Kamis, 21 Maret 2013

TARJÎH HADIS-HADIS MENGENAI MELURUSKAN DAN MENEGAPKAN SELURUH ANGGOTA TUBUH SERTA MENGENAI BERSEDEKAP KETIKA I'TIDAL

TARJÎH HADIS-HADIS MENGENAI MELURUSKAN DAN MENEGAPKAN SELURUH ANGGOTA TUBUH SERTA MENGENAI BERSEDEKAP KETIKA I'TIDAL

Oleh: Jati Sarwo Edi



A.  Dalil-dalil yang Menerangkan Meluruskan dan Menegapkan Seluruh Anggota Tubuh Ketika I'tidal

Amîr al-Mu'minîn fî al-Hadîts Ahmad bin Hanbal meriwayatkan dalam Musnad al-Imâm Ahmad Ibn Hanbalnya (No. Hadis: 22493):
حَدَّثَنَا يَحْيَى بْنُ سَعِيْدٍ, عَنْ عَبْدِ الْحَمِيْدِ بْنِ جَعْفَرٍ, قَالَ: حَدَّثَنِيْ مُحَمَّدُ بْنُ عَطَاءٍ, عَنْ أَبِيْ حُمَيْدٍ السَّاعِدِيِّ, قَالَ: سَمِعْتُهُ وَهُوَ فِيْ عَشَرَةٍ مِنْ أَصْحَابِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ, أَحَدُهُمْ أَبُوْ قَتَادَةَ بْنُ رِبْعِيٍّ, يَقُوْلُ: أَنَا أَعْلَمُكُمْ بِصَلَاةِ رَسُوْلِ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ, قَالُوْا لَهُ: مَا كُنْتَ أَقْدَمَنَا صُحْبَةً, وَلَا أَكْثَرَنَا لَهُ تَبَاعَةً. قَالَ: بَلَى. قَالُوْا: فَاعْرِضْ. قَالَ: كَانَ إِذَا قَامَ إِلَى الصَّلَاةِ اعْتَدَلَ قَائِمًا, وَرَفَعَ يَدَيْهِ حَتَّى حَاذَى بِهِمَا مَنْكِبَيْهِ. فَإِذَا أَرَادَ أَنْ يَّرْكَعَ, رَفَعَ يَدَيْهِ حَتَّى يُحَاذِيَ بِهِمَا مَنْكِبَيْهِ. ثُمَّ قَالَ: اللهُ أَكْبَرُ. فَرَكَعَ ثُمَّ اعْتَدَلَ فَلَمْ يَصُبَّ رَأْسَهُ وَلَمْ يَقْنَعْهُ, وَوَضَعَ يَدَيْهِ عَلَى رُكْبَتَيْهِ, ثُمَّ قَالَ: سَمِعَ اللهُ لِمَنْ حَمِدَهُ. ثُمَّ رَفَعَ وَاعْتَدَلَ حَتَّى رَجَعَ كُلُّ عَظْمٍ فِيْ مَوْضِعِهِ مُعْتَدِلًا. ثُمَّ هَوَى سَاجِدًا, وَقَالَ: اللهُ أَكْبَرُ. ثُمَّ جَافَى وَفَتَحَ عَضُدَيْهِ عَنْ بَطْنِهِ, وَفَتَحَ أَصَابِعَ رِجْلَيْهِ, ثُمَّ ثَنَى رِجْلَهُ الْيُسْرَى وَقَعَدَ عَلَيْهَا, وَاعْتَدَلَ حَتَّى رَجَعَ كُلُّ عَظْمٍ فِيْ مَوْضِعِهِ. ثُمَّ هَوَى سَاجِدًا, وَقَالَ: اللهُ أَكْبَرُ. ثُمَّ ثَنَى رِجْلَهُ, وَقَعَدَ عَلَيْهَا, حَتَّى يَرْجِعَ كُلُّ عُضْوٍ إِلَى مَوْضِعِهِ. ثُمَّ نَهَضَ فَصَنَعَ فِي الرَّكْعَةِ الثَّانِيَةِ مِثْلَ ذَالِكَ. حَتَّى إِذَا قَامَ مِنَ السَّجْدَتَيْنِ كَبَّرَ وَرَفَعَ يَدَيْهِ حَتَّى يُحَاذِيَ بِهِمَا مَنْكِبَيْهِ, كَمَا صَنَعَ حِيْنَ افْتَتَحَ الصَّلَاةَ. ثُمَّ صَنَعَ كَذَلِكَ, حَتَّى إِذَا كَانَتِ الرَّكْعَةُ الَّتِيْ تَنْقَضِيْ فِيْهَا الصَّلَاةُ أَخَّرَ رِجْلَهُ الْيُسْرَى, وَقَعَدَ عَلَى شِقِّهِ مُتَوَرِّكًا, ثُمَّ سَلَّمَ.
"Yahyâ bin Sa'îd al-Qaththân telah bercerita kepada kami (kepada Ahmad bin Hanbal), dari 'Abdul Hamîd bin Ja'far, dia ('Abdul Hamîd bin Ja'far) berkata: "Muhammad bin 'Amrû bin 'Athâ telah bercerita kepada saya (kepada 'Abdul Hamîd bin Ja'far), dari Abû Humaid as-Sâ'idŷ (nama sebenarnya yaitu: 'Abdurrahmân bin Sa'd), dia ('Abdurrahmân bin Sa'd) berkata: "Saya ('Abdurrahmân bin Sa'd) telah mendengar 10 Shahabat Nabi SAW. Salah satunya yaitu: "Abû Qatâdah bin Rib'iŷ (nama sebenarnya yaitu: al-Hârits bin Rib'iŷ) berkata: "Di antara kalian (para Shahabat Nabi SAW), saya (al-Hârits bin Rib'iŷ) yang paling mengetahui Shalatnya Nabi SAW.". Mereka (para Shahabat Nabi SAW.) berkata kepadanya (kepada al-Hârits bin Rib'iŷ): "Anda (al-Hârits bin Rib'iŷ) lebih dulu menjadi Shahabat Nabi SAW. sedangkan mayoritas kami (para Shahabat Nabi SAW.) tidak lain hanya sebagai pengikut (maksudnya: mereka menjadi Shahabat Nabi SAW. setelah al-Hârits bin Rib'iŷ)". Dia (al-Hârits bin Rib'iŷ) berkata: "Iya". Mereka (para Shahabat Nabi SAW.) berkata: "Maka sampaikanlah kepada kami (kepada para Shahabat Nabi SAW)". Dia (al-Hârits bin Rib'iŷ) berkata: "Nabi SAW. apabila hendak mendirikan Shalat, beliau SAW. berdiri tegap dan lurus, kemudian beliau SAW. mengangkat kedua Tangannya hingga sejajar dengan kedua Bahunya. Begitu pula ketika beliau SAW. hendak ruku', beliau SAW. juga mengangkat kedua Tangannya hingga sejajar dengan kedua Bahunya. Lalu beliau SAW. mengucapkan "Allâhu Akbar", kemudian beliau SAW. ruku' dengan meluruskan (Tulang) Punggungnya, serta tidak menurunkan dan tidak pula menundukkan kepalanya, setelah itu beliau SAW. meletakkan kedua Tangannya di atas kedua Lututnya. Kemudian beliau SAW. mengucapkan: "Sami' Allâhu Liman Hamidah", LALU BELIAU SAW. MENGANGKAT KEPALANYA UNTUK BERI'TIDAL DENGAN MENEGAPKAN DAN MELURUSKAN SELURUH ANGGOTA TUBUHNYA. Kemudian beliau SAW. sujud seraya mengucapkan: "Allâhu Akbar", lalu beliau SAW. menjauhkan kedua Lengannya dari Lambungnya, dan membuka kedua Betis (dan kedua Kakinya), serta tidak menempelkan kedua Betis ke Perutnya, beliau SAW. juga menegakkan jari-jemari Kakinya dan menghadapkan ke Kiblat. Kemudian beliau SAW. (duduk di antara dua sujud) dengan mendirikan Kaki kanannya dan menghadapkan jari-jemari Kaki kanannya ke Kiblat, serta menghorizontalkan Kaki kirinya ke arah Kaki kanannya, kemudian beliau SAW. menduduki Kaki kirinya, lalu beliau SAW. menegapkan Badannya. Kemudian beliau SAW. sujud kembali seraya mengucapkan: "Allâhu Akbar". Lalu beliau SAW. duduk sebentar (seperti posisi duduk di antara dua sujud), setelah itu beliau SAW. bangun (berdiri). Adapun pada Raka'at kedua beliau SAW. lakukan seperti pada Raka'at Pertama, kecuali pada saat beliau SAW. hendak berdiri menuju Raka'at ketiga, pada saat itu beliau SAW. bangun (berdiri) menuju Raka'at ketiga sambil mengangkat kedua Tangannya hingga sejajar dengan kedua Bahunya, seperti pada saat beliau SAW. bertakbiratul ihram. Begitu pula ketika beliau SAW. Duduk Tasyahud Akhir, beliau SAW. menghorizontalkan Kaki kirinya di bawah (celah) Kaki kanannya, kemudian mendirikan Kaki kanannya serta menghadapkan jari-jemari Kaki kanannya ke Kiblat, lalu beliau SAW. duduk di atas Tumit Kaki kanannya. Setelah itu beliau SAW. salam". {HR. Ahmad bin Hanbal dalam Musnad al-Imâm Ahmad Ibn Hanbalnya (No. Hadis: 22493). Al-Bukhârî dalam al-Jâmi’ ash-Shahîh li al-Bukhârînya (No. Hadis: 785). At-Tirmidzî dalam al-Jâmi’ ash-Shahîh Sunan at-Tirmidzînya (No. Hadis: 280). Abû Dâwud dalam Sunan Abî Dâwudnya (No. Hadis: 627). Ad-Dârimî dalam Sunan ad-Dârimînya (No. Hadis: 1322). Ibnu Khuzaymah dalam Shahîh Ibn Khuzaymahnya (No. Hadis: 677). Ibnu Hibbân dalam Shahîh Ibn Hibbân bi Tartîb Ibn Balbân (No. Hadis: 1865 dan 1876). Al-Bayhaqî dalam as-Sunan al-Kubrânya (No. Hadis: 2517 dan 2758). Al-Bazzâr dalam Musnad al-Bazzâr al-Mansyûrnya (No. Hadis: 3711). Ibnu al-Jârûd dalam al-Muntaqâ min as-Sunan al-Musnadahnya (No. Hadis: 192). Dan al-Baghawî dalam Syarh as-Sunnahnya (No. Hadis: 55)}.[1]







Al-Imâm al-Hâfizh al-Bayhaqî meriwayatkan dalam as-Sunan al-Kubrânya (No. Hadis: 2815):
أَخْبَرَنَا أَبُو الْحَسَنِ مُحَمَّدُ بْنُ الْحُسَيْنِ بْنِ الْفَضْلِ الْقَطَّانُ بِبَغْدَادَ, قَالَ: أَنْبَأَنَا إِسْمَاعِيْلُ بْنُ مُحَمَّدٍ الصَّفَّارُ, قَالَ: حَدَّثَنَا عَبْدُ اللهِ بْنُ مُحَمَّدِ بْنِ شَاكِرٍ, قَالَ: حَدَّثَنَا أَبُوْ أُسَامَةَ, قَالَ: حَدَّثَنَا عَبْدُ الْحَمِيْدِ بْنُ جَعْفَرٍ, قَالَ: حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ عَمْرِو بْنِ عَطَاءٍ, قَالَ: سَمِعْتُ أَبَا حُمَيْدٍ يَقُوْلُ: كَانَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَا قَامَ إِلَى الصَّلَاةِ اسْتَقْبَلَ الْقِبْلَةَ، ثُمَّ رَفَعَ يَدَيْهِ حَتَّى يُحَاذِيَ بِهِمَا مَنْكِبَيْهِ، ثُمَّ يَقُوْلُ: اللهُ أَكْبَرُ. وَإِذَا رَكَعَ كَبَّرَ حِيْنَ يَرْكَعُ وَيَرْفَعُ يَدَيْهِ، ثُمَّ عَدَلَ صُلْبَهُ فَلَمْ يُصَوِّبْهُ وَلَمْ يُقَنِّعْهُ، ثُمَّ رَفَعَ رَأْسَهُ، فَقَالَ: سَمِعَ اللهُ لِمَنْ حَمِدَهُ, ثُمَّ رَفَعَ يَدَيْهِ حَتَّى يُحَاذِيَ بِهِمَا مَنْكِبَيْهِ، ثُمَّ اعْتَدَلَ حَتَّى جَاءَ كُلُّ عُضْوٍ إِلَى مَوْضِعِهِ مُعْتَدِلًا. ثُمَّ يَفْعَلُ فِي الرَّكْعَةِ الْأُخْرَى مِثْلَ ذَلِكَ. حَتَّى إِذَا قَامَ مِنَ الرَّكْعَتَيْنِ كَبَّرَ وَرَفَعَ يَدَيْهِ كَمَا صَنَعَ فِي ابْتِدَاءِ الصَّلَاةِ. حَتَّى إِذَا كَانَتِ السَّجْدَةُ الَّتِيْ تَكُوْنُ حِلَّةَ الصَّلَاةِ رَفَعَ رَأْسَهُ فِيْهَا, وَقَعَدَ مُتَوَرِّكًا.
"Abû al-Hasan Muhammad bin al-Husain bin al-Fadhal al-Qaththân di Baghdâd telah mengabarkan kami (mengabarkan al-Bayhaqî), dia (Abû al-Hasan Muhammad bin al-Husain bin al-Fadhal al-Qaththân) berkata: "Ismâ'îl bin Muhammad ash-Shaffâr telah memberitakan kami (memberitakan Abû al-Hasan Muhammad bin al-Husain bin al-Fadhal al-Qaththân), dia (Ismâ'îl bin Muhammad ash-Shaffâr) berkata: "'Abdullâh bin Muhammad bin Syâkir telah bercerita kepada kami (kepada Ismâ'îl bin Muhammad ash-Shaffâr), dia ('Abdullâh bin Muhammad bin Syâkir) berkata: "Abû Usâmah (nama sebenarnya yaitu: Hammâd bin Usâmah bin Zaid) telah bercerita kepada kami (kepada 'Abdullâh bin Muhammad bin Syâkir), dia (Abû Usâmah) berkata: "'Abdul Hamîd bin Ja'far telah bercerita kepada kami (kepada Abû Usâmah), dia ('Abdul Hamîd bin Ja'far) berkata: "Muhammad bin 'Amrû bin 'Athâ telah bercerita kepada kami (kepada 'Abdul Hamîd bin Ja'far), dia (Muhammad bin 'Amrû bin 'Athâ) berkata: " Saya (Muhammad bin 'Amrû bin 'Athâ) telah mendengar Abû Humaid as-Sâ'idŷ (nama sebenarnya yaitu: 'Abdurrahmân bin Sa'd) berkata: "Rasûlullâh SAW. apabila hendak mendirikan Shalat, beliau SAW. berdiri tegap dan lurus menghadap Kiblat, kemudian beliau SAW. mengangkat kedua Tangannya hingga sejajar dengan kedua Bahunya, seraya berkata: "Allâhu Akbar". Apabila beliau SAW. hendak ruku', beliau SAW. bertakbir terlebih dahulu kemudian ruku'. Sebelum itu beliau SAW. mengangkat kedua Tangannya hingga sejajar dengan kedua Bahunya terlebih dahulu, lalu beliau SAW. ruku' dengan meluruskan (Tulang) Punggungnya, serta tidak menurunkan dan tidak pula menundukkan (Tulang) Punggungnya. Setelah itu beliau SAW. mengangkat Kepalanya dan kedua Tangannya hingga sejajar dengan kedua Bahunya, seraya berkata: "Sami' Allâhu Liman Hamidah", KEMUDIAN BELIAU SAW. I'TIDAL  DENGAN MENEGAPKAN DAN MELURUSKAN SELURUH ANGGOTA TUBUHNYA. Adapun pada Raka'at yang lain beliau SAW. lakukan seperti pada Raka'at Pertama, kecuali pada saat beliau SAW. hendak berdiri menuju Raka'at ketiga, pada saat itu beliau SAW. bangun (berdiri) menuju Raka'at ketiga sambil mengangkat kedua Tangannya hingga sejajar dengan kedua Bahunya, seperti pada saat beliau SAW. bertakbiratul ihram. Begitu pula ketika beliau SAW. Duduk Tasyahud Akhir, beliau SAW. menghorizontalkan Kaki kirinya di bawah (celah) Kaki kanannya, kemudian mendirikan Kaki kanannya serta menghadapkan jari-jemari Kaki kanannya ke Kiblat, lalu beliau SAW. duduk di atas Tumit Kaki kanannya". {HR. Al-Bayhaqî dalam as-Sunan al-Kubrânya (No. Hadis: 2815 dan 2623). Ibnu Khuzaymah dalam Shahîh Ibn Khuzaymahnya (No. Hadis: 587). Ibnu Hibbân dalam Shahîh Ibn Hibbân bi Tartîb Ibn Balbân (No. Hadis: 1870). Dan Ibnu 'Asâkir dalam Mu'jam asy-Syuyûkhnya (No. Hadis: 1201)}.[2]










B.  Dalil-dalil yang Menjadi Sumber Rujukan Bersedekap Ketika I'tidal

Amîr al-Mu'minîn fî al-Hadîts Ahmad bin Hanbal meriwayatkan dalam Musnad al-Imâm Ahmad Ibn Hanbalnya (No. Hadis: 18100):
حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ جَعْفَرٍ, قَالَ: حَدَّثَنَا شُعْبَةُ, عَنْ عَاصِمِ بْنِ كُلَيْبٍ, عَنْ أَبِيْهِ, عَنْ وَائِلٍ الْحَضْرَمِيِّ, قَالَ: صَلَّيْتُ خَلْفَ رَسُوْلِ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ, فَكَبَّرَ حِيْنَ دَخَلَ وَرَفَعَ يَدَهُ. وَحِيْنَ أَرَادَ أَنْ يَّرْكَعَ رَفَعَ يَدَيْهِ. وَحِيْنَ رَفَعَ رَأْسَهُ مِنَ الرُّكُوْعِ رَفَعَ يَدَيْهِ, وَوَضَعَ كَفَّيْهِ. وَجَافَى وَفَرَشَ فَخِذَهُ الْيُسْرَى مِنَ الْيُمْنَى, وَأَشَارَ بِإِصْبَعِهِ السَّبَّابَةِ.
"Muhammad bin Ja'far telah bercerita kepada kami (kepada Ahmad bin Hanbal), dia (Muhammad bin Ja'far) berkata: "Syu'bah bin al-Haĵâj telah bercerita kepada kami (kepada Muhammad bin Ja'far), dari 'Âshim bin Kulaib, dari Kulaib bin Syihâb Ibn al-Majnûn, dari Wâil al-Hadhramŷ (nama sebenarnya yaitu: Wâil bin Hujr bin Sa'd), dia (Wâil bin Hujr bin Sa'd) berkata: "Saya (Wâil bin Hujr bin Sa'd) pernah Shalat di belakang Rasûlullâh SAW; beliau SAW. apabila hendak mendirikan Shalat mengangkat kedua Tangannya sambil bertakbir. Begitu pula ketika beliau SAW. hendak ruku', beliau SAW. juga mengangkat kedua Tangannya. Begitu pula ketika beliau SAW. mengangkat Kepalanya dari ruku', beliau SAW. juga mengangkat kedua Tangannya, DAN MELETAKKAN KEDUA TELAPAK TANGANNYA. Kemudian beliau SAW. menjauhkan kedua Lengannya dari Lambungnya, dan membentangkan (menjauhkan) Betis kirinya dari Betis kanannya, lalu beliau SAW. memberi isyarat dengan Jari Telunjuknya". {HR. Ahmad bin Hanbal dalam Musnad al-Imâm Ahmad Ibn Hanbalnya (No. Hadis: 18100). Dan Ibnu Khuzaymah mengeluarkan sebagaimana Hadis di atas dalam Shahîh Ibn Khuzaymahnya (No. Hadis: 697)}.[3]







Amîr al-Mu'minîn fî al-Hadîts Ahmad bin Hanbal meriwayatkan dalam Musnad al-Imâm Ahmad Ibn Hanbalnya (No. Hadis: 18116):
حَدَّثَنَا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ الْوَلِيْدِ, قَالَ: حَدَّثَنِيْ سُفْيَانُ, عَنْ عَاصِمِ بْنِ كُلَيْبٍ, عَنْ أَبِيْهِ, عَنْ وَائِلِ بْنِ حُجْرٍ, قَالَ: رَأَيْتُ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ حِيْنَ كَبَّرَ رَفَعَ يَدَيْهِ حِذَاءَ أُذُنَيْهِ. ثُمَّ حِيْنَ رَكَعَ. ثُمَّ حِيْنَ قَالَ: سَمِعَ اللهُ لِمَنْ حَمِدَهُ رَفَعَ يَدَيْهِ, وَرَأَيْتُهُ مُمْسِكًا يَمِيْنَهُ عَلَى شِمَالِهِ فِيْ الصَّلَاةِ. فَلَمَّا جَلَسَ حَلَّقَ بِالْوُسْطَى وَالْإِبْهَامِ وَأَشَارَ بِالسَّبَّابَةِ, وَوَضَعَ يَدَهُ الْيُمْنَى عَلَى فَخِذِهِ الْيُمْنَى, وَوَضَعَ يَدَهُ الْيُسْرَى عَلَى فَخِذِهِ الْيُسْرَى.
"'Abdullâh bin al-Walîd telah bercerita kepada kami (kepada Ahmad bin Hanbal), dia ('Abdullâh bin al-Walîd) berkata: "Sufyân ats-Tsaurŷ (nama sebenarnya yaitu: Sufyân bin Sa'îd bin Masrûq) telah bercerita kepada saya (kepada 'Abdullâh bin al-Walîd), dari 'Âshim bin Kulaib, dari Kulaib bin Syihâb Ibn al-Majnûn, dari Wâil bin Hujr bin Sa'd, dia (Wâil bin Hujr bin Sa'd) berkata: "Saya (Wâil bin Hujr bin Sa'd) telah melihat Rasûlullâh SAW. bertakbir mengangkat kedua Tangannya sejajar dengan kedua Telinganya. Kemudian ketika beliau SAW. hendak ruku' juga mengangkat kedua Tangannya sejajar dengan kedua Telinganya. Begitu pula ketika beliau SAW. mengucapkan: "Sami' Allâhu Liman Hamidah, beliau SAW. juga mengangkat kedua Tangannya sejajar dengan kedua Telinganya. DALAM SHALAT, SAYA (WÂIL BIN HUJR BIN SA'D) JUGA TELAH MELIHAT TANGAN KANAN BELIAU SAW. MEMEGANG DAN BERADA DI ATAS TANGAN KIRINYA. Ketika beliau SAW. Duduk Tasyahud, beliau SAW. melingkarkan ketiga Jarinya (Jari Tengah, Jari Manis, dan Jaris Kelingking) dengan Ibu Jarinya, kemudian beliau SAW. memberi isyarat dengan Jari Telunjuknya; beliau SAW. juga meletakkan Tangan kanannya di atas Paha kanannya, serta meletakkan Tangan kirinya di atas Paha kirinya". {HR. Ahmad bin Hanbal dalam Musnad al-Imâm Ahmad Ibn Hanbalnya (No. Hadis: 18116)}.[4]







PENJELASAN (mengenai Dalil-dalil yang menjadi sumber rujukan bersedekap ketika I'tidal):

Al-Hâfizh Muhammad Nâshiruddîn al-Albânî berkata dalam Shifah Shalâh an-Nabî SAW. min at-Takbîr ilâ at-Taslîm Kaannaka Tarâhânya (halaman: 130): "…………Dari Imâm Ahmad bin Hanbal semoga Allâh merahmatinya, ia (Imam Ahmad bin Hanbal) berkata: “Jika (seseorang) menghendaki, maka ia dapat melepaskan kedua Tangannya sesudah bangkit dari rukû’. Dan (bila) ia menghendaki (boleh pula) meletakkan kedua Tangannya (di atas Dada atau bersedekap)”. Kemudian al-Hâfizh Muhammad Nâshiruddîn al-Albânî berkomentar: "Sesungguhnya yang demikian itu tidak marfû’ kepada Nabi SAW. Itu adalah perkataan Imâm Ahmad bin Hanbal atas dasar ijtihad dan pendapatnya sendiri. Sedangkan pendapat itu kadang bisa salah dan keliru…………...".


Saya (Jati Sarwo Edi) berpendapat bahwa: "HADIS PERTAMA di atas yang diriwayatkan oleh Amîr al-Mu'minîn fî al-Hadîts Ahmad bin Hanbal, yang dijadikan Sumber Rujukan Bersedekap Ketika I'tidâl TIDAK SHÂRIH (TIDAK TEGAS DAN TIDAK JELAS); karena pada Matan Hadis di atas hanya diterangkan dengan lafazh: (وَوَضَعَ كَفَّيْهِ), dengan kata lain bahwa meletakkan kedua Tangan sebagaimana Redaksi (Matan) tersebut bisa diartikan dengan: (وَوَضَعَ كَفَّيْهِ عَلَى فَاخِذَيْهِ), karena setelah Redaksi (Matan) tersebut terdapat lafazh: (وَجَافَى وَفَرَشَ فَخِذَهُ الْيُسْرَى مِنَ الْيُمْنَى, وَأَشَارَ بِإِصْبَعِهِ السَّبَّابَةِ), yang bermakna: "Kemudian beliau SAW. menjauhkan kedua Lengannya dari Lambungnya, dan membentangkan (menjauhkan) Betis kirinya dari Betis kanannya, lalu beliau SAW. memberi isyarat dengan Jari Telunjuknya".


Saya (Jati Sarwo Edi) juga berpendapat bahwa: "Kedua Hadis di atas yang diriwayatkan oleh Amîr al-Mu'minîn fî al-Hadîts Ahmad bin Hanbal, yang dijadikan Sumber Rujukan Bersedekap Ketika I'tidâl TIDAK DAPAT DIJADIKAN HUĴAH (PEDOMAN/ LANDASAN) DALAM SYARÂ' ISLÂM; karena 'Âshim bin Kulaib bin Syihâb Ibn al-Majnûn meriwayatkan kedua Hadis di atas sendirian saja dari Bapakanya, yaitu: "Kulaib bin Syihâb Ibn al-Majnûn". Sebagaimana pendapat al-Imâm al-Hâfizh 'Alî bin al-Madînî yang dikutip oleh al-Imâm al-Hâfizh Ibnu Hajar al-'Asqalânî dalam Tahdzîb at-Tahdzîbnya: (5/56), ia (al-Imâm al-Hâfizh 'Alî bin al-Madînî) berkata: "Apabila 'Âshim bin Kulaib bin Syihâb Ibn al-Majnûn meriwayatkan Hadis sendirian saja, maka Hadis yang ia ('Âshim bin Kulaib bin Syihâb Ibn al-Majnûn) riwayatkan tersebut tidak dapat dijadikan huĵah (pedoman/ landasan)".







KESIMPULAN:
Dari Penjelasan dan Dalil-dalil yang telah saya (Jati Sarwo Edi) kemukakan di atas, jelaslah sudah bahwa: "Hadis-hadis yang menerangkan mengenai "Menegapkan dan Meluruskan Seluruh Anggota Tubuh" adalah Dalil-dalil yang SHAHÎH dan SHÂRIH (jelas dan tegas). Sedangkan Hadis-hadis yang menerangkan mengenai "Bersedekap Ketika I'tidâl" adalah Hadis-hadis yang tidak Shârih (tidak tegas dan tidak jelas), serta tidak dapat dijadikan huĵah (pedoman/ landasan) dalam Syarâ' Islâm. Begitu pula kualitas sanad Hadis-hadis tersebut juga sangat dipertentangkan dan diperdebatkan oleh para Huffâzh".

Oleh karena itu, hendaknya Kaum Muslimîn menegapkan dan meluruskan seluruh anggota tubuhnya ketika I'tidâl. Adapun bagi yang tidak mampu menegapkan dan meluruskan seluruh anggota tubuhnya ketika I'tidâl karena sakit, ataupun karena hal yang lain, maka ia boleh beri'tidâl sesuai kemampuannya.


Wa Allâh A'lâm bi ash-Shaŵâb
























[1] Hadis riwayat Amîr al-Mu'minîn fî al-Hadîts Ahmad bin Hanbal di atas berkualitas shahîh, karena semua perawinya tsiqqah (kredibel ke-âdl-an dan ke-dhabith-annya). Hadis di atas juga diriwayatkan oleh Amîr al-Mu'minîn fî al-Hadîts al-Bukhârî dalam al-Jâmi’ ash-Shahîh li al-Bukhârînya (No. Hadis: 785). Dan dinilai Hasan Shahîh oleh: al-Imâm al-Hâfizh at-Tirmidzî dalam al-Jâmi’ ash-Shahîh Sunan at-Tirmidzînya (No. Hadis: 280). Juga di-shahîh-kan oleh: al-Imâm al-Hâfizh Ibnu Khuzaymah dalam Shahîh Ibn Khuzaymahnya (No. Hadis: 677). Juga di-shahîh-kan oleh: al-Imâm al-Hâfizh Ibnu Hibbân dalam Shahîh Ibn Hibbân bi Tartîb Ibn Balbân (No. Hadis: 1865 dan 1876). Juga di-shahîh-kan oleh: al-Hâfizh an-Nawawî dalam al-Majmû' Syarh al-Muhadzdzabnya (3/407 dan 3/443). Juga di-shahîh-kan oleh: al-Hâfizh al-Khaththâbî dalam Mu'âlim as-Sunannya (8/354). Juga di-shahîh-kan oleh: al-Hâfizh Ibnu Qaŷim al-Jauziŷah dalam Tahdzîb at-Tahdzîb (1/355). Serta dinilai Shahîh oleh: al-Hâfizh Muhammad Nâshiruddîn al-Albânî dalam Shahîh Sunan Abî Dâwudnya (No: 720).

[2] Hadis riwayat al-Imâm al-Hâfizh al-Bayhaqî di atas berkualitas shahîh, karena semua perawinya tsiqqah (kredibel ke-‘âdl-an dan ke-dhabith-annya). Hadis riwayat al-Imâm al-Hâfizh al-Bayhaqî di atas di-shahîh-kan oleh: al-Imâm al-Hâfizh Ibnu Khuzaymah dalam Shahîh Ibn Khuzaymahnya (No. Hadis: 587). Juga di-shahîh-kan oleh: al-Imâm al-Hâfizh Ibnu Hibbân dalam Shahîh Ibn Hibbân bi Tartîb Ibn Balbân (No. Hadis: 1870). Serta dinilai Shahîh oleh: al-Hâfizh Muhammad Nâshiruddîn al-Albânî dalam at-Ta'lîqât al-Hasân 'alâ Shahîh Ibn Hibbân wa Tamyîz Saqîmihi min Shahîhihi wa Syâdzdzah min Mahfûzhihinya (No: 1867).

[3] Hadis riwayat Amîr al-Mu'minîn fî al-Hadîts Ahmad bin Hanbal di atas masih diperdebatkan dan dipertentangkan sanadnya oleh para Huffâzh. Ada 2 orang perawi yang bernama: "'ÂSHIM BIN KULAIB BIN SYIHÂB IBN AL-MAJNÛN", dan bapaknya yaitu: "KULAIB BIN SYIHÂB IBN AL-MAJNÛN", yang dinilai Murji'ah, tidak dapat dijadikah huĵah (pedoman/ landasan), sangat mengkhawatirkan (wahm), dan mudhtharib (guncang) oleh para Huffâzh. Sedangkan para Huffâzh yang men-tajrîh (menilai cacat) 'ÂSHIM BIN KULAIB BIN SYIHÂB IBN AL-MAJNÛN mereka yaitu: Amîr al-Mu'minîn fî al-Hadîts Ahmad bin Hanbal berkata: "'Âshim bin Kulaib bin Syihâb Ibn al-Majnûn tidak tsiqqah". Al-Imâm al-Hâfizh 'Alî bin al-Madînî berkata: "Apabila 'Âshim bin Kulaib bin Syihâb Ibn al-Majnûn meriwayatkan Hadis sendirian, maka Hadis yang ia ('Âshim bin Kulaib bin Syihâb Ibn al-Majnûn) riwayatkan tersebut tidak dapat dijadikan huĵah (pedoman/ landasan)". Al-Hâfizh al-Bazzâr berkata: "'Âshim bin Kulaib bin Syihâb Ibn al-Majnûn tidak meriwayatkan dari Shahabat Nabi SAW; dan Hadisnya (Hadis riwayat 'Âshim bin Kulaib bin Syihâb Ibn al-Majnûn) guncang (mudhtharib)". Al-Hâfizh al-'Uqaylî dan al-Hâfizh Syârik berkata: "Ia ('Âshim bin Kulaib bin Syihâb Ibn al-Majnûn) adalah seorang yang MURJI'AH". Al-Imâm al-Hâfizh Ibnu Hajar al-'Asqalânî berkata: "Ia seorang yang jujur (shadûq); ia ('Âshim bin Kulaib bin Syihâb Ibn al-Majnûn) tertuduh seorang yang MURJI'AH". Al-Imâm al-Hâfizh adz-Dzahabî berkata: "'Âshim bin Kulaib bin Syihâb Ibn al-Majnûn adalah seorang Ahli 'Ibâdah dan seorang Wali, akan tetapi ia ('Âshim bin Kulaib bin Syihâb Ibn al-Majnûn) adalah seorang yang MURJI'AH". {Sumber: "Tahdzîb al-Kamâl fî Asmâ ar-Rijâl", karya: al-Hâfizh al-Mizzî: (No. 3024)}. Dan {Sumber: "Tahdzîb at-Tahdzîb", karya: al-Hâfizh Ibnu Hajar al-'Asqalânî: (5/56)}. Dan {Sumber: "Taqrîb at-Tahdzîb", karya: al-Hâfizh Ibnu Hajar al-'Asqalânî: (1/385)}. Dan {Sumber: "Mîzân al-I'tidâl fî Naqd ar-Rijâl", karya: al-Hâfizh adz-Dzahabî: (No. 4064)}. Serta {Sumber: "Ikmâl Tahdzîb al-Kamâl fî Asmâ ar-Rijâl", karya: al-Hâfizh 'Alâuddîn Mughlathŷ: (No. 2639)}.
Adapun para Huffâzh yang men-ta'dîl (menilai 'adl) dan meringankan 'ÂSHIM BIN KULAIB BIN SYIHÂB IBN AL-MAJNÛN mereka yaitu: al-Imâm al-Hâfizh Yahyâ bin Ma'în dan al-Imâm al-Hâfizh an-Nasâî berkata: "'Âshim bin Kulaib bin Syihâb Ibn al-Majnûn adalah seorang yang tsiqqah (kredibel ke-‘âdl-an dan ke-dhabith-annya)". Al-Hâfizh Muhammad bin Sa'd berkata: "Ia ('Âshim bin Kulaib bin Syihâb Ibn al-Majnûn) adalah seorang yang tsiqqah, dan ia ('Âshim bin Kulaib bin Syihâb Ibn al-Majnûn) tidak banyak meriwayatkan Hadis. Serta Hadisnya (Hadis riwayat 'Âshim bin Kulaib bin Syihâb Ibn al-Majnûn) dapat dijadikan huĵah (landasan/ pedoman)". Al-Hâfizh Ahmad bin Shâleh al-Mishrŷ berkata: "Ia ('Âshim bin Kulaib bin Syihâb Ibn al-Majnûn) adalah seorang yang tsiqqah (kredibel ke-‘âdl-an dan ke-dhabith-annya) yang terpercaya". Al-Hâfizh al-Hâkim berkata: "Al-Imâm al-Hâfizh Muslim bin al-Haĵâj menjadikan Hadis riwayat 'Âshim bin Kulaib bin Syihâb Ibn al-Majnûn sebagai huĵah (pedoman/ landasan) dalam al-Jâmi' ash-Shahîh li Muslimnya". Al-Hâfizh Abû Hâtim ar-Râzî berkata: "Ia ('Âshim bin Kulaib bin Syihâb Ibn al-Majnûn) adalah seorang yang Shâleh". {Sumber: "Tahdzîb al-Kamâl fî Asmâ ar-Rijâl", karya: al-Hâfizh al-Mizzî: (No. 3024)}. Dan {Sumber: "Tahdzîb at-Tahdzîb", karya: al-Hâfizh Ibnu Hajar al-'Asqalânî: (5/56)}. Dan {Sumber: "Taqrîb at-Tahdzîb", karya: al-Hâfizh Ibnu Hajar al-'Asqalânî: (1/385)}. Dan {Sumber: "Mîzân al-I'tidâl fî Naqd ar-Rijâl", karya: al-Hâfizh adz-Dzahabî: (No. 4064)}. Serta {Sumber: "Ikmâl Tahdzîb al-Kamâl fî Asmâ ar-Rijâl", karya: al-Hâfizh 'Alâuddîn Mughlathŷ: (No. 2639)}.
Sedangkan al-Hâfizh yang men-tajrîh (menilai cacat) KULAIB BIN SYIHÂB IBN AL-MAJNÛN yaitu: al-Imâm al-Hâfizh Ibnu Hajar al-'Asqalânî berkata: "Ia (Kulaib bin Syihâb Ibn al-Majnûn) adalah seorang yang jujur (shadûq), akan tetapi periwayatan Hadis Kulaib bin Syihâb Ibn al-Majnûn dari Shahabat Nabi SAW. sangat mengkhawatirkan". {Sumber: "Tahdzîb at-Tahdzîb", karya: al-Hâfizh Ibnu Hajar al-'Asqalânî: (8/446)}. Dan {Sumber: "al-Ishâbah fî Tamyîz ash-Shahâbah", karya: al-Hâfizh Ibnu Hajar al-'Asqalânî: (No. 7544)}.
Adapun para Huffâzh yang men-ta'dîl (menilai 'adl) KULAIB BIN SYIHÂB IBN AL-MAJNÛN mereka yaitu: al-Imâm al-Hâfizh Abû Zur'ah ar-Râzî, al-Imâm al-Hâfizh Ibnu Hibbân, dan al-Imâm al-Hâfizh adz-Dzahabî berkata: "Kulaib bin Syihâb Ibn al-Majnûn adalah seorang yang tsiqqah (kredibel ke-‘âdl-an dan ke-dhabith-annya)". Al-Hâfizh Muhammad bin Sa'd berkata: "Ia (Kulaib bin Syihâb Ibn al-Majnûn) adalah seorang yang tsiqqah, dan ia (Kulaib bin Syihâb Ibn al-Majnûn) banyak meriwayatkan Hadis. Serta saya (al-Hâfizh Muhammad bin Sa'd) melihat mereka (para Muhadditsîn) menilai sangat baik Hadis riwayat Kulaib bin Syihâb Ibn al-Majnûn, dan mereka (para Muhadditsîn) juga menjadikan Hadis riwayat Kulaib bin Syihâb Ibn al-Majnûn sebagai huĵah (landasan/ pedoman)". {Sumber: "Tahdzîb al-Kamâl fî Asmâ ar-Rijâl", karya: al-Hâfizh al-Mizzî: (No. 4991)}. Dan {Sumber: "Tahdzîb at-Tahdzîb", karya: al-Hâfizh Ibnu Hajar al-'Asqalânî: (8/446)}. Serta {Sumber: "al-Ishâbah fî Tamyîz ash-Shahâbah", karya: al-Hâfizh Ibnu Hajar al-'Asqalânî: (No. 7544)}.

[4] Hadis riwayat Amîr al-Mu'minîn fî al-Hadîts Ahmad bin Hanbal di atas masih diperdebatkan dan dipertentangkan sanadnya oleh para Huffâzh. Ada 3 orang perawi yang bernama: "'ABDULLÂH BIN AL-WALÎD BIN MAYMÛN", "'ÂSHIM BIN KULAIB BIN SYIHÂB IBN AL-MAJNÛN", dan bapaknya yaitu: "KULAIB BIN SYIHÂB IBN AL-MAJNÛN", yang dinilai Murji'ah, dha'îf (lemah), tidak dapat dijadikah huĵah (pedoman/ landasan), sangat mengkhawatirkan (wahm), dan mudhtharib (guncang) oleh para Huffâzh. Sedangkan para Huffâzh yang men-tajrîh (menilai cacat) 'ABDULLÂH BIN AL-WALÎD BIN MAYMÛN mereka yaitu: al-Imâm al-Hâfizh Yahyâ bin Ma'în berkata: "'Abdullâh bin al-Walîd bin Maymûn adalah seorang yang dha'îf (lemah)". Al-Imâm al-Hâfizh Abû Hâtim ar-Râzî berkata: "Tulislah Hadis 'Abdullâh bin al-Walîd bin Maymûn; dan janganlah menjadikan Hadis 'Abdullâh bin al-Walîd bin Maymûn sebagai huĵah (pedoman/ landasan)". Al-Hâfizh al-Azdî berkata: "Hadis-hadis 'Abdullâh bin al-Walîd bin Maymûn sangat mengkhawatirkan (wahm)". {Sumber: "Tahdzîb al-Kamâl fî Asmâ ar-Rijâl", karya: al-Hâfizh al-Mizzî: (No. 3643)}. Dan {Sumber: "Tahdzîb at-Tahdzîb", karya: al-Hâfizh Ibnu Hajar al-'Asqalânî: (6/70)}.
Adapun para Huffâzh yang men-ta'dîl (menilai 'adl) dan meringankan 'ABDULLÂH BIN AL-WALÎD BIN MAYMÛN mereka yaitu: Amîr al-Mu'minîn fî al-Hadîts Ahmad bin Hanbal berkata: "Hadis 'Abdullâh bin al-Walîd bin Maymûn Shahîh". Amîr al-Mu'minîn fî al-Hadîts ad-Dâraquthnî berkata: "Ia ('Abdullâh bin al-Walîd bin Maymûn) adalah seorang yang tsiqqah (kredibel ke-‘âdl-an dan ke-dhabith-annya) yang terpercaya. Sahabat al-Hâfizh Sufyân ats-Tsaurŷ yang termasuk al-Huffâzh di antaranya yaitu: "'Abdullâh bin al-Walîd bin Maymûn". Al-Hâfizh al-'Uqaylî berkata: "Ia ('Abdullâh bin al-Walîd bin Maymûn) diketahui tsiqqah (kredibel ke-‘âdl-an dan ke-dhabith-annya)". Amîr al-Mu'minîn fî al-Hadîts al-Bukhârî berkata: "Ia ('Abdullâh bin al-Walîd bin Maymûn) adalah seorang yang maqbûl (muqârib)". Al-Imâm al-Hâfizh Ibnu Hibbân berkata: "Hadis riwayat 'Abdullâh bin al-Walîd bin Maymûn lurus (mustaqîm)". Al-Imâm al-Hâfizh Abû Zur'ah ar-Râzî berkata: "Ia ('Abdullâh bin al-Walîd bin Maymûn) adalah seorang yang jujur (shadûq)". Al-Imâm al-Hâfizh Ibnu 'Adî berkata: "Saya (al-Imâm al-Hâfizh Ibnu 'Adî) tidak melihat di dalam Hadisnya (di dalam Hadis riwayat 'Abdullâh bin al-Walîd bin Maymûn) sesuatu yang Munkar". Al-Imâm al-Hâfizh Ibnu Hajar al-'Asqalânî berkata: "Kalau tidak salah ia ('Abdullâh bin al-Walîd bin Maymûn) adalah seorang yang jujur (shadûq)". {Sumber: "Tahdzîb al-Kamâl fî Asmâ ar-Rijâl", karya: al-Hâfizh al-Mizzî: (No. 3643)}. Dan {Sumber: "Tahdzîb at-Tahdzîb", karya: al-Hâfizh Ibnu Hajar al-'Asqalânî: (6/70)}.
Sedangkan para Huffâzh yang men-tajrîh (menilai cacat) 'ÂSHIM BIN KULAIB BIN SYIHÂB IBN AL-MAJNÛN mereka yaitu: Amîr al-Mu'minîn fî al-Hadîts Ahmad bin Hanbal berkata: "'Âshim bin Kulaib bin Syihâb Ibn al-Majnûn tidak tsiqqah". Al-Imâm al-Hâfizh 'Alî bin al-Madînî berkata: "Apabila 'Âshim bin Kulaib bin Syihâb Ibn al-Majnûn meriwayatkan Hadis sendirian, maka Hadis yang ia ('Âshim bin Kulaib bin Syihâb Ibn al-Majnûn) riwayatkan tersebut tidak dapat dijadikan huĵah (pedoman/ landasan)". Al-Hâfizh al-Bazzâr berkata: "'Âshim bin Kulaib bin Syihâb Ibn al-Majnûn tidak meriwayatkan dari Shahabat Nabi SAW; dan Hadisnya (Hadis riwayat 'Âshim bin Kulaib bin Syihâb Ibn al-Majnûn) guncang (mudhtharib)". Al-Hâfizh al-'Uqaylî dan al-Hâfizh Syârik berkata: "Ia ('Âshim bin Kulaib bin Syihâb Ibn al-Majnûn) adalah seorang yang MURJI'AH". Al-Imâm al-Hâfizh Ibnu Hajar al-'Asqalânî berkata: "Ia seorang yang jujur (shadûq); ia ('Âshim bin Kulaib bin Syihâb Ibn al-Majnûn) tertuduh seorang yang MURJI'AH". Al-Imâm al-Hâfizh adz-Dzahabî berkata: "'Âshim bin Kulaib bin Syihâb Ibn al-Majnûn adalah seorang Ahli 'Ibâdah dan seorang Wali, akan tetapi ia ('Âshim bin Kulaib bin Syihâb Ibn al-Majnûn) adalah seorang yang MURJI'AH". {Sumber: "Tahdzîb al-Kamâl fî Asmâ ar-Rijâl", karya: al-Hâfizh al-Mizzî: (No. 3024)}. Dan {Sumber: "Tahdzîb at-Tahdzîb", karya: al-Hâfizh Ibnu Hajar al-'Asqalânî: (5/56)}. Dan {Sumber: "Taqrîb at-Tahdzîb", karya: al-Hâfizh Ibnu Hajar al-'Asqalânî: (1/385)}. Dan {Sumber: "Mîzân al-I'tidâl fî Naqd ar-Rijâl", karya: al-Hâfizh adz-Dzahabî: (No. 4064)}. Serta {Sumber: "Ikmâl Tahdzîb al-Kamâl fî Asmâ ar-Rijâl", karya: al-Hâfizh 'Alâuddîn Mughlathŷ: (No. 2639)}.
Adapun para Huffâzh yang men-ta'dîl (menilai 'adl) dan meringankan 'ÂSHIM BIN KULAIB BIN SYIHÂB IBN AL-MAJNÛN mereka yaitu: al-Imâm al-Hâfizh Yahyâ bin Ma'în dan al-Imâm al-Hâfizh an-Nasâî berkata: "'Âshim bin Kulaib bin Syihâb Ibn al-Majnûn adalah seorang yang tsiqqah (kredibel ke-‘âdl-an dan ke-dhabith-annya)". Al-Hâfizh Muhammad bin Sa'd berkata: "Ia ('Âshim bin Kulaib bin Syihâb Ibn al-Majnûn) adalah seorang yang tsiqqah, dan ia ('Âshim bin Kulaib bin Syihâb Ibn al-Majnûn) tidak banyak meriwayatkan Hadis. Serta Hadisnya (Hadis riwayat 'Âshim bin Kulaib bin Syihâb Ibn al-Majnûn) dapat dijadikan huĵah (landasan/ pedoman)". Al-Hâfizh Ahmad bin Shâleh al-Mishrŷ berkata: "Ia ('Âshim bin Kulaib bin Syihâb Ibn al-Majnûn) adalah seorang yang tsiqqah (kredibel ke-‘âdl-an dan ke-dhabith-annya) yang terpercaya". Al-Hâfizh al-Hâkim berkata: "Al-Imâm al-Hâfizh Muslim bin al-Haĵâj menjadikan Hadis riwayat 'Âshim bin Kulaib bin Syihâb Ibn al-Majnûn sebagai huĵah (pedoman/ landasan) dalam al-Jâmi' ash-Shahîh li Muslimnya". Al-Hâfizh Abû Hâtim ar-Râzî berkata: "Ia ('Âshim bin Kulaib bin Syihâb Ibn al-Majnûn) adalah seorang yang Shâleh". {Sumber: "Tahdzîb al-Kamâl fî Asmâ ar-Rijâl", karya: al-Hâfizh al-Mizzî: (No. 3024)}. Dan {Sumber: "Tahdzîb at-Tahdzîb", karya: al-Hâfizh Ibnu Hajar al-'Asqalânî: (5/56)}. Dan {Sumber: "Taqrîb at-Tahdzîb", karya: al-Hâfizh Ibnu Hajar al-'Asqalânî: (1/385)}. Dan {Sumber: "Mîzân al-I'tidâl fî Naqd ar-Rijâl", karya: al-Hâfizh adz-Dzahabî: (No. 4064)}. Serta {Sumber: "Ikmâl Tahdzîb al-Kamâl fî Asmâ ar-Rijâl", karya: al-Hâfizh 'Alâuddîn Mughlathŷ: (No. 2639)}.
Sedangkan al-Hâfizh yang men-tajrîh (menilai cacat) KULAIB BIN SYIHÂB IBN AL-MAJNÛN yaitu: al-Imâm al-Hâfizh Ibnu Hajar al-'Asqalânî berkata: "Ia (Kulaib bin Syihâb Ibn al-Majnûn) adalah seorang yang jujur (shadûq), akan tetapi periwayatan Hadis Kulaib bin Syihâb Ibn al-Majnûn dari Shahabat Nabi SAW. sangat mengkhawatirkan". {Sumber: "Tahdzîb at-Tahdzîb", karya: al-Hâfizh Ibnu Hajar al-'Asqalânî: (8/446)}. Dan {Sumber: "al-Ishâbah fî Tamyîz ash-Shahâbah", karya: al-Hâfizh Ibnu Hajar al-'Asqalânî: (No. 7544)}.
Adapun para Huffâzh yang men-ta'dîl (menilai 'adl) KULAIB BIN SYIHÂB IBN AL-MAJNÛN mereka yaitu: al-Imâm al-Hâfizh Abû Zur'ah ar-Râzî, al-Imâm al-Hâfizh Ibnu Hibbân, dan al-Imâm al-Hâfizh adz-Dzahabî berkata: "Kulaib bin Syihâb Ibn al-Majnûn adalah seorang yang tsiqqah (kredibel ke-‘âdl-an dan ke-dhabith-annya)". Al-Hâfizh Muhammad bin Sa'd berkata: "Ia (Kulaib bin Syihâb Ibn al-Majnûn) adalah seorang yang tsiqqah, dan ia (Kulaib bin Syihâb Ibn al-Majnûn) banyak meriwayatkan Hadis. Serta saya (al-Hâfizh Muhammad bin Sa'd) melihat mereka (para Muhadditsîn) menilai sangat baik Hadis riwayat Kulaib bin Syihâb Ibn al-Majnûn, dan mereka (para Muhadditsîn) juga menjadikan Hadis riwayat Kulaib bin Syihâb Ibn al-Majnûn sebagai huĵah (landasan/ pedoman)". {Sumber: "Tahdzîb al-Kamâl fî Asmâ ar-Rijâl", karya: al-Hâfizh al-Mizzî: (No. 4991)}. Dan {Sumber: "Tahdzîb at-Tahdzîb", karya: al-Hâfizh Ibnu Hajar al-'Asqalânî: (8/446)}. Serta {Sumber: "al-Ishâbah fî Tamyîz ash-Shahâbah", karya: al-Hâfizh Ibnu Hajar al-'Asqalânî: (No. 7544)}.