar gembira, maka bersegera tunduk BERSUJUD SYUKUR kepada Allâh SWT".

"Al-Hâfizh al-Hâkim berkata: "Hadis ini berkualitas shahîh, walaupun al-Hâfizh al-Bukhârî dan Muslim tidak meriwayatkan sebagaimana periwayatan al-Hâfizh al-Hâkim. Dan disetujui oleh al-Hâfizh adz-Dzahabî". {HR. Al-Hâkim dalam al-Mustadrak ‘alâ ash-Shahîhaynnya (No. Hadis: 1025). At-Tirmidzî dalam al-Jâmi’ ash-Shahîh Sunan at-Tirmidzînya (No. Hadis: 1503). Abû Dâwud dalam Sunan Abî Dâwudnya (No. Hadis: 2393 dan 2394). Ibnu Mâjah dalam Sunan Ibn Mâjahnya (No. Hadis: 1384). Ad-Dâraquthnî dalam Sunan ad-Dâraquthnînya (No. Hadis: 1529). Dan al-Bayhaqî dalam as-Sunan al-Kubrânya (No. Hadis: 3934 dan 3935)}.[1]











Al-Hâfizh al-Bayhaqî meriwayatkan dalam as-Sunan al-Kubrânya (No. Hadis: 3932):
أَخْبَرَنَا أَبُوْ عَبْدِ اللهِ الْحَافِظُ، قَالَ: حَدَّثَنَا أَبُوْ إِسْحَاقَ إِبْرَاهِيْمُ بْنُ مُحَمَّدِ بْنِ يَحْيَى الْمُزَكِّيْ, أَنْبَأَنَا أَبُوْ عَبْدِ اللهِ أَحْمَدُ بْنُ عَلِيٍّ الْجَوْزَجَانِيُّ, قَالَ: حَدَّثَنَا أَبُوْ عُبَيْدَةَ بْنُ أَبِيْ السَّفَرِ. ح. وَأَخْبَرَنَا أَبُوْ عَمْرٍو الْأَدِيْبُ، أَنْبَأَنَا أَبُوْ بَكْرٍ الْإِسْمَاعِيْلِيُّ، أَخْبَرَنِيْ عَبْدُ اللهِ بْنُ زِيْدَانَ، وَمُحَمَّدُ بْنُ إِبْرَاهِيْمَ بْنِ مُحَمَّدِ بْنِ خَالِدٍ أَبُوْ جَعْفَرٍ الْقَمَّاطُ الْكُوْفِيَّانِ, قَالَا: حَدَّثَنَا أَبُوْ عُبَيْدَةَ بْنُ أَبِيْ السَّفَرِ, قَالَ: سَمِعْتُ إِبْرَاهِيْمَ بْنَ يُوْسُفَ بْنِ أَبِيْ إِسْحَاقَ، عَنْ أَبِيْهِ، عَنْ أَبِيْ إِسْحَاقَ، عَنِ الْبَرَاءِ, قَالَ: بَعَثَ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ خَالِدَ بْنَ الْوَلِيْدِ إِلَى الْيَمَنِ, يَدْعُوْهُمْ إِلَى الْإِسْلَامِ. فَذَكَرَ الْحَدِيْثَ فِيْ بَعْثِهِ عَلِيًّا، وَإِقْفَالِهِ خَالِدًا، ثُمَّ فِي إِسْلَامِ هَمْدَانَ. قَالَ: فَكَتَبَ عَلِيٌّ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ إِلَى رَسُوْلِ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بِإِسْلَامِهِمْ، فَلَمَّا قَرَأَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ الْكِتَابَ خَرَّ سَاجِدًا، ثُمَّ رَفَعَ رَأْسَهُ، فَقَالَ: السَّلَامُ عَلَى هَمْدَانَ, السَّلَامُ عَلَى هَمْدَانَ.

قَالَ الْبَيْهَقِيْ: أَخْرَجَ الْبُخَارِيُّ صَدْرَ هَذَا الْحَدِيْثِ، عَنْ أَحْمَدَ بْنِ عُثْمَانَ، عَنْ شُرَيْحِ بْنِ مَسْلَمَةَ، عَنْ إِبْرَاهِيْمَ بْنِ يُوْسُفَ، فَلَمْ يَسُقْهُ بِتَمَامِهِ، وَسُجُوْدُ الشُّكْرِ فِيْ تَمَامِ الْحَدِيْثِ. صَحِيْحٌ عَلَى شَرْطِهِ.
"(SANAD PERTAMA) al-Bukhârî telah mengabarkan kami (mengabarkan al-Bayhaqî), dia (al-Bukhârî) berkata: "Abû Ishâq Ibrâhîm bin Muhammad bin Yahyâ al-Muzakkî telah bercerita kepada kami (kepada al-Bukhârî), dia (Abû Ishâq Ibrâhîm bin Muhammad bin Yahyâ al-Muzakkî) berkata: "Abû 'Abdullâh Ahmad bin 'Alî al-Jauzajânŷ telah memberitakan kami (memberitakan Abû Ishâq Ibrâhîm bin Muhammad bin Yahyâ al-Muzakkî), dia (Abû 'Abdullâh Ahmad bin 'Alî al-Jauzajânŷ) berkata: "Abû 'Ubaidah bin Abî as-Safar telah bercerita kepada kami (kepada Abû 'Abdullâh Ahmad bin 'Alî al-Jauzajânŷ)". (SANAD KEDUA) "Abû 'Amrû al-Adîb telah mengabarkan kami (mengabarkan al-Bayhaqî), dia (Abû 'Amrû al-Adîb) berkata: "Abû Bakr al-Ismâ'îlŷ telah memberitakan kami (memberitakan Abû 'Amrû al-Adîb), dia (Abû Bakr al-Ismâ'îlŷ) berkata: "'Abdullâh bin Zîdân dan Muhammad bin Ibrâhîm bin Muhammad bin Khâlid Abû Ja'far al-Qammâth al-Kûfiŷân telah mengabarkan saya (mengabarkan Abû Bakr al-Ismâ'îlŷ), mereka berdua ('Abdullâh bin Zîdân dan Muhammad bin Ibrâhîm bin Muhammad bin Khâlid Abû Ja'far al-Qammâth al-Kûfiŷân) berkata: "Abû 'Ubaidah bin Abî as-Safar telah bercerita kepada kami (kepada 'Abdullâh bin Zîdân dan Muhammad bin Ibrâhîm bin Muhammad bin Khâlid Abû Ja'far al-Qammâth al-Kûfiŷân), dia (Abû 'Ubaidah bin Abî as-Safar) berkata: "Saya (Abû 'Ubaidah bin Abî as-Safar) telah mendengar Ibrâhîm bin Yûsuf bin Ishâq bin Abî Ishâq, dari bapaknya (namanya yaitu: Yûsuf bin Ishâq bin Abî Ishâq), dari Abû Ishâq (nama sebenarnya yaitu: 'Amrû bin 'Abdullâh bin 'Ubaid), dari al-Barâ bin 'Âzib, dia (al-Barâ bin 'Âzib) berkata: "Nabi SAW. pernah mengutus Khâlid bin al-Walîd ke Yaman, untuk menyeru mereka (menyeru penduduk Yaman untuk) memeluk agama Islâm. Maka dia (al-Barâ bin 'Âzib) menyebutkan Hadis mengenai diutusnya 'Alî bin Abî Thâlib, berakhirnya pengutusan Khâlid bin al-Walîd, serta mengenai masuk Islâmnya Suku Hamdân (penduduk Yaman). Dia (al-Barâ bin 'Âzib) berkata: "Maka 'Alî bin Abî Thâlib menulis (dan mengirim) Surat mengenai masuk Islâmnya Suku Hamdân (penduduk Yaman) kepada Rasûlullâh SAW; tatkala Rasûlullâh SAW. membaca Surat itu, beliau SAW. BERSUJUD SYUKUR. Kemudian beliau SAW. mengangkat Kepalanya, seraya berkata: "Selamat sejahtera atas Suku Hamdân (penduduk Yaman), selamat sejahtera atas Suku Hamdân (penduduk Yaman)".

"Al-Hâfizh al-Bayhaqî berkata: "Sumber Hadis ini telah ditakhrîj oleh al-Hâfizh al-Bukhârî melalui jalur sanad Ahmad bin 'Utsmân, dari Syuraih bin Maslamah, dari Ibrâhîm bin Yûsuf; dan beliau (al-Hâfizh al-Bukhârî) tidak menyebutkan di dalam periwayatannya secara lengkap, dan di akhir Hadisnya (Hadis riwayat al-Hâfizh al-Bukhârî) disebutkan mengenai SUJUD SYUKUR. Serta Hadis yang al-Hâfizh al-Bukhârî riwayatkan berkualitas Shahîh menurut persyaratan al-Hâfizh al-Bukhârî". {HR. Al-Bayhaqî dalam as-Sunan al-Kubrânya (No. Hadis: 3932). Dan dalam Ma'rifah as-Sunan wa al-Âtsârnya (No. Hadis: 4744)}.[2]








Al-Imâm al-Hâfizh Ahmad bin Hanbal meriwayatkan dalam Musnad al-Imâm Ahmad Ibn Hanbalnya (No. Hadis: 1575):
حَدَّثَنَا أَبُوْ سَعِيْدٍ مَوْلَى بَنِيْ هَاشِمٍ, قَالَ: حَدَّثَنَا سُلَيْمَانُ بْنُ بِلَالٍ, قَالَ: حَدَّثَنَا عَمْرُو بْنُ أَبِيْ عَمْرٍو, عَنْ عَبْدِ الْوَاحِدِ بْنِ مُحَمَّدِ بْنِ عَبْدِ الرَّحْمَنِ بْنِ عَوْفٍ, عَنْ عَبْدِ الرَّحْمَنِ بْنِ عَوْفٍ, قَالَ: خَرَجَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ, فَتَوَجَّهَ نَحْوَ صَدَقَتِهِ. فَدَخَلَ فَاسْتَقْبَلَ الْقِبْلَةَ فَخَرَّ سَاجِدًا, فَأَطَالَ السُّجُوْدَ حَتَّى ظَنَنْتُ أَنَّ اللهَ عَزَّ وَجَلَّ قَدْ قَبَضَ نَفْسَهُ فِيْهَا. فَدَنَوْتُ مِنْهُ, فَجَلَسْتُ فَرَفَعَ رَأْسَهُ, فَقَالَ: مَنْ هَذَا؟. قُلْتُ: عَبْدُ الرَّحْمَنِ. قَالَ: مَا شَأْنُكَ؟. قُلْتُ: يَا رَسُوْلَ اللهِ, سَجَدْتَ سَجْدَةً خَشِيْتُ أَنْ يَّكُوْنَ اللهَ عَزَّ وَجَلَّ قَدْ قَبَضَ نَفْسَكَ فِيْهَا. فَقَالَ: إِنَّ جِبْرِيْلَ عَلَيْهِ السَّلَامُ أَتَانِيْ فَبَشَّرَنِيْ. فَقَالَ: إِنَّ اللهَ عَزَّ وَجَلَّ يَقُوْلُ: مَنْ صَلَّى عَلَيْكَ, صَلَّيْتُ عَلَيْهِ. وَمَنْ سَلَّمَ عَلَيْكَ, سَلَّمْتُ عَلَيْهِ. فَسَجَدْتُ لِلَّهِ عَزَّ وَجَلَّ شُكْرًا.
"Abû Sa'îd Maulâ Banî Hâsyim (nama sebenarnya yaitu: 'Abdurrahmân bin 'Abdullâh bin 'Ubaid Maulâ Banî Hâsyim) telah bercerita kepada kami (kepada Ahmad bin Hanbal), dia (Abû Sa'îd Maulâ Banî Hâsyim) berkata: "Sulaimân bin Bilâl telah bercerita kepada kami (kepada Abû Sa'îd Maulâ Banî Hâsyim), dia (Sulaimân bin Bilâl) berkata: "'Amrû bin Abî 'Amrû (nama lengkapnya yaitu: 'Amrû bin Abî 'Amrû Maysarah Maulâ al-Muthallib bin Hanthab) telah bercerita kepada kami (kepada Sulaimân bin Bilâl), dari 'Abdul Wâhid bin Muhammad bin 'Abdurrahmân bin 'Auf, dari 'Abdurrahmân bin 'Auf, dia ('Abdurrahmân bin 'Auf) berkata: "Rasûlullâh SAW. pernah keluar menuju Tempat Shalat. Kemudian beliau SAW. memasuki Tempat Shalat tersebut dan menghadap Qiblat, lalu beliau SAW. BERSUJUD SYUKUR dan memanjangkan sujudnya, hingga saya ('Abdurrahmân bin 'Auf) mengira Allâh SWT. telah mengambil nyawanya (telah mengambil nyawa Nabi SAW.) di dalam Tempat Shalat itu. Kemudian saya ('Abdurrahmân bin 'Auf) mendekati dan duduk di dekat Nabi SAW. lalu beliau SAW. mengangkat Kepalanya seraya berkata: "Siapa ini?". Saya ('Abdurrahmân bin 'Auf) menjawab: "'Abdurrahmân bin 'Auf". Beliau SAW. berkata: "Ada keperluan apa?". Saya ('Abdurrahmân bin 'Auf) berkata: "Wahai Rasûlullâh SAW; anda tadi bersujud dengan lama, saya ('Abdurrahmân bin 'Auf) khawatir (takut) Allâh SWT. telah mengambil nyawa anda di Tempat Shalat itu". Beliau SAW. berkata: "Sesungguhnya (Malaikat) Jibrîl telah datang dan menyampaikan kabar gembira kepadaku (kepada Nabi SAW). (Malaikat) Jibrîl berkata: "Allâh SWT. yang Maha Perkasa lagi Maha Mulia berfirman: "Siapa yang bershalawat kepadamu (kepada Nabi SAW); maka Aku (Allâh SWT.) akan memberikan berkah dan rahmat kepadanya. Dan barangsiapa yang (membaca dan mengucapkan) salam kepadamu (kepada Nabi SAW); maka Aku (Allâh SWT.) akan memberinya keselamatan". (Oleh karena itu), saya (Nabi SAW.) BERSUJUD SYUKUR kepada Allâh yang Maha Perkasa lagi Maha Mulia". {HR. Ahmad bin Hanbal dalam Musnad al-Imâm Ahmad Ibn Hanbalnya (No. Hadis: 1575). Al-Hâkim dalam al-Mustadrak ‘alâ ash-Shahîhaynnya (No. Hadis: 2019). Al-Bayhaqî dalam as-Sunan al-Kubrânya (No. Hadis: 3937). Ibnu 'Asâkir dalam Mu'jam asy-Syuyûkhnya (No. Hadis: 342). Dan 'Abd bin Humaid dalam al-Muntakhab min Musnad 'Abd bin Humaidnya (No. Hadis: 157)}.[3]









C.  Kesimpulan
Sujud Syukur bersifat umum, dan tidak dapat dikhususkan baik dalam praktek 'Ibadah tertentu maupun dalam hal-hal tertentu. Contoh: Sujud Syukur tidak dapat dikhususkan bagi seorang suami maupun isteri yang bersujud syukur karena baru saja dikaruniai anak (Bayi). Akan tetapi Sujud Syukur boleh dikerjakan dalam semua hal "karena mendapatkan suatu nikmat (mendapatkan sesuatu yang membahagiakan maupun diberi kabar gembira), atau terhindar dari suatu bahaya".















[1] Hadis riwayat al-Hâfizh al-Hâkim di atas berkualitas shahîh, karena semua perawinya tsiqqah (kredibel ke-âdl-an dan ke-dhabith-annya). Hadis riwayat al-Hâfizh al-Hâkim ini di-shahîh-kan oleh: al-Hâfizh adz-Dzahabî dalam at-Ta'lîq min Talkhîsh adz-Dzahabî (No. Hadis: 1025). Dan al-Hâfizh al-Hâkim dalam al-Mustadrak ‘alâ ash-Shahîhaynnya (No. Hadis: 1025). Dan dinilai Hasan Gharîb oleh: al-Hâfizh at-Tirmidzî dalam al-Jâmi’ ash-Shahîh Sunan at-Tirmidzînya (No. Hadis: 1503). Serta dinilai Hasan oleh: al-Hâfizh Muhammad Nâshiruddîn al-Albânî dalam Shahîh al-Jâmi' ash-Shaghîr wa Ziyâdâtihinya (No: 4701).
                Hadis riwayat al-Hâfizh al-Hâkim di atas memiliki syawâhid (penguat-penguat) yang banyak, sebagaimana yang termaktub dalam al-Mustadrak ‘alâ ash-Shahîhaynnya (No. Hadis: 1025).

[2] Hadis riwayat al-Hâfizh al-Bayhaqî di atas berkualitas shahîh, karena semua perawinya tsiqqah (kredibel ke-‘âdl-an dan ke-dhabith-annya). Hadis riwayat al-Hâfizh al-Bayhaqî di atas berkualitas Shahîh menurut persyaratan al-Hâfizh al-Bukhârî, sebagaimana penjelasan al-Hâfizh al-Bayhaqî di atas.
                Hadis riwayat al-Hâfizh al-Bayhaqî di atas memiliki satu syâhid (penguat), sebagaimana penjelasan al-Hâfizh al-Bayhaqî dalam as-Sunan al-Kubrânya (No. Hadis: 3932).

[3] Hadis riwayat al-Hâfizh Ahmad bin Hanbal di atas berkualitas shahîh, karena semua perawinya tsiqqah (kredibel ke-‘âdl-an dan ke-dhabith-annya). Hadis riwayat al-Hâfizh Ahmad bin Hanbal ini di-shahîh-kan oleh: al-Hâfizh al-Hâkim dalam al-Mustadrak ‘alâ ash-Shahîhaynnya (No. Hadis: 2019).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar