Senin, 19 November 2012

Asbâbun Nuzûl Surat al-Baqarah (2), Ayat: 189


Asbâbun Nuzûl Surat al-Baqarah (2), Ayat: 189

يَسْأَلُوْنَكَ عَنِ اْلأَهِلَّةِ قُلْ هِيَ مَوَاقِيْتُ لِلنَّاسِ وَالْحَجِّ وَلَيْسَ الْبِرُّ بِأَنْ تَأْتُوْا الْبُيُوْتَ مِنْ ظُهُوْرِهَا وَلَكِنَّ الْبِرَّ مَنِ اتَّقَى وَأْتُوْا الْبُيُوْتَ مِنْ أَبْوَابِهَا وَاتَّقُوْا اللهَ لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُوْنَ (١٨٩)
189. Mereka (manusia[1]) bertanya kepadamu (kepada Nabi Muhammad) tentang Bulan Sabit. Katakanlah (wahai Nabi Muhammad): "Bulan Sabit itu adalah tanda-tanda waktu bagi manusia dan (bagi ibadah) haji". Dan bukanlah kebajikan memasuki rumah-rumah dari belakangnya (atapnya), akan tetapi kebajikan itu ialah kebajikan orang yang bertakwa. Dan masuklah ke rumah-rumah itu dari pintu-pintunya. Dan bertakwalah kepada Allâh agar kalian beruntung.






Al-Imâm al-Hâfizh[2] Bukhârî[3] meriwayatkan dalam al-Jâmi’ ash-Shahîh li al-Bukhârînya (No. Hadis: 1676):
حَدَّثَنَا أَبُو الْوَلِيْدِ, قَالَ: حَدَّثَنَا شُعْبَةُ, عَنْ أَبِيْ إِسْحَاقَ, قَالَ: سَمِعْتُ الْبَرَاءَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ يَقُوْلُ: نَزَلَتْ هَذِهِ الْآيَةُ فِيْنَا. كَانَتِ الْأَنْصَارُ إِذَا حَجُّوْا فَجَاءُوْا لَمْ يَدْخُلُوْا مِنْ قِبَلِ أَبْوَابِ بُيُوْتِهِمْ, وَلَكِنْ مِنْ ظُهُوْرِهَا. فَجَاءَ رَجُلٌ مِّنَ الْأَنْصَارِ, فَدَخَلَ مِنْ قِبَلِ بَابِهِ, فَكَأَنَّهُ عُيِّرَ بِذَالِكَ. فَنَزَلَتْ: (........وَلَيْسَ الْبِرُّ بِأَنْ تَأْتُوْا الْبُيُوْتَ مِنْ ظُهُوْرِهَا وَلَكِنَّ الْبِرَّ مَنِ اتَّقَى وَأْتُوْا الْبُيُوْتَ مِنْ أَبْوَابِهَا.......).
"Abû al-Walîd[4] telah bercerita kepada kami (kepada Bukhârî), dia (Abû al-Walîd) berkata: "Syu'bah bin al-Haĵâj[5] telah bercerita kepada kami (kepada Abû al-Walîd), dari Abû Ishâq[6], dari al-Barâ bin 'Âzib[7], dia (al-Barâ bin 'Âzib) berkata: "Ayat ini (Surat al-Baqarah, Ayat: 189) turun tentang kami (tentang orang-orang Anshâr). Dahulukala orang-orang Anshâr[8] apabila berhaji kemudian mereka pulang, mereka (orang-orang Anshâr) tidak masuk melalui pintu-pintu rumah mereka, akan tetapi (orang-orang Anshâr masuk) melalui atap (belakang) rumah mereka. Maka kemudian datanglah seorang lelaki Anshâr[9] masuk melalui pintu rumahnya, akan tetapi dia (seorang lelaki Anshâr tersebut) dicela karena hal itu (karena seorang lelaki Anshâr tersebut masuk melalui pintu rumahnya). Maka turunlah (Surat al-Baqarah, Ayat: 189):
...........وَلَيْسَ الْبِرُّ بِأَنْ تَأْتُوْا الْبُيُوْتَ مِنْ ظُهُوْرِهَا وَلَكِنَّ الْبِرَّ مَنِ اتَّقَى وَأْتُوْا الْبُيُوْتَ مِنْ أَبْوَابِهَا.......... (١٨٩)
189. ……………Dan bukanlah kebajikan memasuki rumah-rumah dari belakangnya (atapnya), akan tetapi kebajikan itu ialah kebajikan orang yang bertakwa. Dan masuklah ke rumah-rumah itu dari pintu-pintunya…………….".




KETERANGAN (dari para Muhadditsîn[10]):
Hadis di atas berkualitas shahîh[11], karena semua rawinya tsiqqât[12].
1.  Al-Hâfizh Muslim[13] juga meriwayatkan sebagaimana Hadis di atas dalam al-Jâmi’ ash-Shahîh li Muslimnya (No. Hadis: 5351).
2.    Al-Hâfizh an-Nasâ-î[14] juga meriwayatkan sebagaimana Hadis di atas dalam Sunan an-Nasâ-î al-Kubrânya (No. Hadis: 4237 dan 10957).
3.        Al-Hâfizh Abû Ya’lâ juga meriwayatkan sebagaimana Hadis di atas dalam Musnad Abî Ya’lâ al-Mûshilînya (No. Hadis: 1692).
4.      Al-Hâfizh ath-Thayâlisî[15] juga meriwayatkan sebagaimana Hadis di atas dalam Musnad Abû Dâwud ath-Thayâlisînya (No. Hadis: 752).
5.        Al-Hâfizh Ibnu Abî Hâtim[16] juga meriwayatkan melalui jalur sanad Mu'âdz bin Jabal dalam Tafsîr Ibn Abî Hâtimnya (No. Hadis: 1734).
6.        Imâm Ibnu Jarîr[17] juga mengeluarkan sebagaimana Hadis di atas dalam Jâmi’ al-Bayân ‘an Ta-wîl ay al-Qurânnya (3/283).
7.    Al-Hâfizh Jalâluddîn as-Suyûthî[18] juga mengeluarkan sebagaimana Hadis di atas dalam Lubâb an-Nuqûl fî Asbâb an-Nuzûlnya (Juz. 2, 2/al-Baqarah), dengan menisbahkan kepada Riwayat al-Hâfizh ath-Thayâlisî dalam Musnad Abû Dâwud ath-Thayâlisînya (No. Hadis: 752). Beliau (al-Hâfizh Jalâluddîn as-Suyûthî) juga mengeluarkan sebagaimana Hadis di atas dalam ad-Durr al-Mantsûr fî at-Tafsîr bi al-Ma’tsûrnya (1/204).









Al-Imâm al-Hâfizh Bukhârî meriwayatkan dalam al-Jâmi’ ash-Shahîh li al-Bukhârînya (No. Hadis: 4152):
حَدَّثَنَا عُبَيْدُ اللهِ بْنُ مُوْسَى, عَنْ إِسْرَائِيْلَ, عَنْ أَبِيْ إِسْحَاقَ, عَنِ الْبَرَاءِ, قَالَ: كَانُوْا إِذَا أَحْرَمُوْا فِي الْجَاهِلِيَّةِ, أَتَوْا الْبَيْتَ مِنْ ظَهْرِهِ. فَأَنْزَلَ اللهُ: (........وَلَيْسَ الْبِرُّ بِأَنْ تَأْتُوْا الْبُيُوْتَ مِنْ ظُهُوْرِهَا وَلَكِنَّ الْبِرَّ مَنِ اتَّقَى وَأْتُوْا الْبُيُوْتَ مِنْ أَبْوَابِهَا.......).
"'Ubaidillâh bin Mûsâ[19] telah bercerita kepada kami (kepada Bukhârî), dari Isrâ-îl bin Yûnus[20], dari Abû Ishâq[21], dari al-Barâ bin 'Âzib[22], dia (al-Barâ bin 'Âzib) berkata: "Dahulukala apabila mereka (orang-orang Anshâr) berihram (haji dan 'umrah) pada masa Jâhiliŷah, kemudian mereka (orang-orang Anshâr) pulang ke rumah mereka, dan mereka (orang-orang Anshâr) masuk ke rumah melalui atap (belakang) rumah mereka. Maka Allâh SWT. menurunkan (Surat al-Baqarah, Ayat: 189):
...........وَلَيْسَ الْبِرُّ بِأَنْ تَأْتُوْا الْبُيُوْتَ مِنْ ظُهُوْرِهَا وَلَكِنَّ الْبِرَّ مَنِ اتَّقَى وَأْتُوْا الْبُيُوْتَ مِنْ أَبْوَابِهَا.......... (١٨٩)
189. ……………Dan bukanlah kebajikan memasuki rumah-rumah dari belakangnya (atapnya), akan tetapi kebajikan itu ialah kebajikan orang yang bertakwa. Dan masuklah ke rumah-rumah itu dari pintu-pintunya…………….".




KETERANGAN (dari para Muhadditsîn[23]):
Hadis di atas berkualitas shahîh[24], karena semua rawinya tsiqqât[25].
1.        Al-Hâfizh an-Nasâ-î juga meriwayatkan sebagaimana Hadis di atas dalam Sunan an-Nasâ-î al-Kubrânya (No. Hadis: 10958).
2.        Al-Hâfizh Ibnu Hibbân[26] juga meriwayatkan sebagaimana Hadis di atas dalam Shahîh Ibn Hibbânnya (No. Hadis: 4023).
3.        Imâm Ibnu Jarîr juga mengeluarkan melalui jalur sanad Ka'b bin Mâlik bin Abî Ka'b 'Amrû dalam Jâmi’ al-Bayân ‘an Ta-wîl ay al-Qurânnya (3/283 dan 3/284).
4.        Al-Hâfizh Ibnu Katsir juga mengeluarkan sebagaimana Hadis di atas dalam Tafsîr al-Qurân al-‘Azhîmnya (Jilid. 1, Juz. 1, halaman: 522)[27], dengan menisbahkan kepada Riwayat al-Hâfizh Bukhârî dalam al-Jâmi’ ash-Shahîh li al-Bukhârînya (No. Hadis: 4152).
5.        Al-Hâfizh Jalâluddîn as-Suyûthî juga mengeluarkan sebagaimana Hadis di atas dalam Lubâb an-Nuqûl fî Asbâb an-Nuzûlnya (Juz. 2, 2/al-Baqarah), dengan menisbahkan kepada Riwayat al-Hâfizh Bukhârî dalam al-Jâmi’ ash-Shahîh li al-Bukhârînya (No. Hadis: 4152). Beliau (al-Hâfizh Jalâluddîn as-Suyûthî) juga mengeluarkan sebagaimana Hadis di atas dalam ad-Durr al-Mantsûr fî at-Tafsîr bi al-Ma’tsûrnya (1/204).





PENJELASAN (kedudukan hadis di atas):
Atsar[28] al-Barâ bin 'Âzib di atas digolongkan Mawqûf li hukmi Marfû’, maksudnya: hadis Mawqûf[29] yang dihukumi Marfû’[30]. Karena para Muhadditsîn[31] telah bersepakat bahwa: “Ada beberapa macam Mawqûf yang dihukumi Marfû’, dan salah satunya yaitu: penafsiran para Sahabat yang berkaitan dengan sebab turunnya (asbâb an-nuzûl) suatu Ayat”.
Sebagaimana penjelasan para Muhadditsîn tersebut, maka Atsar al-Barâ bin 'Âzib di atas tergolong hadis Mawqûf yang dihukumi Marfû’ oleh para Muhadditsîn, sehingga (hadis al-Barâ bin 'Âzib di atas) dapat dijadikan sebagai huĵah (pedoman/ landasan) dalam hukum Syara’ (Islâm).





KESIMPULAN:
Surat al-Baqarah, Ayat: 189 memiliki 2 Asbâbun Nuzûl, yaitu:
1.      Mengenai orang-orang Anshâr apabila berhaji kemudian mereka pulang, mereka (orang-orang Anshâr) tidak masuk melalui pintu-pintu rumah mereka, akan tetapi (orang-orang Anshâr masuk) melalui atap (belakang) rumah mereka. Maka kemudian datanglah seorang lelaki Anshâr masuk melalui pintu rumahnya, akan tetapi dia (seorang lelaki Anshâr tersebut) dicela karena hal itu (karena seorang lelaki Anshâr tersebut masuk melalui pintu rumahnya).
2.    Mengenai orang-orang Anshâr yang berihram (haji dan 'umrah) pada masa Jâhiliŷah, kemudian mereka (orang-orang Anshâr) pulang ke rumah mereka, dan mereka (orang-orang Anshâr) masuk ke rumah melalui atap (belakang) rumah mereka.






BIBLIOGRAFI

Ad-Durr al-Mantsûr fî at-Tafsîr bi al-Ma’tsûr (al-Hâfizh as-Suyûthî/ ‘Abdurrahmân
bin Abî Bakr).
Al-Jâmi’ ash-Shahîh li al-Bukhârî (al-Imâm al-Hâfizh al-Bukhârî/ Muhammad bin
Ismâ’îl bin Ibrâhîm bin al-Mughîrah bin Bardizbah).
Al-Jâmi’ ash-Shahîh li Muslim (al-Imâm al-Hâfizh Muslim/ Muslim bin al-Hajjâj bin
Muslim bin Warad).
Al-Mustadrak ‘alâ ash-Shahîhayn (al-Hâfizh al-Hâkim/ Abî ‘Abdullâh al-Hâkim
an-Naisâbûrî).
Fath al-Bârî bi Syarh Shahîh al-Bukhârî (al-Hâfizh Ibnu Hajar al-‘Asqalânî/ Ahmad
bin ‘Alî bin Muhammad bin Muhammad bin ‘Alî).
Jâmi’ al-Bayân ‘an Ta-wîl ay al-Qurân (Imâm Ibnu Jarîr/ Muhammad bin Jarîr bin
Yazîd bin Katsîr bin Ghâlib).
Lubâb an-Nuqûl fî Asbâb an-Nuzûl (al-Hâfizh as-Suyûthî/ ‘Abdurrahmân bin Abî
Bakr).
Musnad Abî Ya’lâ al-Mûshilî (al-Hâfizh Abû Ya’lâ).
Musnad Abû Dâwud ath-Thayâlisî (al-Hâfizh ath-Thayâlisî/ Sulaimân bin Dâwud bin
al-Jarûd).
Shahîh Ibn Hibbân (al-Hâfizh Ibnu Hibbân/ Muhammad bin Hibbân bin Ahmad bin
Hibbân bin Mu’âdz bin Ma’bad).
Sunan an-Nasâ-î al-Kubrâ (al-Hâfizh an-Nasâ-î/ Ahmad bin Syu’aib bin ‘Alî bin
Sunân bin Bahr).
Tafsîr al-Qurân al-‘Azhîm (al-Hâfizh Ibnu Katsîr/ Ismâ’îl bin ‘Amr bin Katsîr).
Tafsîr Ibn Abî Hâtim (al-Hâfizh Ibnu Abî Hâtim/ ‘Abdurrahmân bin Abî Hâtim).





















[1] 'Abdullâh bin 'Abbâs menafsirkan kata: "MEREKA" dengan: “Manusia”. (Imâm Ibnu Jarîr. 2001. Tafsîr ath-Thabarî, Jâmi’ al-Bayân ‘an Ta-wîl ay al-Qurân; Tahqîq Dr. ‘Abdullâh bin ‘Abdul Muhsin at-Tirkî. Kairo: Badâr Hajar. Cetakan Pertama, Juz. 3, halaman: 282).

[2] Al-Hâfizh adalah: Gelar ahli hadis yang dapat men-shahîh-kan sanad serta matan hadis, dan dapat men-ta’dîl-kan dan men-jarh-kan para perawi hadis, serta seorang Hâfizh itu harus mempunyai kapasitas menghafal 100.000 hadis. Contoh para Huffâzh: Ahmad bin Hanbal, Yahyâ bin Ma’în, ‘Alî bin al-Madînî, Bukhârî, Muslim, at-Tirmidzî, Abû Dâwud, an-Nasâ-î, Ibnu Mâjah, ad-Dârimî, Ibnu Khuzaymah, Ibnu Hibbân, ad-Dâruquthnî, ath-Thabrânî, al-Bayhaqî, al-Hâkim, Zainuddîn ‘Abdurrahîm al-‘Irâqî, Syarafuddîn ad-Dimyathî, Ibnu Hajar al-‘Asqalânî, al-Mizzî, al-Haitsamî, adz-Dzahabî, Abû Zar’ah ar-Râzî, Abû Hâtim ar-Râzî, Ibnu Hazm, Ibnu Abî Hâtim, Ibnu ‘Adî, Ibnu al-Mundzir, Ibnu ‘Abdul Bâr, Ibnu Katsîr, Ibnu as-Sakan, Jalâluddîn as-Suyûthî, Muhammad Nâshiruddîn al-Albânî, dan sebagainya.

[3] Nama sebenarnya yaitu: Muhammad bin Ismâ’îl bin Ibrâhîm bin al-Mughîrah bin Bardizbah. Ia (Bukhârî) merupakan seorang Tabi’ al-Atbâ’ pertengahan. Dan ia (Bukhârî) juga merupakan seorang tsiqqah mutqan al-Imâm al-Hâfizh (kredibel ke-‘âdl-an dan ke-dhabith-annya, serta seorang yang kuat lagi kokoh, al-Imâm dan al-Hâfizh). Ia (Bukhârî) juga seorang pakar hadîts (hadis), tafsîr (tafsir), fiqh (fiqih), târîkh (sejarah) dan lughah (gramatika). Nasab (keturunan) nya yaitu: al-Ju’fŷ al-Bukhârî. Kuniyah (nama akrab) nya yaitu: Abû ‘Abdullâh. Laqab (gelar/titel) nya: al-Imâm al-Hâfizh Bukhârî. Ia (Bukhârî) lahir di Bukhârâ pada tahun 194 Hijriyah. Tempat tinggalnya di Madînah. Ia (Bukhârî) wafat di desa Khartank (wilayah Samarqand) pada tahun 256 Hijriyah.

[4] Nama sebenarnya yaitu: Hisyâm bin 'Abdul Malik. Ia (Abû al-Walîd) merupakan seorang Tabi’ Tâbi’în junior. Ia (Abû al-Walîd) adalah seorang Amîr al-Muhadditsîn (seorang Pemimpin para Ahli Hadis). Nasab (keturunan) nya yaitu: ath-Thayâlisî al-Bahlî. Kuniyah (nama akrab) nya yaitu: Abû al-Walîd. Tempat tinggalnya di Bashrah. Ia (Abû al-Walîd) wafat di Bashrah pada tahun 227 Hijriyah.

[5] Nama lengkapnya yaitu: Syu'bah bin al-Haĵâj bin al-Warad. Ia (Syu'bah bin al-Haĵâj) merupakan seorang Tabi’ Tâbi’în senior. Ia (Syu'bah bin al-Haĵâj) adalah seorang Amîr al-Mu'minîn fî al-Hadîts (seorang penghafal Hadis, dan mengetahui Ilmu Dirâyah dan Riwâyah Hadis, serta seorang Imâm atau Raja Hadis yang banyak dikagumi oleh para ‘Ulamâ). Nasab (keturunan) nya yaitu: al-Azdî al-Wâsithî. Kuniyah (nama akrab) nya yaitu: Abû Bastham. Tempat tinggalnya di Bashrah. Ia (Syu'bah bin al-Haĵâj) wafat di Bashrah pada tahun 160 Hijriyah.

[6] Nama sebenarnya yaitu: ‘Amr bin ‘Abdullâh bin ‘Ubaid. Ia (Abû Ishâq) merupakan seorang Tâbi’în pertengahan. Ia (Abû Ishâq) adalah seorang yang tsiqqah (kredibel ke-‘âdl-an dan ke-dhabith-annya). Nasab (keturunan) nya yaitu: as-Sabî’î al-Hamdânî. Kuniyah (nama akrab) nya yaitu: Abû Ishâq. Tempat tinggalnya di Kûfah. Ia (Abû Ishâq) wafat di Kûfah pada tahun 128 Hijriyah.

[7] Nama lengkapnya yaitu: al-Barâ bin ‘Âzib bin al-Hârits. Ia (al-Barâ bin ‘Âzib) merupakan salah satu Sahabat Nabi SAW. Semua Sahabat Nabi SAW. tsiqqah dan ‘âdl. Nasab (keturunan) nya yaitu: al-Anshârî al-Awsî. Kuniyah (nama akrab) nya yaitu: Abû ‘Imârah. Tempat tinggalnya di Kûfah. Ia (al-Barâ bin ‘Âzib) wafat di Kûfah pada tahun 72 Hijriyah.

[8] Al-Hâfizh al-Hâkim meriwayatkan dalam al-Mustadrak 'alâ ash-Shahîhaynnya (1/483): "Dari Jâbir bin 'Abdullâh, dia (Jâbir bin 'Abdullâh) berkata: "Orang-orang Anshâr dan seluruh penduduk 'Arab, kecuali Kaum Quraisy".

[9] Di dalam Fath al-Bârî bi Syarh Shahîh al-Bukhârî (No. Hadis: 1676), karya al-Hâfizh Ibnu Hajar al-'Asqalânî, disebutkan bahwa: "Seorang lelaki Anshâr yang masuk melalui pintu rumahnya yaitu antara: Quthbah bin 'Âmir bin Hadîdah al-Anshârî al-Khazrajî as-Salimî, atau Rifâ'ah bin Tâbût. Akan tetapi berdasarkan periwayatan yang paling kuat (dan shahîh), maka seorang lelaki Anshâr yang masuk melalui pintu rumahnya adalah: "Quthbah bin 'Âmir bin Hadîdah al-Anshârî al-Khazrajî as-Salimî ".

[10] Muhadditsîn yaitu: Orang yang hafal matan-matan hadis, mengetahui gharîb serta faqîh, hafal sanad, mengetahui ihwal para perawi, dapat membedakan antara yang shahîh dengan yang dha’îf, seorang penghimpun buku, penulis, pendengar, pencari sanad-sanad hadis, dan mengetahui sanad yang terpendek dari padanya. Contoh para Muhadditsîn: Imâm Mâlik, Imâm asy-Syâfi’î, Imâm Ahmad bin Hanbal, Imâm Bukhârî, Imâm Muslim, at-Tirmidzî, Abû Dâwud, an-Nasâ-î, Ibnu Mâjah, Ibnu Khuzaymah, Ibnu Hibbân, dan sebagainya.

[11] Hadis Shahîh ialah: Hadis yang bersambung (muttashil) sanadnya, diriwayatkan oleh orang yang ‘âdl (‘âdl yaitu: orang yang istiqamah dalam beragama, baik akhlaqnya, tidak fasiq dan tidak melakukan cacat muru’ah), sempurna ke-dhabith-annya, tidak ada keganjilan (syadzdz), dan tidak ada kecacatan (‘illat).

[12] Tsiqqât adalah: Para perawi hadis yang kredibel ke-‘âdl-an dan ke-dhabith-annya.

[13] Nama lengkapnya yaitu: Muslim bin al-Hajjâj bin Muslim bin Warad. Ia (Imâm Muslim) merupakan seorang Tabi’ al-Atbâ’ dekat pertengahan. Dan ia (Imâm Muslim) juga merupakan seorang tsiqqah al-Imâm al-Hâfizh al-Hujjah (kredibel ke-‘âdl-an dan ke-dhabith-annya, serta seorang al-Imâm al-Hâfizh dan al-Hujjah). Ia (Imâm Muslim) juga seorang pakar hadîts (hadis) terkemuka. Nasab (keturunan) nya yaitu: al-Qusyairî an-Naysâbûrî. Kuniyah (nama akrab) nya yaitu: Abû al-Husain. Laqab (gelar/titel) nya: al-Imâm al-Hâfizh Muslim. Ia (Imâm Muslim) lahir di Naysâbûr (Kota kecil yang ada di negara Iran) pada tahun 204 atau 206 Hijriyah. Tempat tinggalnya di Naysâbûr. Ia (Imâm Muslim) wafat di Naysâbûr pada tahun 261 Hijriyah.

[14] Nama sebenarnya yaitu: Ahmad bin Syu’aib bin ‘Alî bin Sunân bin Bahr. Ia (an-Nasâ-î) merupakan seorang Tabi’ al-Atbâ’ junior. Dan ia (an-Nasâ-î) juga merupakan seorang tsiqqah al-Qâdhî al-Imâm al-Hâfizh (kredibel ke-‘âdl-an dan ke-dhabith-annya, serta seorang al-Imâm al-Hâfizh dan seorang Hakim di Mesir). Ia (an-Nasâ-î) juga seorang pakar hadîts (hadis) dan fiqh (fiqih). Nasab (keturunan) nya yaitu: an-Nasâ-î an-Nasawy. Kuniyah (nama akrab) nya yaitu: Abû ‘Abdurrahmân. Laqab (gelar/titel) nya: al-Hâfizh an-Nasâ-î. Ia (an-Nasâ-î) lahir di Kota Nasâ (wilayah Khurrâsân) pada tahun 215 Hijriyah. Tempat tinggalnya di Mesir. Ia (an-Nasâ-î) wafat di Ramalah (wilayah Palestina) pada tahun 303 Hijriyah; ia (an-Nasâ-î) dimakamkan di Baitul Maqdis (Palestina). Ia (an-Nasâ-î) berusia 88 tahun.

[15] Nama sebenarnya yaitu: Sulaimân bin Dâwud bin al-Jarûd. Nasab (keturunan) nya yaitu: ath-Thayâlisî. Ia (ath-Thayâlisî) merupakan seorang Tabi’ Tâbi’în junior. Kuniyah (nama akrab) nya yaitu: Abû Dâwud. Laqab (gelar/titel) nya: al-Hâfizh ath-Thayâlisî. Ia (ath-Thayâlisî) adalah seorang tsiqqah al-Hâfizh (kredibel ke-‘âdl-an dan ke-dhabith-annya, serta seorang al-Hâfizh). Ia (ath-Thayâlisî) juga seorang pakar hadîts (hadis). Ia (ath-Thayâlisî) lahir di Bashrah pada tahun 133 Hijriyah. Tempat tinggalnya di Bashrah. Ia (ath-Thayâlisî) wafat di Bashrah pada tahun 204 Hijriyah.

[16] Nama lengkapnya yaitu: ‘Abdurrahmân bin Abî Hâtim. Ia (Ibnu Abî Hâtim) adalah seorang tsiqqah al-Hâfizh (kredibel ke-‘âdl-an dan ke-dhabith-annya, serta seorang al-Hâfizh). Nasab (keturunan) nya yaitu: ar-Râzî. Kuniyah (nama akrab) nya yaitu: Abû Muhammad. Laqab (gelar/titel) nya: al-Hâfizh Ibn Abî Hâtim. Ia (Ibnu Abî Hâtim) adalah pakar tafsîr (tafsir) dan hadîts (hadis). Ia (Ibnu Abî Hâtim) wafat pada tahun 327 Hijriyah.

[17] Nama lengkapnya yaitu: Muhammad bin Jarîr bin Yazîd bin Katsîr bin Ghâlib. Ia (Ibnu Jarîr) merupakan seorang tsiqqah ‘âlim (kredibel ke-âdl-an dan ke-dhabith-annya, serta seorang ‘âlim). Nasab (keturunan) nya yaitu: al-Âmalî. Kuniyah (nama akrab) nya yaitu: Abû Ja’far ath-Thabarî. Laqab (gelar/titel) nya: Abâ at-Tafsîr dan Abâ at-Târîkh. Ia (Ibnu Jarîr) lahir di Thabari Sittân pada tahun 224 Hijriyah. Tempat tinggalnya di Baghdâd. Ia (Ibnu Jarîr) wafat di Baghdâd pada tahun 310 Hijriyah.

[18] Nama sebenarnya yaitu: ‘Abdurrahmân bin Abî Bakr. Kuniyah (nama akrab) nya yaitu: Jalâluddîn. Laqab (gelar/titel) nya: al-Hâfizh as-Suyûthî. Ia (as-Suyûthî) adalah seorang tsiqqah al-Hâfizh (kredibel ke-âdl-an dan ke-dhabith-annya, serta seorang al-Hâfizh). Serta ia (as-Suyûthî) juga seorang pakar tafsîr (tafsir), hadîts (hadis), lughah (gramatika), adb (sastra), fiqh (fikih), târîkh (sejarah), dan sebagainya. Nasab (keturunan) nya yaitu: as-Suyûthî. Ia (as-Suyûthî) lahir di Qâhirah pada tahun 849 Hijriyah. Tempat tinggalnya di Qâhirah. Ia (as-Suyûthî) wafat di Qâhirah pada tahun 911 Hijriyah.

[19] Nama lengkapnya yaitu: 'Ubaidillâh bin Mûsâ bin Abî al-Mukhtar Badzam. Ia ('Ubaidillâh bin Mûsâ) merupakan seorang Tabi’ Tâbi’în junior. Ia ('Ubaidillâh bin Mûsâ) adalah seorang yang tsiqqah (kredibel ke-‘âdl-an dan ke-dhabith-annya). Nasab (keturunan) nya yaitu: al-'Abasî. Kuniyah (nama akrab) nya yaitu: Abû Muhammad. Tempat tinggalnya di Kûfah. Ia ('Ubaidillâh bin Mûsâ) wafat di Kûfah pada tahun 213 Hijriyah.

[20] Nama lengkapnya yaitu: Isrâ-îl bin Yûnus bin Abî Ishâq. Ia (Isrâ-îl bin Yûnus) merupakan seorang Tabi’ Tâbi’în senior. Ia (Isrâ-îl bin Yûnus) adalah seorang yang tsiqqah (kredibel ke-‘âdl-an dan ke-dhabith-annya). Nasab (keturunan) nya yaitu: as-Sabî'î al-Hamdânî. Kuniyah (nama akrab) nya yaitu: Abû Yûsuf. Tempat tinggalnya di Kûfah. Ia (Isrâ-îl bin Yûnus) wafat pada tahun 160 Hijriyah.

[21] Nama sebenarnya yaitu: ‘Amr bin ‘Abdullâh bin ‘Ubaid. Ia (Abû Ishâq) merupakan seorang Tâbi’în pertengahan. Ia (Abû Ishâq) adalah seorang yang tsiqqah (kredibel ke-‘âdl-an dan ke-dhabith-annya). Nasab (keturunan) nya yaitu: as-Sabî’î al-Hamdânî. Kuniyah (nama akrab) nya yaitu: Abû Ishâq. Tempat tinggalnya di Kûfah. Ia (Abû Ishâq) wafat di Kûfah pada tahun 128 Hijriyah.

[22] Nama lengkapnya yaitu: al-Barâ bin ‘Âzib bin al-Hârits. Ia (al-Barâ bin ‘Âzib) merupakan salah satu Sahabat Nabi SAW. Semua Sahabat Nabi SAW. tsiqqah dan ‘âdl. Nasab (keturunan) nya yaitu: al-Anshârî al-Awsî. Kuniyah (nama akrab) nya yaitu: Abû ‘Imârah. Tempat tinggalnya di Kûfah. Ia (al-Barâ bin ‘Âzib) wafat di Kûfah pada tahun 72 Hijriyah.

[23] Muhadditsîn yaitu: Orang yang hafal matan-matan hadis, mengetahui gharîb serta faqîh, hafal sanad, mengetahui ihwal para perawi, dapat membedakan antara yang shahîh dengan yang dha’îf, seorang penghimpun buku, penulis, pendengar, pencari sanad-sanad hadis, dan mengetahui sanad yang terpendek dari padanya. Contoh para Muhadditsîn: Imâm Mâlik, Imâm asy-Syâfi’î, Imâm Ahmad bin Hanbal, Imâm Bukhârî, Imâm Muslim, at-Tirmidzî, Abû Dâwud, an-Nasâ-î, Ibnu Mâjah, Ibnu Khuzaymah, Ibnu Hibbân, dan sebagainya.

[24] Hadis Shahîh ialah: Hadis yang bersambung (muttashil) sanadnya, diriwayatkan oleh orang yang ‘âdl (‘âdl yaitu: orang yang istiqamah dalam beragama, baik akhlaqnya, tidak fasiq dan tidak melakukan cacat muru’ah), sempurna ke-dhabith-annya, tidak ada keganjilan (syadzdz), dan tidak ada kecacatan (‘illat).

[25] Tsiqqât adalah: Para perawi hadis yang kredibel ke-‘âdl-an dan ke-dhabith-annya.

[26] Nama lengkapnya yaitu: Muhammad bin Hibbân bin Ahmad bin Hibbân bin Mu’âdz bin Ma’bad. Ia (Ibnu Hibbân) merupakan seorang tsiqqah al-Imâm al-Hâfizh (kredibel ke-‘âdl-an dan ke-dhabith-annya, serta seorang al-Imâm dan al-Hâfizh). Ia (Ibnu Hibbân) juga seorang pakar lughah (gramatika) hadîts (hadis), târîkh (sejarah), ath-Thibb (kedokteran), fiqh (fiqih), dan sebagainya. Nasab (keturunan) nya yaitu: at-Tamîmî, ad-Dârimî al-Bustî. Kuniyah (nama akrab) nya yaitu: Abû Hâtim. Laqab (gelar/titel) nya: al-Hâfizh Ibn Hibbân. Ia (Ibnu Hibbân) lahir di Bustî (salah satu Kampung yang terletak di Sijistân) pada tahun 270 atau 271 Hijriyah. Tempat tinggalnya di Khurrâsân. Ia (Ibnu Hibbân) wafat pada tahun 354 Hijriyah.

[27] Al-Hâfizh Ibnu Katsîr. Tafsîr al-Qurân al-‘Azhîm, Tahqîq Sâmî bin Muhammad as-Salâmah. Ar-Riyadh: Dâr Thayyibah. Jilid. 1, Juz. 1, halaman: 522.

[28] Atsar adalah: Sesuatu yang disandarkan kepada Sahabat dan Tâbi’în, baik berupa perkataan dan perbuatan.

[29] Hadis Mawqûf yaitu: Sesuatu yang disandarkan kepada Sahabat, baik berupa perkataan, perbuatan dan persetujuan; baik bersambung sanadnya ataupun terputus sanadnya.

[30] Marfu’ maksudnya: Terangkatnya derajat hadis hingga ke Nabi SAW.

[31] Muhadditsîn yaitu: Orang yang hafal matan-matan hadis, mengetahui gharîb serta faqîh, hafal sanad, mengetahui ihwal para perawi, dapat membedakan antara yang shahîh dengan yang dha’îf, seorang penghimpun buku, penulis, pendengar, pencari sanad-sanad hadis, dan mengetahui sanad yang terpendek dari padanya. Contoh para Muhadditsîn: Imâm Mâlik, Imâm asy-Syâfi’î, Imâm Ahmad bin Hanbal, Imâm Bukhârî, Imâm Muslim, at-Tirmidzî, Abû Dâwud, an-Nasâ-î, Ibnu Mâjah, Ibnu Khuzaymah, Ibnu Hibbân, dan sebagainya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar